√ Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat dan Jenisnya Lengkap

Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat dan Jenisnya Lengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang senam. Yang meliputi pengertian senam, sejarah senam, manfaat dan jenis-jenis senam yang dibahas dengan lengkap dan ringan. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat dan Jenisnya Lengkap

Mari kita bahas lengkap mulai dari pengertiannya terlebih dahulu

Pengertian Senam

Senam atau gymnastics yaitu salah satu cabang olaharaga yang melibatkan performa gerakan yang memerlukan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Dengan kata lain senam merupakan suatu cabang olahraga latihan tubuh yang dibentuk dan dipilih secara sengaja, sadar dan terencana, disusun secara sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan kesegaran jasmani, menjadikan keterampilan berkembang, dan menanamkan nilai mental spiritual.

Pengertian Senam Menurut Para Ahli

  1. Mahendra (2000:14)

    Pengertian senam menurut Mahendra adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motorability).

  2. Madijono (2010:1)

    Pengertian senam menurut Madijono adalah suatu bentuk latihan jasmani yang sistematis, teratur dan terencana dengan melakukan gerakan-gerakan yang spesifik untuk memperoleh manfaat dalam tubuh.

  3. Sutrisno dan Khafadi (2010:60)

    Pengertian senam menurut Sutrisno dan Khafadi adalah setiap betnuk latihan fisik yang disuusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.

  4. Margono (2009:19)

    Pengertian senam menurut Margono adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.

  5. Imam Hidayat dalam Hendra Agusta (2009:9)

    Pengertian senam menurut Imam Hidayat adalah suatu latihan tubuh yang terpilih dan dikonstruk dengan sengaja, dilakukan secara sadar dan terencana disusun secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan, dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual.

  6. Peter H. Werner dalam Muhajir (2006:70)

    Pengertian senam menurut Peter H. Werner adalah latihan tubuh pada lantai atau pada alat yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan kelenturan, kelincahan, koordinasi, sertra kontro diri.

  7. Muhajir (2006:71)

    Pengertian senam menurut Muhajir adalah kegiatan utama paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan komponen gerak.

Sejarah Senam

Senam asalnya dari kata Gymnastics (Inggris) dan Gymnastiek (Belanda). Gymnastics merupakan kata serapan bahasa Yunani yaitu Gymnos yang artinya telanjang. Di bahasa Yunani, gymnastics diturunkan dari kata gymnazien yang artinya berlatih atau melatih diri. Latihan itu diperlukan untuk pemuda Yunani Kuno (sekitar tahun 1000SM sampai sekitar tahun 476M) untuk menjadi warga negaraa yang baik sesuai cita-cita negara dan juga menjadikan pendukungnya sebagai manusia harmonis.

Ketika itu kata gymnos atau gymnastics, memiliki makna yang luas, tidak terbatas dengan pengertian seperti sekarang ini. Kata ini menggambarkan pada kegiatan olahraga seperti gulat, atletik dan bertinju. Dengan berkembangnya zaman, arti yang terkandung pada kata gymnastics semakin menyempit dan disesuaikan dengan kebutuhannya.

Manfaat Senam

Semua senam dan kegiatan olahraga ringan mempunyai manfaat dalam menghambat proses degeneratif atau penuaan. Orang yang melakukan kegiatan senam secara teratur akan mendapatkan kesegaran jasmani yang baik, yang terdiri atas unsur kekuatan otot, kelenturan persendian, kelincahan gerak, keluwesan, cardiovascular fitness dan neuromuscular fitness.

Manfaat senam juga menyeimbangkann jumlah osteoblast dan osteoclast, peredarana darah menjadi lancar dan meningkatkan volume darah dalam tubuh serta meningkatkan konsep diri. Menurut Sutrisno dan Khafadi (2010:145) dengan melakukan senam seseorang dapat mempunyai bentuk tubuh yang ideal, indah, bugar dan kuat.

Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat, Jenis-Jenis Senam

Jenis-Jenis Senam

Berdasarkan Federation Internationale de Gymnastique (FIG), senam dibagi menjadi 6 kelompok, yaitu senam artistik, senam ritmik sportif, senam akrobatik, senam aerobik sport, senam trampolin dan senam umum. Berikut penjelasan dari masing-masing jenis senam tersebut.

  • Senam Artistik

    Senam artistik adalah jenis senam yang biasa ada di perlombaan, senam ini gerakannya disusun dari masing-masing alat dan telah ditetapkan sesuai pertandingan berlaku. Contoh dari senam artistik antara lain senam lantai, kuda pelana, palang sejajar, palang tunggal, palang bertingkat, dan lain-lain.

  • Senam Ritmik Sportif

    Senam ritmik sportif adalah jenis senam yang berasal dari pengembangan senam irama yang diiringi oleh irama musik yang menghasilkan gerak-gerak tubuh dan alat-alat yang indah

  • Senam Akrobatik

    Senam akrobatik adalah jenis senam yang mengendalikan gerak akrobatik menjadikan latihannya sering memakai salto sementara para pesenamnya harus mendarat di atas tangan dan di atas bahu pasangannya.

  • Senam Aerobik Sport

    Senam aerobik sport adalah jenis senam yang berasal dari pengembangan senam aerobik berbentuk tarian atau kalestenik tertentu, kemudian digabung dengan akrobatik yang sulit.

  • Senam Trampolin

    Senam trampolin adalah jenis senam yang berasal dari pengembangan senam yang dilakukan di atas trampolin.

  • Senam Umum

    Senam umum adalah jenis senam selain kelima senam diatas. Contohnya adalah senam aerobik, senam pagi, senam kesegaran jasmani dan lain-lain.

    Menurut Restianti (2010:10-24), terdapat beberapa jenis senam, antara lain:

    • Senam lantai: Seperti gerakan berguling, gerakan kayang, sikap lilin, gerakan guling lenting, gerakan berguling ke depan, dan gerakan berdiri tangan atau hands stand
    • Kuda-kuda lompat: seperti kuda-kuda pelana, gelang-gelang, palang sejajar, palang bertingkat, palang tunggal, balok keseimbangan.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat, Jenis-Jenis Senam Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi