√ Delegasi : Pengertian, Unsur, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya

Delegasi : Pengertian, Unsur, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Delegasi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian delegasi, unsur, tujuan, manfaat, dan jenisnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Delegasi : Pengertian, Unsur, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya

Pelimpahan wewenang serta tanggung jawab kepada pihak lain merupakan suatu proses yang mendasar di dalam tiap-tiap organisasi. Tujuannya memberikan atau melimpahkan wewenang dan tanggung jawab kepada orang lain. Agar dalam proses pengambilan keputusan serta menjalankan beberapa fungsi di dalam organisasi itu dapat berjalan dengan lebih baik.

Pengertian Delegasi

Secara umum, pengertian delegasi yaitu seseorang yang ditunjuk menjadi perwakilan atau utusan untuk dapat mewakili suatu kelompok atau juga lembaga tertentu. Dalam organisasi, pendelegasian bisa diberikan kepada bawahan langsung, atau kepada pihak lain yang lebih rendah tingkatannya.

Pendapat lain mengatakan pengertian delegasi adalah suatu tindakan melimpahkan sebagian wewenang serta tanggung jawab kepada pihak lain untuk dapat melaksanakan kegiatan atau aktivitas tertentu. Dimana pihak penerima wewenang itu harus mempertanggungjawabkannya kepada yang melimpahkan wewenang tersebut.

Pengertian Delegasi Menurut Para Ahli

Supaya dapat lebih memahami mengenai apa itu delegasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat yang dikemukakan oleh beberapa ahli diantaranya ialah :

Charles J. Keating

Menurut Charles J. Keating, Pengertian delegasi adalah suatu pemberian sebagaian tanggung jawab serta kewibawaan kepada orang lain.

Utje Slamet

Menurut Utje Slamet,  Di dalam bukunya “Dasar-dasar Pemasaran”, menyebutkan bahwa pengertian delegasi yakni pelimpahan wewenang serta tanggung jawab formal kepada orang lain dalam melaksanakan kegiatan/aktivitas tertentu.

Rusli Jacob

Menurut Rusli Jacob, Pengertian delegasi adalah pemberian otorisasi atau kekuasaan formal serta tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan atau aktivitas tertentu kepada orang lain. Pelimpahan otoritas oleh atasan kepada bawahan diperlukan supaya organisasi dapat berfungsi dengan secara efisien karena tidak terdapat atasan yang dapat mengawasi secara efisien dan juga pribadi tiap-tiap tugas-tugas organisasi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, Pengertian delegasi ialah seseorang yang ditunjuk serta diutus oleh suatu perkumpulan (negara) di dalam suatu perundingan (musyawarah), perutusan, penyerahan atau juga pelimpahan wewenang, pelimpahan wewenang dari atasan kepada bawahan di dalam lingkungan tugas tertentu itu dengan kewajiban mempertanggung-jawabkannya kepada yang menugasi.

Unsur-Unsur Delegasi

Di dalam proses pendelegasian terdapat 3 (tiga) unsur yang saling berhubungan satu sama lain. Berikut ini adalah unsur-unsur delegasi yaitu sebagai berikut:

Tugas (Responsibility)

Tugas (Responsibility) adalah semua pekerjaan yang nantinya itu harus dilaksanakan oleh seseorang yang menerima wewenang serta tanggungjawab. Di dalam organisasi, pemberian wewenang itu dilakukan oleh atasan kepada bawahan secara langsung atau juga unit kerja yang lebih rendah tingkatannya.

Kekuasaan (Authority)

Kekuasaan (Authority) adalah seluruh wewenang atau hak yang diterima oleh seseorang untuk dapat mengambil keputusan terkait dengan fungsinya. Dalam hal tersebut, kekuasaan tersebut sah serta legal untuk memberikan perintah, bertindak sesuatu, supaya suatu pekerjaan itu dapat diselesaikan.

Pertanggungjawaban (Accountability)

Pertanggungjawaban (Accountability) adalah kewajiban seseorang yang diberikan wewenang untuk dapat mengelola kegiatan atau aktivitas dengan memanfaatkan sumber daya yang ada serta juga mengungkapkan hasil pekerjaannya dengan secara transparan.

Tujuan dan Manfaat Delegasi

Ada beberapa tujuan serta manfaat yang ingin dicapai dengan melalui pendelegasian. Adapun beberapa manfaat serta tujuan delegasi ini diantaranya sebagai berikut:

  • Agar organisasi itu dapat berjalan dengan baik, efektif dan lebih efisien.
  • Memungkinkan atasan dapat memusatkan perhatian kepada hal-hal lain yang lebih prioritas sehingga organisasi tersebut berjalan lebih maksimal.
  • Untuk dapat membantu atasan dalam menilai serta mengambil keputusan yang tepat.
  • Supaya seluruh pihak di dalam organisasi itu dapat berperan dengan secara maksimal sesuai dengan kemampuannya.
  • Mendorong seluruh pihak di dalam organisasi berorientasi pada target serta kualitas yang ingin dicapai.
  • Memungkinkan bawahan berprestasi untuk bertumbuh dan juga berkembang dalam karir. Serta sebagai bahan informasi untuk belajar dari suatu keberhasilan atau juga kesalahan.

Delegasi Pengertian Unsur Tujuan Manfaat dan Jenisnya

Macam Jenis Delegasi

Dalam hal ini kegiatan pendelegasian dapat dibedakan menjadi dua jenis, diantaranya sebagai berikut:

Pendelegasian Seluruh

Pendelegasian seluruh adalah pendelegasian yang berprinsip pada metode, yakni segala sesuatunya dilakukan dengan secara rinci dan juga detail sesuai dengan tahapan-tahapan dalam cara melakukannya.

Biasanya para manajer itu paling sering melakukan pendelegasian dengan cara tersebut. Sebab dalam pendelegasian seluruh dapat meminimalisir kesalahan. Disebabkan karena tidak akan keluar dari jalur, sehingga dapat berjalan sesuai yang diinginkan.

Namun, pendelagasian jenis ini mempunyai kelemahan yaitu kurang melatih critical thinking bawahan pada saat mereka melakukan kesalahan. Hal itu membuat bawahan merasa kurang bertanggungjawab terhadap hasil yang akan dicapai.

Pendelegasian Pengurusan

Apabila pendelegasian seluruh itu berfokus pada metode, maka lain halnya pada pendelegasian pengurusan yang berfokus pada output atau hasil. Kelebihan dari pendelegasian pengurusan yaitu membuat bawahan lebih bertanggung jawab terhadap hasil dengan memberikan pilihan metode.

Seorang atasan itu harus memberikan kepercayaan penuh kepada bawahannya pada saat memberikan pendelegasian jenis ini. Disebabkan karna kepercayaan tersebut merupakan titik tertinggi dari motivasi.

Dengan kepercayaan tersebut bawahan akan menghasilkan kinerja yang terbaik. Apabila pendelegasian pengurusan itu dilaksanakan dengan baik, maka kedua belah pihak juga akan mendapatkan keuntungan. Serta akan banyak pekerjaan yan dapat diselesaikan dengan secara singkat.

Demikian penjelasan tentang Delegasi : Pengertian, Unsur, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Daftar Isi