Home » √ Delegasi : Pengertian, Unsur, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya
√ Delegasi : Pengertian, Unsur, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya
Delegasi : Pengertian, Unsur, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Delegasi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian delegasi, unsur, tujuan, manfaat, dan jenisnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak artikel berikut ini.
Delegasi : Pengertian, Unsur, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya
Pelimpahan wewenang serta tanggung jawab kepada pihak lain merupakan suatu proses yang mendasar di dalam tiap-tiap organisasi. Tujuannya memberikan atau melimpahkan wewenang dan tanggung jawab kepada orang lain. Agar dalam proses pengambilan keputusan serta menjalankan beberapa fungsi di dalam organisasi itu dapat berjalan dengan lebih baik.
Pengertian Delegasi
Secara umum, pengertian delegasi yaitu seseorang yang ditunjuk menjadi perwakilan atau utusan untuk dapat mewakili suatu kelompok atau juga lembaga tertentu. Dalam organisasi, pendelegasian bisa diberikan kepada bawahan langsung, atau kepada pihak lain yang lebih rendah tingkatannya.
Pendapat lain mengatakan pengertian delegasi adalah suatu tindakan melimpahkan sebagian wewenang serta tanggung jawab kepada pihak lain untuk dapat melaksanakan kegiatan atau aktivitas tertentu. Dimana pihak penerima wewenang itu harus mempertanggungjawabkannya kepada yang melimpahkan wewenang tersebut.
Pengertian Delegasi Menurut Para Ahli
Supaya dapat lebih memahami mengenai apa itu delegasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat yang dikemukakan oleh beberapa ahli diantaranya ialah :
Charles J. Keating
Menurut Charles J. Keating, Pengertian delegasi adalah suatu pemberian sebagaian tanggung jawab serta kewibawaan kepada orang lain.
Utje Slamet
Menurut Utje Slamet, Di dalam bukunya “Dasar-dasar Pemasaran”, menyebutkan bahwa pengertian delegasi yakni pelimpahan wewenang serta tanggung jawab formal kepada orang lain dalam melaksanakan kegiatan/aktivitas tertentu.
Rusli Jacob
Menurut Rusli Jacob, Pengertian delegasi adalah pemberian otorisasi atau kekuasaan formal serta tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan atau aktivitas tertentu kepada orang lain. Pelimpahan otoritas oleh atasan kepada bawahan diperlukan supaya organisasi dapat berfungsi dengan secara efisien karena tidak terdapat atasan yang dapat mengawasi secara efisien dan juga pribadi tiap-tiap tugas-tugas organisasi.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Menurut KBBI, Pengertian delegasi ialah seseorang yang ditunjuk serta diutus oleh suatu perkumpulan (negara) di dalam suatu perundingan (musyawarah), perutusan, penyerahan atau juga pelimpahan wewenang, pelimpahan wewenang dari atasan kepada bawahan di dalam lingkungan tugas tertentu itu dengan kewajiban mempertanggung-jawabkannya kepada yang menugasi.
Unsur-Unsur Delegasi
Di dalam proses pendelegasian terdapat 3 (tiga) unsur yang saling berhubungan satu sama lain. Berikut ini adalah unsur-unsur delegasi yaitu sebagai berikut:
Tugas (Responsibility)
Tugas (Responsibility) adalah semua pekerjaan yang nantinya itu harus dilaksanakan oleh seseorang yang menerima wewenang serta tanggungjawab. Di dalam organisasi, pemberian wewenang itu dilakukan oleh atasan kepada bawahan secara langsung atau juga unit kerja yang lebih rendah tingkatannya.
Kekuasaan (Authority)
Kekuasaan (Authority) adalah seluruh wewenang atau hak yang diterima oleh seseorang untuk dapat mengambil keputusan terkait dengan fungsinya. Dalam hal tersebut, kekuasaan tersebut sah serta legal untuk memberikan perintah, bertindak sesuatu, supaya suatu pekerjaan itu dapat diselesaikan.
Pertanggungjawaban (Accountability)
Pertanggungjawaban (Accountability) adalah kewajiban seseorang yang diberikan wewenang untuk dapat mengelola kegiatan atau aktivitas dengan memanfaatkan sumber daya yang ada serta juga mengungkapkan hasil pekerjaannya dengan secara transparan.
Tujuan dan Manfaat Delegasi
Ada beberapa tujuan serta manfaat yang ingin dicapai dengan melalui pendelegasian. Adapun beberapa manfaat serta tujuan delegasi ini diantaranya sebagai berikut:
Agar organisasi itu dapat berjalan dengan baik, efektif dan lebih efisien.
Memungkinkan atasan dapat memusatkan perhatian kepada hal-hal lain yang lebih prioritas sehingga organisasi tersebut berjalan lebih maksimal.
Untuk dapat membantu atasan dalam menilai serta mengambil keputusan yang tepat.
Supaya seluruh pihak di dalam organisasi itu dapat berperan dengan secara maksimal sesuai dengan kemampuannya.
