Pengertian Kekuasaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kekuasaan Menurut Para Ahli – Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai artikel tentang kekuasaan. Tentu saja kita sudah sering mendengar tentang kekuasaan, tapi apakah kita sudah mengetahui arti yang sebenarnya dari kekuasaan? Dimana sebuah kekuasaan merupakan hal yang dapat dirumuskan secara umum dari kemampuan seseorang.

Pengertian Kekuasaan Menurut Para Ahli

Nah untuk dapat mengetahui lebih dalam tentang penjelasan artikel kali ini mari kita lanjutkan pembahasan yang akan dijelaskan sebagai berikut.

Pengertian Kekuasaan

Secara umum kekuasaan ialah suatu kemampuan untuk dapat mempengaruhi perilaku. Dan pengertian kekuasaan yang dirumuskan secara umum sebagai kemampuan dari seseorang pelaku agar dapat memberikan pengaruh terhadap perilaku dari seseorang hingga bisa sesuai ataupun persis dengan keinginan dari pelaku yang mempunyai kekuasaan. Ada beberapa pengertian kekuasaan dari para ahli yang akan dijelaskan di bawah ini.

Pengertian Kekuasaan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari kekuasaan menurut ahlinya.

1. Max Weber

Di dalam bukunya yaitu Wirtschaft und Gessellshaft pada tahun 1992, bahwa pengertian dari kekuasaan ialah sebuah kemampuan didalam suatu hubungan sosial didalam melaksanakan kemauan sendiri walaupun mengalami sebuah perlawanan dan juga apapun dasar dari kemampuan tersebut. kesimpulannya adalah sebuah keegoisan didalam suatu kelompok meski begitu keegoisan itu mempunyai pertentangan, akan tetapi tidak mampu melawan dikarenakan adanya sebuah kekuasaan tersebut.

2. Harold D. Laswell dan Abraham Kaplan

Kekuasaan ialah suatu hubungan diantara seseorang ataupun sekelompok orang yang bisa menentukan (Power is a relationship in which one person or group is able) merupakan sebuah tindakan seseorang atau juga kelompok yang lainnya ke suatu arah tujuan daripihak yang pertama (to determine the action of another in the direction of the former’s own ends).

3. Barbara Goodwin (2003)

Kekuasaan ialah kemampuan (Force Is The Ability) agar dapat mengakibatkan seseorang bertindak dengan cara dari yang bersangkutan, serta tidak akan dipilih jika seandainya dia tidak dilibatkan (left to herself). Atau dengan kata lain memaksa seseorang supaya melakukan sesuatu yang bertentangan sesuai dengan kehendaknya.

4. Walterd Nord

Kekuasaan ialah suatu kemampuan agar dapat mempengaruhi aliran energi dan juga dana yang tersedia agar dapat mencapai suatu tujuan yang tidak sama dan secara jelas dari tujuan yang lainnya.

Pengertian Kekuasaan Menurut Para Ahli Terlengkap

Berdasarkan dari pengertian yang sudah dijelaskan dapat disimpulkan bahwa kekuasaan pada umumnya di selenggarakan melalui sebuah isyarat yang jelas. Dan hal yang harus ditekankan ialah adanya hak supaya mengadakan sangsi. Di dalam menegakkan sebuah kekuasaan seperti koersi, persuasi dan cara yang lainnya.

Sekian penjelasan yang bisa diberikan seputarpengetahuan mengenai Pengertian Kekuasaan Menurut Para Ahli, kekuasaan adalah sesuatu kemampuan yang bisa mempengaruhi dari sebuah perilaku, semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi