√ Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli, Peran dan Jenisnya

Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli, Peran dan Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Sekretaris. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian sekretaris menurut para ahli, fungsi, tugas, tujuan dan jenisnya dengan secara singkat dan jelas. Agar dapat mudah dalam memahami dan jelasnya simak artikel dibawah ini.

Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli, Peran dan Jenisnya

Pengertian sekretaris adalah seoarang yang bertugas untuk membantu keperluan pimpinan dalam sebuah perusahaan. Sekretaris berasal bahasa latin yaitu dari kata ‘Secretum’ artinya rahasia, dalam bahasa Prancis disebut Secretaire dan dalam bahasa Belanda disebut Secretares.

Pengertian Sekretaris

Pengertian sekretaris ialah orang yang bisa dan mampu unutk menyimpan rahasia pimpinan atau perusahaan dalam arti tidak harus atau perlu diketahui oleh orang atau pegawai lainnya. Karena tugas dari sekretaris tidak lepas pada kerahasian dalam suatu perusahaan, sebab kebijakan awal yang akan dikeluarkan dari pimpinan atau perusahaan sedikit banyak akan diketahui oleh sekretaris. Dimana pada dasarnya tugas dari sekretaris yaitu membantu pimpinan dalam meringankan berbagai tugasnya

Sekretaris Menurut Para Ahli

Terdapat berbagai pengertian sekretaris menurut para ahli, antara lain yaitu:

  • Menurut Hartiti Hendrato dan Tulus

Menurut Hartiti Hendrato dan Tulus (2004:4), Sekretaris adalah orang yang membantu seseorang dalam hal ini adalah pimpinan dalam melaksanakan tugas perkantoran.

  • Menurut Saiman

Menurut Saiman(2002:24), sekretaris yaitu orang yang memiliki tugas mengenai aktivitas tulis menulis, atau kegiatan catat-mencatat suatu pekerjaan baik itu untuk perkantoran atau perusahaan.

  • Menurut The Liang Gie

Menurut The Liang Gie(2002:25), sekretaris ialah seorang petugas yang pekerjaanya menyelenggarakan dalam urusan surat menyurat termasuk menyiapkan, bagi penjabat penting pada suatu organisasi atau perusahaan.

  • Menurut Wursanto

Menurut Wursanto (2002:25), sekretaris adalah seorang pegawai yang bertugas untuk dapat membantu pimpinan kantor dalam menyelesaikan pekerjaan pekerjaan detail pimpinannya atau kepala.

  • Menurut M. Braum dan Ramon

Menurut M. Braum dan Ramon (1992:3), sekretaris yaitu seorang pembantu yang menerima pendiktean, menyiapkan dalam surat menyurat, menerima tamu-tamu, memeriksa atau mengingatkan pimpinan mengenai kewajibannya yang sesuai atau pada perjanjiannya, dan melakukan banyak kewajiban yang lainnya dalam upaya meningkatkan efektifitas kerja pimpinan.

Peran Sekretaris

Dalam hal ini perlu diperhatikan apa saja peran serta tugas sekretaris dalam menentukan berhasil tidaknya tujuan dari sebuah perusahaan, antara lain yaitu:

Peran sekretaris terhadap atasan

Maksud dari peran sekretaris terhadap atasan dalam suatu organisasi atau perusahaan ialah :

  • Sebagai faktor penunjang dalam berhasilnya tugas dan tujuan pekerjaan yang merupakan cerminan pimpinan kepada bawahan;
  • Sebagai perantara komunikasi serta pembinaan hubungan yang baik untuk orang yang ingin berhubungan atau berkomunikasi kepada seorang pimpinan;
  • Sebagai sumber informasi yang dibutuhkan pimpinan didalam memenuhi tanggung jawab, tugas dan fungsinya;
  • Sekretaris juga berfungsi sebagai pelanjut keinginan dari seorang pimpinan terhadap bawahan yang bertujuan dalam pelaksanaan tugas;
  • Berfungsi juga sebagai alternatif pemikiran dari pimpinan dalam menemukan atau menentukan ide-ide.

Peranan sekretaris terhadap bawahan (pimpinan)

  • Sebagai penentu kebijakan bagi pegawai bawahan yang dilakukan dengan secara adil yang berkaitan dalam peraturan penempatan pegawai yang sesuai akan kecakapan dan kemampuan (rule of the place);
  • Sekretaris memberikan rasa bangga serta puas kepada para pegawai bawahan dalam menjalankan tujuan pekerjaan;
  • Sekretaris memberikan motivasi kerja kepada pegawai karyawan atau bawahan sehingga pekerjaan tersebut dapat berjalan dalam mencapai sesuai dengan tujuan fungsi dan tugas masing-masing dari dalam sebuah perusahaan atau organisasi.
  • Sekretaris menerima pendapat dan usul bawahan dalam berbagai aspek permasalah perusahaan atau organisasi.
  • Sekretaris mengadakan pendekatan kepada para pegawai guna lebih mengarahkan dan mengetahui kelemahan serta kehendak pegawai. Sehingga sikap dan tingkah laku sekretaris akan berpengaruh terhadap pekerjaan dari pegawai lain.
  • Sekretaris dapat komunikatif atau bersikap ramah dalam memberikan suasana hubungan kerja yang baik dan nyaman bagi bawahan. Sehingga akan dapat menyelesaikan masalah dalam organisasi atau perusahaan akan lebih mudah.

Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli Peran dan Jenisnya

Tujuan Sekretaris

Adapun tujuan adanya sekretaris dalam suatu perusahaan atau organisasi, yaitu:

  • Untuk dapat menjamin kelancaran aktivitas atau kegiatan organisasi atau perusahaan serta bertanggung jawab dalam aktivitas atau kegiatan rutin dan menyalurkan pengetahuan yang dimiliki;
  • Sebagai acuan Utama untuk dapat membicarakan suatu permasalahan terhadap pimpinan dalam meningkatkan tugas dan fungsi perusahaan atau organisasi;
  • Unutk membantu dalam kelancaran aktivitas atau kegiatan pimpinan terutama itu dalam administrasi;
  • Untuk meningkatkan citra atasan;
  • Untuk memperlancar aktivitas atau kegiatan ketatausahaan di kantor, seperti kearsipan, mengetik dan penggandaan dokumen yang dibutuhkan organisasi atau perusahaan;
  • Mempererat hubungan atasan dengan bawahan di dalam hal komunikasi atau sebagai penghubung antara atasan dan bawahan dalam perusahaan;
  • Sebagai media penyimpan, pengingat, perekam dalam kegiatan atau aktivitas atasan baik dalam bentuk penyusunan jadwal kerja harian organisasi atau perusahaan.

Jenis Sekretaris

Terdapat beberapa jenis sekretaris menurut Wursanti (2006;2), antara lain yaitu:

  • Sekretaris Organisasi

Sekretaris Organisasi atau dapat di sebut excecutive secretary, business secretary, sekretaris perusahaan, sekretaris instasi. Dalam hal ini sekretaris organisasi selain menjalankan tugas dari perintah pimpinan, juga sebagai manajer yang mengelola suatu unit kerja didalam bidang kesekretariatan. Seperti sekretaris wilayah, sekretaris jendral, sekretaris kabinet atau lain sebagainya.

  • Sekretaris Pribadi

Sekretaris pribadi yaitu orang yang mengerjakan aktivitas atau kegiatan perkantoran agar dapat membantu seseorang baik keperluan pribadi. Dalam artian sekretaris pribadi adalah seseorang yang diangkat dan digaji oleh perorangan.

  • Sekretaris Pimpinan

Sekretaris pimpinan yaitu orang yang membantu pimpinan suatu organisasi atau perusahaan bertugas dalam mengerjakan tugas perkantoran untuk pimpinan tertentu.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli, Peran dan Jenisnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Daftar Isi