Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android

Proses pengunduhan berbagai jenis aplikasi yang diinginkan pada perangkat Android yang dimiliki tersebut menjadi hak untuk setiap penggunanya. Sayangnya, terkadang seringkali terjadi kendala terhadap pemasangan aplikasi tersebut. Anda tak perlu khawatir karena terdapat sejumlah cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP Android paling gampang.

Sebelumnya, Anda sebaiknya sudah mengetahui penyebab dari gagalnya pemasangan aplikasi tersebut karena apa. Hal ini untuk mempermudah mengatasi permasalahan gagalnya pemasangan aplikasi tersebut secara tepat. Anda bisa menyimak penyebab kegagalan dari pemasangan aplikasi di Android berikut ini:

Penyebab Aplikasi Gagal Terpasang di Ponsel Android

Ada cukup banyak potensi penyebab dari kegagalan proses pemasangan aplikasi di ponsel Android ini. Sebagian besar dari permasalahan kendala pemasangan ini berasal dari internal ponsel tersebut sendiri.

1. Ponsel Tidak Mendukung Pengunduhan Illegal

Pada perangkat Android yang masih belum pernah dilakukan pengaturan ulang mengenai izin pemasangan aplikasi ini, biasanya tidak bisa melakukan pemasangan aplikasi dari sumber illegal. Perangkat tersebut hanya bisa melakukan pengunduhan aplikasi melalui pengunduhan resmi seperti Play Store.

Jika Anda melakukan pengunduhan aplikasi dari sumber illegal seperti website, maka tentu saja aplikasi tidak akan bisa terpasang pada perangkat Android tersebut. Karena sistem pada Android telah melakukan penutupan akses secara otomatis terhadap pengunduhan illegal.

2. File Apk Rusak

Kerusakan terhadap file pada aplikasi yang telah diunduh ini juga menjadi penyebab terhadap kegagalan pemasangan aplikasi tersebut. Biasanya, penyebab dari kerusakan file apk ini dikarenakan internet yang terhubung dalam perangkat tersebut kurang stabil.

Sebelumnya, Anda juga harus memastikan bahwa internet yang terhubung pada perangkat berjalan lancar. Selain kelancaran dari koneksi internet, juga diperlukan ketersediaan sisa kuota internet yang cukup untuk menjaga kelancaran terhadap proses pengunduhan aplikasi tersebut.

3. Memori Internal Terbatas

Keterbatasan dari memori internal perangkat juga mempengaruhi kegagalan dalam pemasangan aplikasi tersebut. Anda haruslah melakukan pengecekan terlebih dahulu dari sisa memori internal untuk bisa melakukan pengunduhan dan pemasangan aplikasi yang diinginkan.

Anda cukup mengosongkan memori internal sebesar 2x dari ukuran aplikasi tersebut. Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang dari data-data yang diperlukan oleh aplikasi tersebut. Jadi, setidaknya Anda harus memberikan ruang kosong yang cukup besar untuk memasang aplikasi ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Anda sebagai pengguna Android haruslah tahu mengenai cara mengatasi aplikasi yang tidak terpasang tersebut. Jangan khawatir, ada sejumlah cara untuk mengatasi aplikasi gagal terpasang ini secara gampang. Adapun cara tersebut yakni:

1.Sediakan Sisa Memori Internal Lebih Besar Dari Ukuran Aplikasi

Pada proses pemasangan aplikasi ini tentu terdapat data-data aplikasi yang juga harus diunduh demi kelancaran berjalannya aplikasi tersebut. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa sisa memori internal yang tersedia pada perangkat tersebut harus lebih besar dari ukuran aplikasi.

Anda bisa menyediakan kapasitas memori internal 2 hingga 3 kali ukuran dari aplikasi yang hendak dipasang tersebut. Setidaknya, Anda harus melakukan pencopotan aplikasi atau menghapus sejumlah file yang jarang digunakan untuk memberikan sisa memori internal yang besar.

2.Install Aplikasi Yang Mendukung Spesifikasi OS Android

Pastikan Anda melakukan pengunduhan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi OS Android yang dimiliki. Misalnya, OS Android pada perangkat adalah OS 8, maka Anda jangan mengunduh aplikasi yang hanya bisa diunduh untuk OS 9 atau 10.

Untuk melihat spesifikasi OS dari perangkat, bisa mengeceknya pada menu setelan. Sedangkan untuk mengetahui OS minimal dari aplikasi, Anda bisa membacanya pada deskripsi aplikasi. Biasanya, OS minimal ini akan dicantumkan pada deskripsi aplikasi tersebut.

3.Berikan Izin Pemasangan Aplikasi Dari Berbagai Sumber

Seringkali, aplikasi tidak dapat dipasang setelah selesai proses pengunduhan karena tidak adanya izin pemasangan aplikasi dari berbagai sumber. Saat ini setiap perangkat telepon telah mematikan secara otomatis atas izin pemasangan aplikasi dari sumber illegal.

Apabila Anda ingin menggunakan aplikasi dari sumber yang tidak resmi, misalnya website khusus maka harus membuka izin pemasangan tersebut. Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang yang satu ini sangatlah simpel dan manjur untuk dilakukan.

4.Reset Ulang Perangkat

Jika sejumlah cara sebelumnya sudah dilakukan, tetapi masih belum bisa melakukan pemasangan aplikasi bisa menggunakan cara reset ulang. Anda sangat disarankan mencoba cara ini agar dapat memasangkan aplikasi yang diinginkan di ponsel Android masing-masing.

Anda bisa melakukan reset ulang perangkat dan menunggu beberapa menit terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Setelah melakukan reset ulang ini, Anda bisa memulai melakukan pengunduhan dan pemasangan ulang terhadap aplikasi yang dikehendaki tersebut.

5.Hapus Cache Play Store

Tak jarang, aplikasi gagal terpasang ini karena pengguna jarang melakukan penghapusan terhadap cache yang ada di Play Store. Perlu Anda tahu, bahwa penghapusan cache ini akan memperlancar proses penginstalan dan pemasangan aplikasi tersebut.

Cara dalam menghapus cache ini sangatlah gampang. Anda hanya perlu membuka menu pengaturan pada ponsel. Selanjutnya, kunjungi menu aplikasi dan klik pada aplikasi Play Store. Cari pada menu penyimpanan dan tekan menu “Hapus Cache”. Setelahnya, Anda bisa mengulang proses pemasangan ataupun pengunduhan aplikasi.

6.Install Custom ROM

Aplikasi yang tidak terpasang ini juga bisa saja diakibatkan karena ROM dari versi Android ini kurang mendukung. Untuk itu, Anda bisa melakukan pengunduhan dan pemasangan custom ROM sendiri. Melalui penambahan ROM ini akan membuat performa telepon jadi lebih cepat dan menghemat daya baterai.

Itulah informasi untuk cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Android yang Anda tentu dapat melakukannya secara mandiri. Pastikan juga untuk menjaga kestabilan koneksi internet saat proses pengunduhan hingga pemasangan aplikasi tersebut berlangsung.