Pengertian Makalah, Ciri-Ciri Makalah dan Jenisnya (Lengkap)

Pengertian Makalah, Ciri-Ciri Makalah dan Jenisnya (Lengkap) – Untuk kali ini kita akan membahas mengenai makalah. Bagi sebagian orang tentu sudah sering mendengar kata makalah, tapi terkadang belum mengerti arti sesugguhnya dari makalah.

Untuk itu disini kita akan membahas mengenai makalah agar dapat membantu yang akan membuat makalah tapi belum tahu apa sebenarnya itu makalah. Karena makalah sering menjadi sebuah tugas di sekolahan maupun tugas kampus. Untuk itu mari sama-sama kita menyimak dan melihat penjelasannyadi bawah ini.

Pengertian Makalah, Ciri-Ciri Makalah dan Jenisnya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

 Pengertian Makalah

Makalah ialah suatu karya tulis ilmiah yang membahas suatu tema tertentu yang mencakup di dalam ruang lingkup permasalahan. Atau juga makalah bisa di artikan sebagai karya tulis yang membahas suatu permasalahan sebagai hasil dari suatu kajian pustaka atau dilapangan. Dan pada umumnya makalah selalu membahas tentang permasalahan dengan analisis yang sangatlah objektif, dan juga biasanya makalah juga selalu dibuat oleh para pelajar maupun mahasiswa.

Ciri-Ciri Makalah

Di dalam makalah mempunyai beberapa ciri-ciri, untuk dapat mengetahui apa saja ciri-ciri dari makalah mari sama-sama kita melanjutkan pembahasannya di bawah ini.

  1. merupakan hasil dari laporan pelaksanaan suatu kegiatan yang ada di lapangan mengenai suatu permasalahan yang terjadi.
  2. mendemonstrasikan pemahaman teori ataupun kemampuan dalam menerapkan prosedur-prosedur yang mempunyai kaitan dengan permasalahan.
  3. Agar dapat menunjukan kemampuan tentang pemahaman teori ataupun sumber-sumber yang digunakan untuk menyusun sebuah makalah.
  4. Serta untuk mendemonstrasikan kemampuan yang dimiliki ketika menyusun berbagai macam sumber informasi dalam menyelesaikan permasalahan.

Pengertian Makalah, Ciri-Ciri Makalah Dan Jenisnya Lengkap

Jenis-Jenis Makalah

Di dalam sebuah makalah terdapat jenis-jenisnya, apa saja jenis-jenis dari makalah ? mari sama-sama kita cari tahu dengan melanjutkan pembahasannya dibawah ini.

1. Makalah Induktif
2. Makalah Deduktif
3. Makalah Campuran

Sekian pembahasan yang dapat kami berikan tentang Pengertian Makalah, Ciri-Ciri Makalah dan Jenisnya (Lengkap), makalah merupakan suatu karya ilmiah yang membahas tema tertentu dan didalamnya mencakup permasalahan. Didalam makalah mempunyai ciri-ciri dan juga jenisnya salah satu jenisnya adalah makalah induktif. Semoga bermanfaat 🙂

Baca juga:

Daftar Isi