Kartu NISN : Pengertian NISN dan Aplikasi Cetak NISN Gratis

Kartu NISN : Pengertian NISN dan Aplikasi Cetak NISN Gratis –  Apakah itu Kartu NISN ? Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang apakah itu kartu NISN dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Kartu NISN : Pengertian NISN dan Aplikasi Cetak NISN Gratis


Kartu NISN atau  Nomor Induk Siswa Nasional adalah Kartu kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri(Kemendikbud)

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN

Nomor induk ini akan dapat diperoleh siswa Sekolah Dasar serta akan terus digunakan hingga ia selesai menempuh pendidikannya.NISN akan sangat diperlukan sebagai identitas siswa serta merupakan salah satu kelengkapan yang harus dilengkapi saat mengikuti kegiatan pendidikan.

NISN biasanya digunakan sebagai persyaratan mendaftar jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta sebagai identitas rapor, buku induk, kartu pelajar, kartu ujian, piagam, surat keterangan siswa, SKHU serta ijazah.

Tujuan dan Manfaat Kartu NISN

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Aplikasi Cetak Kartu NISN

Kartu NISN : Pengertian NISN dan Aplikasi Cetak NISN Gratis

  • Aplikasi Berbasis Dapodik

Agar tidak terjadi kekeliruan, diperlukan perhatian khusus serta hati-hati saat melakukan proses pengecekan, rekap data, serta pencetakan identitas siswa.Apalagi karena NISN akan digunakan dalam jangka waktu panjang sehingga kekeliruan yang ada akan dapat berakibat fatal.

Masalah terkait kekeliruan ini sendiri seringkali terjadi karena kurangnya digit nomor induk maupun kesalahan dalam penulisan nomor.Jika NISN telah dipastikan benar, sebaiknya segera cetak kartu NISN menggunakan aplikasi cetak kartu NISN.Banyak aplikasi yang bisa digunakan, salah satunya adalah yang berbasis Dapodik. Aplikasi ini sendiri dibuat Bu Nurhayati Mualif yang berasal dari Pacitan.

    • Cara Menggunakan Aplikasi Cetak Kartu NISN Berbasis Dapodik

Cara menggunakan aplikasi cetak kartu NISN yang berbasis Dapodik ini juga cukup mudah. Desainnya juga terbilang menarik serta bagus.

      • Kita cukup masukkan data siswa serta foto siswa, maka proses pencetakan masal kartu NISN dapat segera dilakukan.
      • Identitas siswa harus dimasukkan secara lengkap, mulai dari nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir serta alamat.
      • Foto yang digunakan sebaiknya dalam ukuran yang sama sehingga hasilnya akan rapi. Masukkan foto dalam kotak yang tersedia di laman aplikasinya.
      • Jika semua kolom dan foto telah terisi, akan tampak sheet NISN berisi tampilan kartu yang siap cetak secara massal.
    • Tampilan Aplikasi Cetak Kartu NISN Berbasis Dapodik
      • Tampilan Awal

tampilan awal Aplikasi Cetak Kartu NISN Berbasis Dapodik

      • Tampilan sheet siswa, untuk menginputkan data diri.

memasukan data diri pada tampilan awal Aplikasi Cetak Kartu NISN Berbasis Dapodik

      • Tampilan sheet untuk memasukan foto siswa pada Aplikasi Cetak Kartu NISN Berbasis Dapodik.

tampilan sheet untuk memasukan foto siswa Aplikasi Cetak Kartu NISN Berbasis Dapodik

      • Tampilan hasil cetak karu nisn pada Aplikasi Cetak Kartu NISN Berbasis Dapodik.

tampilan hasil kartu nisn Aplikasi Cetak Kartu NISN Berbasis Dapodik

Untuk download Aplikasi Cetak Kartu NISN Berbasis Dapodik, kamu bisa search dan download di Google


  • Aplikasi Cetak Kartu NISN Format Excel Gratis

tampilan Aplikasi Cetak Kartu NISN Format Excel Gratis-compressed

Pencetakan kartu NISN tidak selamanya harus menggunakan aplikasi cetak kartu NISN. Kita juga bia mencetaknya melalui program Microsoft Excel.Apabila kita sudah terbiasa menggunakan program Excel, tidak akan ada kesulitan yang ditemui saat mencetaknya.

Tapi tentunya, tampilan kartu yang dibuat menggunakan program Microsoft Excel akan tampak sederhana serta kurang menarik. Jika kita mengutamakan sisi estetik dari kartu NISN, maka bisa menggunakan aplikasi saja.Cetak kartu NISN menggunakan Excel memang gratis dan mudah, namun hasil akhirnya yang tampak sederhana mungkin tidak akan terlalu enak dipandang jika dibandingkan kartu NISN hasil cetakan aplikasi.

Untuk download Aplikasi Cetak Kartu Format Excel, kamu juga bisa search dan download di Google.


  • Aplikasi Cetak Kartu NISN SD SMP SMA

Tampilan Aplikas

Aplikasi cetak kartu NISN satu ini dibuat Mohammad Iksan. Fitur yang ada di dalamnya cukup banyak apabila dibandingkan aplikasi lain.Jenjang pendidikan yang ada juga lengkap yaitu meliputi Sekolah Dasar atau SD, Sekolah Menengah Pertama atau SMP serta Sekolah Menengah Atas atau SMA.

Guru dari ketiga jenjang pendidikan tersebut akan sama-sama dapat menggunakan aplikasi ini. Sheet yang terdapat dalam aplikasi di antaranya adalah data sekolah, data PD serta halaman depan dan belakang dari sekolah.Aplikasi ini juga tersedia gratis serta dapat digunakan dengan mudah. Tampilan akhirnya rapi serta mudah diedit. Kita juga dapat melakukan copy paste data hasil verval peserta didik dengan mudah.

    • Tampilan Aplikasi Cetak Kartu NISN SD SMP SMA
      • Pada aplikasi ini cukup lengkap, karena terdapat petunjuk penggunaan yang bisa kamu baca dulu.

petunjuk penggunaan Aplikasi Cetak Kartu NISN SD SMP SMA

      • Tampilan data peserta didik

tampilan data peserta didik Aplikasi Cetak Kartu NISN SD SMP SMA

Itu dia template cetak kartu NISN dari Aplikasi Cetak Kartu NISN SD SMP SMA, caranya cukup mudah dipahami, karena memang tutorial yang disediakan cukup mudah dimengerti.Untuk download Aplikasi Cetak Kartu NISN SD SMP SMA, kamupun bisa search dan download di Google, dan silahkan mencobanya

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Kartu NISN , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya

Daftar Isi