Jenis Jenis Video Berdasarkan Tujuan dan Formatnya

Jenis Jenis Video Berdasarkan Tujuan dan Formatnya – Apa sajakah jenis jenis video itu ?,Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Jenis Jenis Video Berdasarkan Tujuan dan Formatnya


Video di definisikan sebagai teknologi menangkap, merekam dan melakukan pemrosesan gambar bergerak. Sejak dulu , video terus mengalami berbagai kemajuan untuk mendukung efektivitas penggunaannya.

Salah satunya adalah semakin banyaknya jenis-jenis format video dan perbedaannya. Perbedaan format ini biasanya bisa kamu lihat dalam penamaan file yang berakhiran .AVI, .3gp, .mpeg dan lain sebagainya.

Disamping itu, video merupakan teknologi yang gunanya menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan serts menata ulang gambar bergerak. Yang mana biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital.

Digital video sendiri merupakan jenis sistem video recording yang bekerja menggunakan sistem digital dibandingkan dengan analog dalam hal representasi videonya. Dan biasanya digital video direkam dalam tape, lalu didistribusikan melalui optical disc, misalnya seperti VCD dan DVD.


Jenis Jenis Video Berdasarkan Tujuan Pembuatannya


  • Video Cerita

Jenis video yang satu ini merupakan video yang pada dasaranya bertujuan untuk memaparkan sebuah alur cerita. Sebagai contohnya yaitu tayangan di TV (sinetron).

Video jenis yang sangat banyak peminatnya dan juga paling sering sering kita temui di setiap harinya. Dan hampir semua orang pasti pernah menonton video berjenis cerita ini.

Baca Juga:  √ Sel Surya : Pengertian, Jenis, Struktur dan Prinsipnya
  • Video Dokumentor

Jenis video yang satu ini berfungsi untuk merekam suatu kejadian yang mungkin kita anggap penting untuk diabadikan, dan nantinya akan dijadikan data atau dokumen.

Pasti banyaklah diantara kita yang sering mengabadikan suatu kejadian yang kita anggap penting di dalam kehidupan. Contohnya seperti momen wisudaan, jalan-jalan bersama saudara dan lainnya.

  • Video Berita

Video ini bertujuan untuk menyebarkan berita untuk orang banyak. Biasanya sih ibu-ibu yang menonton video jenis ini. Video yang berisi tentang kejadian yang dapat disebar luaskan.

Menjadi sebuah video yang bermanfaat kalau isi video berita ini tidak HOAX dan menyajikan berita-berita yang memang layak untuk orang banyak mengetahuinya.

  • Video Presentasi

Video yang di dalamnya terdapat seuah ide atau gagasan yang ingin disampaikan kepada seseorang atau sebuah kelompok dan organisasi.

Video ini bertujuan untuk berkomunikasi dan memberikan sebuah ide disaat rapat atau musyawarah bersama teman dan organisasi.

  • Video Pembelajaran

Video ini berisikan tentang sebuah materi pembelajaran untuk mempermudah para sisiwa dalam kegiatan belajar mengajar. Video ini juga sangat efektif karena bisa diulang kembali. Jenis video ini sangat membantu para pelajar untuk belajar. Karena video pembelajaran mungkin tidak akan membosankan dan akan membuat semangat para pelajar.


Jenis Jenis Video Berdasarkan Formatnya


AVI.

AVI atau Audio Video Interlaced diperkenalkan pertama kali pada tahun 1992 oleh Microsoft. Format video ini didukung oleh hampir semua alat pemutar. Ukuran filenya yang cenderung besar membuat AVI kurang efisien untuk disimpan .

MKV.

MKV atau Matroska Video Container merupakan format video yang berstandar terbuka dan bebas. MKV memiliki banyak kelebihan termasuk untuk membuat menu dan chapter pada DVD. Meskipun dianggap sebagai format paling fleksibel saat ini, MKV belum didukung secara universal.

Baca Juga:  √ 19 Pengertian SIG Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

MPEG 1.

Format jenis ini banyak digunakan dalam industri video. Kualitas gambar yang disimpannya setara dengan VHS dengan audio setara CD.

MP4.

MP4 merupakan versi pembaruan dari MPEG. Format ini sering digunakan bersamaan dengan H.263 / H.264 untuk video dan AAC untuk audio.

ASF.

Seperti namanya, Advance Streaming Format banyak digunakan untuk layanan streaming video di jaringan internet.

MOV.

MOV banyak digunakan untuk player Quick Time. Untuk pengiriman file video melalui internet, MOV adalah format yang paling sering dipakai.

3GP.

3GP atau 3rd Generation Partnership Project adalah format video yang paling banyak digunakan untuk keperluan multimedia. Ukuran file-nya lebih kecil dan kualitasnya lebih rendah dari MP4.

Jenis Jenis Video Berdasarkan Tujuan dan Formatnya

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Jenis Jenis Video semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.