√ Pengertian Potensi Diri, Jenis, Ciri & Pengembangannya (Lengkap)

Pengertian Potensi Diri, Jenis, Ciri & Pengembangannya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Potensi Diri. Meliputi pengertian, jenis, ciri-ciri dan pengembangan potensi diri dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Potensi Diri, Jenis, Ciri & Pengembangannya (Lengkap)

Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Potensi Diri

Kata potensi merupakan kata serapan dari Bahasa Inggris yakni potencial, yang berarti dua kata yaitu: Kesanggupan, tenaga dan kekuatan, kemungkinan. Kemudian menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) pengertian potensi adalah kemampuan yang memiliki kemungkinan untuk dikembangkan, kekuatan, kesanggupan, daya. Menurut Majdi (2007:86) Potensi juga diartikan sesuatu yang dapat dikembangkan.

Definisi lain dari potensi menurut Wiyono (2006:37) yaitu kemampuan dasar dari sesuatu yang masih terpendam didalamnya yang menunggu untuk diwujudkan menjadi sesuatu kekuatan nyata dalam diri sesuatu tersebut.

Dengan beberapa definisi diatas, potensi diri manusia adalah kemampuan yang mendasar yang ada pada manusia yang masih terpendam didalam dirinya yang menunggu untuk diwujudkan menjadi sebuah manfat nyata dalam kehidupan diri manusia.

Jenis-Jenis Potensi

Menurut Nashori (2003:89) Potensi mempunyai beberapa jenis, yakni:

Potensi Berfikir
Manusia mempunyai potensi berfikir. Allah seringkali menyuruh manusia untuk berfikir, maka berfikir. Secara Logis orang hanya disuruh berfikir sebab ia mempunyai potensi untuk berfikir. Maka bisa disebut bahwa masing-masing manusia mempunyai potensi untuk belajar dari informasi-informasi baru, mengaitkan berbagai informasi, dan juga menghasilkan pemikiran baru.

Potensi Emosi
Potensi emosi atau potensi afeksi artinya masing-masing manusia mempunyai suatu potensi cita rasa, yang dengannya manusia bisa memahami orang lain, memahami suara alam, ingin mencintai dan dicintai, memperhatikan dan diperhatikan, menghargai dan dihargai, cenderung kepada keindahan.

Potensi Fisik
Ada waktunya manusia mempunyai potensi yang luar biasa untuk menjadikan gerakan fisik yang efektid dan efisien dan juga mempunyai kekuatan fisik yang tangguh. Orang yang mempunyai bakat dalam bidang fisik dapat mempelajari olah raga dengan cepat dan selalu menampilkan permainan yang baik.

Potensi Sosial
Orang yang mempunyai potensi sosial yang besar memiliki kapasitas dalam penyesuaian diri dan mempengaruhi orang lain. Kemampuan menyesuaikan diri dan mempengaruhi orang lain berdasar dari kemampuan belajarnya, baik dalam dataran pengetahuan ataupun keterampilan.

Ciri-Ciri Potensi Diri

Ciri-ciri yang menjadi pemahaman potensi diri dapat diukur atau dilihat dalam sikap dan perbuatan sehari-hari dalam kehidupan keluarga, sekolah dan masyarakat. La Rose (dalam Sugiharso dkk, 2009:126-127) berpendapat bahwa orang yang memiliki potensi terdapat ciri-ciri sebagai berikut:

  • Gemar belajar dan mau melihat kekurangan dirinya
  • Mempunyai sikap yang luwes
  • Berani melakukan perubahan secara total untuk perbaikan
  • Tidak mau menyalahkan orang lain ataupun keadaan
  • Mempunyai sikap yang tulus bukan licik
  • Mempunyai rasa tanggung jawab
  • Menerima kritik saran dari luar dirinya
  • Memiliki jiwa optimistis dan tidak mudah putus asa.

Pengembangan Potensi Diri

Ketika orang hendak melakukan pengembangan diri dalam rangka memanfaatkan dan mengoptimalkan semua kemampuan untuk mencapai kinerja yang unggul, terdapat beberapa cara untuk mengetahui, menilai atau mengukur dengan akurat berbaga kelebihan dan kelemahannya sebagai berikut:

Introspeksi Diri (Pengukuran Individual)
Dalam cara ini, setiap individu meluangkan waktu untuk melakukan evaluasi apa yang sudah dilakukannya, apa yang sudah dia capai dan apa yang dia miliki sebagai suatu kelebihan yang bisa mendukung dan apa yang ia miliki sebagai suatu kekurangan yang menghambat tercapainya prestasi tinggi. Cara ini efektif jika individu bersikap jujur, terbuka terhadap diri sendiri, mau dan bersungguh-sungguh memperhatikan kata hatinya.

Pengertian Potensi Diri, Jenis, Ciri-Ciri, Pengembangan

Feedback dari Orang Lain
Dalam cara ini orang memintah masukan dalam bentuk informasi atau data penilaian mengenai dirinya dari orang lain. Masukan dalam bentuk umpan balik atau feedback ini mencakup segala sesuatu mengenai sikap dan perbuatan seseorang yang terlihat, dipersepsi oleh orang lain yang bertemu, berinteraksi dengannya. Cara lain yang bertujuan dalam membantu seseorang memperbaiki diri.

Tes Psikologi
Tes psikologi yang mengukur potensi psikologis individu bisa memberikan gambaran kekuatan dan kelemahan individu pada berbagai aspek psikologis seperti kecerdasan atau kemampuan intelektual (kemampuan analisa, logika berfikir, berfikir kreatif, berfikir numerikal), potensi kerja (vitalitas, sumber energi, motivasi, ketahanan terhadap stress kerja), kemampuan sosial (stabilitas emosi, kepekaan perasaan, kemampuan membina relasi sosial) dan potensi kepemimpinan perilakunya.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Potensi Diri, Jenis, Ciri & Pengembangannya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalain. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi