Home » √ Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen & Jenisnya
√ Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen & Jenisnya
Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen & Jenisnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Internet Marketing. Yang meliputi pengertian internet marketing, tujuan internet marketing, manfaat internet marketing , komponen internet marketing dan jenis-jenis internet marketing dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen & Jenisnya
Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.
Pengertian Internet Marketing
Internet marketing atau yang disebut juga dengan online marketing menurut Kotler dan Amstrong (2008:37) adalah suatu bentuk usaha dari perusahaan atau organisasi dalam memasarkan produk atau jasanya dan juga membangun hubungan dengan pelanggan dengan perantara media internet.
Pengertian internet marketing lainnya yaitu bagian dari E-Marketing (electronic marketing) dan E-Business (electronic business). Internet marketing bukan saja mengarah kepada pemakaian media digital, tetapi juga berkaitan dengan bagaimana menjalankan manajemen data konsumen dan menjaga relasi yang baik dengan konsumen.
Tujuan Dan Manfaat Internet Marketing
Teknologi internet yang mengalami perkembangan dengan cepat karena bisa menjangkau secara luas dengan waktu yang tidak ada batasannya. Menurut Strauss dan Frost (2012) pemasaran yang memanfaatkan teknologi internet atau internet marketing mempunya tujuan dan manfaat antara lain:
Dapat menjangkau calon konsumen dengan biaya yang relatif murah
Dapat melacak dan mengukur data respon konsumen pada aktivitas marketing yang dilakukan perusahaan.
Dapat menjangkau pasar globar sebagai pangsa pasar baru
Memberikan promosi yang sangat menarik
Memudahkan proses membeli barang daripada dengan sistem offline.
Personalisasi pemasaran untuk setiap calon pelanggan
One-on-One marketing
Pemasaran yang tidak ada batasnya atau twenty four hour marketing.
Komponen Internet Marketing
Mohammed dkk (2003:4) ada lima komponen yang ada pada internet marketing, yakni:
Proses
Seperti pada sistem pemasaran tradisional, program pemasaran dengan cara internet melibatkan suatu proses. Tujuh tahap dari proses program pemasaran dengan internet adalah terbentuknya suatu peluang besar, menyusun strategi pemasaran, merancang pengalaman pelanggan, terbangun hubungan antara muka dengan pelanggan, merencanakan program pemasaran, memperbaharui informasi konsumen dengan teknologi dan melakukan evaluasi hasil program pemasaran secara menyeluruh.
Membangun Dan Mempertahankan Hubungan Dengan Pelanggan
Membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan adalah tujuan dari pemasaran. Tiga tahap hubungan dengan konsumen merupakan awareness, exploration dan commitment. Program pemasaran bisa disebut berhasil jika dapat mengarahkan pelanggan hingga pada tahap komitmen pada perusahaan. Dan tujuan dari pemasaran dengan internet yaitu terjalin hubungan antara pelanggan secara online atupun offline.
Online
Sesuai dengan pengertiannya, internet marketing merupakan pemasaran yang dijalankan dalam dunia internet, tetapi tetap terhubung dengan sistem pemasaran dengan cara tradisional.
Pertukaran
Efek dari pertukaran pemasaran online yaitu pertukaran yang tidak hanya terjadi dalam dunia internet saja atau online, tetapi juga harus berefek pada pertukaran pada penjualan secara nyata.
Pemenuhan Kepuasan Kebutuhan Kedua Belah Pihak
Adanya internet marketing memenuhi kepuasan terhadak kedua belah pihak lebih cepat terpenuhi yakni dari segi perusahaan yang memakai internet marketing dapat mencapai tujuan perusahaan seperti menaikkan laba perusahaan, pangsa pasar yang akan meluas dan lain-lain. Dari segi pelanggan adalah terpenuhinya kebutuhan seperti memperoleh informasi yang diperlukan dengan lebih cepat.
Jenis-Jenis Internet Marketing
Internet marketing bisa dijalankan memakai beberapa jenis-jenisnya yang diantaranya adalah sebagai berikut:
Iklan (Advertising)
Iklan ditampilkan di suatu situs pihak ketiga atau blog untuk supaya lalu lintas mengarah pada situs web perusahaan. Dengan menjalankan pemasangan iklan ini secara langsung akan membuat produksi perusahaan menjadi meningkat.
Search Engine Marketing (SEM)
Jenis pemasaran ini merupakan berupaya mempromosikan website dengan meningkatkan visibilitas dalam halaman hasil mesin pencarian atau SERPs layaknya Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya.
Search Engine Optimization (SEO)
SEO ialah proses menaikan visibilitas situs web atau halaman web pada mesin pencari.
Social Media Marketing
Pemasaran jenis ini dijalankan dengan menggunakan sosial media dengan memanfatkan lalu lintasnya seperti memakai Facebook ataupun twitter dan juga media sosial lainnya.
Email Marketing
Pemasaran dengan cara ini dijalankan dengan email dan melibatkan langsu pemasaran pesan dengan mengirimkan pesan melalui surat elektronik
Blog Marketing
Situs blog perusahaan yang digunakan untuk promosi
Refferal Marketing
Cara ini adalah untuk mempromosikan produk atau layanan kepada konsumen baru melalui referensi, metode ini biasa terjadi dari mulut ke mulut
Inbound Marketing
Pemasaran inbound ini dengan memanfatkan pelanggan untuk membuat dan berbagi
Viral Marketing
Cara pemasaran yang prinsipnya sama dengan word of mouth dalam bentuk pesan elektronik yang disebarkan dari seseorang kepada orang-orang yang dikenalnya dengan berkelanjutan.
Kata Kata Bijak Islami Kata Kata Bijak Islami - Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Kata Kata Bijak Islami dan contohnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat…
√ Pengertian Kinerja Perusahaan Menurut Para Ahli (Bahas… Pengertian Kinerja Perusahaan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Tentunya dapat kita ketahui jika masing-masing perusahaan pasti dapat meninjau kinerja dari sebuah perusahaan. Masing-masing perusahaan tentunya selalu melakukan peninjauan kinerja dari…
Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label… Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label Produk, Menurut Para Ahli - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Label. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan…
√ Pengertian Manajemen Kinerja, Tujuan, Manfaat, Prinsip &… Pengertian Manajemen Kinerja, Tujuan, Manfaat, Prinsip & Prosesnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Kinerja. Yang meliputi pengertian, tujuan, manfaat, prinsip dasar dan proses manajemen kinerja dengan…
Pers adalah : Pengertian, Ciri, Dasar Hukum, Fungsi, Peranan… Pers adalah : Pengertian, Ciri, Dasar Hukum, Fungsi, Peranan dan Jenisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Pers. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, dasar hukum, fungsi, peranan, jenis-jenis pers…
√ 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang promosi. Pembahasan ini berdasarkan para ahli yang berpendapat. 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas…
√ Pengertian Konsolidasi, Ciri, Alasan dan Cara Melakukannya… Pengertian Konsolidasi, Ciri, Alasan dan Cara Melakukannya Lengkap - Pada pembahasan kali ini SeputarPengetahuan.Co.Id akan menjelaskan tentang Konsolidasi. Konsolidasi berkaitan dengan suatu organisasi atau perusahaan dalam menggabungkan dua usaha atau lebih dengan…
√ 26 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli (Pembahasan… 26 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang piutang. Penjelasan yang meliputi pengertian piutang yang berdasarkan pendapat para ahli yang lengkap dan…
√ Pengertian BUMS, Ciri, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Contohnya Pengertian BUMS, Ciri, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang BUMS. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian BUMS, ciri, jenis, fungsi,…
√ 16 Pengertian Perusahaan Menurut Para Ahli (Pembahasan… 16 Pengertian Perusahaan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan. Pembahasan tentang pengertian perusahaan ini berdasarkan para ahli. Untuk lebih jelasnya silakan simak…
√ Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli, Peran dan… Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli, Peran dan Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Sekretaris. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian sekretaris menurut para…
√ Pengertian Manajemen Perusahaan Menurut Para Ahli… Pengertian Manajemen Perusahaan Menurut Para Ahli (Lengkap) - Manajemen Perusahaan, istilah dari manajemen lebih sering kita dengar dari sebuah perusahaan. Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam perusahaan terdapat berbagai divisi yang menggunakan…
Vektor : Pengertian, Materi, Rumus dan Contoh Soal Vektor : Pengertian, Materi, Rumus dan Contoh Soal - Apakah yang di maksud dengan Vektor dalam operasi matematika ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Vektor dan hal-hal lain tentangnya.…
√ 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli… 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang knowledge management atau manajemen pengetahuan. Penjelasan yang didasarkan oleh pendapat para ahli dengan lengkap…
21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan… 21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas mengenai apa itu Marketing, dalam perkuliahan khusunya di jurusan manajemen kita akan menemukan pembahasan mengenai…
Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik,… Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik, Tujuan dan Contoh Pidato - Bagaimana susunan teks pidato perpisahan kelas 6 yang baik dan benar serta mengharukan ?,Pada kesempatan kali…
√ Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis,… Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ruang Lingkup, Prinsip, Dampak - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Koordinasi. Yang meliputi pengertian, syarat, tujuan, manfaat, jenis-jenis, ruang lingkup, prinsip, dampak…
√ Etika Bisnis : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Prinsipnya Etika Bisnis : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Prinsipnya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Etika Bisnis. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelasakan pengertian etika bisnis, tujuan,…
√ Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Jenis, Ciri,… Pengertian Teks Iklan, Fungsi, Struktur, Jenis, Ciri, Kaidah & Contoh - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Teks Iklan. Yang meliputi pengertian teks iklan, fungsi teks iklan, struktur teks…
Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya – Dalam melakukan bisnis pasar serta penjualan di butuhkan ide yang tepat dan pasti agar semua dapat terkendali dengan baik. Langkah dalam penjualan barang…
√ Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat,… Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat, Strategi, Karakteristik dan Implementasinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang experiential marketing. Yang meliputi pengertian experiential marketing yang dikemukakan oleh para ahli,…
√ 10 Pengertian Kinerja Keuangan, Tujuan, Pengukuran dan… 10 Pengertian Kinerja Keuangan, Tujuan, Pengukuran dan Penilaian serta Analisisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kinerja keuangan. Penjelasan yang dimaksud adalah pengertian kinerja keuangan menurut para ahli,…
√ Pengertian Green Marketing, Tujuan, Manfaat dan… Pengertian Green Marketing, Tujuan, Manfaat dan Komponennya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang green marketing. Yang meliputi pengertian green marketing menurut para ahli, tujuan green marketing, manfaat dan…
√ Pengertian Sistem Pengendalian Intern, Tujuan & Unsurnya… Pengertian Sistem Pengendalian Intern, Tujuan & Unsurnya Lengkap - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang sistem pengendalian intern. Yang meliputi pengertian sistem pengendalian intern, tujuan sistem pengendalian intern dan…
√ Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik, Ciri, Sistem… Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik, Ciri, Sistem Harga, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan Pasar Persaingan Monopolistik. Yang meliputi pengertian pasar persaingan monopolistik, ciri-rici, sistem harga,…
35 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli 35 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli, Ciri, Tujuan, dan Teorinya – Kali ini disini akan kami bahas mengenai apa itu kewirausahaan, banyak dari kita mungkin sering mendengar kata tersebut. Ya,…
√ E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang E-Business. Yang mana dalam menjelaskan pengertian e busines, strategi, keuntungan, unsur e-busines serta contohnya…
√ Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Fungsi, Bentuk dan… Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Fungsi, Bentuk dan Unsurnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang komunikasi bisnis. Yang meliputi pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli, tujuan komunikasi bisnis, fungsi…
Sejarah PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa ), Asas dan… Sejarah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Asas dan Tujuannya – Untuk pertemuan kali ini kita akan membahas artikel mengenai sejarah dari perserikatan bangsa-bangsa (PBB) serta asas dan juga tujuannya. Sering tentunya kita dengar…
√ Pengertian Struktur Modal, Komponen, Teori & Faktornya… Pengertian Struktur Modal, Komponen, Teori & Faktornya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Struktur Modal. Yang meliputi pengertian struktur modal, komponen struktur modal, teori struktur modal, dan…