6 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Gratis & Terbaik

seputarpengetahuan.co.id – Aplikasi belajar bahasa Jepang memiliki banyak manfaat saat ini, terlebih di zaman serba gadget. Sebagaimana yang kita ketahui, smartphone hampir penting dan mengganggu dalam kehidupan modern.

Notifikasi terus-menerus memudahkan untuk keluar dari lingkungan kita saat ini dan membenamkan diri dalam cahaya piksel selamat datang. Selain gangguan—saya berbicara sebagai pecandu media sosial yang kronis—ada beberapa aplikasi yang sangat berguna untuk belajar bahasa Jepang.

Aplikasi belajar bahasa Jepang Terbaik 2023

Yang terbaik dari semuanya, aplikasi belajar bahasa Jepang ini tidak akan dikenakan biaya sepeser pun. Ini sangat bagus mengingat biaya kepemilikan smartphone di Jepang. Mari kita periksa opsinya.

1. LingoDeer

aplikasi belajar bahasa Jepang gratis

LingoDeer akan berbicara bahasa Jepang sejak hari pertama dan meningkatkan tingkat kefasihan Anda. Ini mengikuti pendekatan blok bangunan yang menyenangkan yang terasa seperti permainan. Setiap pelajaran menggunakan sejumlah metode pengujian untuk menerapkan tata bahasa dan kosa kata yang dipelajari pada pelajaran sebelumnya.

Tidak seperti aplikasi belajar bahasa Jepang gratis lain yang menghafal kata dan frasa bahasa Jepang tanpa konteks, LingoDeer menyediakan audio dari penutur asli bahasa Jepang dan secara alami menggabungkan kata, frasa, dan budaya kehidupan nyata.

Anda juga dapat memperlambat suara pembicara untuk mendapatkan pelafalan yang paling akurat, yang merupakan bagian penting dari pembelajaran bahasa. Fitur keren lainnya termasuk kemampuan untuk mengaktifkan furigana untuk mempelajari kanji dan mempelajari arti dan konteks partikel dengan ketukan sederhana.

LingoDeer tidak sepenuhnya gratis, tetapi Anda akan mempelajari semua dasar-dasarnya, seperti hiragana dan katakana, ditambah lebih dari 1.000 frasa penting bahasa Jepang, dan menikmati analisis mendalam dari modul pertama. Nanti Anda dapat membayar sedikit biaya untuk versi premium yang mencakup semua pelajaran termasuk cakupan kosa kata dan tata bahasa N5-N3.

2. Anki

Anki memungkinkan Anda untuk mengimpor “dek” kanji dan kosakata dari buku teks populer atau daftar JLPT dan kemudian mengubahnya menjadi kartu flash. Mulai dari kata atau karakter Cina hingga kosakata dalam kalimat yang membantu Anda memahami konteksnya.

Itu bisa disertai dengan isyarat audio dan kesenangan, stok foto murahan untuk menambah kesenangan. Saat disajikan dengan kartu flash, pikirkan jawaban dan klik untuk mengungkapkannya. Berapa kali kartu berulang kemudian dicantumkan di sebelah opsi sehingga dapat menandai dirinya sebagai Easy in Again.

Selain bisa membangun dek, Anki menawarkan sejumlah fitur berguna, termasuk pengatur waktu jawaban dan kemampuan membalik pertanyaan dan jawaban. Ini sangat berguna ketika Anda ingin beralih antara kemampuan membaca dan kemampuan menulis kanji atau kata-kata.

Anki tersedia sebagai aplikasi belajar bahasa Jepang gratis terbaik, versi online atau desktop. Mungkin lebih cepat menggunakan versi desktop untuk membuat deck dan kemudian menyinkronkannya ke perangkat Anda. Saya minta maaf kepada pengguna iOS. Anda harus membayarnya, tetapi itu sepadan.

