√ Pengertian Matahari, Susunan, Lapisan, Spektrum & Manfaatnya

Pengertian Matahari, Susunan, Lapisan, Spektrum & Manfaatnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang matahari. Yang meliputi pengertian matahari, susunan unsur matahari, lapisan matahari, spektrum cahaya matahari dan manfaat matahari untuk kehidupan dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Agar lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Matahari, Susunan, Lapisan, Spektrum & Manfaatnya

Mari kita bahas pengertian matahari terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Matahari

Matahari merupakan bintang yang memiliki mass yang sangat besar. Karena grativitasinya, matahari menjadi pusat tata surya. Dengan pengertian lain, matahari adalah bintang di pusat tata surya.

Walaupun bukan suatu bintang terbesar dijagat raya, tetapi matahari menjadi bintang paling besar bagi manusia di bumi karena jaraknya paling dekat dengan bumi. Jarak matahari dari bumi adalah 149.000.0000 Km sehinga jika dibulatkan adalah 150 juta kilometer. Jarak itu disebut dengan satuan astronom. Diameter matahari sekitar mencapai 1.390.000 Km. Matahari tersusun atas 71% hidrogen dan 27% helium, serta sisanya unsur-unsur berat.

Susunan Unsur Matahari

Adapun susunan unsur pada matahari yaitu:
Susunan Unsur Matahari

Lapisan Matahari

Matahari tersusun atas lapisan-lapisan yang memiliki karakter yang tidak sama. Lapisan tersebut terdiri atas lapisan atmosfer, fotosfer dan inti matahari.

Atmosfer Matahari

Atmosfer matahai merupakan bagian terluar yang memiliki kerapatan (densitas) gas yang paling renah. Pada area yang dekat dengan permukaan matahari, suhunya rendah apabila dibandingkan dengan bagian luar yang bisa mencapai jutaan derajat Celsius.

Hal ini menjadikan hal yang aneh untuk logika manusia yang sampai sekarang penyebabnya masih menjadi misteri dan hanya bisa diyakini dengan keimanan. Atmosfer matahari tersusun dari dua bagian, yakni bagian kromosfer dan korona.

  • Kromosfer: Adalah bagian yang dekat dengan permukaan matahari dan memiliki densitas yang rendah. Kromosfer dapat terlihat ketika gerhana matahari, yaitu berbentuk cincin atau lapisan berwarna merah yang menutupi bulatan matahari. Menurut warna tersebut, diperkirakan bahwa suhu kromosfer mencapai 4.500 ºC.
  • Korona: Adalah bagian terluar dari matahari, yang artinya mahkota. Sebagai bagian yang paling luar dari matahari, suhu pada korona diperkirakan 1.000.000 ºC. Dari lapisan kromosfer, tinggi korona adlaah 2.000 km. Bagian tersebut dapat kita lihat berbentuk lapisan yang mengelilingi matahari dan bentuknya seperti mahkota. Fenomena ini akan lebih terlihat pada saat terjadi gerhana matahari.

Fotosfer Matahari

Fotosfer atau permukaan matahari adalah suatu gas yang memiliki kerapatan yang sangat tinggi. Lapisan ini adalah lapisan yang tidak tembus pandang karena lapisan gasnya sangat tebal dan pekat. Fotosfer fungsinya sebagai selimut supaya matahari tidak terlalu banyak kehilangan energi. Suhu pada fotosfer ini diperkirakan mencapai 6.000 ºC.

Inti Matahari

Inti matahari tersusu atas gas yang padat dengan kerapatan sekitar 100 kali lebih padat jika dibandingkan dengan kerapatan air. Akibatnya, gravitasi yang terjadi pada inti matahari sangatlah besar. Tetapi demikian, Tuhan telah mengimbangi kondisi tersebut dengan menciptakan suhu di inti matahari sangat tinggi, yaitu mencapai 15.000.000 K.

Pada bagian inti matahari, terjadi reaksi dalam bentuk reaksi fusi (penggabungan) inti hidrogen menjadi inti helium. Menurut Albert Einstein, besarna energi matahari yang bersumber dari reaksi fusi ini dapat dihitung dengan memakai rumus sebagai berikut:

E = m c2

Keterangan:
E = Energi yang terbentuk (J)
m = Massa yang hilang dan berubah menjadi energi (kg)
c = Kecepatan cahaya (m/s)
Energi yang dihasilkan setiap pengurangan massa 1 gram di reaksi inti ini yakni 90 Triliun Joule.

Spektrum Cahaya Matahari

Spektrum cahaya matahari adalah gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh matahari. Spektrum ini tersusun atas sinar gamma, sinar ultraviolet, sinar -X, sinar nampak (ungu, biru, kuning, hijau, jingga, dan merah), sinar inframerah, gelombang televisi, dan gelombang radio.

Manfaat Energi Matahari Untuk Kehidupan

Energi yang bisa diterima oleh bumi hanya sebagian kecil dari jumlah energi yang dipancarkan oleh matahari. Secara umum, energi matahari bisa dimanfaatkan untuk menjaga kehangatan suhu humi sehingga bisa tetapi ditinggali manusia dan makhluk hidupnya.

Di siang hari, kadang atau sering kita merasakan suhu yang sangat panas. Panas tersebut asalnya dari energi matahari. Menurut para ahli, pancaran panas matahari bisa mencapai 1.370 Joule/ m2s. Angka tersebut selanjutnya disebut dengan konstanta matahari matahari. Suhu yang paling tinggi yang bisa kita rasakan di siang hari adalahnya 70% dari pans energi matahari yang sesungguhnya yang dipancarkan ke bumi. Hal ini dikarenakan beberapa energi dari matahari diserap atau dipantulkan kembali oleh atmosfer bumi.

Energi yang dipancarkan oleh matahari ke bumi berbentuk kalor (panas) dan cahaya. Jika energi ini berada dalam kesimbangan, maka seluruh energi yang dipancarkan oleh matahari ke bumi akan sangat bermanfaat tanpa menimbulkan kerugian sedikit pun.

Pengertian Matahari, Susunan, Strutur, Lapisan, Spektrum, Manfaat

Kita ingat jika semua proses kehidupan makhluk hidup di bumi sangat tergantung dengan adanya energi matahari. Energi yang berasal dari sinar inframerah matahari bisa digunakan untuk menjaga siklus air di permukaan bumi menjadikan manusia dan makhluk hidup lainnya dapat memenuhi keperluan air, terutama untuk tubuhnya. Spektrum cahaya matahari yang memancarkan energi dengan kemampuan membunuh kuman penyakit kulit disebut dengan sinar ultraviolet.

Manfaat lain dari energi matahari berbentu sinar ultraviolet adalah untuk fotosintesis pada tumbuhan dan sebagia provitamin D yang sangat bermanfaat sebagai pembentukan tulang manusian dan hewan. Sinar ultravioleh sebagai spektrum cahaya matahari ini memiliki kelebihan antara lain sama sekali tidak akan menimbulkan dampak negatif.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Matahari, Susunan, Lapisan, Spektrum & Manfaatnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi