√ Pengertian Kode Etik dan Tujuan Kode Etik (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Kode Etik dan Tujuan Kode Etik (Pembahasan Lengkap) – Untuk pembahasan artikel kali ini kita akan membahas mengenai kode etik dan juga tujuan dari kode etik. Tentu sudah sering kita dengar tentang kode etik, tetapi terkadang masih belum kita mengerti arti yang sesungguhnya.

Pengertian Kode Etik dan Tujuan Kode Etik (Pembahasan Lengkap)

Untuk itu mari kita membahas artikel ini agar dapat membantu dan juga memberikan ilmu serta informasi bagi yang membutuhkannya. Kode etik dan juga tujuannya akan di ulas di dalam pembahasan kali ini, tidak usah berlama-lama mari langsung saja kita bahas dan juga kita simak penjelasan yang akan di berikan dibawah ini.

Pengertian Kode Etik

Kode etik merupakan suatu sistem norma, nilai serta aturan profesional secara tertulis dan dengan tegas menyatakan yang baik dan juga benar, serta apa yang tidak benar dan juga tidak baik bagi profesional. Atau secara singkat definisi dari kode etik adalah suatu pola aturan, tata cara, tanda, pedoman etis di dalam melakukan suatu kegiatan ataupun suatu pekerjaan. Kode etik juga merupakan suatu pola aturan atau tata cara sebagai pedoman untuk berperilaku.

Pengertian lain dari kode etik ialah suatu aturan yang tertulis, secara sistematik dengan sengaja di buat dengan berdasarkan prinsip-prinsip moral yang ada serta ketika dibutuhkan bisa di fungsikan sebagai alat yang dapat digunakan menghakimi berbagai macam dari tindakan yang pada umumnya dinilai menyimpang dari kode etik yang ada.

Pengertian Kode Etik Dan Tujuan Kode Etik Lengkap

Tujuan Kode Etik

Dalam pembentukan kode etik tentu memiliki tujuan didalamnya yaitu, agar profesional dapat memberikan jasa dengan sebaik-baiknya kepada para pemakai ataupun para nasabahnya. Dengan adanya kode etik ini akan dapat melindungi dari perbuatan yang tidak profesional. Ketaatan dari tenaga profesional terhadap kode etik yang ada merupakan sebuah ketaatan yang naluriah, yang sudah bersatu dengan pikiran, jiwa dan juga perilaku dari tenaga profesional.

Sekian yang dapat di jelaskan mengenai artikel dari Pengertian Kode Etik dan Tujuan Kode Etik (Pembahasan Lengkap), kode etik merupakan sebuah norma didalam bekerja agar dapat mengetahui mana yang baik dan juga benar serta mana yang salah dan tidak benar, semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi