Kata Serapan : Pengertian dan Contohnya (Terlengkap)

Kata Serapan : Pengertian dan Contohnya (Terlengkap) – Di dalam kosa kata bahasa indonesia telah banyak terdapat kata-kata yang berada di dalamnya dan ada banyak juga yang memiliki artian sama atau bersinonim.

Sinonim atau artian yang sama tidak hanya satu dua kata akan tetapi banyak sekali yang telah memiliki persamaan katanya. Maka dari itu di perlukan kosa kata yang baru yang akan memberikan penyegar di dalam kosa kata yang lama.

Kata Serapan : Pengertian dan Contohnya (Terlengkap)

Kosa kata itu dapat di serap dari bahasa lain atau dalam artian kata serapan yang akan memberikan kosa kata baru yang tentunya akan memberikan artian baru. Untuk mengerti apa itu kata serapan akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Kata Serapan

Kata serapan merupakan suatu kata di dalam bahasa Indonesia yang di dalamnya merupakan serapan atau bersumber dari suatu bahasa asing yang di pergunakan utnuk mencari padanan kata yang di anggapnya tepat. Cara mengucapkannya serta penulisannya pun dapat di sesuaikan dengan kaidah-kaidah standar atau juga yang telah baku di dalam EYD.

Semua proses penyerapannya dapat di lakukan dengan atau juga tanpa adanya suatu perubahan, akan tetapi dapat berupa penyesuaian yang di berikan berupa lafal atau juga ejaan. Di dalam penyerapan bahasa tersebut dapat di lakukan berdasarkan ketentuan yang diantaranya:

  1. Istilah yang di pakai untuk di serap dapat di pilih karena cocok dengan konotasinya.
  2. Istilah yang di pakai untuk di serap dapat di lebih singkat dari kata atau istilah di dalam bahasa Indonesia atau terjamahannya.
  3. Istilah yang di pakai untuk di serap dapat di permudah dengan tercapainya suatu kesepakatan ketika di dalam istilah bahasa Indonesia telah banyak mengandung sinonimnya.

Contoh Kata Serapan

Berikut ini merupakan beberapa contoh dari kata serapan diantaranya:

Contoh Kata Serapan Lengkap 1

Contoh Kata Serapan Lengkap 2

Contoh Kata Serapan Lengkap 3

Contoh Kata Serapan Lengkap 4

Sekianlah penjelasan kita kali ini mengenai Kata Serapan : Pengertian dan Contohnya (Terlengkap)Β yang di jelaskan oleh Seputar Pengetahuan. Dengan kata serapan yang baru akan memperkaya kamus atau daftar kosa kata bahasa Indonesia yang kita miliki. Semoga bermanfaat πŸ™‚

Daftar Isi