Habit Tracker: Pengertian, Manfaat dan Aplikasi 2023

seputarpengetahuan.co.id –¬†Kebiasaan baik bisa jadi sulit untuk diadopsi. Dan lebih sulit dipertahankan. Di situlah Habit Tracker masuk. Ada banyak spekulasi tentang berapa lama kebiasaan baru akan bertahan. Ada yang bilang tanggal 21. Yang lain mengatakan 66 hari.

Dan beberapa mengatakan Anda tidak pernah benar-benar aman. Anda harus tetap aman setiap saat. Bagaimanapun, Habit Tracker akan membantu Anda terus bergerak. Habit Tracker membantu Anda tetap bertanggung jawab dengan tujuan yang Anda tetapkan dalam pikiran.

Saya telah menyimpan Habit Tracker saya sendiri selama dua tahun dan itu membuat perbedaan besar. Apakah Anda ingin tahu tentang bagaimana semuanya bekerja?

Pada artikel ini, kita akan melihat apa itu Habit Tracker, manfaatnya, dan beberapa kebiasaan yang dapat Anda lacak hari ini. Kami juga akan melihat beberapa aplikasi terbaik untuk melacak kebiasaan Anda. Ayo lakukan.

Apa itu Habit Tracker?

Habit Tracker adalah cara untuk membantu Anda melacak seberapa baik Anda mengikuti kebiasaan harian, mingguan, atau bulanan. Pelacak kebiasaan yang baik dapat hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari aplikasi canggih hingga kertas dan pena.

Pada akhirnya, tidak masalah apa bentuk pelacak kebiasaan Anda. Yang penting adalah menemukan pelacak kebiasaan yang sesuai dengan Anda dan gaya hidup Anda. Mudah diperbarui dan sesuai dengan cara Anda bekerja. Lagi pula, apa gunanya pelacak kebiasaan jika Anda tidak menggunakannya?

Ketika saya pertama kali memulai perjalanan pelacakan kebiasaan saya, saya tidak tahu lebih baik. Saya baru saja memulai jurnal peluru dan saya bersemangat untuk membuat semuanya rumit dan indah. Pelacak kebiasaan bulan pertama saya memiliki desain gambar tangan yang mengesankan.

Tetapi menjelang bulan berikutnya, saya tidak menemukan waktu untuk menggambar pelacak kebiasaan lain sampai beberapa minggu dalam sebulan. Dan sudah berminggu-minggu untracking!

Pelacak Kebiasaan Saya sekarang jauh lebih sederhana. Tidak ada desain mewah. Tidak ada kerutan. Yang Anda butuhkan hanyalah kisi dan beberapa baris untuk masuk dan keluar. Tentu saja, Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini sehingga tidak perlu menggambar atau menulis. Lebih lanjut tentang itu nanti.

Manfaat Habit Tracker

Ada banyak manfaat memiliki pelacak kebiasaan harian atau pelacak kebiasaan bulanan. Mari kita lihat beberapa hal.

Habit Tracker Membuat Tujuan Lebih Dapat Dicapai.

Memiliki tujuan jangka panjang yang besar dapat mengintimidasi. Beberapa orang begitu mengintimidasi sehingga mereka bahkan tidak memulai. Namun, pelacak kebiasaan harian kami menawarkan kemenangan kecil untuk dinantikan setiap hari.

Anda secara fisik dapat melihat kemajuan Anda dan itu membantu memotivasi Anda untuk terus maju. Ini juga membantu Anda mencapai tujuan Anda dalam jangka panjang dengan memecahnya menjadi bagian harian yang lebih kecil.

Habit Tracker Meningkatkan Kepercayaan Diri

Apakah Anda orang yang membuat daftar tugas dan daftar periksa? Jika demikian, Anda akan senang menyimpan pelacak kebiasaan. Ketika Anda memikirkannya, itu semacam daftar periksanya sendiri.

Sama seperti Anda mendapatkan kepuasan yang Anda dapatkan dari mencentang daftar, Anda mendapatkan kepuasan yang sama dari pelacak kebiasaan. Ada sesuatu yang istimewa tentang mencentang kotak yang menyatakan bahwa Anda telah menyelesaikan suatu kebiasaan.

Tetap Fokus dengan Habit Tracker

Jika Anda seperti saya, daftar hal-hal yang harus diselesaikan pada hari tertentu bisa terasa tak ada habisnya. Hal ini tidak hanya terasa mengancam, tetapi juga berarti Anda cenderung terganggu dan kehilangan fokus dari tujuan dan niat awal Anda.

Pelacak Kebiasaan Baik adalah pengingat terus-menerus tentang kebiasaan sehat yang ingin Anda bangun dalam hidup Anda. Saat Anda mengikutinya, ini seperti daftar periksa permanen untuk memastikan Anda sudah mendapatkan semuanya.

Pelacak Kebiasaan Membantu Tetap Termotivasi

Ini adalah efek bola salju yang terjadi jika Anda terus membuat kebiasaan. Saat Anda melihat semua tanda X kecil yang telah Anda tulis, Anda akan merasakan dorongan untuk mempertahankan kebiasaan itu.

Ini bisa membuat ketagihan, seperti bermain game yang tidak ingin Anda kalahkan. Ada banyak penelitian psikologis yang menunjukkan bahwa mempermainkan hidup Anda bisa menjadi sumber motivasi dan kegembiraan yang hebat.

Aplikasi Habit Tracker Terbaik 2023

Jika pelacak kebiasaan manual bukan untuk Anda, jangan khawatir. Ada banyak aplikasi pelacakan kebiasaan yang dapat Anda gunakan. Mari kita lihat beberapa hal.

1. Habitify

Aplikasi Habit Tracker Terbaik 2023

Jika Anda seorang geek data, habit tracker app ini cocok untuk Anda. Habitify memiliki antarmuka dan proses yang mudah digunakan. Anda memberi tahu apa yang ingin Anda lacak, ini memberi tahu Anda beberapa kali sehari (jika Anda mau) dan kemudian Anda dapat memasukkan performa.

Itu juga menunjukkan banyak data kinerja untuk membantu Anda lebih memahami kinerja dari waktu ke waktu. Semakin banyak data yang Anda miliki, semakin Anda dapat menemukan pola dan meretas psikologi Anda sendiri untuk tetap berpegang pada tujuan Anda.

2. Habitica

Ini untuk semua gamer. Habitica adalah pelacak kebiasaan digital yang berbentuk role-playing game (RPG). Buat avatar dan setiap hari, tindakan Anda yang sebenarnya akan memengaruhi kehidupan avatar Anda.

Naik level untuk menerima hadiah dan membuka fitur khusus. Anda juga dapat melawan monster dengan teman-teman Anda. Dan dengan lebih dari 4 juta Habiticans, itu harus bermanfaat dan efektif. Anda dapat menggunakannya di mana pun Anda ingin melacak kebiasaan Anda: desktop, iOS, dan Android.

3. Coach.me

Aplikasi Habit Tracker Terbaik

Jika Anda siap untuk melakukan semuanya, ini adalah aplikasi pelacak kebiasaan yang hebat. Seperti namanya, Anda dapat bekerja dengan pelatih pribadi selain fitur standar yang disediakan oleh aplikasi lain.

Anda juga bisa mendapatkan dukungan dari komunitas Coach.me. Jika Anda memiliki teman olahraga atau rekan kerja, Anda tahu kekuatan memanfaatkan komunitas. Aplikasi ini membantu Anda mendapatkan akuntabilitas, saran, dan perspektif. Tersedia di mana-mana: desktop, iOS, Android.

4. Beeminder

Jadilah Pengingat. Beberapa orang mungkin menganggap Beeminder sebagai aplikasi pelacak kebiasaan “pilihan terakhir”. Karena itu menagih Anda setiap kali Anda gagal menyelesaikan kebiasaan! Jika itu bukan motif yang jelas, saya tidak tahu apa itu.

Beeminder memiliki beberapa fitur luar biasa seperti kemampuan untuk mengimpor data dari lusinan alat dan aplikasi seperti Gmail, Zapier, Duolingo, Fitbit, Twitter, Slack, dan lainnya. Aplikasi membacanya untuk memeriksa kemajuan Anda terhadap sasaran yang Anda tetapkan. Tersedia di iOS dan Android.

5. Momentum

Aplikasi pelacak kebiasaan ini memiliki beberapa fitur pelacakan sederhana, tetapi fitur keren lainnya adalah kemampuan untuk mengekspor data ke dokumen Excel jika Anda ingin memiliki catatan di luar aplikasi atau akun iCloud.

Dan ya, iCloud berarti ini adalah aplikasi iOS pelacak kebiasaan. Maaf, pengguna Android. Namun, aplikasi ini merupakan kabar baik bagi pengguna iOS karena dibuat khusus untuk ekosistem Apple. Itu berarti kelancaran bagi penggemar Apple.

6. Strides

Pelacak kebiasaan digital ini cukup standar untuk aplikasi pelacak kebiasaan. Namun, ia memiliki beberapa fitur keren yang membedakannya dari banyak aplikasi serupa. Ada banyak fleksibilitas dalam cara Anda melacak kebiasaan Anda.

Anda dapat menetapkan target berkelanjutan, yang berguna untuk aktivitas seperti Tantangan 30 Hari. Anda juga dapat menetapkan rata-rata untuk kebiasaan yang tidak harus Anda lakukan setiap hari. Misalnya, jika Anda ingin berlatih ukulele rata-rata tiga kali seminggu. Ini adalah aplikasi pelacak kebiasaan iOS lain yang tidak tersedia untuk Android.

Daftar Isi