√ Pengertian Karir, Aspek, Faktor Pengembangan dan Bentuknya

Pengertian Karir, Aspek, Faktor Pengembangan dan Bentuknya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Karir. Yang meliputi pengertian, aspek, faktor pengembangan dan bentuk pengembangan karir dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Karir, Aspek, Faktor Pengembangan dan Bentuknya

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Karir

Menurut bahasa (Etimologi) Karir berasal dari bahasa Belanda yakni Carriere yang artinya perkembangan, kemajuan pekerjaaan seseorang.

Definisi karir atau karier yaitu, urutan, status, jenjang dan pengamalaman pekerjaan, jabatan atau posisi seseorang baik pada perusahaan, organisasi ataupun pekerjaan sambilan menjadikan menuntut tanggung jawab dan kemampuan kerja yang lebih baik.

Karir juga dimaknai sebagai serangkaian kegiatan pekerjaan berkelanjutan dan mengikutsertakan pilihan dari berbagai kesempatan yang terjadi sebab adanya interaksi individu dengan organisasi dan lingkungan sosialnya.

Pengertian Karir Menurut Para Ahli

Berikut ini definisi dari karis menurut ahlinya.

1. Ekaniningrum (2002:258)

Menurut Ekaningrum karir digunakan untuk menjelaskan orang-orang pada masing-masing peran atau status. Karir adalah semua jabatan (pekerjaan) yang mempunyai tanggung jawab individu.

2. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian karir menurut KBBI adalah perkembangan dan kemajuan baik pada kehidupan, pekerjaan atau jabatan seseorang. Biasanya pekerjaan yang dimaksud adalah pekerjaan yang mendapatkan imbalan berupa gaji atau uang.

3. Glueck (1997:134)

Pengertian Karir individu menurut Glueck adalah urutan pengalaman yang berkaitan dengan pekerjaan yang dialami seseorang selama masa kerjanya.

4. Dalil S (2002:277)

Pengertian Karir menurut Dalil S adalah suatu proses yang sengaja diciptakan perusahaan untuk membantu karyawan agar membantu partisipasi ditempat kerja.

5. Corey (2006)

Pengertian Karir menurut Corey adalah seluruh kehidupan kerja kita. Setiap jenjang karir yang kita tempuh mungkin terdiri dari satu atau beberapa jabatan yang semakin meningkat seiiring dengan pengalaman kerja kita.

6. Wilson (2012)

Pengertian Karir menurut Wilson adalah keseluruhan pekerjaan yang kita lakukan selama kita hidup baik itu dibayar maupun tidak.

7. Soetjipto dkk (2002:276)

Pengertian Karir menurut Soetjipto dkk adalah bagian dari perjalanan hidup seseorang bahkan bagi sebagian orang merupakan suatu tujuan hidup.

8. Gibson dkk (1995: 305)

Pengertian Karir menurut Gibson adalah rangkaian sikap dan perilaku yang berkaitan dengan pengalaman dan aktivitas kerja selama rentang waktu kehidupan seseorang dan rangkaian aktivitas kerja yang terus berlanjut.

9. Rachman dan Savitri (2009)

Pengertian Karir menurut Rachman dan Savitri adalah urutan dari kegiatan dan perilaku yang terkait dengan kerja dan sikap, nilai dan aspirasi yang terkait sepanjang masa hidup seseorang.

Aspek Perencanaan Karir

Winkel dan Hastuti (2006) menyatakan, ada tiga aspek dalam perencanaan karir antara lain yaitu:

  1. Pengetahuan dan pemahaman diri
    Adalah pengetahuan dan pemahaman terhadap bakat, minat, kepribadian, potensi, prestasi akademik, ambisi, keterbatasan dan sumber yang dimiliki.
  2. Pengetahuan dan pemahaman dunia kerja
    Adalah pengetahuan terhadap syarat dan kondisi yang dibutuhkan untuk sukses dalam suatu pekerjaan, keuntungan dan kerugian, kompensasi, kesempatan dan prospek kerja di berbagai bidang dalam dunia kerja.
  3. Penalaran yang realistis akan hubungan pengetahuan dan pemahaman diri sendiri dengan pengetahuan dan pemahaman dunia kerja
    Adalah kemapuan untuk membuat penalaran realistis dalam merencanakan atau memilih bidang kerja dan atau pendidikan lanjutan yang mempertimbangkan pengetahuan dan pemahaman diri yang dimiliki dengan pengetahuan dan pemahaman dunia kerja yang tersedia.

Faktor Pengembangan Karir

Definisi pengembangan karir (career development) adalah suatui kondisi yang menggambarkan terdapatnya peningkatan status sesesorang dalam sebuah organisasi pada jalur karir yang sudah ditentukan dalam organisasi.

Siagian (2006:215) menyatakan, ada tujuh faktor yang menjadi pengaruh pengembangan karir seseorang, antara lain yaitu:

  • Prestasi kerja yang memuaskan dari apa yang dipercayakan padanya.
  • Pengenalan oleh pihak lain
  • Kesetiaan pada organisasi
  • Pembimbing dan sponsor
  • Dukungan dari bawahan
  • Kesempatan untuk bertumbuh
  • Berhenti atas permintaan dan kemauan sendiri

Pengertian Karir, Aspek, Faktor Pengembangan, Bentuk

Bentuk Pengembangan Karir

Pada umumnya bentuk pengembangan karir yang dipilih perusahaan atau organisasi antara lain:

Pendidikan dan Pelatihan
Pendidikan dan pelatihan merupakan sebuah aktivitas perusahaan yang bertujuan untuk memperbaiki dan melakukan pengembangan sikap, tingkah laku, keterampilan dan pengetahuan para pegawai sesuai keinginan dari perusahaan yang bersangkutan.

Promosi
Promosi merupakan suatu perubahan posisi atau jabatan dari tingkat yang rendah ke tingkat yang lebih tinggi, perubahan ini iseringkali akan diikuti dengan meningkatnya tanggung jawab, hak, serta status sosial seseorang.

Mutasi
Mutasi merupakan bagian dari proses aktivitas yang dapat mengembangkan posisi atau status seseorang dalam sebuah organisasi. Mutasi dapat diartikan sebagai perubahan jabatan dalam organisasi.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Karir, Aspek, Faktor Pengembangan dan Bentuknya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi