Cara Membuat Video Animasi dengan Powerpoint Termudah

seputarpengetahuan.co.id – Menjadi seorang animator sekarang ini bukanlah hal yang sulit. Siapa pun bisa menjadi animator asalkan memiliki niat untuk belajar. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi bagaimana cara membuat video animasi dengan Powerpoint termudah yang bisa Anda coba.

Sebagaimana yang sudah umum diketahui, video sering dimasukkan ke dalam presentasi. Namun bagaimana jika Anda ingin menghentikan video untuk menarik perhatian ke bagian tertentu dari video tersebut? Punya komentar atau pertanyaan dan ingin memasukkannya ke dalam video Anda?

PowerPoint memudahkan untuk memasukkan video ke dalam presentasi Anda dan menggunakan animasi PowerPoint untuk membuat jeda yang elegan, efek tambahan, dan transisi.

Hal terpenting dalam cara membuat presentasi animasi dengan powerpoint adalah Anda harus memahami kapan menambahkan jeda, efek, dan transisi ke video di PowerPoint. Tanpa perlu berlama-lama, berikut adalah 6 langkah untuk membuat video animasi di Powerpoint.

Cara Membuat Video Animasi dengan Powerpoint

Baik Anda ingin mengetahui cara membuat video pembelajaran animasi di powerpoint, atau cara membuat film animasi dengan powerpoint, caranya kurang lebih sama. Yang perlu Anda persiapkan sebelum menjalankan langkah-langkah berikut, adalah menyiapkan konsep video seperti apa yang ingin dibuat.

Upload Video

Langkah pertama cara membuat video animasi di ppt adalah Anda terlebih dahulu harus mengupload video yang ingin dijadikan animasi nantinya.  Ada pun caranya sangat mudah. Anda tinggal masukkan video Anda ke dalam slide. Klik “Insert” dan pilih “Video”.

Mengatur Posisi & Ukuran

Langkah selanjutnya untuk cara membuat animasi dengan powerpoint adalah Anda harus menentukan posisi dan ukuran video yang ingin dijadikan Animasi. Caranya sangat gampang yaitu dengan klik video dan atur ke posisi dan ukuran yang diinginkan. Sekarang buka “Jendela Animasi”.

Bayangkan Anda ingin memasukkan gelembung ucapan ke dalam video Anda. Video akan berhenti secara otomatis pada titik ini dan balon ucapan akan muncul pada titik tertentu dalam video. Lanjutkan memutar video dan gelembung ucapan akan hilang. Video tidak harus diinterupsi untuk menyisipkan animasi.

Tetapi sebelum itu, Anda perlu membuat balon ucapan di PowerPoint.

Buat Balon Percakapan

Untuk melakukannya, klik “Bentuk” di bawah “Sisipkan”. Di sini Anda dapat memilih dari berbagai bentuk, panah, bagan alur, dan info yang dapat Anda sisipkan dengan mudah ke dalam video Anda.

Dalam hal ini, pilih balon ucapan di bawah “Info” dan letakkan di video. Tentu saja, ada opsi untuk memasukkan teks ke dalam balon ucapan.

Atur Kapan Percakapan Muncul

Sekarang klik gelembung ucapan. Buka tab “Animasi” dan klik “Jendela Animasi”.

 

“Jendela Animasi” sekarang akan terbuka di sebelah kanan. Ini sangat ideal untuk melacak aktivitas lain.

Animasi PowerPoint biasanya dibagi menjadi tiga bagian: “Masuk”, “Penekanan”, dan “Keluar”.

Animasi PowerPoint hanya dapat disisipkan di area “Entrance”. Jika Anda ingin animasi menghilang setelah jangka waktu tertentu, Anda perlu memasukkan animasi baru dari area “Akhir”. Ini dirinci di bawah untuk kasus gelembung ucapan. Klik gelembung ucapan untuk menempatkannya di mana saja dalam video. Gelembung ucapan dibuat untuk terbang ke dalam video.

Mengatur Efek Animasi

Klik gelembung ucapan dan pilih “Kotak Masuk” dan “Fly In” di bawah Animasi. Efeknya sekarang muncul di area animasi.

 

Garis waktu muncul di bagian bawah jendela animasi. Memindahkan animasi pada timeline ini menentukan kapan animasi muncul di video.

Untuk melakukannya, klik kanan dan pilih “Mulai dengan Sebelumnya” agar animasi dimulai dan bergerak secara otomatis.

Gelembung ucapan akan muncul di video setelah 30 detik. Pindahkan animasi hingga 30 detik di garis waktu.

Selanjutnya, jika ingin menghentikan video dari 30 detik. Klik pada video dan tambahkan animasi “Mainkan”.

Menyesuaikan Kecepatan Animasi

Klik kanan dan pilih “Mulai dengan Sebelumnya” lagi. Saya ingin video segera dimulai dengan slide. Jadi itu memindahkan animasi ke detik 0.

Tambahkan animasi “jeda”.

Klik “Tambahkan Animasi” dan pilih “Jeda”. Klik kanan dan pilih “Mulai dengan Sebelumnya” lagi. Pindahkan animasi ini ke 30 detik. Karena saya ingin videonya berhenti sampai disini.

Anda dapat memengaruhi jeda dengan memasukkan kembali animasi “jeda”. Misalnya, Anda ingin menjeda video selama 30 detik. Jadi masukkan “jeda” di detik 60.

Klik kanan dan pilih “Mulai dengan Sebelumnya” lagi.

Saat video berlanjut, saya ingin gelembung ucapan menghilang lagi. Untuk melakukannya, klik gelembung ucapan, klik “Tambahkan Animasi”, dan di bawah “Keluar” pilih “Terbang Keluar”.

Klik kanan dan pilih “Mulai dengan Sebelumnya” lagi. Pindahkan animasi ke 60 detik karena video mulai berjalan pada 60 detik.

Secara keseluruhan, area animasi adalah:

Ada gelembung ucapan yang muncul di video setelah 30 detik. Gelembung ucapan terbang dan video berhenti. Setelah 60 detik, video dilanjutkan dan gelembung ucapan menghilang. Seluruh proses otomatis sehingga Anda tidak perlu lagi mengontrol apa pun dengan satu klik. Yang masih dapat Anda ubah adalah periode tampilan, yang dapat ditemukan di bawah “Animasi”.

Di sini Anda dapat menentukan durasi animasi, mengatur penundaan, dan mengubah susunan animasi.

Kesimpulan

Nah itulah tadi 6 langkah mudah untuk membuat video animasi di powerpoint. Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi jika presentasi Anda dianggap kurang menarik. Pasalnya, dengan video animasi yang Anda sisipkan di slide powerpoint Anda, sudah bisa menambah nilai lebih dan dapat menarik perhatian audien.

Selain kelebihan itu, Anda juga bisa mengasah skil dalam membuat video animasi di powerpoint. Karena bukan hal yang mustahil, ke depannya Anda bisa mendapatkan pesanan jasa dalam membuat video animasi via powerpoint. Selain peluang cuan, Anda juga bisa memiliki spesialisasi dalam membuat video animasi via powerpoint. Selamat mencoba!

Daftar Isi