21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas mengenai apa itu Marketing, dalam perkuliahan khusunya di jurusan manajemen kita akan menemukan pembahasan mengenai marketing.

21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas lengkap definisi dari marketing dengan lengkap.

Pengertian Marketing

Apa itu marketing? Marketing atau yang sering disebut juga dengan sebagai pemasaran yaitu sebuah bidang permintaan atau penjualan.

Marketing sangat berperan  besar di bidang usaha oleh sebab itu marketing sendiri merupakan subjek utama guna menghubungkan antara suatu instansi yang mana untuk suatu membuat produk dengan masyarakat maupun konsumen yang berperan sebagai pengguna produk itu. Oleh sebab itu, para perusahaan maupun instansi selalu memperhatikan secara optimal mengenai marketing agar apa yang menjadi tujuan dari instansi tersebut bisa dengan baik untuk terpenuhi.

Tak hanyaitu saja marketing juga adalah sebuah proses yang menyeluruh dan juga terpadu yang mana didalamnya terdapat individu maupun kelompok agar supaya memperoleh dalam membentuk sebuah produk, memberikan harga yang selanjutnya dipromosikan melalui suatu program pertukaran supaya bisa memberikan sebuah kepuasan terhadap para konsumen dan dari perusahaan itus sendiri.

Marketing juga dapat bertindak sebagai penjual ataupun pembeli. Misalnya seperti, jika seseorang ingin membeli mobil yang selanjutnya akan dijual kembali, dengan demikian merupakan calon penjual yang berusaha untuk memasarkan apa yang akan dijualnya terhadap calon pembeli.

Pengertian Marketing Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai apa itu marketing:

1. Jay Abraham

Disini Jay Abraham menyatakan bahwa marketing sendiri sudah bisa dikatakan dianggap suskes jika anda telah terlihat baik untuk para pelanggan.

2. Philip Kotler

Philip Kotler menyatakan bahwa marketing yiatu salah satu kegiatan sosial serta sebuah pengaturan yang dikerjakan secara individu maupun sekelompok supaya memperoleh apa yang diinginkan dengan membuat sebuah produk yang selanjutnya menukarnya dengan nominal tertentu kepada pihak lain.

Baca Juga:  Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan dan Jenis Penerapannya

3. Tung Desem Waringin

Ia menjelaskan bahwa marketing yakni mengkomunikasikan suatu nilai tambah atau perceive value yang lebih tinggi.

4. Laksita Utama Suhud

Laksita Utama Suhud menjelaskan Marketing yaitu berbagai usaha yang harus dilakukan supaya bisa membuat suatu bisnis maupun usaha yang selalu terlihat lebih baik di kalangan pasar dibanding kan dengan para pesaing bisnis.

5. John Westwood

Menurutnya John Westwood, ia berpendapat bahwa marketing yaitu usaha terpadu supaya terpenuhinya semua kebutuhan dari konsumen secara menguntungkan.

6. Firmanzah

Beliau mengatakan bahwasannya ilmu marketing yang dikembangkan dikalangan bisnis dan juga diarahkan guna mengejar suatu laba.

7. Yuswohady

Ia mengatakan bahwa marketing yaitu salah satu ilmu supaya memenangkan dalam sebuah persaingan.

8. Bagozzi

Bagozzi berpendapat bahwa marketing yaitu salah satu kegiatan yang memungkinkan untuk terjadinya pertukaran antara 2 belah pihak atau bahkan lebih.

9. Al Ries & Jack Trout

Mereka berdua berpendapat bahwa marketing yaitu salah satu pertempuran dalam benak para konsumen sehingga positioning adalah yang terutama, para konsumen sediri diasumsikan sebagai makhluk yang rasional.

10. Hermawan Kertajaya

Hermawan Kertajaya menjelaskan bahwa marketing yakni salah satu strategic business concept merekat dalam mindset.

11. Swasta (1996)

Definisi dari marketing bersandar dengan konsep inti yang meliputi atas kebutuhan (needs), keinginan (wants), serta permintaan (demands). Manusia sendiri juga harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia dapat memenuhinya. Usaha dalam memenuhi kebutuhan itu bisa dilakukan dengan cara mengadakan sebuah hubungan. Yang mana demikian pemasaran juga bisa diartikan sebagai suatu usaha guna memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual

12. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Dikutip dari Kamus Besar Bahsa Indonesia Marketing yairu sebuah proses, cara, perbuatan dalam memasarkan suatu barang dagangannya (1). Marketing berfungsi untuk menyebar luaskan ketengah-tengah masyarakat (2).

13. Willian J.Staton

Menurut Willian J.Staton pengertian dari pemasaran yaitu sebuah sistem total terhadap suatu kegiatan bisnis berguna untuk merencanakan, menentukan harga , mempromosikan serta mendistribusikan barang-barang tersebut yang mana bisa memuaskan keinginan serta jasa baik terhadap konsumen saat ini maupun konsumen potensial

14. Sutisna

Pengertian pemasaran menurut pendapat dari Sutisna yaitu salah satu usaha yang digunakan guna menyampaikan pesan terhadap publik terutama konsumen sasaran mengenai keberadaan dari produk tersebut di pasaran

15. Muntaha

Muntaha berpendapat bahwa pengertian dari pemasaran yaitu suatu proses pengolahan, produksi serta penyampaian informasi maupun pesan-pesan yang mana melalui satu atau lebih saluran terhadap khalayak sasaran secara berkesinambungan dan sifatnya dua arah yang bertujuan untuk menunjang serta efisiensi dari pemasaran suatu produk

Baca Juga:  Manfaat Poster : Pengertian Poster, Ciri, Syarat, Tujuan dan jenisnya

16. Djaslim Saladin

Pengertian pemasaran Djaslim Saladin yaitu suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang guna merencanakan, serta menentukan harga, mempromosikan dan untuk mendistribusikan barang-barang yang mana bisa memuaskan keinginan serta dapat mencapai pasar sasaran serta tujuan dari perusahaan.

17. Kotler (1997)

Kotler berpendapat bahwa Marketing merupakan salah satu proses social serta manajerial yang didalamnya terdapat individu serta kelompok yang memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, serta dengan mempertukarkan produk yang bernilai untuk pihak lain

18. Wikipedia

Dikutip dari penjelasan Wikipedia, menurutnya pemasaran merupakan suatu aktivitas, serangkaian institusi, serta proses dalam menciptakan, mengomunikasikan, serta menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai untuk para pelanggan, klien, mitra, bahkan pada masyarakat umum

19. American Marketing Association dalam Kleindl dan Burrow (2005)

Dikutip dari American Marketing Association dalam Kleindl dan Burrow bahwa mereka menjelaskan mengenai definisi dari marketing yaitu salah satu proses perencanaan serta pelaksanaan dari ide maupun sebuah pemikiran konsep, harga, promosi dan juga distribusi. Tak hanya itu Marketing juga bisa diartikan dengan lebih sederhana yakni pembangunan dengan pemeliharaan hubungan yang mana hal ini saling memuaskan antara perusahaan serta para konsumen. Saat ini marketing sudah berkembang dengan seiring dari perkembangan teknologi. Aktivitas dari marketing sendiri menjadi lebih luas dengan adanya internet. dalam penggunaan internet serta fasilitas yang ada di dalamnya juga berguna dalam melakukan sebuah aktivitas marketing yang dikenal juga sebagai e-marketing

10 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli Lengkap

20. Joe F. Hair dan Carl McDaniel

Hair dan Mc. Daniel menjelaskan bahwa definisi dari pemasaran yaitu dalah satu proses dalam perencanaan serta pelaksanaan yang konsepsi, dengan penetapan harga promosi serta distribusi gagasan, barang maupun jasa guna untuk menciptakan suatu pertukaran yang memuaskan konsumen serta untuk mencapai tujuan dari organisasi.

21. Basu Swastha Dharmamesta dan T. Hani Handoko

Mereka menjelaskan bahwa definisi dari pemasaran yaitu salah proses kegiatan perencanaan dalam melakukan pengelolaan suatu barang dan jasa, penetapan terhdap banderol harga barang serta dari jasa tersebut, hingga dalam proses promosi atau distribusiannya, yang mana keseluruhan dari proses pemasaran tujuannya untuk memenuhi kebutuhan atau mendapatkan laba.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai 21 Pengertian Marketing Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap). Semoga dapat menambah pengetahuan para pembaca. Terimakasih 🙂