Storyboard adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Langkah Membuat & Manfaatnya

Storyboard adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Langkah Membuat & Manfaatnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Storyboard. Yang mana penejelasan ini meliputi pengertian storyboatd, fungsi storyboard, macam-macam storyboard, tujuan storyboard, langkah-langkan membuat storyboard dan manfaat storyboard dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Agar lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Storyboard adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Langkah Membuat & Manfaatnya

Mari kita bahas dengan lengkap tentang apa itu Storyboard pada pembahasan dibawah ini.

Pengertian Storyboard

Storyboard adalah suatu sketsa gambar yang disusun secara berurutan berdasarkan naskah cerita, dengan menggunakan storyboard maka pengarang cerita dapat menyampaikan ide cerita secara lebih mudah terhadap orang lain, sebab dengan adanya storyboard seorang pembuat cerita bisa membuat seseorang membayangkan suatu cerita dengan mengikuti gambar-gambar yang sudah disajikan, sehingga bisa mendapatkan persepsi yang sama dengan ide cerita yang dibuat.

Storyboad juga dapat didefinisikan sebagai naskah yang penyajiannya berbentuk sketsa gambar dengan berurutan, bermanfaat guna membuat mudah alur cerita maupun pengambilan gambar.

Sejarah storyboard yaitu di tahun 1933 dalam sejarah dalam pembuatan storyboard pertama kali dilakukan oleh seorang animator bernama Webb Smith. Ide ini berawal dari gambar-gambar yang terpisah yang disusun pada papan buletin guna membuat suatu alur cerita.

Storyboard ini sering dimanfaatkan dalam dunia multimedia seperti desain grafis, dan pembuatan film. Sebab storyboard berkaintan dengan gambar menggambar, sama halnya dengan membuat sketsa gambar peritiwa-peristiwa pada sebuah cerita dalam film atau video pendek.

Dalam hal ini tentu dalam pembuatan film storyboard sangat dibutuhkan. Utamanya pada film animasi ataupun video pendek.

Alasan menggunakan storyboard adalah:

  • untuk mempermudah sebelum pembuatan suatu film, animasi, video pendek dan masih banyak lagi.
  • Dapat digunakan dalam mengingatkan animator tentang alur cerita
  • Dapat digunakan supaya dapat memudahkan pembaca dalam memahami alur pada suatu cerita

Fungsi Storyboard

Secara umum, fungsi storyboard yaitu sebagai media konsep serta ungkapan yang kreatif dalam penyampaian suatu ide atau gagasan. Dalam storyboard juga seseorang dapat menambahkan arahan-arahan seperti arahan audio, letak atau arahan informasi lainnya. Terdapat beberapa fungsi dari storyboard, diantaranya yaitu:

  • Dalam penggarapan suatu film, storyboard berguna untuk menggambarkan alur cerita menurut garis besarya saja dari bagian awal, tengah hingga akhir.
  • Kemudian berguna sebagai pembuat perencanaan di suatu film
  • Dan secara keseluruhan dapat membuat dengan mudah dalam pembuatan serta pemahaman alur film. Sekarang storyboard ini juga berguna dalam pembuatan suatu game, seperti membuat sketsa alur game tersebut dari awal hingga akhir.

Tujuan Storyboard

Tujuan dari storyboard adalah:

  • Sebagai pemandu terhadap orang-orang yang terlibat didalamnya, mulai dari sutradara, penuli cerita, lighting serta kameramen sekalipun
  • Memungkinkan untuk seorang dalam pembuatan film guna memprevisualisasikan ide-idenya
  • Merupakan alat untuk mengkomunikasikan keseluruhan ide film
  • Menerangkan suatu alur narasi dari sebuah cerita
  • Berperan dalam pewaktuan “timing” pada sequence, percobaan-percobaan melalui sudut pandang kamera, perpindahan dan kesinambungan “continuty” antar elemen-elemen dalam sebuah frame.

Langkah-Langkah Membuat Storyboard

Adapun langkah-langkah dalam pembuatan storyboard yaitu:

  • Mencatat bagian-bagian penting, ide serta konsep yang akan ditampilkan dalam storyboard
  • Pada dasarnya Storyboard merupakan gambar serial dan lengkap dengan penjelasan semua langkah serta keterangan yang dibutuhkan guna menyelesaikan tujuan dibuatnya suatu film
  • Membuat sketsa kasar visual dalam semua frame
  • Visual secara nyata menampilkan adegan utama
  • Storyboard dapat dirancang menggunakan kertas dengan coretan dan tulisan manual maupun dengan menggunkan perangkat seperti Microsoft Word

Sebelum membuat suatu storyboard sebaiknya membuat:

  • Membuat rincian atau cakupan
  • Membuat rincian naskah
  • Mendetailkan grafik dan visual

Format apapun yang akan ditampilkan pada storyboard, terdapat suatu informasi yang harus dicantumkan, seperti:

  1. Sketsa atau gambaran layar, halaman ataupun frame
  2. Warna, penempatan serta ukuran grafik apabila diperlukan
  3. Teks asli, apabila ditampilkan dalam halaman atau layar
  4. Warna, ukuran serta tipe font jika menggunakan teks
  5. Narasi jika dibutuhkan
  6. Animasi jika dibutuhkan
  7. Video jika dibutuhkan
  8. Audio jika dibutuhkan
  9. Interaksi dengan penonton jika dibutuhkan
  10. Dan hal lain yang harus diketahui oleh staf produksi

Penggunaan Storyboard

Berikut adalah beberapa penggunaan storyboarddi antaranya yaitu:

  • FILM

Dalam pembuatan suatu film dengan tingkat kesetiaan pada naskah , storyboard dapat menyediakan tata letak visual dari peristiwa yang harus dilihat dengan lensa kamera. Serta pada kasus media interaktif, itu merpakan tata letak dan urutan yang mana pengguna atau penampil melihat konten atau informasi. Dalam pembuatan storyboard, rincian yang paling teknis yang terlibat pada pembuatan film atau proyek media interaktif dapat digambarkan lebih efisien baik dalam gambar, atau teks tambahan.

  • Animasi

Dalam pembutan animasi dan efek khusus bekerja, teknik storyboard mungkin akan digunakan dengan disederhanakan mock-up yang disebut “animatics” guna memberikan ide yang lebih baik mengenai bagaimana adegan tersebut akan terlihat dan merasa dengan gerak dan waktu. Sederhananya, animatik merupakan serangkaian pada gambar diam yang kemudian diedit dan ditampilkan secara berurutan. Lebih umum, sebuah kasar dialog dan / atau jalur suara kasar ditambahkan dalam urutan gambar diam tersebut (biasanya diambil dari storyboard) guna menguji apakah suara serta gambar yang bekerja secara efektif bersama-sama.

  • Photomatic

Photomatic (mungkin berasal dari ‘animatik’ atau foto-animasi) yaitu serangkaian foto yang diedit bersama seta disajikan dalam layar secara berurutan . Biasanya, suara-over , soundtrack danefek suara yang ditambahkan pada bagian tersebut guna membuat presentasi untuk menunjukkan bagaimana dalam suatu film bisa menembak serta dipotong bersamaan. Semakin digunakan oleh pengiklan dan juga biro iklan sebagai penelitian efektivitas storyboard yang mana sebelumya diusulkan oleh mereka sebelum melakukan ke ‘full up’ iklan televisi.

  • Buku-Buku Komik

Banyak dari penulis yang telah menggunakan jenis gambar storyboard (meskipun agak samar) untuk scripting pada buku komik mereka, yang sering menunjukkan pementasan tokoh, latar belakang serta penempatan balon dengan instruksi untuk seniman yang dibutuhkan sering ditulis dalam bentuk margin serta dialog atau keterangan ditunjukkan.

  • Bisnis

Storyboard yang seriring digunakan oleh industri untuk perencanaan kampanye iklan, iklan, sebuah usulan atau presentasi bisnis lain yang dimaksudkan yaitu guna meyakinkan atau memaksa konsumen untuk bertindak. Perusahaan konsultan mengajarkan teknik pada staf mereka untuk digunakan selama pengembangan presentasi klien, sering mempekerjakan “teknik kertas coklat” dengan merekam mock-up slide presentasi dalam sepotong kertas kraft besar yang dapat digulung guna transportasi mudah. Storyboard awalnya berupa hal sederhana seperti judul slide pada Post-It catatan, yang selanjutnya diganti dengan slide presentasi rancangan sebagaimana yang akan mereka diciptakan.

Manfaat Storyboard

Manfaat dari dibuatnya storyboard adalah:

  • Menjadikan proses pembuatan fil menjadi cepat
  • Menunjukkan visi artistik suatu produk film atau multimedia
  • Memberikan tata letak visual dari adegan seperti yang terlihat pada lensa kamera

Demikianlah telah dijelaskan tentang Storyboard adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Langkah Membuat & Manfaatnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi