Resistor : Pengertian dan Fungsinya

Resistor : Pengertian dan Fungsinya – Pernahkah kalian mendengar kata resistor? Biasanya seseorang yang bekerja dibidang elektronik mengetahuinya, namun bagi orang yang tidak berkecimpung dibidang tersebut mungkin agak sedikit bingung mendengarnya dan ingin mengetahuinya. Mari kita bahas.

Resistor : Pengertian dan Fungsinya

Resistor sangat diperlukan dalam setiap rangkaian elektronik, oleh karenanya dibutuhkan pemahaman yang luas berkenaan dengan resistor. Disini akan dibahas mengenai pengertian resistor dan apa saja fungsi resistor tersebut.

Pengertian Resistor

Resistor merupakan salah satu dari komponen dasar elektronika yang banyak digunakan dalam rangkaian elektronik dan komponennya terbuat dari bahan isolator yang didalamnya terdapat nilai seseuai nilai hambatan yang dibutuhkan.  Resistor ini didesain dengan dua kutub yang berguna dalam menahan arus listrik jika dialiri oleh tegangan listrik diantara kedua kutubnya.

Nilai tegangannya berbanding dengan arus listrik yang mengalir sesuai dengan hukum ohm yaitu V=IR. Biasanya didalam jejaring elektronik dan sirkuit elektronik banyak menggunakan resistor. Resistor ini memang paling banyak dan sering digunakan dalam komponen lain.

Dalam resistor tidak ada kutub negatif dan positif, tetapi memiliki ciri utama yakni toleransi, tegangan kerja maksimum, power rating dan resistensi. Daya listrik dan resistensinya dapat dihantarkan. Ciri lainnya adalah induktansi, koefisien suhu, dan kebisingan. Satuan dari resistensi sebuah resistor bersifat resistif dilambangkan dengan Ohm dengan simbol Ω (Omega).

Fungsi Resistor

Adapun fungsi resistor yang sering diketahui adalah sebagai penghambat arus listrik yang mengalir suatu rangkaian elektronik. Adanya resistor ini dapat menyebabkan arus listrik tersalurkan sesuai kebutuhan. Fungsi resistor lain secara komplit antara lain:

  • Membagi arus
  • Membatasi atau mengatur arus dalam suatu rangkaian
  • Menurunkan tegangan sesuai kebutuhan yang diperlukan oleh rangkaian elektronika.
  • Membagi tegangan.
  • Membantu dalam membangkitkan frekuensi yang tinggi dan rendah dengan menggunakan bantuan kondensator dan transistor.

Pengertian Resistor Dan Fungsinya Lengkap

Resistor sendiri terbagi kedalam dua bagian, yakni:

  • Resistor tetap (statis). Artinya  nilai resistornya tidak berubah-ubah.
  • Resistor Variabel. Yaitu jenis resistor yang nilainya berubah- ubah sesuai range jangkauan kemampuan resistor itu sendiri.

Sekian pembahasan tentang Resistor : Pengertian dan Fungsinya, semoga dapat membantu anda dalam mencari referensi dan bermanfaat bagi pembacanya. Sekian terimakasih.

Daftar Isi