√ Pengertian Batang, Fungsi, Sifat, Jenis & Struktur Batang (Lengkap)

Pengertian Batang, Fungsi, Sifat, Jenis & Struktur Batang (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang batang. Apa itu batang? apa saja fungsinya, jenis-jenis batang, dan struktur batang akan diulas secara lengkap oleh seputarpengetahuan. Untuk itulah simaklah pembahasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Batang, Fungsi, Sifat, Jenis & Struktur Batang (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian batang terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Batang

Batang berasal dari bahasa latin yaitu caulis yang merupakan salah satu organ dasar pada tumbuhan berpembuluh. Batang adalah sumbu tumbuhan, tempat semua organ lain bertumpu dan tumbuh (wikipedia).

Batang adalah bagian utama dari suatu tumbuhan yang tumbuh diatas tanah, mendukung bagian-bagian lain dari tumbuhan, seperti daun, bunga, dan buah. Struktur batang lebih kompleks daripada akar tumbuhan karena memiliki ruas dan antar ruas. Di ruas batang akan muncul bunga dan tunas daun. Pada batang terdapat cabang-cabang yang fungsinya untuk menempatkan daun pada posisi yang memungkinkan daun mendapat cahaya matahari guna proses fotosintesis tumbuhan. Tanpa batang tumbuhan yang berpembuluh tidak bisa hidup karena titik tumbuh berasal dari batang.

Fungsi Batang

Pada tumbuhan fungsi batang adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai penopang tumbuhan sehingga tetap dapat berdiri tegak.
  2. Pendukung bagian-bagian lain pada tumbuhan seperti daun, bunga dan juga buah, karena jika tidak ada batang bagian ini tidak bisa hidup.
  3. Menjadi jalur transportasi air dan zat makanan yang dihasilkan dari proses fofosintesis.
  4. Sebagai pembantu proses pernasapan tumuhan, karena oksigen dapat masuk ke lentisel.
  5. Tempat melekatnya daun, bungan dan buah.
  6. Sebagai alat perkembangbiakan dengan cara vegetatif dengan metode cangkok.
  7. Sebagai tempat penyimpan cadangan makanan pada tumbuhan contohnya seperti sagu

Sifat-Sifat Batang

Batang memiliki beberapa sifat diantaranya:

  1. Pertumbuhan batang pada umumnya tidak terbatas
  2. Batang memiliki sifat arah pertumbuhan keatas dan menuju cahaya atau bersifat fototropi.
  3. Pada tumbuhan berbiji terbuka (Gymnorspermae) hanya terdiri atas tumbuhan berkayu
  4. Pada tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) terdiri atas tumbuhan berbatang basah, batang rumput, batang mendong dan batang berkayu.
  5. Batang memiliki ruas-ruas yang jelas jika pada tumbuhan monokotil.
  6. Batang memiliki ruas yang tidak terlihat dengan jelas pada tumbuhan dikotil.
  7. Beberapa jenis batang dapat dibedakan dengan bagian lainnya contohnya adalah batang pohon kelapa sedangkan ada pula batang yang tertutup pelepah daunnya contohnya tanaman jagung.

Jenis-Jenis Batang

Jenis atau macam-macam batang adlah sebagai berikut:

  • Herbaceus atau batang basah adalah suatu batang tumbuhan yang lemah dan juga berair. Contohnya adalah tumbuhan bayam dan tumbuhan krokot.
  • Calmus atau batang rumput adalah batang yang tidak keras dan juga tampak beruas-ruas. Pada umumnya bagian dalam suatu batang berongga, contohnya adalah padi.
  • Calamus atau batang mendong adalah suatu batang yang mirip seperti rumput, tetapi ruasnya lebih panjang. Contohnya adalah batang pada tumbuhan mendong dan wlingi.
  • Lignosus atau batang berkayu adalah jenis batang yang berkayu keras dan juga kuat, baik berbentuk pohon atau semak. Batang berkayu berbentuk pohon contohnya adalah tumbuhan jati.

Pengertian Batang, Fungsi, Sifat, Jenis Dan Struktur Batang Terlengkap

Struktur Batang

Jika berdasarkan anatomi batang, struktur batang ada tiga jaringan. Yaitu epidermis, korteks, dan stele.

  • Epidermis

    Epidermis adalah batang yang tersusun dari sebuah sel yang tersusun rapat tanpa ruang antar sel berkutikula. Sel-sel yang menjadi penyusun epidermis selalu aktif membelah utnuk mengimbangi pertumbuhan batang. Fungsi utama epidermis adalah sebagai lapisan pelindung dari bahaya kekeringan. Pada tumbuhan dikotil mempunyai lapisan epidermis berupa kulit kayu yang terbentuk dari jaringan gabus.

  • Korteks

    Korteks adalah yang tersusun dari jaringan parenkin yang berkloroplas. Sel-selnya berdinding tipis dan tersusun tidak beraturan dengan ruang antarsel yang lebar. Beberapa jenis tumbuhan rumput-rumputan mempunyai jaringan sklerenkim sebagai penguat pada korteks batang.

  • Endodermis

    Endodermis adalah lapisan korteks yang paling dalam dan berbatasan dengan silinder pusat, memiliki sel-sel yang bentuk dan susunannya khas. Lapisan sel yang menjadi batas antara korteks dan silinder pusat pada akar inilah yang dinamakan endodermis.

  • Silinder Pusat (Stele)

    Stele adalah tersusun atas beberapa jaringan yaitu berkas pengangkut, empulur dan perikambiun. Perikambium adalah lapisan sel yang paling tepi dari silinder pusat. Disebelah dalam terdapat jaringan parenkim dengan berkas-berkas pembuluh pengangkut. Berkas pengangkut ini terdiri atas xilem dan floem yang merupakan kelanjutan dari dari xilem dan floem pada akar.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Batang, Fungsi, Sifat, Jenis & Struktur Batang (Lengkap) semoga bisa menjadi referensi kalian dan menambah wawasan tentang tumbuhan batang. Terimakasih telah berkunjung

Daftar Isi