Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Anti Ribet

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Anti Ribet

Bluetooth merupakan salah satu jenis perangkat lunak yang memungkinkan proses transfer data dengan mudah. Salah satunya adalah data berupa aplikasi yang digunakan di sebuah smartphone. Cara mengirim aplikasi lewat bluetooth ini juga terbilang sangat mudah dan anti ribet.

Sayangnya, banyak orang kesulitan untuk mengirim aplikasi lewat media tersebut. Bluetooth dianggap hanya bisa digunakan untuk transfer file berupa gambar, video, maupun media lain. Lalu, bagaimana dengan aplikasi?

Mengapa Menggunakan Bluetooth?

Pada dasarnya mengirim aplikasi lewat bluetooth sangat memungkinkan. Sebelum mencari tahu seperti apa cara mengirim aplikasi lewat bluetooth, mari pahami dulu alasan dari pemakaian fitur ini.

Bluetooth memang sering dijadikan sebagai media untuk berkirim file karena dianggap sangat praktis dan efektif. Berikut adalah beberapa keunggulan kirim aplikasi lewat bluetooth:

1. Hemat Biaya

Pengiriman aplikasi ke perangkat lain via bluetooth jauh lebih hemat biaya. Hal ini disebabkan oleh fitur bluetooth itu sendiri sudah menjadi bawaan dari perangkat smartphone dan bisa dipakai dengan bebas. Jadi pengiriman file gratis sangat mudah dilakukan lewat fitur ini.

2. Jangkauannya cukup luas

Bluetooth memiliki area jangkauan yang cukup luas. Bahkan bisa mencapai jarak 10 meter selama tidak ada hambatan gangguan elektromagnetis yang menghalangi area bluetooth. Sangat mudah digunakan untuk berbagi aplikasi ke perangkat lain dengan jarak tertentu.

3. Praktis

Mengirim aplikasi lewat bluetooth sangatlah praktis. Tidak perlu menggunakan kabel dan bisa menjangkau dua jenis perangkat yang berbeda. Sistem sinkronisasi antar dua perangkat yang terlibat juga sangat mudah dan cepat.

4. Prosesnya Cepat

Pengiriman aplikasi via bluetooth tidak butuh waktu yang lama. Biasanya pengiriman dengan koneksi internet bisa berjalan lambat apalagi jika jaringannya memang tidak stabil. Lain halnya dengan bluetooth yang bisa bekerja jauh lebih cepat.

Tujuan Kirim Aplikasi

Mengapa perlu mengirim aplikasi dengan bluetooth? Ini biasanya dilakukan jika pengguna ingin mengirim aplikasi dari satu perangkat smartphone ke smartphone yang lain.

Umumnya, hal ini akan dilakukan jika pengguna memiliki lebih dari 1 perangkat smartphone dan ingin menggunakan aplikasi yang sama di kedua perangkat tersebut. Biasa juga dilakukan jika ingin saling berbagi aplikasi kepada pengguna lain tanpa perlu ribet.

Perlu diketahui bahwa cara mengirim aplikasi lewat bluetooth ini sangatlah mudah. Hanya saja memang harus ada aplikasi pendukung yang digunakan. Jika tidak ada aplikasi pendukungnya maka bluetooth tidak akan bisa menjalankan fungsi mengirim aplikasi dari satu perangkat ke perangkat lain.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth

Langsung saja mari bahas bagaimana mengirimkan aplikasi menggunakan bluetooth. Berikut adalah cara mengirim aplikasi lewat bluetooth menggunakan 3 jenis aplikasi pendukung yang berbeda:

1. Kirim dengan ES File Explorer

Pilihan pertama adalah mengirimkan aplikasi menggunakan ES File Explorer. Dikenal sebagai sebuah file manager di perangkat Android dan biasa digunakan untuk mengirim file. Selain bisa diakses menggunakan bluetooth, aplikasi ini juga memungkinkan untuk diakses dengan wifi.

Lewat ES File Explorer ini pengguna bisa mentransfer aplikasi ke sesama pengguna Android maupun ke jenis perangkat yang berbeda. Berikut adalah langkah-langkah mengirim aplikasi yang bisa diikuti:

  • Unduh dan install ES File Explorer dari PlayStore ke perangkat.
  • Pastikan fitur bluetooth di kedua HP sudah diaktifkan.
  • Masuk ke ES File Explorer pakai HP dari pihak pengirim.
  • Klik menu library > APP.
  • Cari aplikasi yang akan ditransfer lalu tahan selama beberapa detik sampai ada tanda centang.
  • Muncul opsi share, klik dan pilih opsi bluetooth.
  • Cari perangkat yang akan menerima file.
  • Tunggu sampai proses transfer selesai.

2. Pakai App Backup & Restore – Easiest Backup Tool

Transfer aplikasi dari perangkat satu menuju perangkat lain juga memungkinkan dengan bantuan App Backup & Restore – Easiest Backup Tool. Pengguna bisa memakainya secara gratis dan terbukti sudah banyak orang yang memanfaatkan fiturnya.

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah backup dan restore aplikasi namun juga memungkinkan untuk mengirim aplikasi lewat bluetooth. Berikut ini langkah-langkah transfer aplikasi yang bisa diikuti:

  • Unduh dan install aplikasinya terlebih dahulu.
  • Aktifkan bluetooth di perangkat pengirim dan penerima.
  • Buka App Backup & Restore – Easiest Backup Tool yang sudah diunduh tadi.
  • Di menu utama, cari aplikasi mana yang akan ditransfer.
  • Klik opsi send kemudian pilih menu send by other apps.
  • Tekan menu bluetooth dan langsung cari perangkat penerima dan tunggu sampai proses transfer aplikasi selesai.

3. Kirimkan dengan Aplikasi Sharecloud

Ada lagi pilihan cara mengirim aplikasi lewat bluetooth yaitu dengan menggunakan bantuan dari aplikasi Sharecloud. Aplikasi satu ini begitu mudah dipakai dan fungsional karena proses pengiriman aplikasi jadi jauh lebih mudah.

Sharecloud memungkinkan proses transfer aplikasi lewat berbagai media seperti WhatsApp, Google Drive, email, dan tentu saja via bluetooth. Berikut adalah langkah-langkah transfer aplikasi menggunakan Sharecloud:

  • Download dan install aplikasi Sharecloud di smartphone.
  • Nyalakan dulu fitur bluetooth di masing-masing perangkat.
  • Buka aplikasi Sharecloud kemudian pilih menu Select File lalu langsung saja masuk ke opsi APP.
  • Tentukan mana aplikasi yang akan ditransfer lewat Sharecloud ini.
  • Klik opsi menu share file.
  • Langsung pilih kirim lewat bluetooth dan cari perangkat mana yang dituju.
  • Tunggu sampai muncul notifikasi pengiriman sudah selesai.

Silahkan pilih sendiri cara mengirim aplikasi lewat bluetooth mana yang dirasa paling mudah. Pastikan bluetooth dari perangkat yang akan menerima dan mengirim sama-sama sudah aktif serta saling mengenali. Jika perangkat belum bisa mendeteksi maka coba terus sampai bisa.