√ Pengertian Lingkungan Kerja, Jenis, Manfaat, Faktor & Indikatornya

Pengertian Lingkungan Kerja, Jenis, Manfaat, Faktor & Indikatornya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang lingkungan kerja. Yang meliputi pengertian lingkungan kerja, jenis lingkungan kerja, dan manfaat lingkungan kerja dan faktor yang mempengaruhi lingkungan kerja serta indikator dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Lingkungan Kerja, Jenis, Manfaat, Faktor & Indikatornya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja adalah kehidupan sosial, politik, dan fisik yang mempunyai pengaruh kepada pekerjaan dan dalam melaksanakan tugasnya. Kehidupan manusia tidak bisa lepas dari keadaan lingungan yang berada didekatnya, antara manusia dan lingkungan mempunyai hubungan yang dekat sekali.

Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli

Dibawah ini adalah definisi lingkungan kerja menurut ahlinya.

1. Bambang (1991:122)

Pengertian lingkungan kerja menurut Bambang adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja seorang pegawai. Seorang pegawai yang bekerja di lingkungan kerja yang mendukung dia untuk bekerja dengan maksimal akan menghasilkan kinerja yang baik, sebaliknya jika seorang pegawai bekerja dalam lingkungan kerja yang tidak mendukung dan memadai, maka untuk bekerja dengan maksimal akan membuat pegawai yang bersangkutan menjadi cepat malas, cepat lelah sehingga kinerja pegawai tersebut akan rendah.

2. Sedarmayanti (2001:12)

Pengertian lingkungan kerja menurut Sedarmayanti adalah kondisi lingkungan kerja bisa disebut baik atau sesuai jika manusia bisa menjalankan aktivitas dengan optimal, sehat, amakan dan nyaman. Kesesuaian lingkungan kerja bisa dilihat dari dalam jangka waktu yang lama lebih jauh dari lingkungan-lingkungan kerja yang kurang baik bisa menuntut tenaga kerja dan waktu yang lebih banyak dan tidak mendukung didapatkannya rancangan sistem kerja yang efisien.

3. Nitisemito (1992:25)

Pengertian lingkungan kerja menurut Nitisemito adalah sesuatu yang ada disekitar para pekerja dan yang mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan.

Jenis Lingkungan Kerja

Sedarmayanti (2001:21) menyatakan ada dua jenis lingkugan kerja yakni lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik. Berikut penjelasan lengkapnya.

Lingkungan Kerja Fisik

Lingkungan kerja fisik yaitu seluruh kondisi berupa bentuk fisik yang berada didekat tempat kerja yang dapat menjadi pengaruhu pegawai baik secara langsung ataupun tidak langsung. Lingkungan kerja fisik dapat dibedakan menjadi dua kategori yakni lingkungan kerja langsung dan lingkungan kerja perantara/umum.

  • Lingkungan Kerja Langsung
    Berhubungan dengan karyawan, misalnya pusat kejra, meja, kuris dan lain sebagainya.
  • Lingkungan Kerja Perantara/Umum
    Disebut juga dengan lingkungan kerja yang mempengaruhi kondisi manusia, antara lain misalnya temperatur, kelembapan, sirkulasi udara, pencahayaan, kebisingan, getaran mekanik, bau tidak sedap, warna dan lain sebagainya.

Untuk dapat meminimalkan pengaruh lingkungan fisik pada karyawan, maka langkah pertama yang harus dijalankan adalah mempelajari manusia baik dari fisk dan perilaku kemudian dijadikan sebagai dasar memikirkan lingkungan fisik yang sesuai.

Lingkungan Kerja Non Fisik

Lingkungan kerja non fisik merupakan seluruh kondisi yang ada yang berhubungan dengan hubungan kerja, baik hubungan dengan atasan ataupun hubungan dengan sesama rekan kerja, maupun hubungan dengan bawahan.

Perusahaan seharusnya dapat memberi contoh kondisi yang mendukung kerja sama antar tingkat atasa, bawahan ataupun yang mempunyai status yang sama. Kondisi yang harusnya tercipta adalah suasana kekeluargaan, komunikasi yang baik dan terkendalinya diri. Sehingga lingkungan kerja non fisk adalah kelompok lingkungan kerja yang tidak bisa diabaikan.

Manfaat Lingkungan Kerja

Ishak dan Tanjung (2003) menyatakan, manfaat lingkungan kerja adalah terciptanya gairah kerja, sehingga produktivitas dan prestasi kerja menjadi tinggi. Sementara itu, manfaat yang diperoleh karena bekerja edngan orang yang termotivasi adalah pekerjaan dapat diselesaikan dengan tepat, yang berarti pekerjaan diselesaikan dengan standar yang benar dan dalam skala waktu yang sudah ditetapkan.

Prestasi kerjanya akan dipantau oleh individu yang berkaitan, dan tidak akan mengakibatkan begitu banyak pengawawsan dan juga semangat juang yang tinggi.

Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Kerja

Siagian (2006:63) menyatakan untuk terciptanya lingkungan kerja yang baik terdapat beberapa hal yang harus menjadi perhatian, antara lain:

  1. Bangunan tempat kerja
  2. Ruang kerja yang lega
  3. Ventilasi pertukaran udara
  4. Terdapat tempat-tempat ibadah keagamaan
  5. Terdapat saranan angkungan khusus ataupun secara umum untuk karyawan menjadi nyaman dan mudah.

Pengertian Lingkungan Kerja, Jenis, Manfaat, Faktor Yang Mempengaruhi, Indikator

Indikator Lingkungan Kerja

Sedarmayanti (2004:46) menyatakan terdapat indikator lingkungan kerja, antara lain:

  • Penerangan atau cahaya pada tempat kerja
  • Temperatur atau suhu udara pada tempat kerja
  • Kelembapan udara pada tempat kerja
  • Sirkulasi udara pada tempat kerja
  • Getaran mekanis pada tempat kerja
  • Bau tidak sedap pada tempat kerja
  • Tata warna pada tempat kerja
  • Dekorasi pada tempat kerja
  • Musik pada tempat kerja
  • Keamanan pada tempat kerja

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Lingkungan Kerja, Jenis, Manfaat, Faktor & Indikatornya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnnya.

Daftar Isi