3. Tae Kim’s Guide to Learning Japanese

Aplikasi belajar bahasa Jepang untuk pemula

Jika Anda mencari struktur atau tidak dapat memahami makna di luar konteks, panduan belajar bahasa Jepang Tae Kim mungkin bisa menjawab doa Anda. Aplikasi belajar bahasa Jepang untuk pemula ini penuh dengan pelajaran yang diatur secara logis, penjelasan yang jelas dan tabel penggunaan yang indah.

Bab pertama tentang tata bahasa dasar juga memiliki beberapa latihan. Daftar kosakata dengan contoh kalimat, membaca karakter Cina, dan definisi bahasa Inggris disediakan di setiap kelas. Anda dapat mengambil kata-kata baru sambil melihat tata bahasa berfungsi dalam konteks.

Bahkan jika Anda tidak merujuk ke daftar ini, tidak perlu berkonsultasi dengan kamus karena semua karakter bahasa Mandarin dapat diklik.mIni bukan permainan, jadi tidak terlalu menyenangkan atau menghafal, tetapi jika Anda ingin memahami sesuatu, Tae Kim adalah guru Anda.

4. Obenkyo

Obenkyo memungkinkan Anda menguasai kanji dan kosa kata, dimulai dengan dasar-dasar katakana dan hiragana. Aplikasi belajar bahasa Jepang pemula ini menanyai Anda dengan pilihan ganda dan menulis tes menggunakan layar sentuh Anda.

Ini adalah alat terbaik untuk persiapan ujian karena dapat menampilkan daftar kanji sesuai dengan level JLPT Anda. Dengan kata kerja seperti ichidan/godan dan kata kerja transitif/intransitif, Anda dapat dengan mudah mengakses daftar kosakata yang diurutkan berdasarkan jenis kata, seperti di kamus.

Mungkin fitur bintangnya adalah pengenal tulisan tangan. Ubah tidak hanya bentuknya, tetapi juga urutan pukulannya. Jika ada kesalahan dalam mengenali tulisan Anda, Anda dapat mengetahuinya dengan cepat dan skor Anda akan disesuaikan. Aplikasi ini juga membawa panduan Tae Kim untuk referensi tata bahasa.

5. Lang-8

HiNative-Language Learning adalah tempat di mana penutur asli mengedit entri yang ditulis oleh orang yang mempelajari bahasa mereka. Konten Anda bisa sepanjang atau sesingkat yang Anda suka.

Ini adalah komunitas yang dibangun berdasarkan hadiah, jadi jika Anda tidak berhemat, Anda akan mendapatkan umpan balik dan saran yang luar biasa (dan bahkan mungkin pertemanan).

HiNative dikembangkan oleh pembuat situs web pembelajaran bahasa yang sangat sukses, Lang-8, jadi jika Anda lebih nyaman dengan keyboard lengkap, Anda juga dapat mencoba versi browser lengkap grup.

6. imiwa

Salah satu aplikasi belajar bahasa Jepang lengkap terpopuler di kalangan orang asing, Imiwa adalah kamus luring yang menawarkan banyak cara untuk mencari kata. Anda dapat mencari menggunakan Romaji dan bahasa Jepang, tetapi Anda dapat mencari dengan SKIP (Sistem Pengindeksan Kanji berdasarkan Pola), banyak radikal, radikal Tionghoa, dan karakter Tionghoa.

Buat daftar dan favorit dengan mudah melalui antarmuka yang jelas dan ekspor langsung ke fungsi papan klip/salin/email. Ini akan menarik bagi penutur bahasa Inggris non-asli karena definisi dan contoh kalimat tercantum dalam beberapa bahasa.

Fitur fantastis lainnya adalah pencarian otomatis teks apa pun yang Anda salin ke clipboard. Menjelajahi situs web dan tidak memahami sepatah kata pun? Salin dan buka Imiwa dan Anda akan segera melihat hasilnya.

Daftar Isi