√ Pengertian File, Menurut Para Ahli, Jenis Beserta Fungsinya

Pengertian File, Menurut Para Ahli, Jenis Beserta Fungsinya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang File. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian file, menurut para ahli, jenis dan fungsinya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Pengertian File, Menurut Para Ahli, Jenis Beserta Fungsinya

Pada dasarnya file pada komputer akan tersimpan di dalam sebuah folder tertentu. Tergantung di mana si pemilik file ingin menyimpannya. Masing-masing dari file tersebut memiliki ekstensi yang berbeda sesuai dengan jenis filenya.

Pengertian ekstensi file adalah suatu tanda yang membedakan antara satu jenis file dengan jenis file lainnya. Misalnya, file gambar akan mempunyai ekstensi jpg, gif, png, serta lain sebagainya. Sedangkan untuk file video akan memiliki ekstensia seperti mpeg, avi, mp4, wmv, serta lain sebagainya.

Pengertian File

Pengertian File merupakan suatu kumpulan dari data serta informasi yang saling berhubungan serta juga tersimpan di dalam ruang penyimpanan sekunder. Definisi file ini dapat juga diartikan ialah sebagai arsip atau juga data yang tersimpan di dalam komputer.

Secara konsep, file ini memiliki beberapa tipe yaitu diantaranya tipe data yang terdiri dari character, numeric, serta binary. Selain dari itu, terdapat juga file yang bertipe program.

Pengertian File Menurut Para Ahli

Agar lebih mudah untuk memahaminya, berikut beberapa ahli di bidang ilmu komputer juga pernah menjelaskan mengenai definisi file, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Menurut McLeod (Pearson)

Pengertian file ini merupakan koleksi rekaman (record) yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, seperti satu file dari seluruh record yang berisi bidang kode-kode mata kuliah serta namanya.

  • Menurut Rachmad Hakim S

Menurut Rachmad Hakim S, Pengertian file adalah suatu kumpulan dokumen yang berisi informasi tertentu serta dapat dibuka dengan menggunakan program komputer tertentu.

  • Menurut Edi S Mulyanta

Menurut Edi S Mulyanta, Pengertian file adalah suatu urutan data yang digunakan untuk melakukan encode informasi digital yang berguna dalam hal pertukaran serta penyimpanan data.

  • Menurut Hendrayudi

Menurut Hendrayudi, Definisi file adalah suatu data-data yang tersimpan di dalam sebuah media yang mempunyai informasi besar file, tanggal serta jam penyimpanan, ciri file, nama file, dan atribut file tersebut.

Pengertian File Menurut Para Ahli Jenis Beserta Fungsinya

Jenis File Dalam Komputer dan Fungsi File

Dari pengertian file yang diuraikan di atas, kata dari file tersebut diperuntukkan pada bidang komputerisasi. Setelah memahami mengenai apa itu file, tentunya kita juga perlu untuk mengetahui apa saja macam jenis file yang terdapat di komputer.

Terdapat beberapa Jenis file di dalam komputer dengan banyak sekali formatnya. Berikut ini adalah jenis file didalam komputer dengan berdasarkan format filenya:

  • File System

Beberapa ekstensi di dalam file sistem diantaranya ialah sys, com, bak, bat, tmp, serta exe. File sistem ini berfungsi untuk bisa menjalankan program di dalam komputer itu sesuai dengan peruntukkannya, serta juga menjalankan berbagai aplikasi yang diinstal ke dalam komputer.

  • File Video

Beberapa ekstensi pada file video diantaranya ialah mpg, wmv, mp4, 3gp, avi, flv, KV. Masing-masing dari ekstensi ini menunjukkan bahwa masing-masing dari video itu mempunyai jenis pemutar yang berbeda.

Tidak seluruh jenis video itu dapat diputar dengan software yang biasanya terinstal di dalam komputer. terdapat beberapa jenis video yang hanya dapat diputar dengan software tertentu.

  • File Dokumen

Beberapa ekstensi pada file dokumen diantaranya ialah seperti doc, odt, doc, xls, ods, pdf, ppt, txt. Masing-masing dari ekstensi ini menunjukkan jenis file dokumennya, serta hanya dapat dibuka apoabila di dalam komputer tersebut sudah terinstal software atau juga aplikasi yang sesuai.

  • File Gambar

Beberapa ekstensi file gambar diantaranya ialah seperti jpg, jpeg, png, gif, tif, serta lain-lain. Pada umumnya gambar yang dihasilkan oleh sebuah kamera digital ataupun juga kamera manual itu akan berekstensi jpg atau jpeg.

Gambar berekstensi tif, png, serta lainnya biasanya hasil penyimpanan dari software tertentu, misalnya seperti Photoshop, CorelDraw, AutoCad, serta lain-lain.

  • File Suara

Beberapa ekstensi file suara ini diantaranya ialah sebagai berikut wav, mp3, midi, dan rm. Sama halnya dengan file komputer lainnya, tidak seluruh file suara itu bisa dibukan dengan satu aplikasi.

Selain yang disebutkan di atas, masih terdapat banyak sekali jenis file yang terdapat di dalam komputer sesuai peruntukkannya. Pada umumnya masing-masing dari jenis file komputer tersebut dikelompokkan dalam folder khusus sesuai dengan jenisnya. Dengan pengelompokkan file di dalam folder khusus tersebut maka user dapat menemukan file tersebut dengan mudah pada saat dibutuhkan.

Demikian penjelasan tentang Pengertian File, Menurut Para Ahli, Jenis Beserta Fungsinya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Daftar Isi