21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)
21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas mengenai apa itu Marketing, dalam perkuliahan khusunya di jurusan manajemen kita akan menemukan pembahasan mengenai marketing.
21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)
Mari kita bahas lengkap definisi dari marketing dengan lengkap.
Pengertian Marketing
Apa itu marketing? Marketing atau yang sering disebut juga dengan sebagai pemasaran yaitu sebuah bidang permintaan atau penjualan.
Marketing sangat berperan besar di bidang usaha oleh sebab itu marketing sendiri merupakan subjek utama guna menghubungkan antara suatu instansi yang mana untuk suatu membuat produk dengan masyarakat maupun konsumen yang berperan sebagai pengguna produk itu. Oleh sebab itu, para perusahaan maupun instansi selalu memperhatikan secara optimal mengenai marketing agar apa yang menjadi tujuan dari instansi tersebut bisa dengan baik untuk terpenuhi.
Tak hanyaitu saja marketing juga adalah sebuah proses yang menyeluruh dan juga terpadu yang mana didalamnya terdapat individu maupun kelompok agar supaya memperoleh dalam membentuk sebuah produk, memberikan harga yang selanjutnya dipromosikan melalui suatu program pertukaran supaya bisa memberikan sebuah kepuasan terhadap para konsumen dan dari perusahaan itus sendiri.
Marketing juga dapat bertindak sebagai penjual ataupun pembeli. Misalnya seperti, jika seseorang ingin membeli mobil yang selanjutnya akan dijual kembali, dengan demikian merupakan calon penjual yang berusaha untuk memasarkan apa yang akan dijualnya terhadap calon pembeli.
Pengertian Marketing Menurut Para Ahli
Berikut ini merupakan beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai apa itu marketing:
1. Jay Abraham
Disini Jay Abraham menyatakan bahwa marketing sendiri sudah bisa dikatakan dianggap suskes jika anda telah terlihat baik untuk para pelanggan.
2. Philip Kotler
Philip Kotler menyatakan bahwa marketing yiatu salah satu kegiatan sosial serta sebuah pengaturan yang dikerjakan secara individu maupun sekelompok supaya memperoleh apa yang diinginkan dengan membuat sebuah produk yang selanjutnya menukarnya dengan nominal tertentu kepada pihak lain.
3. Tung Desem Waringin
Ia menjelaskan bahwa marketing yakni mengkomunikasikan suatu nilai tambah atau perceive value yang lebih tinggi.
4. Laksita Utama Suhud
Laksita Utama Suhud menjelaskan Marketing yaitu berbagai usaha yang harus dilakukan supaya bisa membuat suatu bisnis maupun usaha yang selalu terlihat lebih baik di kalangan pasar dibanding kan dengan para pesaing bisnis.
5. John Westwood
Menurutnya John Westwood, ia berpendapat bahwa marketing yaitu usaha terpadu supaya terpenuhinya semua kebutuhan dari konsumen secara menguntungkan.
6. Firmanzah
Beliau mengatakan bahwasannya ilmu marketing yang dikembangkan dikalangan bisnis dan juga diarahkan guna mengejar suatu laba.
7. Yuswohady
Ia mengatakan bahwa marketing yaitu salah satu ilmu supaya memenangkan dalam sebuah persaingan.
8. Bagozzi
Bagozzi berpendapat bahwa marketing yaitu salah satu kegiatan yang memungkinkan untuk terjadinya pertukaran antara 2 belah pihak atau bahkan lebih.
9. Al Ries & Jack Trout
Mereka berdua berpendapat bahwa marketing yaitu salah satu pertempuran dalam benak para konsumen sehingga positioning adalah yang terutama, para konsumen sediri diasumsikan sebagai makhluk yang rasional.
10. Hermawan Kertajaya
Hermawan Kertajaya menjelaskan bahwa marketing yakni salah satu strategic business concept merekat dalam mindset.
11. Swasta (1996)
Definisi dari marketing bersandar dengan konsep inti yang meliputi atas kebutuhan (needs), keinginan (wants), serta permintaan (demands). Manusia sendiri juga harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia dapat memenuhinya. Usaha dalam memenuhi kebutuhan itu bisa dilakukan dengan cara mengadakan sebuah hubungan. Yang mana demikian pemasaran juga bisa diartikan sebagai suatu usaha guna memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual
12. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Dikutip dari Kamus Besar Bahsa Indonesia Marketing yairu sebuah proses, cara, perbuatan dalam memasarkan suatu barang dagangannya (1). Marketing berfungsi untuk menyebar luaskan ketengah-tengah masyarakat (2).
13. Willian J.Staton
Menurut Willian J.Staton pengertian dari pemasaran yaitu sebuah sistem total terhadap suatu kegiatan bisnis berguna untuk merencanakan, menentukan harga , mempromosikan serta mendistribusikan barang-barang tersebut yang mana bisa memuaskan keinginan serta jasa baik terhadap konsumen saat ini maupun konsumen potensial
14. Sutisna
Pengertian pemasaran menurut pendapat dari Sutisna yaitu salah satu usaha yang digunakan guna menyampaikan pesan terhadap publik terutama konsumen sasaran mengenai keberadaan dari produk tersebut di pasaran
15. Muntaha
Muntaha berpendapat bahwa pengertian dari pemasaran yaitu suatu proses pengolahan, produksi serta penyampaian informasi maupun pesan-pesan yang mana melalui satu atau lebih saluran terhadap khalayak sasaran secara berkesinambungan dan sifatnya dua arah yang bertujuan untuk menunjang serta efisiensi dari pemasaran suatu produk
16. Djaslim Saladin
Pengertian pemasaran Djaslim Saladin yaitu suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang guna merencanakan, serta menentukan harga, mempromosikan dan untuk mendistribusikan barang-barang yang mana bisa memuaskan keinginan serta dapat mencapai pasar sasaran serta tujuan dari perusahaan.
17. Kotler (1997)
Kotler berpendapat bahwa Marketing merupakan salah satu proses social serta manajerial yang didalamnya terdapat individu serta kelompok yang memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, serta dengan mempertukarkan produk yang bernilai untuk pihak lain
18. Wikipedia
Dikutip dari penjelasan Wikipedia, menurutnya pemasaran merupakan suatu aktivitas, serangkaian institusi, serta proses dalam menciptakan, mengomunikasikan, serta menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai untuk para pelanggan, klien, mitra, bahkan pada masyarakat umum
19. American Marketing Association dalam Kleindl dan Burrow (2005)
Dikutip dari American Marketing Association dalam Kleindl dan Burrow bahwa mereka menjelaskan mengenai definisi dari marketing yaitu salah satu proses perencanaan serta pelaksanaan dari ide maupun sebuah pemikiran konsep, harga, promosi dan juga distribusi. Tak hanya itu Marketing juga bisa diartikan dengan lebih sederhana yakni pembangunan dengan pemeliharaan hubungan yang mana hal ini saling memuaskan antara perusahaan serta para konsumen. Saat ini marketing sudah berkembang dengan seiring dari perkembangan teknologi. Aktivitas dari marketing sendiri menjadi lebih luas dengan adanya internet. dalam penggunaan internet serta fasilitas yang ada di dalamnya juga berguna dalam melakukan sebuah aktivitas marketing yang dikenal juga sebagai e-marketing
20. Joe F. Hair dan Carl McDaniel
Hair dan Mc. Daniel menjelaskan bahwa definisi dari pemasaran yaitu dalah satu proses dalam perencanaan serta pelaksanaan yang konsepsi, dengan penetapan harga promosi serta distribusi gagasan, barang maupun jasa guna untuk menciptakan suatu pertukaran yang memuaskan konsumen serta untuk mencapai tujuan dari organisasi.
21. Basu Swastha Dharmamesta dan T. Hani Handoko
Mereka menjelaskan bahwa definisi dari pemasaran yaitu salah proses kegiatan perencanaan dalam melakukan pengelolaan suatu barang dan jasa, penetapan terhdap banderol harga barang serta dari jasa tersebut, hingga dalam proses promosi atau distribusiannya, yang mana keseluruhan dari proses pemasaran tujuannya untuk memenuhi kebutuhan atau mendapatkan laba.
√ Pengertian Manajemen Risiko, Tujuan, Ruang Lingkup, Jenis… Pengertian Manajemen Risiko, Tujuan, Ruang Lingkup, Jenis & Proses - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen risiko. Yang meliputi pengertian manajemen risiko, tujuan manajemen risiko, ruang lingkup manajemen…
√ 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli,… 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen pemasaran. Pembahasan yang meliputi pengertian, tugas, tujuan, fungsi, konsep,…
Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya – Dalam melakukan bisnis pasar serta penjualan di butuhkan ide yang tepat dan pasti agar semua dapat terkendali dengan baik. Langkah dalam penjualan barang…
Ambassador Adalah : Pengertian, Karakteristik, Peranan dan… Ambassador Adalah : Pengertian, Karakteristik, Peranan dan Manfaat - Pernah dengar kata Ambassador ? Pasti pernah bukan?Menurut KBBI,ambassador artinya adalah duta besar ,Tapi yang di maksud adalah duta besar untuk…
√ PPN : Pengertian, Objek, Subjek, Rumus dan Contohnya PPN : Pengertian, Objek, Subjek, Rumus dan Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang PPN. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian PPN, Objek, subjek, rumus…
√ Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Retail. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian retail, menurut para ahli,…
√ Pengertian Bank Syariah, Sejarah, Fungsi, Tujuan, Ciri,… Pengertian Bank Syariah, Sejarah, Fungsi, Tujuan, Ciri, Jenis dan Produknya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Bank Syariah. Yang meliputi pengertian, sejarah, fungsi, ciri-ciri, jenis dan produk dari…
√ Pengertian Theory Of Constraint, Faktor, Jenis dan… Pengertian Theory Of Constraint, Faktor, Jenis dan Tujuannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Theory Of Constraint. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian theory of…
24 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 24 Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)Â - Dalam dunia pendidikan kita sering mengenal atau mendengar istilah "pembelajaran". Pembelajaran tidak hanya berlaku dibangku sekolah saja, namun diluar lingkungan sekolah, pembelajaranpun…
√ Pengertian Perilaku Konsumen, Ruang Lingkup, Teori &… Pengertian Perilaku Konsumen, Ruang Lingkup, Teori & Pendekatannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Perilaku Konsumen. Yang meliputi pengertian, ruang lingkup, teori dan pendekatan perilaku konsumen dengan…
√ Pengertian Manajemen Kinerja, Tujuan, Manfaat, Prinsip &… Pengertian Manajemen Kinerja, Tujuan, Manfaat, Prinsip & Prosesnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Kinerja. Yang meliputi pengertian, tujuan, manfaat, prinsip dasar dan proses manajemen kinerja dengan…
Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan… Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Fungsinya - Di era Komputerisasi saat ini pasti kita sudah tak asing dengan Komputer dan Perangkatnya.Namun, mungkin ada yang belum tahu…
Cara Membuat Halaman Produk yang Bagus dan Menarik seputarpengetahuan.co.id -Â Halaman produk Anda adalah salah satu halaman terpenting di situs web Anda. Jadi, wajar jika Anda ingin mengetahui cara membuat halaman produk yang hebat. Halaman produk yang bagus membantu…
Peluang Usaha Adalah : Ciri, Faktor, Sumber dan Contohnya Peluang Usaha Adalah : Ciri, Faktor, Sumber dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Peluang Usaha. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, faktor yang mempengaruhi, sumber dan contoh…
Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya - Bagaimana cara menulis Kata Pengantar yang baik ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Kata Pengantar dan hal lain tentangnyanya.Mari kita simak…
Pengembangan Produk: Pengertian, Tahapan dan Contoh seputarpengetahuan.co.id - Adakah ide yang terasa seperti "hal besar berikutnya"? Atau mungkin Anda ingin mengembangkan ide yang sudah ada untuk memodifikasi atau menyempurnakannya. Ada banyak kasus penggunaan yang dapat diterapkan…
√ Pengertian Manajemen Strategi, Manfaat dan Tahapannya Pengertian Manajemen Strategi, Manfaat dan Tahapannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas Manajemen Strategi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian manajemen strategi, tujuan, manfaat, cara dan…
√ Masyarakat Madani : Pengertian, Unsur, Ciri dan Pilarnya Masyarakat Madani : Pengertian, Unsur, Ciri dan Pilarnya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Masyarakat Madani. Yang mana dalam pembahasn kali ini menjelaskan pengertian masyarakat madani menurut…
Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label… Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label Produk, Menurut Para Ahli - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Label. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan…
20 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 20 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Secara umum modernisasi adalah suatu perubahan masyarakat dalam seluruh aspeknya dari masyarakat tradisional menuju masyarakat modern. Namun ada beberapa ahli yang…
6 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli… 6 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli (Terlengkap)Â - Dalam segala aktivitas yang dilakukan oleh sebuah perusahaan pasti akan selalu menghadapi beragam masalah, baik ekstern maupun intern. Dalam mengatasi bermacam-macam masalah…
26 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) 26 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)Â - Sejarah merupakan bidang studi wajib bagi jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah, sejarah mencakup kejadian-kejadian masa lampau atau asal-usul sesuatu yang…
38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli 38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli - Ketika kita sudah menginjak perguruan tinggi, disana kita akan bertemu salah satu mata kuliah yaitu Manajemen. Pada mata kuliah tersebut kita…
√ Pengertian Manajemen Konstruksi, Peran, Fungsi, Tujuan dan… Pengertian Manajemen Konstruksi, Peran, Fungsi, Tujuan dan Tugasnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Konstruksi. Penjelasan yang meliputi pengertian, peran, fungsi, tujuan dan tugas yang akan diulas…
√ 18 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli… 18 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen keuangan. Yang meliputi pengertian manajemen keuangan menurut para ahli yang dijelaskan dengan lengkap…
74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli 74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – Manusia sejak lahir ke dunia sudah mendapatkan pendidikan hingga ia masuk ke bangku sekolah. kata pendidikan sudah tidak asing lagi ditelinga, karena semua…
51 Pengertian Hukum Menurut Para Ahli Terlengkap 51 Pengertian Hukum Menurut Para Ahli Terlengkap - Sudah tidak asing lagi bagi setiap orang dengan kata "hukum" karena setiap orang akan terikat dengan hukum, baik itu hukum negara, hukum agama,…
Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 (X) SMA/MA/SMK Semester 1… Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 (X) SMA/MA/SMK Semester 1 dan 2 (2019 dan 2020)- Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Soal Seni Budaya Kelas 10 Pilihan Ganda dan Essay…
Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Manfaat, Fungsi,… Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan dan Jenis Penerapannya - Apa itu yang di maksud dengan Sistem Informasi Manajemen?,Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu pula…
Badan Usaha : Pengertian, Bentuk, Jenis dan Perbandingannya Badan Usaha : Pengertian, Bentuk, Jenis dan Perbandingannya -Â Apakah yang di maksud Badan Usaha? Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Badan Usaha dan hal-hal yang melingkupinya.Mari kita simak bersama…