Pengertian Bola Voli, Sejarah dan Peraturan Permainan

Pengertian Bola Voli, Sejarah dan Peraturan Permainan – Salah satu olahraga yang populer selain sepak bola adalah bola voli. Olahraga ini sering menjadi kegiatan olahraga disekolah maupun di perguruan tinggi, jenis olahraga ini mengandalkan pukulan tangan dan teknik-teknik tertentu. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas disini.

Pengertian Bola Voli, Sejarah dan Peraturan Permainan

Bagi anda penggemar dengan permaina bola voli, ada baiknya jika anda mempelajari seluk beluk dari cabang olahraga ini. Apa sih bola voli itu? Awal mulanya gimana sih? lantas peraturannya bagaimana sih? Untuk menjawab semua pertanyaan itu, mari kita mulai dengan pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian Bola Voli

Bola voli atau permainan bola voli yaitu salah satu cabang permainan olahraga bola yang mana cara bermainnya yaitu dengan menjatuhkan bola ke dalam petak lapangan lawan dengan tujuan untuk mencari kemenangan dalam bermain. Dalam menjatuhkan bola tersebut terdapat net sebagai penghalang antar masing-masik tim.

Gerakan yang ada dalam permainan bola voli disebut dengan memvolley yaitu gerakan memukul bola sebelum bola jatuh ke lapangan, gerakan mem-volley serta memantulkan bola ke atas bisa dilakukan dengan menggunakan seluruh anggota tubuh dengan syarat sentuhan atau pantulannya itu harus sempurna. Permainan bola voli dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regunya ini berjumlah 6 orang. Berikut adalah sejarah dari permainan bola voli.

Pengertian Bola Voli Menurut Para Ahli

Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak pendapat beberapa penjelasan dari pengertian bola voli dibawah ini yang akan dijelaskan oleh para ahlinya.

1. Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia

Pengertian Permainan bola voli menurut Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia adalah sebuah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim atau juga dua regu di lapangan dengan menggunakan net sebagai pemisah diantara dua tim.

2. Wikipedia

Pengertian Permainan Bola Voli menurut Wikipedia yaitu salah satu cabang olahraga yang dimainkan dua tim yang berlawanan.

3. Aip Syaifudin dan Muhadi

Menurut Aip Syaifudin dan Muhadi olahraga bola voli ini dimainkan oleh dua tim dengan pemain 6 orang dalam setiap tim dan setiap tim tersebut berusaha memukul bola dan dapat menjatuhkan nola tersebut kelapangan lawan dengan melewati net dan juga dapat mencegah lawan menjatuhkan bola ketempat kita.

4. Suharno

Pengertian pemainan bola voli menurut suharno adalah salahsatu cabang olahraga beregu yang dimainkan dengan sebuah ketentuan setiap tim terdiri 6 orang, bermain dilapangan dengan ukuran 18×9 meter, serta dilakukan dengan cara memantulkan bola secara bergantian, setiap pemain akan berusaha menjatuhkan bola di daerah musuh.

5. Mahfud Irsyada

Pengertian permainan bola voli menurut Mahfud Irsyada yaitu salah satu permainan beregu yang melibatkan beberapa orang pemain di setiap tim dengan tujuan agar dapat mencetak poin dengan cara melewatkan bola diatas net serta menjatuhkan bola itu didaerah pertahanan tim lawan sehingga tim tersebut bisa meraih suatu kemenangan.

Sejarah Permainan Bola Voli

Pada awalnya permainan ini bukan bernama bola voli melainkan memiliki nama mintonette. Olahraga bola voli ini pertama kali ditemukan oleh William G. Morgan lebih tepatnya pada tanggal 9 Februari 1895 di Holyoke, Amerika Serikat. William G. Morgan merupakan seorang instruktur atau pembina pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) di Young Men Christain Association (YMCA).

Penemu permainan bola voli atau, William G. Morgan ini lahir pada tahun 1870 di Lockport, New York dan meninggal dunia pada tahun 1942. Organisasi YMCA pertama kali didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris Oleh George William. Setelah bertemu dengan James Naismith (dia adalah seorang penemu atai pencipta olahraga Bola Basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal dunia pada tanggal 28 November 1939).

Terjadi perubahan nama dari mintonette menjadi bola voli, pergantian nama ini terjadi pada tahun 1896 tepatnya dalam demonstrasi pertamanya di International YMCA Training School. Setelah melihat perkembangan permainan Bola Voli yang cukup pesat maka YMCA ini mulai mengadakan kejuaraan Bola Voli tingkat nasional, lalu permainan Bola Voli menyebar keseluruh penjuru dunia.

Untuk pertama kalinya permaian bola voli mengadakan sebuah pertandingan di Polandia pada tahun 1974 dengan peserta yang cukup banyak. Dan di tahun 1984 pula didirikan sebuah federasi bola voli internasional atau IVBF yang di dalamnya inbi beranggotakan 15 negara dan berkedudukan di Paris. Organisasi itu merupakan induk dari permainan bola voli internasional.

Peraturan Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli terdapat beberapa peraturan, dan peraturan harus diketahui oleh setiap masing-masing pemain. Berikut adalah peraturan yang terdapat dalam permainan bola voli, diantarnya yaitu:

1. Perhitungan angka

Jika pihak lawan dapat memasukkan bola ke dalam area lapangan kita maka kita kehilangan bola serta pihak musuh akan mendapatkan poin atau skor. Maka dari itu anda harus bisa melakukan servis agar dapat melewati net dan masuk menuju daerah musuh. Apabila tidak masuk ke daerah musuh, maka musuh akan mendapatkan poin/nilai.

2. Sistem Pertandingan

Sistem pertandingan ini menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri atas 8 (delapan) tim yang akan didistribusikan ke dalam 2 (dua) group, yang masing-masing group ini terdiri dari atas (empat) tim.

Setiap tim terdiri dari ats 10 (sepuluh) pemain yang meliputi 6 (enam) pemain inti yang mana pemain tersebut bermain di lapangan dan 4 (empat) pemain sebagai cadangan. Pergantian pemain inti dan pemain cadangan ini tidak dibatasi pada saat pertandingan sedang berlangsung.

3. Jumlah pemain minimum yang boleh bermain adalah 4 (empat) orang

Apabila dalam pertandingan tersebut kurang dari 4 (empat) orang, maka tim tersebut bisa dinyatakan gugur. Pertandingan bola voli ini berlangsung atas 3 babak (Best of Three), kecuali, apabila pada babak 2 (kedua) sudah dipastikan siapa pemenangnya maka babak 3 (ketiga) ini tidak perlu dilaksanakan lagi. Dalam penghitungan poin mengguanakan sistem 25 rally point.

Apabila poin setiap masing-masing tim ini seri (imbang 24-24) maka pertandingan tersebut akan di tambah menjadi 2 poin. Untuk peserta pertama yang unggul dalam selisih 2 poin makan tim tersebut akan memenangkan pertandingan tersebut.

Kemenangan dalam suatu pertandingan penyisihan akan mendapat poin/nilai 1. Jika terdapat dua tim atau lebih yang mendapat poin/nilai sama, maka untuk penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka dari tiap-tiap set yang dimainkan.

Setiap tim ini diwajibkan untuk bertukar posisi lapangan pada saat babak berakhir. Dan jika ditentukan babak penentuan atau set ke 3 maka tim yang mendapatkan nilai terendah bisa meminta bertukar lapangan sesaat tim lawan mencapai poin 13.

Pengertian, Sejaran dan Peraturan Permainan Bola Voli

4. Time Out

Time out hanya boleh dilakukan 1 kali dalam setiap babak dan lamanya time out tersebut hanya 1 menit. Di luar dari aturan yang tertera disini, peraturan permainan mengikuti peraturan Internasional.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Pengertian Bola Voli, Sejarah dan Peraturan Permainan, semoga artikel diatas dapat menambah wawasan kita dan bermanfaat tentunya. Terimakasih ?

Daftar Isi