Mendorong seluruh pihak di dalam organisasi berorientasi pada target serta kualitas yang ingin dicapai.
Memungkinkan bawahan berprestasi untuk bertumbuh dan juga berkembang dalam karir. Serta sebagai bahan informasi untuk belajar dari suatu keberhasilan atau juga kesalahan.
Macam Jenis Delegasi
Dalam hal ini kegiatan pendelegasian dapat dibedakan menjadi dua jenis, diantaranya sebagai berikut:
Pendelegasian Seluruh
Pendelegasian seluruh adalah pendelegasian yang berprinsip pada metode, yakni segala sesuatunya dilakukan dengan secara rinci dan juga detail sesuai dengan tahapan-tahapan dalam cara melakukannya.
Biasanya para manajer itu paling sering melakukan pendelegasian dengan cara tersebut. Sebab dalam pendelegasian seluruh dapat meminimalisir kesalahan. Disebabkan karena tidak akan keluar dari jalur, sehingga dapat berjalan sesuai yang diinginkan.
Namun, pendelagasian jenis ini mempunyai kelemahan yaitu kurang melatih critical thinking bawahan pada saat mereka melakukan kesalahan. Hal itu membuat bawahan merasa kurang bertanggungjawab terhadap hasil yang akan dicapai.
Pendelegasian Pengurusan
Apabila pendelegasian seluruh itu berfokus pada metode, maka lain halnya pada pendelegasian pengurusan yang berfokus pada output atau hasil. Kelebihan dari pendelegasian pengurusan yaitu membuat bawahan lebih bertanggung jawab terhadap hasil dengan memberikan pilihan metode.
Seorang atasan itu harus memberikan kepercayaan penuh kepada bawahannya pada saat memberikan pendelegasian jenis ini. Disebabkan karna kepercayaan tersebut merupakan titik tertinggi dari motivasi.
Dengan kepercayaan tersebut bawahan akan menghasilkan kinerja yang terbaik. Apabila pendelegasian pengurusan itu dilaksanakan dengan baik, maka kedua belah pihak juga akan mendapatkan keuntungan. Serta akan banyak pekerjaan yan dapat diselesaikan dengan secara singkat.
√ Pengertian Perjanjian Internasional, Fungsi, Istilah,… Pengertian Perjanjian Internasional, Fungsi, Istilah, Penggolongan, Jenis, Tahapan & Pembatalannya - Di pembahasan kali ini kalian akan mempelajari mengenai Perjanjian Internasional. Yang meliputi pengertian, fungsi, istilah, penggolongan, jenis-jenis, tahapan dan pembahatan…
Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik,… Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik, dan Tingkatannya - Adakah yang belum tahu apa itu Pencak Silat ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Pencak Silat dan hal-hal lain…
Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik,… Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik, Tujuan dan Contoh Pidato - Bagaimana susunan teks pidato perpisahan kelas 6 yang baik dan benar serta mengharukan ?,Pada kesempatan kali…
Teks Berita : Pengertian, Ciri, Unsur, Struktur, Syarat,… Teks Berita : Pengertian, Ciri, Unsur, Struktur, Syarat, Kaidah Kebahasaan, Pedoman Penulisan dan Contoh- Apakah itu yang di maksud dengan Teks Berita? Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang…
Contoh Resensi Buku Non Fiksi : Tujuan dan Manfaat Resensi Contoh Resensi Buku Non Fiksi : Tujuan dan Manfaat Resensi - Apa yang di maksud dengan resensi buku non fiksi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Resensi Buku…
74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli 74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – Manusia sejak lahir ke dunia sudah mendapatkan pendidikan hingga ia masuk ke bangku sekolah. kata pendidikan sudah tidak asing lagi ditelinga, karena semua…
√ 23 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli… 23 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang komitmen organisasi. Yang mana penjelasan disini adalah berdasarkan pendapat para ahli dengan masing-masing yang…
Faktor Penghambat Mobilitas Sosial : Pengertian, Faktor… Faktor Penghambat Mobilitas Sosial : Pengertian, Faktor Pendorong dan Penjelasannya - Apa itu arti mobilitas sosial dan faktor Penghambatnya ?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi kandungan gizi dan tentunya…
Gambar Mikroskop : Pengertian, Sejarah, Jenis, Bagian, Cara… Gambar Mikroskop : Pengertian, Sejarah, Jenis, Bagian, Cara Kerja dan Perawatan Mikroskop - Seberapa dekatkah dirimu mengenali bentuk dan fungsi dari Mikroskop ?Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Mikroskop…
Pengertian Metode Pembelajaran : Ciri, Tujuan, Jenis dan… Pengertian Metode Pembelajaran : Ciri, Tujuan, Jenis dan Pembahasannya - Apakah yang di maksud dengan Metode Pembelajaran?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga…
33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pembahasan kali ini akan membahas tentang sebuah wadah yang didalamnya terdapat beberapa orang untuk melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.…
Iman Kepada Hari Akhir : Pengertian, Dalil, Tanda Kiamat,… Iman Kepada Hari Akhir : Pengertian, Dalil, Tanda Kiamat, Peristiwa Pada Hari Akhir, Fungsi dan Hikmahnya - Apa Pengertian Iman Kepada Hari Akhir dan Manfaatnya ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id…
Iman Kepada Qada dan Qadar : Pengertian, Dalil, Hikmah dan… Iman Kepada Qada dan Qadar : Pengertian, Dalil, Hikmah dan Fungsinya - Apakah yang di maksud dengan Iman Kepada Qada dan Qadar ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan…
Kecerdasan Moral : Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan,… Kecerdasan Moral : Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan, Aspek, Komponen Dan Cara Mengembangkannya - Apakah yang di maksud dengan kecerdasan moral dan cara membangunnya?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya…
Arbitrase : Pengertian Menurut Para Ahli, Dasar Hukum,… Arbitrase : Pengertian Menurut Para Ahli, Dasar Hukum, Syarat, Tujuan, Jenis, Manfaat Dan Contohnya - Apakah itu Arbitrase ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain…
44 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 44 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pengertian komunikasi di ekstrak dari bahasa latin yaitu "communicatio" yang ber istilah "communis" yang berarti menciptakan kebersamaan antara dua orang atau lebih.…
√ Pengertian Hidup Rukun, Manfaat, Nilai, Bentuk dan… Pengertian Hidup Rukun, Manfaat, Nilai, Bentuk dan Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Hidup Rukun. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian hidup rukun, manfaat,…
Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan… Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Contohnya - Bagaimana susunan teks pidato lingkungan yang baik dan benar ?, Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang…
√ Pengertian Manajemen Kinerja, Tujuan, Manfaat, Prinsip &… Pengertian Manajemen Kinerja, Tujuan, Manfaat, Prinsip & Prosesnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Kinerja. Yang meliputi pengertian, tujuan, manfaat, prinsip dasar dan proses manajemen kinerja dengan…
Sejarah PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa ), Asas dan… Sejarah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Asas dan Tujuannya – Untuk pertemuan kali ini kita akan membahas artikel mengenai sejarah dari perserikatan bangsa-bangsa (PBB) serta asas dan juga tujuannya. Sering tentunya kita dengar…
Etika Profesi : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Prinsip, dan… Etika Profesi : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Prinsip, dan Contoh - Apakah itu Etika Profesi ?Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu yang di maksud Etika Profesi dan beberapa hal…
Desentralisasi Adalah : Pengertian Menurut Ahli, Ciri,… Desentralisasi adalah : Pengertian Menurut Ahli, Ciri, Tujuan, Contoh dan Dampaknya - Apakah yang di maksud dengan desentralisasi ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang…
√ Pengertian Sistem Pengendalian Intern, Tujuan & Unsurnya… Pengertian Sistem Pengendalian Intern, Tujuan & Unsurnya Lengkap - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang sistem pengendalian intern. Yang meliputi pengertian sistem pengendalian intern, tujuan sistem pengendalian intern dan…
10 Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) 10 Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Perlu diketahui bahwa fungsi manajemen ialah berbagai elemen dasar yang selalu ada & terikat di dalam sebuah proses manajemen yang bakal…
27 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 25 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Akuntansi kini jadi perbincangan dikalangan para pelajar dan dunia kerja. Akuntansi merupakan sekumpulan prosedur untuk mencatat, mengikhtisarkan, mengklasifikasikan, dan melaporkan dalam bentuk laporan keuangan.…
Contoh Teks Cerita Sejarah di Indonesia Contoh Teks Cerita Sejarah di Indonesia – Seperti apa Contoh dari Cerita Sejarah?Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Contoh Cerita sejarah beserta strukturnya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di…
Kehidupan Politik Kerajaan Majapahit : Sejarah Awal dan… Kehidupan Politik Kerajaan Majapahit : Sejarah Awal dan Peninggalannya - Bagaimanakah Kehidupan Politik Kerajaan Majapahit ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Kerajaan Majapahit dan hal-hal yang melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya…
√ Pengertian Keterlibatan Kerja, Karakteristik, Dimensi,… Pengertian Keterlibatan Kerja, Karakteristik, Dimensi, Aspek dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Keterlibatan Kerja. Yang meliputi pengertian, karakteristik, dimensi, aspek dan faktor yang mempengaruhi keterlibatan kerja…
Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya - Bagaimana cara menulis Kata Pengantar yang baik ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Kata Pengantar dan hal lain tentangnyanya.Mari kita simak…
√ Pengertian Akuntansi Keperilakuan, Manfaat, Aspek, Ruang… Pengertian Akuntansi Keperilakuan, Manfaat, Aspek, Ruang Lingkup dan Masalahnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang akuntansi keperilakuan. Yang meliputi pengertian akuntansi keperilakuan, manfaat akuntansi keperilakuan, aspek akuntansi keperilakuan,…