√ Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen & Jenisnya
Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen & Jenisnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Internet Marketing. Yang meliputi pengertian internet marketing, tujuan internet marketing, manfaat internet marketing , komponen internet marketing dan jenis-jenis internet marketing dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen & Jenisnya
Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.
Pengertian Internet Marketing
Internet marketing atau yang disebut juga dengan online marketing menurut Kotler dan Amstrong (2008:37) adalah suatu bentuk usaha dari perusahaan atau organisasi dalam memasarkan produk atau jasanya dan juga membangun hubungan dengan pelanggan dengan perantara media internet.
Pengertian internet marketing lainnya yaitu bagian dari E-Marketing (electronic marketing) dan E-Business (electronic business). Internet marketing bukan saja mengarah kepada pemakaian media digital, tetapi juga berkaitan dengan bagaimana menjalankan manajemen data konsumen dan menjaga relasi yang baik dengan konsumen.
Tujuan Dan Manfaat Internet Marketing
Teknologi internet yang mengalami perkembangan dengan cepat karena bisa menjangkau secara luas dengan waktu yang tidak ada batasannya. Menurut Strauss dan Frost (2012) pemasaran yang memanfaatkan teknologi internet atau internet marketing mempunya tujuan dan manfaat antara lain:
Dapat menjangkau calon konsumen dengan biaya yang relatif murah
Dapat melacak dan mengukur data respon konsumen pada aktivitas marketing yang dilakukan perusahaan.
Dapat menjangkau pasar globar sebagai pangsa pasar baru
Memberikan promosi yang sangat menarik
Memudahkan proses membeli barang daripada dengan sistem offline.
Personalisasi pemasaran untuk setiap calon pelanggan
One-on-One marketing
Pemasaran yang tidak ada batasnya atau twenty four hour marketing.
Komponen Internet Marketing
Mohammed dkk (2003:4) ada lima komponen yang ada pada internet marketing, yakni:
Proses
Seperti pada sistem pemasaran tradisional, program pemasaran dengan cara internet melibatkan suatu proses. Tujuh tahap dari proses program pemasaran dengan internet adalah terbentuknya suatu peluang besar, menyusun strategi pemasaran, merancang pengalaman pelanggan, terbangun hubungan antara muka dengan pelanggan, merencanakan program pemasaran, memperbaharui informasi konsumen dengan teknologi dan melakukan evaluasi hasil program pemasaran secara menyeluruh.
Membangun Dan Mempertahankan Hubungan Dengan Pelanggan
Membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan adalah tujuan dari pemasaran. Tiga tahap hubungan dengan konsumen merupakan awareness, exploration dan commitment. Program pemasaran bisa disebut berhasil jika dapat mengarahkan pelanggan hingga pada tahap komitmen pada perusahaan. Dan tujuan dari pemasaran dengan internet yaitu terjalin hubungan antara pelanggan secara online atupun offline.
Online
Sesuai dengan pengertiannya, internet marketing merupakan pemasaran yang dijalankan dalam dunia internet, tetapi tetap terhubung dengan sistem pemasaran dengan cara tradisional.
Pertukaran
Efek dari pertukaran pemasaran online yaitu pertukaran yang tidak hanya terjadi dalam dunia internet saja atau online, tetapi juga harus berefek pada pertukaran pada penjualan secara nyata.
Pemenuhan Kepuasan Kebutuhan Kedua Belah Pihak
Adanya internet marketing memenuhi kepuasan terhadak kedua belah pihak lebih cepat terpenuhi yakni dari segi perusahaan yang memakai internet marketing dapat mencapai tujuan perusahaan seperti menaikkan laba perusahaan, pangsa pasar yang akan meluas dan lain-lain. Dari segi pelanggan adalah terpenuhinya kebutuhan seperti memperoleh informasi yang diperlukan dengan lebih cepat.
Jenis-Jenis Internet Marketing
Internet marketing bisa dijalankan memakai beberapa jenis-jenisnya yang diantaranya adalah sebagai berikut:
Iklan (Advertising)
Iklan ditampilkan di suatu situs pihak ketiga atau blog untuk supaya lalu lintas mengarah pada situs web perusahaan. Dengan menjalankan pemasangan iklan ini secara langsung akan membuat produksi perusahaan menjadi meningkat.
Search Engine Marketing (SEM)
Jenis pemasaran ini merupakan berupaya mempromosikan website dengan meningkatkan visibilitas dalam halaman hasil mesin pencarian atau SERPs layaknya Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya.
Search Engine Optimization (SEO)
SEO ialah proses menaikan visibilitas situs web atau halaman web pada mesin pencari.
Social Media Marketing
Pemasaran jenis ini dijalankan dengan menggunakan sosial media dengan memanfatkan lalu lintasnya seperti memakai Facebook ataupun twitter dan juga media sosial lainnya.
Email Marketing
Pemasaran dengan cara ini dijalankan dengan email dan melibatkan langsu pemasaran pesan dengan mengirimkan pesan melalui surat elektronik
Blog Marketing
Situs blog perusahaan yang digunakan untuk promosi
Refferal Marketing
Cara ini adalah untuk mempromosikan produk atau layanan kepada konsumen baru melalui referensi, metode ini biasa terjadi dari mulut ke mulut
Inbound Marketing
Pemasaran inbound ini dengan memanfatkan pelanggan untuk membuat dan berbagi
Viral Marketing
Cara pemasaran yang prinsipnya sama dengan word of mouth dalam bentuk pesan elektronik yang disebarkan dari seseorang kepada orang-orang yang dikenalnya dengan berkelanjutan.
Koordinat Kartesius : Pengertian, Sistem, Diagram dan Contoh… Koordinat Kartesius : Pengertian, Sistem, Diagram dan Contoh Soal - Apa yag di maksud dengan koordinat Kartesius ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Koordinat Kartesius dan hal-hal yang melingkupinya.…
6 Pengertian Komunikasi Organisasi Menurut Para Ahli… 6 Pengertian Komunikasi Organisasi Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada kesempatan yang lalu, kita pernah membahas tentang pengertian komunikasi, lengkap dijelaskan disana oleh menurut para ahli. Nah kali ini kita akan…
Contoh Soal Penjas Kelas 11 (XI) SMA/MA/SMK Semester 1 dan 2 Contoh Soal Penjas Kelas 11 (XI) SMA/MA/SMK Semester 1 dan 2 (2019 dan 2020) - Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas contoh Soal Penjas Kelas 11 Pilihan Ganda dan Essay…
Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan… Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Contohnya - Bagaimana susunan teks pidato lingkungan yang baik dan benar ?, Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang…
Tujuan Pameran : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Unsur… Tujuan Pameran : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Unsur dan Prinsip Pameran - Apa yang dimaksud dengan pameran atau exhibition? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Pameran dan hal yang…
Nilai Perusahaan : Pengertian, Jenis, Faktor, Pengukuran dan… Nilai Perusahaan : Pengertian, Jenis, Faktor, Pengukuran dan Struktur Modal - Apakah Nilai Perusahaan itu?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa yang dimaksud Nilai Perusahaan dan unsur -unsur lain tentangnya.Mari kita…
√ 11 Pengertian Kebangkrutan, Faktor Penyebab dan… 11 Pengertian Kebangkrutan, Faktor Penyebab dan Indikatornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kebangkrutan. Pembahasan yang meliputi pengertian kebangkrutan yang dikemukakan oleh beberapa ahli, faktor penyebab kebangkrutan dan…
√ Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis,… Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ruang Lingkup, Prinsip, Dampak - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Koordinasi. Yang meliputi pengertian, syarat, tujuan, manfaat, jenis-jenis, ruang lingkup, prinsip, dampak…
21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan… 21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas mengenai apa itu Marketing, dalam perkuliahan khusunya di jurusan manajemen kita akan menemukan pembahasan mengenai…
Turunan Fungsi Aljabar : Rumus, Aplikasi, Notasi, Perkalian… Turunan Fungsi Aljabar : Rumus, Aplikasi, Notasi, Perkalian Pembagian Dua Fungsi dan Contoh Soal - Apakah kamu mengerti apa yang di maksud dengan Turunan Fungsi Aljabar ? Pada kesempatan kali…
√ Pengertian Komitmen Organisasi, Manfaat, Bentuk, Indikator… Pengertian Komitmen Organisasi, Manfaat, Bentuk, Indikator & Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Komitmen Organisasi. Yang meliputi pengertian pengertian komitmen organisasi, manfaat komitmen organisasi, bentuk komitmen organisasi,…
Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Manfaat, Fungsi,… Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan dan Jenis Penerapannya - Apa itu yang di maksud dengan Sistem Informasi Manajemen?,Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu pula…
6 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli… 6 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli (Terlengkap) - Dalam segala aktivitas yang dilakukan oleh sebuah perusahaan pasti akan selalu menghadapi beragam masalah, baik ekstern maupun intern. Dalam mengatasi bermacam-macam masalah…
√ Pengertian Bank Syariah, Sejarah, Fungsi, Tujuan, Ciri,… Pengertian Bank Syariah, Sejarah, Fungsi, Tujuan, Ciri, Jenis dan Produknya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Bank Syariah. Yang meliputi pengertian, sejarah, fungsi, ciri-ciri, jenis dan produk dari…
Lompat Tinggi : Pengertian, Sejarah, Gaya, Teknik, Peraturan… Lompat Tinggi : Pengertian, Sejarah, Gaya, Teknik, Peraturan, Tahapan dan Bentuk Lapangan - Apakah itu olahraga Lompat Tinggi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Lompat Tinggi dan hal-hal yang…
Vektor : Pengertian, Materi, Rumus dan Contoh Soal Vektor : Pengertian, Materi, Rumus dan Contoh Soal - Apakah yang di maksud dengan Vektor dalam operasi matematika ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Vektor dan hal-hal lain tentangnya.…
√ 23 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli… 23 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang komitmen organisasi. Yang mana penjelasan disini adalah berdasarkan pendapat para ahli dengan masing-masing yang…
√ Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli, Peran dan… Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli, Peran dan Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Sekretaris. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian sekretaris menurut para…
√ 21 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap) 21 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap) - Di pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang media sosial. Yang mana penjelasan tersebut tentang pengertian media sosial yang dikemukakan oleh…
Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Persahabatan itu seperti apa?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak bersama…
33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pembahasan kali ini akan membahas tentang sebuah wadah yang didalamnya terdapat beberapa orang untuk melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.…
√ 40 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli… 40 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas materi tentang hubungan Internasional. Hubungan Internasional adalah sebuah hubungan antarbangsa atau sebuah interaksi manusia-manusia…
√ 16 Pengertian Humas (Hubungan Masyarakat) Menurut Para… 16 Pengertian Humas (Hubungan Masyarakat) Menurut Para Ahli - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian hubungan masyarakat yang di rangkum dari beberapa sumber terpercaya. Untuk lebih jelasnya silakan…
√ Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Retail. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian retail, menurut para ahli,…
Sejarah PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa ), Asas dan… Sejarah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Asas dan Tujuannya – Untuk pertemuan kali ini kita akan membahas artikel mengenai sejarah dari perserikatan bangsa-bangsa (PBB) serta asas dan juga tujuannya. Sering tentunya kita dengar…
Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis,… Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis, dan Cirinya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan dagang. Yang meliputi pengertian perusahaan dagang, jenis perusahaan dagang, ciri-ciri perusahaan…
√ 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang promosi. Pembahasan ini berdasarkan para ahli yang berpendapat. 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas…
√ Pengertian Keterlibatan Kerja, Karakteristik, Dimensi,… Pengertian Keterlibatan Kerja, Karakteristik, Dimensi, Aspek dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Keterlibatan Kerja. Yang meliputi pengertian, karakteristik, dimensi, aspek dan faktor yang mempengaruhi keterlibatan kerja…
√ Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat &… Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat & Dimensi - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang ekuitas merek atau brang equity. Yang meliputi pengertian ekuitas merek, fungsi dan manfaat…
Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik,… Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik, Tujuan dan Contoh Pidato - Bagaimana susunan teks pidato perpisahan kelas 6 yang baik dan benar serta mengharukan ?,Pada kesempatan kali…