√ Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen & Jenisnya

Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen & Jenisnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Internet Marketing. Yang meliputi pengertian internet marketing, tujuan internet marketing, manfaat internet marketing , komponen internet marketing dan jenis-jenis internet marketing dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen & Jenisnya

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Internet Marketing

Internet marketing atau yang disebut juga dengan online marketing menurut Kotler dan Amstrong (2008:37) adalah suatu bentuk usaha dari perusahaan atau organisasi dalam memasarkan produk atau jasanya dan juga membangun hubungan dengan pelanggan dengan perantara media internet.

Pengertian internet marketing lainnya yaitu bagian dari E-Marketing (electronic marketing) dan E-Business (electronic business). Internet marketing bukan saja mengarah kepada pemakaian media digital, tetapi juga berkaitan dengan bagaimana menjalankan manajemen data konsumen dan menjaga relasi yang baik dengan konsumen.

Tujuan Dan Manfaat Internet Marketing

Teknologi internet yang mengalami perkembangan dengan cepat karena bisa menjangkau secara luas dengan waktu yang tidak ada batasannya. Menurut Strauss dan Frost (2012) pemasaran yang memanfaatkan teknologi internet atau internet marketing mempunya tujuan dan manfaat antara lain:

  • Dapat menjangkau calon konsumen dengan biaya yang relatif murah
  • Dapat melacak dan mengukur data respon konsumen pada aktivitas marketing yang dilakukan perusahaan.
  • Dapat menjangkau pasar globar sebagai pangsa pasar baru
  • Memberikan promosi yang sangat menarik
  • Memudahkan proses membeli barang daripada dengan sistem offline.
  • Personalisasi pemasaran untuk setiap calon pelanggan
  • One-on-One marketing
  • Pemasaran yang tidak ada batasnya atau twenty four hour marketing.

Komponen Internet Marketing

Mohammed dkk (2003:4) ada lima komponen yang ada pada internet marketing, yakni:

Proses

Seperti pada sistem pemasaran tradisional, program pemasaran dengan cara internet melibatkan suatu proses. Tujuh tahap dari proses program pemasaran dengan internet adalah terbentuknya suatu peluang besar, menyusun strategi pemasaran, merancang pengalaman pelanggan, terbangun hubungan antara muka dengan pelanggan, merencanakan program pemasaran, memperbaharui informasi konsumen dengan teknologi dan melakukan evaluasi hasil program pemasaran secara menyeluruh.

Membangun Dan Mempertahankan Hubungan Dengan Pelanggan

Membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan adalah tujuan dari pemasaran. Tiga tahap hubungan dengan konsumen merupakan awareness, exploration dan commitment. Program pemasaran bisa disebut berhasil jika dapat mengarahkan pelanggan hingga pada tahap komitmen pada perusahaan. Dan tujuan dari pemasaran dengan internet yaitu terjalin hubungan antara pelanggan secara online atupun offline.

Online

Sesuai dengan pengertiannya, internet marketing merupakan pemasaran yang dijalankan dalam dunia internet, tetapi tetap terhubung dengan sistem pemasaran dengan cara tradisional.

Pertukaran

Efek dari pertukaran pemasaran online yaitu pertukaran yang tidak hanya terjadi dalam dunia internet saja atau online, tetapi juga harus berefek pada pertukaran pada penjualan secara nyata.

Pemenuhan Kepuasan Kebutuhan Kedua Belah Pihak

Adanya internet marketing memenuhi kepuasan terhadak kedua belah pihak lebih cepat terpenuhi yakni dari segi perusahaan yang memakai internet marketing dapat mencapai tujuan perusahaan seperti menaikkan laba perusahaan, pangsa pasar yang akan meluas dan lain-lain. Dari segi pelanggan adalah terpenuhinya kebutuhan seperti memperoleh informasi yang diperlukan dengan lebih cepat.

Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen, Jenis-Jenis

Jenis-Jenis Internet Marketing

Internet marketing bisa dijalankan memakai beberapa jenis-jenisnya yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Iklan (Advertising)
    Iklan ditampilkan di suatu situs pihak ketiga atau blog untuk supaya lalu lintas mengarah pada situs web perusahaan. Dengan menjalankan pemasangan iklan ini secara langsung akan membuat produksi perusahaan menjadi meningkat.
  • Search Engine Marketing (SEM)
    Jenis pemasaran ini merupakan berupaya mempromosikan website dengan meningkatkan visibilitas dalam halaman hasil mesin pencarian atau SERPs layaknya Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya.
  • Search Engine Optimization (SEO)
    SEO ialah proses menaikan visibilitas situs web atau halaman web pada mesin pencari.
  • Social Media Marketing
    Pemasaran jenis ini dijalankan dengan menggunakan sosial media dengan memanfatkan lalu lintasnya seperti memakai Facebook ataupun twitter dan juga media sosial lainnya.
  • Email Marketing
    Pemasaran dengan cara ini dijalankan dengan email dan melibatkan langsu pemasaran pesan dengan mengirimkan pesan melalui surat elektronik
  • Blog Marketing
    Situs blog perusahaan yang digunakan untuk promosi
  • Refferal Marketing
    Cara ini adalah untuk mempromosikan produk atau layanan kepada konsumen baru melalui referensi, metode ini biasa terjadi dari mulut ke mulut
  • Inbound Marketing
    Pemasaran inbound ini dengan memanfatkan pelanggan untuk membuat dan berbagi
  • Viral Marketing
    Cara pemasaran yang prinsipnya sama dengan word of mouth dalam bentuk pesan elektronik yang disebarkan dari seseorang kepada orang-orang yang dikenalnya dengan berkelanjutan.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen & Jenisnya, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi