√ Pengertian Gaya Hidup, Jenis, Indikator, Faktor Yang Mempengaruhi

Pengertian Gaya Hidup, Jenis, Indikator, Faktor Yang Mempengaruhi – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Gaya Hidup. Yang meliputi pengertian, jenis-jenis, indikator dan faktof yang mempengaruhi gaya hidup dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebiih detailnya silakan simak ulasan Spengetahuan.Com dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Gaya Hidup, Jenis, Indikator, Faktor Yang Mempengaruhi

Mari kita bahas pengertian gaya hidup terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Gaya Hidup

Gaya hidup merupakan kata lain dari Life Style, yang didefinisikan sebagai bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa derubah sesuai zaman atau keinginan seseorang untuk berubah gaya hidupnya. Gaya hidup dapat diketahui dari cara berpakaian, kebiasaan, dan lain sebagainya. Dan juga, gaya hidup dapat dinilai relatif bergantung dari penilaian orang lain.

Pengertian lain dargi gaya hidup yaitu gambaran perbuatan, pola dan cara hidup yang ditunjukkan bagaimana kegiatan seseorang, minat dan ketertarikan dan juga apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri menjadikan perbedaan statusnya dari orang lain dan lingkungan melalui lambang sosial yang mereka miliki.

Gaya hidup juga diartikan sebagai seni yang dibudidayakan masing-masing orang. Gaya hidup ini berhubungan dengan perkembangan zaman dan juga teknologi. Gaya hidup adalah usaha seseraogn untuk membuat dirinya eksis dengan cara tertetntu dan tidak sama dari kelompok lain.

Contoh gaya hidup yang baik, antara lain adalah makan dan istirahat dengan teratur, makan makanan 4 sehat dan 5 sempurna dan lain-lain. Lalu contoh gaya hidup tidak baik: berkata-kata tidak sepatutnya, makan sembarangan dan lain-lain.

Pengertian Gaya Hidup Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi gaya hidup menurut beberapa ahli.

1. Kotler dan Keller (2012:192)

Pengertian gaya hidup menurut Kotler dan Keller adalah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat dan opininya. Gaya hidup menunjukkan keseluruhan diri seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Gaya hidup menggambarkan seluruh pola seseorang dalam beraksi dan berinteraksi di dunia.

2. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesi) 2008

Pengertian gaya hidup menurut KBBI adalah pola tingkah laku sehari-hari segolongan manusia dalam masyarakat.

3. Plummer (1983:131)

Pengertian gaya hidup menurut Plummer adalah cara hidup individu yang diidentifikasikan oleh bagaimana orang menghabiskan waktu mereka (aktivitas), apa yang mereka anggap penting dalam hidupnya (ketertarikan) dan apa yang mereka pikirkan tentang dunia sekitarnya.

4. Weber (dalam Damsar 2002: 120)

Pengertian gaya hidup menurut Weber adalah selera pengikat kelompok dalam (in group) aktor kolektif atau kelompok status, berkompetisi ditandai dengan kemampuan untuk memonopoli sumber budaya.

5. Sumarwan (2011:57)

Pengertian gaya hidup menurut Sumarwan adalah pengambaran dengan kegiatan, minat dan opini dari seseorang. Gaya hidup seseorang biasanya tidak permanen dan cepat berubah. Seseorang mungkin dengan cepat mengganti model dan merek pakaiannya karena menyesuaikan dengan perubahan hidupnya.

Indikator dan Pengukuran Gaya Hidup

Sunarto menyatakan terdapat tifak indikator gaya hidup seseorang antara lain:

Kegiatan (Activity)

Adalah apa yang dikerjakan konsumen, apa yang dibeli atau dipakai, dan kegiatan apa yang dijalankan untuk mengisi waktu luang. Walaupun seringkali kegiatan ini dapat diamati, alasan untuk perbuatan tersebut jarang dapat diukur dengan langsung.

Minat (Interest)

Adalah objek peristiwa atau topik dalam tingkat kegairahan yang ikut pada perhatian khusus ataupun terus terang padanya. Interest dapat berbentuk kesukaan, kegemaran dan prioritas dalam hidup konsumen itu. Minat merupakan apa yang konsumen anggap menarik untuk memberikan waktu dan mengeluarkan uang. Minat yaitu faktor pribadi konsumen dalam memberikan pengaruh kepada proses pengambilan keputusan

Opini (Opinion)

Adalah pandangan dan perasaan konsumen dalam memberikan tanggapan isu global, lokal oran ekonomi dan sosial. Opini dipakai untuk memberikan deskripsi penafsiran, harapan dan evaluasi, misalnya kepercaan tentang maksud orang lain, antisipasi sehubungan dengan kejadian masa datang dan penimbangan konsekuensi yang memberi ganjaran atau menghukum dari jalannya perbuatan alternatif.

Pengukuran gaya hidup dapat dijalankan dengan Psikografik (psychographic). Sumarwan (2011: 58) menyatakan psikografik merupakan suatu instrumen dalam pengkuran gaya hidup yang bisa memberikan pengukuran kuantitatif dan bisa dipakai untuk melakukan analisan data yang sangat besar.

Seringkali analisis psikografik dipakai dalam melihat segmen pasar dan segmen konsumen dalam hal kehidupan, pekerjaan dan kegiatan mereka lainnya. Psikografik biasa dimaknai sebagai pengkuran AIO (Activity, Interest, Opinion) atau pernyataan untuk memberikan gamabran aktifitas, minat dan opini konsumen

Pengertian Gaya Hidup, Jenis-Jenis, Indikator, Faktor Yang Mempengaruhi

Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup

Amstrong mengatakan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi gaya hidup seseorang antara lain yaitu:

  • Sikap
  • Pengalaman dan pengamatan
  • Kepribadian
  • Konsep
  • Motif
  • Persepsi
  • Kelompok referensi
  • Kelas sosial
  • Keluarga
  • dan Kebudayaan

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Gaya Hidup, Jenis, Indikator, Faktor Yang Mempengaruhi. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi