√ Pengertian Peta Beserta Fungsi, Syarat dan Jenisnya (Lengkap)

Pengertian Peta Beserta Fungsi, Syarat dan Jenisnya (Lengkap) – Dalam melakukan berpergian kita haruslah mengetahui daerah mana dan diarah mana tempat tersebut berada dengan tepat dan juga akurat letaknya.

Dengan mengetahui letak tempat atau lokasi yang akan kita tuju kita memiliki pegangan dan arah yang tepat sehingga mengecilkan resiko untuk dapat tersesat. Maka untuk itu di perlukan peta yang baik untuk dapat mengantarkan kita menuju temapat atau daerah yang di inginkan.

Pengertian Peta Beserta Fungsi, Syarat dan Jenisnya (Lengkap)

Peta yang benar dan baik akan memudahkan para pernggunanya di kemudian hari. Untuk dapat mengerti apa itu peta dan kegunaanya akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengertian Peta

Peta merupakan bentuk gambar dari permukaan bumi, di gambar di bidang yang datar, dan di perkecil dengan menggunakan skala yang di tatapkan serta di lengkapi dengan symbol yang menjadi suatu penjelas. Peta memiliki penyajian yang berbeda-beda seperti peta konvensional yang di cetak dampai pada peta berbentuk digital yang ada di layar komputer. Peta sendiri berasal dari istilah bahasa yunani yaitu mappa yang berarti taplak atau dapat juga kain penutup meja.

Fungsi Peta

Peta sendiri memiliki fungsinya sebagai berikut:

  1. Dapat mengetahui jarak yang ada di suatu tempat.
  2. Dapat menunjukkan lokasi suatu daerah.
  3. Dapat menujukkan potensi kekayaan alam yang di miliki oleh daerah tersebut.
  4. Dapat menggambarkan bentuk permukaan bumi.
  5. Menjadi suatu alat media peraga di dalam pendidikan.

Syarat Peta

Peta memiliki syarat untuk membedakan dirinya dengan yang lain, yaitu:

  1. Peta tidak boleh membingungkan pengguna.
  2. Peta mudah untuk di gunakan dan tidak membuat para penggunanya bingung.
  3. Peta harus berupa gambaran sebenarnya, yang berarti peta tersebut haruslah detail.
  4. Peta harus ekuivalen atau memiliki gambar yang sama luasnya dengan sekala yang di berikan.
  5. Peta dapat di nilai dengan pengelihatan, maka peta di haruskan rapi susunannya dan enak untuk di lihat.

Jenis-Jenis Peta

Peta di bagi berdasarkan jenisnya menjadi dua bagian yaitu adalah:

Peta Umum

Peta ini dapat di sebut dengan peta topografi. Peta ini dapat menggambarkan keadan umum yang ada di suatu wilayah. Keadaan yang di gambarkan adalah objek atau suatu penampakan alam dan juga buatan. Panampilan alam tersebut meliputi daratan tinggi, daratan rendah, sungai, pantai, danau, laut, dan lainnya. Penampilan objek buatan meliputi jalan tol, rel kereta, desa, kota, dan lainnya.

Pengertian Peta Beserta Fungsi, Syarat, Dan Jenisnya Lengkap

Peta Khusus

Peta jenis ini merupakan peta yang menggambarkan bagian data tertentu di dalam suatu wilayah. Peta jenis ini di sebut juga perta tematik. Contoh dari peta jenis ini adalah peta persebaran fauna dan flora di suatu Negara, peta cuaca, peta tambang, dan lainnya.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Peta Beserta Fungsi, Syarat dan Jenisnya (Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan adanya peta kita dapat melakukan berpergian dengan jarak yang jauh tanpa harus takut tersesat. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi