7 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik dan Paling Recommended

7 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik dan Paling Recommended

Pada saat ini ada sejumlah kegiatan yang telah beralih secara online dan memerlukan penggunaan PC/Laptop. Anda sebagai pengguna PC haruslah tahu sejumlah aplikasi perekam layar PC yang akan sangat membantu setiap kegiatannya.

Terlebih lagi untuk para content creator yang akan sangat terbantu dari penggunaan aplikasi perekam laptop tersebut. Pada sejumlah aplikasi ini tidak hanya mampu merekam layar saja, melainkan juga melakukan sejumlah hal lain, seperti mengedit hasil rekaman tersebut.

Cara Memilih Aplikasi Perekam Layar Laptop Atau PC yang Berkualitas

Sebelum melakukan pengunduhan aplikasi perekam layar PC ini, sebaiknya Anda perlu mengetahui sejumlah cara memilih aplikasi tersebut yang berkualitas. Hal ini bisa untuk lebih menghemat kapasitas RAM dari PC tersebut.

Untuk mengetahui kualitas dari aplikasi perekam layar ini tidaklah sulit. Ada 3 cara yang bisa dilakukan secara gampang untuk mengetahui seberapa tingkat kualitas dari aplikasi tersebut. Adapun cara dalam mengetahui kualitasnya, yakni:

1.Cek Spesifikasi Aplikasi yang Sesuai Dengan Sistem Operasi PC

Tingkat spesifikasi dari aplikasi ini haruslah sesuai dengan sistem operasi dari PC yang dimiliki tersebut. Jangan sampai Anda mengunduh aplikasi yang memiliki spesifikasi aplikasi di atas sistem operasi PC. Hal ini akan membuat beban kerja dari RAM dan CPU menjadi lebih berat.

Gunakan aplikasi perekam layar PC yang sesuai dengan kapasitas kemampuan dari sistem operasi PC masing-masing. Sehingga, Anda pun juga bisa menggunakannya secara gampang dan tidak akan membuat performa PC ataupun laptop jadi lebih berat.

2. Kenali Fitur yang Tersedia

Setiap aplikasi tentu memiliki fitur tersendiri yang bisa saja untuk satu aplikasi dan lainnya itu berbeda-beda. Anda sebaiknya mengenali fitur yang telah tersedia dari aplikasi ini terlebih dahulu sebelum memilih untuk mengunduhnya.

Untuk mengetahui fitur yang tersedia ini dapat dilihat dari deskripsi aplikasi yang tersedia sebelum proses pengunduhan aplikasi tersebut. Sesuaikan fitur aplikasi dengan kebutuhan setiap pengguna. Karena semakin banyak fitur di aplikasi, tentu beban RAM akan semakin bertambah saat aplikasi digunakan.

3. Ketahui Aplikasi Berbayar Atau Gratis

Anda juga harus memastikan aplikasi tersebut berbayar atau gratis. Jangan sampai, Anda telah mengunduh dan menggunakan aplikasi tersebut tapi belum mengetahui bahwa aplikasi tersebut berbayar. Tentu saja, hal ini berpotensi dapat merugikan Anda yang mungkin sebenarnya mencari aplikasi yang dapat digunakan secara gratis.

Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik

Sudah cukup banyak tersedia aplikasi yang mampu merekam layar PC atau laptop yang memberikan hasil berkualitas. Sebagian besar memang aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, akan tetapi tentu ada yang sistem berlangganan. Berikut informasi mengenai aplikasi perekam layar PC tersebut, antara lain:

1.Screenpresso

Aplikasi ini secara khusus hanya dapat menjalankan fitur rekam layar saja. Akan tetapi, hasil video rekaman tersebut tidak disertai watermark dari aplikasi ini. Jangan khawatir, aplikasi ini tersedia mode gratis maupun premium, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing.

Secara umum, aplikasi ini tidak ada bedanya untuk fitur dari pengaksesan yang gratis maupun premium. Aplikasi ini dapat digunakan minimal untuk OS Windows 7. Untuk RAM yang diperlukan dari aplikasi ini sebesar 4 GB dan memori 1 GB saja.

2. WM Capture

Anda bisa melakukan penjadwalan rekaman dengan menggunakan aplikasi ini. Jadi, jika Anda ada keperluan lain, bisa mengatur jadwal mulai rekaman layar melalui aplikasi WM Capture. Jika waktunya telah tiba maka secara otomatis layar akan terekam oleh aplikasi.

Hasil rekaman video ini juga sangatlah baik, dimana ada sejumlah format output yang bisa dipilih, seperti MPEG, AVI, DVD,WMV, dsb. Aplikasi ini juga mampu merekam sebagian layar saja sesuai dengan kehendak penggunanya. Anda yang menggunakan aplikasi ini pun tidak akan dipatok biaya serupiah pun dari pemakaian aplikasi.

3. ShareX

Teruntuk Anda hendak melakukan rekaman dengan durasi yang cukup lama, nampaknya aplikasi ini sangat mendukung kegiatan tersebut. Anda bisa merekam layar PC tanpa ada batasan waktu dari aplikasi ini. Hanya saja, semakin lama durasi merekam juga memperbesar ukuran hasil rekaman tersebut.

Hasil dari video rekaman ini juga tidak ada watermark yang sangat sesuai untuk setiap content creator. Ada cukup banyak fitur yang tersedia dan cara pengoperasiannya pun cukup menarik. Aplikasi bisa digunakan tanpa perlu berlangganan. Hanya saja, aplikasi ini hanya mendukung penggunaan minimal di windows 10.

4. Camtasia

Aplikasi ini tidak hanya mampu merekam layar saja, namun juga bisa melakukan sedikit editing dari hasil video rekaman tersebut. Hanya saja, Anda harus menyediakan ruang memori yang cukup besar untuk aplikasi ini sebesar 4 GB.

Pada aplikasi ini juga tersedia sejumlah template maupun preset yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Untuk sistem operasi PC yang mendukung aplikasi ini hanya dari windows 10 ke atas. Jangan khawatir, Aplikasi ini dapat digunakan secara bebas dan gratis.

5. Movavi Screen Recorder Studio

Bagi Anda yang masih menggunakan sistem windows yang lama, yakni windows 8 ke bawah sebaiknya memilih aplikasi ini untuk merekam layar. Terlebih lagi, RAM yang diperlukan pun cukup kecil untuk aplikasi sejenisnya, yakni hanya 256 MB saja.

Hasil rekaman dengan menggunakan aplikasi ini juga cukup jernih. Bahkan, pada aplikasi ini juga tersedia fitur crop, filter, flip, hingga custom watermark. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk setiap pengguna.

6. Bandicam

Untuk PC yang masih mempertahankan sistem Windows XP dan ingin melakukan perekaman layar, bisa menggunakan aplikasi ini. Fitur dari aplikasi ini cukup lengkap untuk kebutuhan rekam layar dan editing sederhana. Hasil dari rekaman video dengan aplikasi ini juga sangatlah berkualitas.

7. Free Screen Video Recorder

Aplikasi ini tidak hanya mampu merekam layar saja, namun juga mampu menangkap audio external. Sehingga, bagi Anda yang sering membuat video tutorial tentu akan sangat dimudahkan dengan memakai aplikasi ini. Aplikasi ini dapat digunakan untuk spesifikasi windows 10 ke bawah.

Itulah informasi mengenai aplikasi perekam layar PC yang akan sangat membantu pengguna dalam merekam layar laptop ataupun PC miliknya. Sebagian besar dari aplikasi tersebut dapat digunakan secara gratis, sehingga akan sangat menghemat pengeluaran pengguna.