Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya

Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya – Bagaimana cara menulis Kata Pengantar yang baik ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Kata Pengantar dan hal lain tentangnyanya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya


Kata pengantar merupakan halaman yang berisi ucapan-ucapan dari si penulis mengenai selesainya penulisan karya tulis tersebut baik mengenai ucapan rasa syukur, rasa terima kasih, tujuan dan manfaat penulisan, kritik dan saran yang membangun.

Salah satu bagian terpenting dari karya tulis dan tak bisa dilewatkan adalah kata pengantar. Meskipun kata pengantar pada dasarnya  sebagai pelengkap, namun sebuah karya tulis cenderung dianggap baik jika terdapat kata pengantar di dalamnya.

Sesuai dengan namanya, kata pengantar di gunakan untuk mengungkap rasa terima kasih penulis serta harapannya. Selain itu ada kata-kata sedikit tentang penjelasan mengenai tema yang diangkat dalam karya tulisnya. Sepintas memang terlihat mudah membuatnya. Namun faktanya masih banyak penulis yang kesulitan dalam menyusun kata pengantar.


Struktur Kata Pengantar

Kata pengantar memiliki beberapa struktur yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah :

Pembukaan

Pada bagiam pembukaan yaitu pada paragraf pertama hingga paragraf kedua, berisikan tentang ucapan syukur penulis atau tim penyusun atas terselesaikannya karya tulis yang dibuat. Lalu setalah ucapan rasa syukur, biasanya dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada orang-orang yang telah membantu dalam proses penyelesaian penulisan karya tulis tersebut. Sedangkan urutan untuk pihak-pihak yang bersangkutan pada umumnya disesuaikan dengan seberapa besar pengaruh pihak tersebut dalam penyelesaian penulisan karya tulis.

Isi

Pada bagian isi berisi mengenai gambaran dari isi karya tulis yang Anda buat. Biasanya, dimulai dengan menyebutkan judul karya tulis. Barulah kemudian dijelaskan sedikit mengenai pembahasan dan bagaimana penulis menuliskan isi tersebut dalam karya tulis.

Penutup

Pada bagian penutup berisi tentang permohonan maaf serta harapan penulis dari karya tulis yang telah Anda buat.


Contoh Kata Pengantar


Contoh Kata Pengantar Buku


KATA PENGANTAR

Puja dan juga puji syukur selalu kami panjatkan kehadirat Allah Swt yang telah memberikan semua nikmatnya sehingga penulis berhasil menyelesaikan buku yang berjudul “Panduan Memahami Teori Kepribadian” ini dengan tepat waktu tanpa adanya kendala yang berarti. Tujuan dari penyusunan buku ini adalah untuk memudahkan para mahasiswa Psikologi dalam memahami bagaimana teori kepribadian yang kesannya cukup rumit sehingga menjadi lebih mudah.

Keberhasilan penyusunan buku ini tentunya bukan atas usaha penulis saja. Ada banyak pihak yang turut membantu dan memberikan dukungan untuk suksesnya penulisan buku ini. Untuk itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan baik secara moril ataupun material sehingga buku ini berhasil disusun.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini tentu tidak luput dari kekurangan. Selalu ada celah untuk perbaikan. Sehingga, kritik, saran serta masukan dari pembaca sangat kami harapan dan kami sangat terbuka untuk itu supaya buku ini semakin sempurna dan lengkap.

Bandung, 11 Oktober 2017

Demikianlah uraian mengenai contoh kata pengantar yang bisa dijadikan sebagai bahan pengetahuan dan acuan saat Anda hendak menuliskan kata pengantar untuk berbagai kebutuhan. Dengan mengetahui berbagai bentuk kata pengantar tersebut, Anda tentu akan bisa dengan mudah memahami dan menangkap format terbaiknya. Diharapkan nantinya pembaca mampu membuat kata pengantar yang baik dan rapi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum Fisika


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman dan kesehatan, sehingga saya diberi kesempatan yang luar biasa ini yaitu kesempatan untuk menyelesaikan laporan percobaan dengan judul “Pemanfaatan Hukum Fluida Pada Sistem Irigasi Pertanian” ini dengan tepat waktu.

Shalawat serta salam tidak lupa selalu kita haturkan untuk junjungan nabi gung kita, yaitu Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjukan Allah SWT untuk kita semua, yang merupakan sebuah pentunjuk yang paling benar yakni Syariah agama Islam yang sempurna dan merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.

Adapun penyusunan laporan percobaan ini adalah dengan maksud supaya dapat menemukan rumus yang tepat yang nantinya diperulukan untuk sistem perairan modern saat ini serta untuk menemukan faktor apa sajakah yang berpengaruh bagi sistem irigaris modern supaya nantinya dapat lebih maksimal.

Dalam melakukan percobaan ini, tentunya banyak sekali hambatan yang telah penulis rasakan, oleh sebab itu, kami berterimakasih kepada beberapa pihak terutama bapak pengajar mata pelajaran fisika kami yang telah membantu membina dan mendukung kami dalam mengatasi beberapa hambatan yang kami.

Selain itu kami juga sadar bahwa pada laporan percobaan kami ini dapat ditemukan banyak sekali kekurangan serta jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, kami benar-benar menanti kritik dan saran untuk kemudian dapat kami revisi dan kami tulis di masa yang selanjutnya, sebab sekali kali lagi kami menyadari bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa disertai saran yang konstruktif. Dan semoga laporan percobaan ini dapat memberikan manfaat.

Baca Juga:  √ Pengertian Makalah, Ciri-Ciri Makalah dan Jenisnya (Lengkap)

Kediri, 18 Mei 2018


Contoh Kata Pengantar Makalah Agama


KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT sebab karena limpahan rahmat serta anugerah dari-Nya kami dapat menyelesaikan makalah kami dengan judul “Adab Kepada Guru dan Kedua Orang Tua” ini.

Tidak lupa Shalawat dan salam selalu kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjukan Allah SWT untuk kita semua sebagai umatnya, yang mana beliau menyampaikan Syariah agama Islam yang sempurna dan merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.

Selanjutnya dengan kerendahan hati kami meminta kritik dan saran dari pembaca untuk makalah ini supaya selanjutnya bisa kami revisi kembali. Karena penulis menyadari, bahwa makalah yang telah kami buat ini masih memiliki banyak kekurangan.

Tidak lupa kami ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada semua pihak yang telah mendukung serta membantu kami selama proses penyelesaian makalah ini hingga rampungnya makalah ini.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, Semoga makalah ini mampu memberikan manfaat kepada setiap pembacanya.

B.Lampung 12 Maret 2019


Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah


KATA PENGANTAR

Ucapan puji dan syukur semata-mata hanyalah milik Allah SWT. Hanya kepada-Nya lah kami memuji dan bersyukur, meminta ampunan dan kami meminta pertolongan.

Tidak lupa Shalawat dan salam kami haturkan untuk junjungan nabi agung kita, Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjukan Allah SWT untuk kita semua, yang merupakan sebuah pentunjuk yang paling benar yakni Syariah agama Islam yang sempurna yang merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.

Dengan pertolongan-Nya, puji syukur, akhirnya kami mampu menyelesaikan makalah kami dengan judul “Sejarah Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia” dengan lancar. Penulis menyadari dengan sepenuh hati bahwa terdapat ketidak sempurnaan atau kekurangan dalam makalah ini.

Oleh karena itu, kami sangat meminta kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk materi evaluasi kami mengenai penulisan makalah berikutnya. Kami juga berharap hal tersebut bisa dijadikan cambuk untuk kami supaya kami lebih mengutamakan kualitas makalah yang selanjutnya.


Contoh Kata Pengantar Hukum


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Swt sebab atas segala rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya, makalah tentang “Penerapan Hukum Terhadap Tindak Pidana Perkosaan Terhadap Anak” ini mampu kami selesaikan tepat waktu. Meskipun kami menyadari bahwa masih banyak kesalahan didalamnya. Tidak lupa pula kami ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Amy S.H. yang telah membimbing dan memberikan tugas ini.

