√ Pengertian Radioaktif, Jenis, Sifat, Manfaat & Efek Kesehatan

Pengertian Radioaktif, Jenis, Sifat, Manfaat & Efek Kesehatan – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Radioaktif. Yang meliputi pengertian radioaktif, jenis-jenis radioaktif, sifat, manfaatnya dan efek bagi kesehatan yang dibahas dengan lengkap dan ringan. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Radioaktif, Jenis, Sifat, Manfaat & Efek Kesehatan

Mari kita bahas pengertian radioaktif terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Radioaktif

Radioaktif merupakan unsur yang secara tiba-tiba memancarkan radiasi. Unsur-unsur ini seringkali memiliki nomor atom diatas 83, contohnya adalah Uranium dengan nomor atom 92.

Pemanfaatan material radioaktif, yang secara spesifik radiasi radioaktif yaitu berdasarkan kemampuan radiasi memunculkan perubahan diantaranya bisa mengionkan nuklida atau molekul, memutuskan ikatan diantara atom sehingga dihasilkan radikal-radikal bebas, terbuatnya nuklida atau nukleon menjadi radiaoaktif akan melepaskan beberapa energi panas.

Untuk bisa memanfaatkan dengan efektif dan efisien terlebih dahulu melakukan identifikasi untuk mengetahui jenis dan jumlah radiasi yang akan dipakai. Hal tersebut penting dilakukan karena masing-masing jenis radiasi mempunyai sifat yang berbeda atau khas sehingga untuk menemukan keberadaannya baik dalam jenis dan jumlah radiasinya, juga penting memakai cara dan teknik yang khas juga untuk masing-masing jenis radiasi.

Peluruhan radioaktif terjadi dalam tiga jenis yaitu peluruhan alpha, beta dan gammat dengan simbol huruf pertama dari alfabet Yunani. Peluruhan radioaktif ada pada inti atom yang tidak stabil yakni yang tidak mempunyai energi ikat yang cukup untuk menahan inti bersama-sama karena kelebihan baik proton atau neutron.

Radiasi gamma merupakan yang paling kuat dari ketiganya dan akan bisa menembus beberapa sentimeter dari timah. Partikel beta akan terserap oleh beberapa milimeter dari alumunium sedangkan partikel alpha akan terhenti jejak mereka jika sudah beberapa sentimeter di udara atau selembar kertas.

Jenis-Jenis Sinar Radioaktif
jenis jenis sinar radioktif

  1. Sinar Alpha

    • Sinar alpha tersusun atas inti helum yang didalamnya mengandung 2 proton dan 2 neutron
    • Ditemukan pada tahun 1903 oleh Ernest Rutherford (1871-1973)
    • Muatannya positif, sehingga bisa membelok ke arah kutub negatid dalam medan positif
    • Daya ionisasi tinggi, tetapi daya tembus terhadap suatu benda rendah
    • Daya tembus kecil, sinar a hanya memiliki daya jangkau 2,8 sampai 8,5 cm dalam udara dan bisa di tahan oleh selembar kertas biasa.
  2. Sinar Beta

    • Sinar beta tersusun atas elektron-elektron yang geraknya cepat
    • Ditemukan pada tahun 1903 oleh Ernest Rutherford (1871-1973)
    • Muatannya negatif, sehingga didalam medan listik membelok ke kutub yang positif
    • Daya tembus lebih besar dibanding sinar alpha, sinar beta bisa menembus lempeng alumunium yang tebal
    • Bisa mengionkan benda-benda yang dilewati
  3. Sinar Gamma

    • Sinar gamma adalah gelombang elektromagnetik, serupa dengan jenis sinar C tetapi memiliki panjang gelombang yang sangat pendek dengan panjang 1-10-3
    • Ditemukan oleh Paul Ultich Villard
    • Tidak memiliki muatan listrik, karenanya tidak bisa dibelokkan oleh medan magnet/listrik
    • Daya tembus sangat besar dan hanya bisa ditahan oleh selapis baja atau beton
    • Bisa mengionkan materi yang dilewati, tetapi tidak sekuat sinar alpha atau beta

Sifaf-Sifat Sinar Radioaktif

  • Memiliki daya tembus yang besar
  • Bisa mengionkan gas
  • Bisa berpendar (berflouresense) jika jatuh pada permukaan zat yang berlapis seng sulfida (ZnS) atau seng blende.

Manfaat Radioaktif Untuk Bidang Pertanian

Adanya radioaktif bisa dimanfaatkan untuk bidang pertanian, antara lain:

  • Memberantas Hama Dengan Teknik Jantan Mandul

    Radiasi bisa mengakibatkan efek biologis misalnya pada hama kubis, pada laboratorium dikembangbiakkan hama kubis dalam bentuk dan jumlah yang banyak. Hama itu kemudian diradiasi sehingga serangga jantan menjadi mandul. Kemudian hama dilepas di area yang diserang hama.

    Kemudian dengan dilepsnya hama pada area tersebut sehingga bisa terjadi perkawinnan antara hama setempat dengan jantan mandul yang dilepas, telur hasil perkawinan tersebut tidak akan menetas. Sehingga reproduksi hama tersebut menjadi terganggu dan populasinya akan berkurang.

  • Pemuliaan Tanaman

    Pemuliaan tanaman atau pembentukan bibit unggul bisa dilakukan dengan memanfaatkan radiasi. Contohnya pemuliaan bibit padi, bibit padi diberi radiasi dengan dosis yang bervariasi dari dosis terkecil yang tidak membawa pengaruh sampai dosis rendah yang mematikan. Biji yang telah diradiasi selanjutna disemaikan dan ditanam berkelompok menurut ukuran dosis yang diberikan.

  • Menyimpan Makanan

    Bahan makanan seperti kentang dan bawang apabila disimpan akan bertunas. Dengan radiasi bisa menghambat pertumbuhan bahan-bahan tersebut menjadi tunas. Maka sebelum bahan tersebut disimpan akan diberik radiasi dengan dosis tertentu sehingga tidak akan bertunas dengan demikian bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Pengertian Radioaktif, Jenis, Sifat, Manfaat, Efek Kesehatan

Efek Radioaktif Untuk Kesehatan Manusia / Bahaya Radioaktif

Terdapat 2 efek kesehatan utama yang disebabkan adanya radiasi yang dilakukan yaitu jangka pendek dan jangka panjang serta jarak yang lebih pendek dan lebih besar. Radiasi bisa mengakibatkan pada masalah kesehatan dengan membunuh sel-sel didalam tubuh dan jumlah serta jenis kerusakan yang diakibatkan tergantung dari dosis radiasi yang diberikan dan waktu kapan dosis tersebar.

Bahan radioaktif yang tersebar ke bagian tubuh yang lebih luas bisa menyebabkan efek kesehatan jangkan panjang melalui eksposur yang lama, utamanya apabila bahan tersebut masuk melalui makanan, terhirup atau tertelan secara langsung. Isotop radioaktif yodium yang mengalami peluruhan beta bisa menumpuk di kelenjar tiroid dan bisa mengakibatkan kanker tiroid.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Radioaktif, Jenis, Sifat, Manfaat & Efek Kesehatan semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi