PDF Adalah : Sejarah, Fungsi Dan Kelebihannya Dari File Format Lain

PDF Adalah : Sejarah, Fungsi Dan Kelebihannya Dari File Format Lain – Apa yang di maksud dengan pasar tenaga kerja ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


PDF Adalah : Sejarah, Fungsi Dan Kelebihannya Dari File Format Lain


Bagi umum keberadaan file dengan ekstensi PDF mungkin tidaklah asing bahkan banyak yang mengetahui software dengan fungsi PDF reader seperti Adobe Reader.Sepertinya sedikit masyarakat yang mengerti makna atau tujuan dari pembuatan file ini, mengingat untuk pengolahan data sudah ada Microsoft Office.

Di artikel ini kami akan mengulas lebih mendalam mengenai Portable Document Format atau dalam istilah umum biasanya disingkat menjadi PDF. Penjelasan lebih menitik beratkan ke pengertian PDF secara umum, fungsi utama serta kelebihan – kelebihan dari PDF.

Penggunaan PDF biasanya identik dunia kerja yang mengarah pada pengolahan data. Data yang sudah dibuat dalam Microsoft Office (bisa word, excel dan lain – lain) biasanya di simpan dalam ekstensi aslinya atau dalam ekstensi lain, salah satunya PDF.

Banyak orang yang memilih menggunakan format ini adalah karena sangat praktis dan tidak memakan waktu lama untuk membukanya. Meskipun konsekuensi yang muncul adalah ketika file sudah dalam bentuk PDF maka tidak bisa diubah lagi datanya, kecuali memakai software khusus.

PDF (Portable Document Format) merupakan salah satu jenis format dokumen atau berkas untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993.


Sejarah Awal Di Gunakan PDF

Awalnya format ini digunakan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital, namun sekarang format PDF juga banyak digunakan untuk presentasi dokumen dua dimensi yang terdiri dari huruf, teks, grafik vector dan citra.

Baca Juga:  √ Pengertian Tipografi, Fungsi, Elemen & Klasifikasinya (Lengkap)

Tak hanya itu saja, Adobe System Inc kini juga mengembangkan program Acrobat 3-D berupa kemampuan PDF untuk membaca dokumen tiga dimensi. Kini PDF sudah menjadi standar ISO dengan kode 32000-1:2008 sejak Juli 2008.

Sesuai dengan pengertian PDF di atas, format ini sering digunakan dalam administrasi perkantoran karena kemudahannya. Meskipun pada awal rilis format ini kurang diminati karena kalah bersaing dengan pendahulunya yakni Microsoft Office.

Namun karena memiliki fitur yang memudahkan penggunanya untuk mengarsipkan dokumen membuat PDF saat ini semakin banyak digunakan.

Bahkan software untuk mengakses format PDF pun tidak hanya Adobe Reader saja, namun juga ada Foxit Reader, Adobe Flash, Sumatra PDF dan lainnya.


Fungsi PDF

Untuk membuat dan menyimpan sebuah dokumen yang berisi teks, gambar, dan link, dengan format khusus yang hanya dapat dibuka di komputer yang memiliki program khusus.

Dalam hal ini, portable document format berarti suatu dokumen memiliki format khusus yang fleksibel dan dapat digunakan di komputer mana pun.Format PDF berbeda dengan format doc pada Microsoft Office, dimana dokumen berformat PDF lebih fleksibel, dapat dikunci, dan cenderung lebih aman.

Dokumen atau berkas berformat PDF merupakan pilihan terbaik jika ingin mengirimkan sebuah dokumen yang sudah fix dengan tampilan yang menarik.Proses pertukaran dokumen berformat PDF via email dapat dilakukan dengan mudah karena biasanya ukurannya kecil.

PDF adalah : Sejarah, Fungsi Dan Kelebihannya Dari File Format Lain


Kelebihan PDF

Kelebihan utama dari file PDF adalah sifatnya yang fleksibel. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa file PDF ini dapat dibuka di komputer manapun atau bahkan smartphone tanpa adanya perubahan pada data atau isinya.
Bahkan suatu browser bernama Mozilla Firefox juga memiliki kemampuan untuk membaca data pada format PDF.

Baca Juga:  Pengertian Pasar Oligopoli : Jenis, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya

Dapat diberi keamanan dengan mensetting password sehingga tidak dapat diedit sembarangan atau bahkan dibuka sekalipun. Gunakan software PDF locker jika tidak dapat dibuka.

Kebanyakan orang mungkin beranggapan bahwa file PDF tidak dapat diedit karena dengan mengconvert ke dokumen lain kemungkinan datanya akan kacau. Namun jangan salah karena saat ini terdapat software PDF reader yang juga dilengkapi fitur editor.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya format PDF tidak hanya menyimpan data dalam bentuk teks namun juga gambar (image) ataupun foto juga bisa.

Tersedia banyak sekali software PDF reader, software untuk melakukan konversi dari teks ataupun gambar dan software untuk melakukan editor (baik secara aplikasi ataupun online). Ketersediaan software yang sangat beragam ini menjadi indikasi ketenaran format PDF hingga saat ini.

Beda halnya dengan format lainnya yang hanya bisa dibuka pada komputer yang terinstal microsoft office, format PDF ini kompatibel dengan beragam sistem operasi komputer misalnya windows, linux, Mac-OS dan lain sebagainya.

Karena kini PDF sudah diterima dan digunakan oleh masyarakat sehingga anda bisa mudah mendapatkannya. Adobe system ini memiliki komitmen untuk terus mengembangkan fitur-fitur terbaiknya. Bahkan kedepannya PDF akan mampu mendukung forms, javascript, hyperlink dan kemampuan-kemampuan lainnya.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang PDF Adalah : Sejarah, Fungsi Dan Kelebihannya Dari File Format Lain, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya