Energi Alternatif : Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Manfaat, Syarat Dan Jenisnya

Energi Alternatif : Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Manfaat, Syarat Dan Jenisnya – Apakah itu energi alternatif?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Energi Alternatif : Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Manfaat, Syarat Dan Jenisnya


Energi Alternatif merupakan salah satu istilah yang merujuk kepada semua sumber energi yang dapat digunakan yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional tanpa akibat yang tidak diharapkan dari hal tersebut.

Istilah “alternatif” merujuk ke suatu teknologi selain teknologi yang digunakan pada bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi.

Selain itu, penggunaan energi alternatif dilakukan untuk mengurangi ketergantungan suatu negara pada negara pemasok sumber energi utama seperti minyak bumi, karena semakin lama persediaan dari minyak bumi semakin berkurang.


Pengertian Energi Alternatif Menurut Para Ahli

  • Wikipedia

Energi alternatif yaitu suatu energi yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk menggantikan segala bentuk bakar konvensional tanpa menimbulkan bahaya atau menimbulkan kerusakan terhadap lingkungan.

  • Oxford Dictionary

Energi alternatif yakni salah satu energi yang digunakan oleh masyarakat untuk menghentikan penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbahari atas pengerusakan terhadap lingkungan.

  • Fredy

Energi alternatif merupakan sebuah energi yang dipergunakan untuk menggantikan energi listrik dengan energi yang berasal dari alam.


Sejarah Istilah Energi Alternatif

Tidak bisa lepas dari kejadian pada tahun 1973 Saat itu terjadi krisis minyak bumi global dan memunculkan inisiatif atau ide baru untuk mencari sumber energi yang renewable atau terbarukan.Dalam artian lain, energi alternatif adalah energi yang dapat diperbarui. Sehingga krisis energi yang dikhawatirkan tidak akan terjadi.

Sejak itu, PBB membentuk UNFCCC atau United Nation Framework Convention on Climate Change sebagai upaya mengurangi efek rumah kaca dan pemanasan global. Hingga saat ini lembaga tersebut tetap konsisten menerapkan Millenium Development Goals (MDGs) dan Sustainable Development Goals (SDGs) demi terwujudnya energi ramah lingkungan.

Sebagian besar orang mungkin paham, bahwa selama ini energi yang digunakan manusia berasal dari minyak bumi. Inilah yang dinamakan dengan energi fosil, energi ini merupakan jenis energi yang tidak bisa diperbaharuiJika habis, maka akan musnah pula energi tersebut. Akibatnya, manusia tidak bisa lagi hidup dengan layak seperti semula.

Ditengah isu global warming dan energi fosil yang semakin langka, energi alternatif hadir sebagai penyelamat. Energi dari sumber alami ini dinilai mampu menggantikan fungsi dari energi fosil. Lebih menariknya lagi, energi ramah lingkungan ini dapat diperbaharui dan tersedia tanpa batas dari sumber alam.

Melalui manfaat alternatif energi lain, kehidupan manusia akan menjadi lebih nyaman dan tidak lagi bertopang pada energi fosil yang diprediksi habis di kemudian hari.

Inilah pentingnya energi terbarukan, sebuah teknologi baru yang lebih ramah lingkungan. Sekaligus memecahkan permasalahan energi fosil. Energi ini diharapkan mampu menggantikan minyak bumi di kemudian hari.Tentunya dengan pengembangan teknologi yang semakin maju, kehadiran energi alternatif dinilai dapat mendukung dan memenuhi kebutuhan hidup manusia.


Ciri Ciri Energi Alternatif

  • Dapat digunakan berulang-ulang
  • Jumlahnya berlimpah
  • Pengolahannya tidak merusak alam
  • Ramah lingkungan
  • Tidak berbahaya,aman serta tidak menimbulkan berbagai penyakit akibat pengolahan.penggunaannya

Manfaat Energi Alternatif

  • Energi alternatif ini bisa terus menerus digunakan disebabkan tidak akan habis.
  • Energi yang dihasilkan besar, seperti pada energi panas cahaya pada matahari.
  • Energi alternatif ini tidak mencemari lingkungan disebabkan karna tidak menghasilkan zat buangan ke lingkungan.

Syarat Energi Alternatif


  • Tidak Boleh Berasal dari Fosil

Energi alternatif tak boleh berasal dari fosil seperti minyak bumi dan batubara.Jika berasal dari fosil maka suatu saat nanti akan habis dan tidak dapat diperbarui.

  • Terbarukan (Renewable)

Saat ini sumber energi kita berupa sumber energi fosil yang memiliki kelemahan yaitu tidak dapat diperbarui dan membutuhkan waktu jutaan tahun untuk membuatnya.Energi alternatif harus bersifat renewable atau dapat diperbarui untuk mengatasi kelemahan tersebut.

  • Ramah Lingkungan

Penggunaan energi fosil selama ini menimbulkan banyak pencemaran lingkungan melalui emisi karbon yang dihasilkan dan dapat menyebabkan pemanasan global.Energi alternatif harus bersifat ramah lingkungan sehingga tidak membahayakan bagi lingkungan dan manusia di dalamnya.

  • Dapat Diproduksi Secara Masal

Kebutuhan manusia akan energi akan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di dunia.Energi alternatif harus dapat diproduksi secara masal dan terus-menerus untuk menunjang kebutuhan manusia yang semakin meningkat.


Kelebihan Energi Alternatif

  • Energi terbarukan, dapat digunakan terus menerus karena tidak akan habis sehingga tidak akan terjadi kelangkaan energi.
  • Ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah yang membahayakan lingkungan dalam jangka waktu yang panjang, kecuali nuklir.
  • Sumber energi gratis karena bisa didapatkan secara cuma-cuma, hanya memerlukan biaya awal pemasangan saja.
  • Energi yang dapat dihasilkan sangat besar, pasokan melimpah karena energi didapatkan dari alam, maka pasokan akan selalu ada tergantung lokasinya.

Kekurangan Energi Alternatif

  • Butuh biaya yang besar untuk memanfaatkan energi alternatif.
  • Butuh teknologi tinggi dan pemikiran yang rumit untuk memanfaatkan energi alternatif.
  • Tersedianya juga dipengaruhi musim. Contoh air akan melimpah ketika musim penghujan, tetapi akan berkurang ketika musim kemarau.
  • Masalah yang menyangkut kebijaksanaan pengelolaan sumber daya alam, energi, dan lingkungan hidup.
  • Langkanya sumber daya manusia, keterampilan, dan sumber daya penunjang.
  • Masih memerlukan suku cadang impor sehingga memboroskan biaya produksi.
  • Kurangnya peran serta lembaga-lembaga dalam pengembangan teknologi tepat guna.

Jenis Jenis Energi Alternatif


  • Energi Biodiesel

Energi Biodiesel merupakan salah satu energi alternatif yang berasal dari tumbuhan atau lemak binatang yang telah dicampur oleh bahan bakar lain atau murni dari lemak.Energi Biodiesel memiliki sifat yang ramah lingkungan, dapat diperbaharui serta bisa menghilangkan emisi gas buang.

  • Energi Etanol

Energi Etanol (etil alkohol) adalah sebuah sumber energi berupa alkohol hasil dari fermentasi tumbuhan tertentu, seperti gandum atau jagung.

  • Energi Metanol

Energi Metanol (metil alkohol) yaitu suatu bahan bakar alkohol yang berasal dari kayu. Metanol baik digunakan secara murni, atau bisa juga digunakan sebagai campuran bensin.

  • Energi Biomassa

Biomassa merupakan salah satu jenis energi yang berasal dari makhluk hidup, seperti tumbuhan, kotoran hewan dan kotoran manusia.Proses pembuatan energi ini yaitu dengan menampung kotoran dengan tangki instalasi biomassa, dan gas yang keluar dari instalasi disebut dengan biogas.

  • Energi Biofeul

Biofeul adalah semua energi yang berasal dari bahan-bahan nabati seperti minyak bumi, tanaman jarak, jagung dsb.Proses pembuatan energi biofeul yaitu dengan mereaksikan minyak nabati dengan methanol dan ethanol dengan katalisator soda api. Hasil dari proses tersebut dapat digunakan sebagai bahan bakar yang disebut dengan Bahan Bakar Nabati (BBN).

  • Energi Gelombang Laut

Gelombang laut dapat dikonversi menjadi listrik dengan prinsip kerjanya yaitu dengan mengumpulkan energi gelombang laut untuk memutar turbin generator.

  • Energi Matahari

Pemanfaatan sinar matahari dapat ditingkatkan dengan menggunakan kolektor suhu pada suatu tempat sehingga akan memperoleh suhu yang lebih tinggi.Selain itu energi matahari juga dapat diubah menjadi energi listrik, yaitu dengan mengubah energi matahari mengunakan sel surya yang terdiri dari rangkaian panel unsur semikonduktor.

  • Energi Angin

Negara Belanda adalah sebuah negara yang terkenal dengan negara kincir angin. Di Belanda angin dimanfaatkan untuk memompa air irigasi.Energi angin juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik dengan menggunakan kicir angin yang disambungkan menggunakan generator yang dapat menghasilkan listrik (turbin angin).

  • Energi Panas Bumi

Energi panas merupakan salah satu jenis energi yang terdapat didalam bumi, biasanya energi tersebut muncul akibat aktivitas vulkanik. Terdapat 3 jenis seumber utama panas geotermal yaitu uap alam, air panas dan batuan kering panas.

Pemanfaatan uang panas geotermal telah dipakai untuk pembangkit listrik, air panas dapat dimanfaatkan untuk pemanasan, sedangkan sumber lainnya saat ini sedang diteliti untuk bisa dimanfaatkan sebagai energi alternatif yang efisien.

  • Energi Air Hydropower

Energi Hydropower merupakan energi yang dihasilkan dari kekuatan air. Pembuatan energi ini dengan membuat bendungan air sungai yang kemudian menggunakan pipa air yang diarahkan menuju turbin.

Cara ini yang terjadi pada PLTA. PLTA bergantung sekali dengan ketersediaan air, oleh karena itu pembangunan PLTA biasanya berada di waduk atau danau.

  • Energi Tidal

Energi tidal ialah sejenis energi pasang surut air laut, prinsip kerja energi tidal yaitu saat air laut pasang, air laut dengan volume jutaan kubik naik ke daratan.

Jika di daratan itu dibuat bendungan yang besar, maka air pasang itu tertampung di dalam waduk.

Di mulut waduk dipasang baling-baling yang berputar sesuai arah air. Biasanya digunakan dua arah putaran, yaitu saat pasang dan saat air surut.

Energi Alternatif : Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Manfaat, Syarat Dan Jenisnya

  • Energi Nuklir

Energi nuklir yaitu suatu sumber energi yang berasal dari reaksi berantau bahan-bahan redioaktif yang terjadi pada sebuah reaktor.

Energi yang dihasilkan dari proses tersebut sangatlah besar, dari 1 gram zat radioaktif dapat menghasilkan 50.000 kwh jam. Energi nuklir juga tidak memancarkan gas rumah kaca dan menyebabkan pemanasan global.

Namun dari banyaknya manfaat dan kemudahan yang didapat, terdapat bahaya yang cukup besar, karena jika terjadi kebocoran radiasi dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia. Radiasi yang terjadi dapat mengakibatkan kanker, cacat keturunan hingga kematian.

  • Energi Piezoelektrik

Piezoelektrik adalah berbagai jenis energi alternatif yang memiliki prinsip kerja dengan adanya tekanan yang dilakukan dan akan dikonversi menjadi listrik. Piezoelektrik adalah sistem yang dapat menghasilkan listrik dari hasil pengubahan energi mekanik.

  • Energi Gas Alam

Gas alam adalah sebuah gas yang terkumpul dari bawah tanah dengan memiliki berbagai macam campuran hidrokarbon yang mempunyai daya tekan tinggi. Setelah diolah, gas alam dapat dimanfaatkan untuk memasak seperti Elpiji.

Selain itu, gas alam juga dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar kendaraan bermotor dan mesin pabrik. Gas alam juga dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik (PLTG).

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Energi Alternatif : Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri, Manfaat, Syarat Dan Jenisnya , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi