√ Pengertian Membaca Memindai (Scanning), Tujuan, Cara Kerja, Langkahnya

Pengertian Membaca Memindai (Scanning), Tujuan, Cara Kerja, Langkahnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang membaca memindai atau scanning. Yang meliputi pengertian membaca memindai, tujuan, cara kerja dan langkah-langkah membaca scanning yang dibahas dengan lengkap dan ringan. Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Membaca Memindai (Scanning), Tujuan, Cara Kerja, Langkahnya

Mari kita bahas pengertian membaca memindai atau scanning terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Membaca Memindai (Scanning)

Membaca memindai atau disebut juga membaca scanning yaitu teknik membaca untuk memperoleh informasi tanpa membaca yang lain-lain dengan cepat dan tepat.

Pengertian lain membaca scanning adalah cara membaca dengan sekilas dan cepat tetapi teliti yang bertujuan untuk menemukan dan mendapatkan informasi tertentu atau fakta dari suatu teks. Membaca scanning juga sering disebut dengan teknik membaca tatap. Teknik membaca memindai salah satu jenis membaca ekstensif atau membaca teks dengan cepat dan dibaca menyeluruh untuk mendapatkan isi atau arti dari teks atau bacaan.

Membaca scanning dilakukan ketika membaca buku yang memiliki indeks contohnya adalah kamus, ensiklopedia atau buku telepon. Buku-buku itu tersusun secara alfabets atau disusun berdasar urutan abjad sehingga lebih mudah untuk memperoleh informasi yang akan dicari.

Tujuan Membaca Memindai (Scanning)

Tujuan atau manfaat membacai memindai atau membaca scanning didalam kehidupan sehari-hari adalah untuk menemukan atau memperoleh topik tertentu, untuk memilih acara tertentu, untuk mendapatkan kata didalam kamus, untuk mencari nomor telepon didalam buku petunjuk telepon, untuk mencari entri pada indeks dan lain-lainnya.

Mencari fakta atau informasi tertentu dalam kehidupan sehari-hari, kata dalam kamus, informasi di ensiklopedia, informasi dalam indeks, nomor rekening bank, nomor peserta ujian, angka-angka statistik, jadwal (kereta api, pesawat terbang, acara televisi, dan radio).

Dilihat secara umum, cara membaca memindai yaitu seperti ketika kita menggunakan perintah atau menu “find” di komputer. Cara kerja membaca memindai dilakukan dengan cara membaca dari atas tetapi pusat pandangan mata tidak boleh berpindah-pindah dari kiri kekanan. Tetapi harus berusaha untuk terpusat ditengah-tengah bagian atas.

Lalu melebarkan sudut pandangan kita, maka kita akan bisa melihat semua kata dihalaman tersebut dari kir sampai yang paling kanan. Sehingga kita bisa membaca semua kalimat dalam waktu cepat dalam satu baris. Yang artinya dapat membaca empat baris dalam waktu satu detik atau kurang dari satu detik.

Tentukan terlebih dahulu yang akan dicari dalam teks atau bacaan tersebut, dan kita mulai membaca seperti yang sudah dijelaskan diatas mulai dari baris yang paling atas sampai pada baris paling bawah mencari kata yang sudah ditentukan.

Jika sudah ketemu dengan kata yang dicari maka tandai. Juga bisa mencatat nomor halaman, paragraf keberapa agar lebih mudah untuk mencari kembali. Dengan begitu kita akan lebih mudah menemukan kata yang telah ditentukan atau dicari.

Cara Kerja Membaca Memindai (Scanning)

Ketika membaca memindai, maka ada beberapa cara kerja yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Harus tahu apa yang akan dicari dalam teks. Tetapkan terlebih dahulu satu kata atau penggalan kata menjadi kata kunci.
  • Cari halaman keberapa kita bisa menemukan kata kunci tersebut, gunakanlah indeks, yang ada dihalaman lampiran belakang buku.
  • Persempit daerah pencarian jika tidak ada indeks, ataupun ada indeks dibuku, dengan cara membaca didaftar isi. Apabila kita menemukan nomor halaman di daftar indeks, periksa ulang nomor halaman tersebut di halaman daftar isi, ketahui pada judul Bab dan Sub Judul apa nomor halaman itu berada. Perkirakan apakah sudah sesuai dengan kata kunci dan pemikiran yang hendak kita cari dibawah judul atau sub judul tersebut?
  • Baca pindai halaman yang ditemukan dan jika ditemukan kata kunci yang dimaksud, baca satu kalimat tempat kata kunci tersebut berada.

Langkah-Langkah Membaca Memindai Kamus

Kamus ialah salah satu buku yang berisi perbendaharaan kata dan arti sebuah bahasa tertentu yang tidak terbatas jumlahnya. Untuk dengan cepat mendapatkan kata yang dicari, sebaiknya pembaca lebih dulu mempelajari kamus tersebut.

Langkah-langkah atau tahapan yang dapat dilakukan untuk mencari kata dan arti didalam kamus dengan teknik membaca memindai adalah sebagai berikut, yaitu:

  • Tentukan terlebih dahulu kata yang hendak dicari artinya.
  • Kemudian,cari kata itu dengan langsung membuka halaman pertama yang mengandung huruf awal dari kata yang dicari. Contohnya, pembaca mencari arti kata akustika. Maka pembaca langsung membuka halaman pertama yang berhuruf awal a. Untuk lebih mudah, pembaca dapat memanfaatkan pembatas huruf yang ada pada kamus. Lalu pembaca memindai halaman tersebut ke halaman berikutnya sampai menemukan kata akustika.
  • Apabila sudah menemukan kata yang dicari, lalu baca dengan teliti arti kata tersebut.

Pengertian Membaca Memindai (Scanning), Tujuan, Cara Kerja, Langkah Membaca

Didalam membaca kamus, seorang pembaca penting memperhatikan petunjuk antara lain:

  • Perhatikanlah ejaan kata dengan seksama
  • Perhatikanlah cara mengucapkan panjan dan pendeknya serta tekanannya
  • Perhatikanlah asal-usul katanya, biasanya ditulis dalam kurung
  • Tidak cepat memilih sebuah arti kata dikarenakan satu kata terkadang mempunyai arti lebih dari satu dan diperinci dengan angka 1,2,3
  • Perhatikanlah contoh kalimat yang dapat memperjelas arti kata yang dicari
  • Supaya bisa dengan cepat menemukan arti kata yang dicari, sebaiknya memperhatikan petunjuk yan ada pada setiap halaman.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Membaca Memindai (Scanning), Tujuan, Cara Kerja, Langkahnya semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi