Pengertian Magnet, Jenis dan Sifat Magnet (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Magnet, Jenis dan Sifat Magnet (Pembahasan Lengkap) – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian magnet, jenis magnet dan juga sifat dari magnet. Kata magnet sendiri tentu sudah tidak asing untuk banyak orang. Tapi terkadang kita belum mengetahui pengertian yang sesungguhnya dari magnet.

Untuk itu kita akan mulai pembahasan mengenai magnet, dan semoga dengan pembahasan ini bisa membantu para pembaca untuk mendapatkan informasi mengenai magnet. Agar dapat lebih jelas dalam mengetahui magnet mari kita mulai pembahasan dibawah ini.

Pengertian Magnet, Jenis dan Sifat Magnet (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian magnet terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Magnet

Magnet merupakan suatu obyek yang bisa menimbulkan gejala gaya, baik gaya tarik ataupun gaya tolak terhadap jenis logam tertentu misalkan besi, baja dan yang lainnya. Tak hanya itu Magnet juga diartikan sebagai suatu benda yang bisa menarik benda lain yang juga terbuat dari logam, seperti besi, baja, koblat dan juga nikel.

Magnet juga mempunyai bagian yang kuat dibagian daya tarik yang juga disebut dengan kutub magnet. Kutub magnet yang terdiri dari kutub utara (U) dan juga kutub selatan (S). Pada suatu magnet terdiri dari magnet-magnet elementer yang sudah tersusun dengan teratur dan terarah. Jika terdapat dua magnet kemudian kutub yang sama didekatkan maka akan terjadi saling tolak menolak.

Tapi jika kutub yang berbeda kemudian didekatkan maka akan terjadi saling tarik menarik. Sedangkan bagian yang berada pada sekitar magnet yang juga masih dipengaruhi oleh gaya magnet disebut juga dengan medan magnet.

Jenis Magnet

Magnet memiliki beberapa jenis, apa saja jenis magnet ? kita akan membahasnya dibawah ini agar dapat mengetahui apa saja jenis magnet itu.

  1. buatan
  2. alam
  3. tetap
  4. tidak tetap

Sifat Magnet

Magnet sendiri mempunyai beberapa macam sifat, untuk bisa mengetahui apa saja sifat yang dimiliki oleh magnet, lansung saja kita lanjutkan pembahasan yang berikut ini.

  1. Magnet bisa menarik benda-benda tertentu
  2. Mempunyai dua kutub
  3. Medan magnet yang kemudian membentuk gaya magnet
  4. Kutub magnet yang sama akan saling tolak menolak tetapi jika sebaliknya maka magnet akan saling tarik menarik

Pengertian Magnet, Jenis Magnet Dan Sifat Magnet Lengkap

Cara Membuat Magnet

Untuk dapat membuat magnet ada caranya tersendiri, bagaimana cara membuat magnet ? untuk itu langsung saja kita cari tahu cara pembuatan magnet dibawah ini.

1. Digosok secara searah dengan magnet

Contohnya besi yang tadinya tidak mempunyai medan magnet bisa dijadikan magnet dengan menggunakan cara digosok secara searah dengan ujung magnet tetap.

2. Dengan Menggunakan Cara Dialiri Arus Listrik Yang Searah

Contohnya besi yang akan dijadikan magnet dengan menggunakan cara dialiri arus listrik yang searah dan kemudian besi dililit dengan menggunakan kawat kemudian dihubungkan dengan batu baterai. Yang akan menjadi magnet elementer yang ada pada besi dan akan dipengaruhi arus listrik DC yang dihasilkan oleh baterai dan kemuadian akan menjadi magnet elementer yang searah dan teratur.

3. Dengan Menggunakan Induksi Magnet

Contohnya besi bisa dijadikan magnet dengan cara induksi. Dengan menggunakan cara besi diletakan dekat dengan magnet tetap, maka akan menyebabkan magnet elementer yang ada pada besi dipengaruhi oleh magnet tetap yang bisa menjadikan magnet elementer menjadi teratur dan mengarah pada satu arah.

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Pengertian Magnet, Jenis dan Sifat Magnet (Pembahasan Lengkap), semoga dengan artikel yang kami buat bisa membantu para pembaca untuk mendapatkan ilmu dari artikel ini, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Daftar Isi