√ Pengertian Referensi, Tujuan, Jenis dan Sumbernya (Lengkap)

Pengertian Referensi, Tujuan, Jenis dan Sumbernya (Lengkap) – Ketika kita melakukan sesuatu pastinya adakalanya kita menirukan apa yang orang lain lakukan atau orang lain katakan. Di dalam mengambil keputusan pun biasanya kita memahami dan mengambil beberapa kata atau beberapa kesimpulan yang menurut kita baik untuk diri kita dan orang lain yang biasanya dapat memberikan manfaat positif bagi kita.

Pengertian Referensi, Tujuan, Jenis dan Sumbernya (Lengkap)

Di dalam melakukan hal itu referensi yang tepat sangatlah berguna untuk menunjang hal tersebut. Berikut pengertian dari referensi itu lengkap dengan tujuannya.

Pengertian Referensi

Referensi (rujukan) merupakan segala bentuk dari teori atau juga argumentasi yang dapat di gunakan untuk menunjang suatu ide atau dapat juga gagasan, teori atau juga argumentasi guna untuk dapat mempertegas apa maksud yang ingin kita sampaikan dengan menggunakan tulisan atau dapat menggunakan lisan. Referensi juga merupakan tulisan yang di dalamnya memiliki informasi yang ada di dalam buku yang buku tersebut di tinjau dan dapat di nilai berdasar kepada sumber penulisnya.

Tujuan Referensi

Refensi sendiri memiliki tujuan diantaranya;

  • Memperkuat Argumentasi
    Tujuan pertama dari referensi dapat digunakan sebagai suatu bahan untuk dapat menunjang suatu argument atau pun teori yang di kemukakan di dalam bentuk tulisan.
  • Menghindari Plagiarisme
    Tujuan berikutnya sebagai penghalang dari suatu tindakan plagiat atas hasil karya dari milik orang lain.
  • Menghargai Karya Orang Lain
    Tujuan tersebut dapat mencantumkan referensi untuk sebagai penghargaan atas karya orang lain.
  • Memberikan Informasi Kepada Para Pembaca
    Ini bertujuan untuk dapat memberikan suatu informasi kepada para pembacanya mengenai hal sumber asli dan terlengkap dari suatu teori atau suatu pendapat tersebut.

Sumber Referensi

Sumber referensi ini dapat kita temui dari;

  • Buku

    Ini merupakan sumber yang paling sering kita pergunakan dan sangatlah di sarankan untuk dapat membuat karya tulis. Untuk itu di sarankan untuk dapat menggunakan buku terbitan baru agar teori yang ada di dalamnya merupakan penyesuaian dan juga perbaikan dari yang sebelumnya dan juga terupdate.

  • Surat Kabar atau Majalah

    Selain dari buku dapat juga kita mencarinya di surat kabar atau majalah walau jarang di di gunakan karena sangatlah sulit menemukan argument yang relevan. Selain itu pula jarang surat kabar atau majalah di pelihara dengan menyimpannya di perpustakaan.

  • Jurnal

    Jurnal ini dapat di gunakan sebagai referensi yang baik dengan bentuk online ataupun cetak.

  • Internet

    Sumber ini sangat perlu di perhatikan dari tingkat kredibilitas situs yang akan di gunakan sebagai referensi. Karena pada umumnya sumber dari internet ini akan di batasi di dalam penulisan karya ilmiah tertentu yang di karenakan tulisannya dapat di ambil dari internet baik itu melalui blogspot atau website yang umumnya penulis bukan ahli di bidangnya sehingga tidak memenuhi kualifikasi ilmiah.

Jenis Referensi

Referensi memiliki beberapa jenis yang diantaranya adalah;

Kutipan

Kutipan ini merupakan salah satu jenis referensi yang di rujuk dari banyak sumber dengan cara menyalin kalimat, paragraph, teori atau juga argumentasi dari seseorang yang memang ahli di bidang tertentu untuk dapat melengkapi penulisan yang di buat. Kutipan ini terbagi lagi menjadi dua yaitu:

  • Kutipan langsung
    Kutipan ini merupakan kutipan yang di tuliskan langsung dan sama persis dengan apa yang ada di sumbernya dan di sertai dengan data pustaka sebagai informasi tambahan mengenai sumber dari kutipan itu.
  • Kutipan Tidak Langsung
    kutipan ini yang penulisannya dengan bahasa sebdiri yang di dalamnya tidak merubah makna dari sumbernya dengan cara menuliskan data pustakanya.

Catatan Kaki

Ini merupakan cara penulisan sumber dengan cara memberikan suatu symbol yang ada pada kata dengan membutuhkan penjelasan tertentu yang dapat di ambil dari sumber lainnya. Di dalam catatan kaki dapat di tuliskan di margin bawah karya tulis dengan berisikan penjelasan mengenai kata yang dimaksudkan dengan lengkap.

Demikianlah pembahasan kita tentang Pengertian Referensi, Tujuan, Jenis dan Sumbernya (Lengkap). Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terimakasih.

Daftar Isi