Kami sangat berharap dengan adanya makalah ini bisa memberikan manfaat serta edukasi mengenai tindak pidana perkosaan yang tentunya perbuatan tersebut akan merugikan korban dan diri sendiri. Makalah ini juga diharapkan dapat memberikan edukasi mengenai hukuman bagi pelaku yang melakukan perkosaan terhadap anak-anak, khususnya pada anak di bawah umur.

Namun, kami menyadari dengan sepenuh hati bahwa dalam pembuatan makalah ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca untuk kemudian makalah kami ini dapat kami perbaiki dan menjadi lebih baik lagi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga makalah ini dapat bermanfaat.

B.Lampung 2 April 2011

Demikianlah Pembahasan kami mengenai Kumpulan Contoh Kata Pengantar. Semoga bermanfaat.


Contoh Kata Pengantar Laporan PKL


KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan nikmat, taufik serta hidayah-Nya yang sangat besar sehingga saya pada akhirnya bisa menyelesaikan laporan Praktikum Biologi tepat pada waktunya.

Rasa terima kasih juga kami ucapkan kepada Guru Pembimbing yang selalu memberikan dukungan serta bimbingannya sehingga Laporan Praktikum Biologi ini dapat disusun dengan baik.

Semoga Laporan Praktikum Biologi yang telah kami susun ini turut memperkaya khazanah ilmu biologi serta bisa menambah pengetahuan dan pengalaman para pembaca.

Selayaknya kalimat yang menyatakan bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna. Kami juga menyadari bahwa Laporan Praktikum Biologi ini juga masih memiliki banyak kekurangan. Maka dari itu kami mengharapkan saran serta masukan dari para pembaca sekalian demi penyusunan Laporan Praktikum Biologi dengan tema serupa yang lebih baik lagi.


Contoh Kata Pengantar Proposal


KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT, sang Pengatur Alam Semesta, yang telah melimpahkan kasih-Nya sehingga kami berhasil menyusun Proposal Penelitian ‘Analisis Kerawanan Banjir Sebagai Upaya Pengelolaan Bencana di Kecamatan Panti Kabupaten Jember’ dengan baik.

Proposal ini diajukan demi pembaharuan informasi mengenai daerah yang rawan bencana banjir di Kecamatan Panti Kabupaten Jember, sebagai salah satu Early Warning untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa di daerah penelitian.

Meskipun kami sangat berharap agar proposal ini tidak memiliki kekurangan, tetapi kami menyadari bahwa pengetahuan kami sangatlah terbatas, sehingga kami tetap mengharapkan masukan serta kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk proposal ini demi terlaksananya penelitian dengan baik, sehingga tujuan diadakannya penelitian ini juga bisa tercapai.

Baca Juga:  √ Pengertian Karangan Deskripsi, Ciri, Tujuan, Cara Membuat, Jenis, Contoh

Contoh Kata Pengantar Skripsi


KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya serta hidayah-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi dengan judul ‘Analisis Kerentanan Longsor di Kecamatan
Kecamatan Kemiri – Kabupaten Jember.

Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya hingga pada umatnya sampai akhir zaman.

Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan di Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, dan dalam proses penyusunan skripsi ini, penulis mendapatkan banyak sekali bantuan, bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, sehingga dalam kesempatan ini penulis juga bermaksud menyampaikan rasa terima kasih kepada:

1. Bapak Rustam Mahmud, M.Pd selaku Ketua Jurusan Geografu Universitas Negeri Malang yang memudahkan segala perijinan penelitian serta selalu memberikan motivasi agar penulis segera menyelesaikan skripsi.

2. Bapak Drs. Mahmud Saleh, M.Pd selaku Pembimbing I yang selalu memberi bimbingan, masukan dan waktunya untuk membimbing penulis.

3. Bapak Drs. Hendri Warsito, M.Si selaku pembimbing II yang juga memberikan banyak perhatian serta waktunya untuk membimbing penulis.

4. Anitasari, S.Si selaku kepala laboratorium jurusan Geografi yang selalu membantu memudahkan penulis saat melaksanakan uji laboratorium.

5. Serta pihak-pihak lain yang tidak mungkin penulis sebutkan satu-persatu.

Semoga Allah SWT memberi balasan yang setimpal kepada semuanya.

Penulis berharap skripsi yang telah disusun ini bisa memberikan sumbangsih untuk menambah pengetahuan para pembaca, dan akhir kata, dalam rangka perbaikan selanjutnya, penulis akan terbuka terhadap saran dan masukan dari semua pihak karena penulis menyadari skripsi yang telah disusun ini memiliki banyak sekali kekurangan.


Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya dengan rahmat-Nyalah kami akhirnya bisa menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Peran Rumput Vetiver dalam Mengendalikan Laju Erosi” ini dengan baik tepat pada waktunya.

Tidak lupa kami menyampaikan rasa terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah memberikan banyak bimbingan serta masukan yang bermanfaat dalam proses penyusunan karya ilmiah ini. Rasa terima kasih juga hendak kami ucapkan kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah memberikan kontribusinya baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga karya ilmiah ini bisa selesai pada waktu yang telah ditentukan.

Meskipun kami sudah mengumpulkan banyak referensi untuk menunjang penyusunan karya ilmiah ini, namun kami menyadari bahwa di dalam karya ilmiah yang telah kami susun ini masih terdapat banyak kesalahan serta kekurangan. Sehingga kami mengharapkan saran serta masukan dari para pembaca demi tersusunnya karya ilmiah lain yang lebih lagi. Akhir kata, kami berharap agar karya ilmiah ini bisa memberikan banyak manfaat demi terciptanya lingkungan yang aman dan bebas dari ancaman erosi.


Contoh Kata Pengantar Prakerin


KATA PENGANTAR

Rasa syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena telah memberikan rahmat-Nya sehingga kami mampu menyelesaikan Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN) serta menyusun laporan dengan baik.

Penyusunan Laporan Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN) ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, sehingga dalam kesempatan kali ini, kami juga bermaksud untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada:

1. Drs. Hamdan Madani selaku kepala sekolah SMK Negeri III Banyuwangi.
2. Pokja Prakerin serta Tim Penjajakan tang telha melaksanakan tugasnya dengan baik, menyiapkan administrasi, tempat serta memberikan pembekalan kepada peserta prakerin.
3. Drs. Andy Wijaya selaku guru pembimbing peserta prakerin.
4. Berbagai pihak yang telah membantu yang tidak bisa penulis sebutkan semuanya.

Meskipun kami berhasil menyelesaikan laporan Prakerin ini dengan baik, kami menyadari akan adanya kekurangan serta kekeliruan di dalam laporan ini, sehingga kami akan sangat terbuka dengan kritik, saran serta masukan dari berbagai pihak. Akhir kata, kami juga berharap agar laporan Prakerin ini bisa bermanfaat sebagaimana mestinya.

Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya

Contoh Kata Pengantar Kliping


KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena hanya dengan segala rahmat-Nyalah akhirnya kami bisa menyusun kliping dengan tema ‘Bencana Alam’ ini tepat pada waktunya. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Hendri S.Si selaku guru pembimbing kami yang telah memberikan tugas ini kepada kami sehingga kami mendapatkan banyak tambahan pengetahuan khususnya dalam masalah bencana alam.

Kami selaku penyusun berharap semoga kliping yang telah kami susun ini bisa memberikan banyak manfaat serta menambah pengetahuan terutama dalam hal mengantisipasi bencana alam.

Kami menyadari bahwa kliping ini masih memiliki banyak kekurangan yang membutuhkan perbaikan, sehingga kami sangat mengharapkan masukan serta kritikan dari para pembaca.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Kata Pengantar , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.