Panduan Lengkap Cara Beriklan di Instagram 2023

seputarpengetahuan.co.id – Beriklan di Instagram adalah topik besar dan penting saat ini. Tak heran jika banyak orang yang mencoba mempelajari cara beriklan di Instagram.

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan, Instagram adalah jejaring sosial konten visual utama, memberikan peluang luar biasa bagi pemasar digital untuk menjangkau audiens target mereka.

Itu telah mengubah cara kita makan (#picturesFirst) dan hampir mengubah cara kita mengiklankan bisnis kita melalui konten visual.

Jika Anda sudah kehabisan peluang pemasaran influencer Instagram atau hanya ingin mencoba saluran pemasaran baru tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, berikut panduan singkat langkah demi langkah untuk beriklan di Instagram.

8 Langkah Cara Beriklan di Instagram

Anda harus memiliki halaman Facebook perusahaan untuk menyiapkan kampanye iklan Instagram, dan semua penganggaran, pemesanan, dan pembuatan dilakukan melalui Pengelola Iklan Facebook. Tidak ada pengelola Instagram terpisah, jadi tidak perlu membuat akun iklan baru.

Jika Anda pernah menjalankan iklan Facebook di masa lalu, Anda akan mengetahui kecepatan prosesnya. Tapi mari kita lihat lebih dekat. 5 hal sebelum memulai. Anda membutuhkan 5 hal untuk menjadi sukses di Instagram.

  1. Merek dan Produk. Instagram mengupayakan merek dan produk unik yang menarik perhatian browser. Kampanye kesadaran merek tidak menghasilkan hasil yang fantastis.
  2. Visual. Seperti disebutkan sebelumnya, visual berkualitas tinggi akan menjadi kekuatan pendorong di balik kesuksesan iklan. Sebelum Anda mulai beriklan di Instagram, pastikan ada sesuatu yang menarik perhatian Anda.
  3. Halaman Facebook. Menariknya, Anda perlu menyiapkan halaman bisnis Facebook untuk menjalankan iklan di Instagram. Tidak ada menghindari ini.
  4. Halaman arahan. Di mana Anda akan mengarahkan semua lalu lintas Anda? Persiapkan halaman arahan Anda untuk memaksimalkan tombol CTA Anda. Beranda yang dioptimalkan untuk konversi juga berfungsi.
  5. Akun Instagram. Meskipun bebas iklan, Anda masih dapat menjalankan iklan di Instagram, tetapi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang platform dan getarannya, kami sarankan untuk memeriksanya sebelum mengeluarkan uang.

Jadi, mari kita mulai.

1. Pilih Alat yang Tepat

Ada beberapa alat Facebook yang dapat Anda gunakan untuk menyiapkan iklan Instagram (Ads Manager, Power Editor, Facebook Marketing API). Namun demi kesederhanaan, kami akan menggunakan Pengelola Iklan, yang paling populer dan dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan Anda. Langkah pertama adalah membuat kampanye iklan baru.

2. Pilih Tujuan

Anda akan dibawa ke halaman ini saat mengklik untuk membuat iklan baru.

Seperti halnya kampanye periklanan apa pun, penting untuk memutuskan tujuan yang ingin Anda capai. Jika Anda baru mengenal periklanan Instagram, saya sarankan untuk memilih sasaran sederhana seperti lalu lintas (alias mengirim orang ke situs web Anda).”

Anda mungkin tergoda untuk terjun langsung ke perolehan prospek, tetapi perlu diingat bahwa proses penyiapan iklan ini sedikit lebih lama dan lebih rumit.

Tidak semua tujuan dalam daftar akan berfungsi dengan Iklan Instagram. Jika kampanye Anda berjalan di Facebook dan Instagram, Anda dapat memilih salah satu sasaran yang disarankan. Namun, jika Anda hanya menargetkan pengguna Instagram, Anda harus memilih dari daftar berikut.

  • Mencapai
  • Lalu lintas
  • Kesadaran merek
  • Instal aplikasi
  • Perjanjian
  • Penayangan video
  • Konversi
  • Generasi pemimpin
  • Pesan
  • Lalu lintas toko
  • Penjualan katalog

Setelah memilih sasaran, Anda dipromosikan secara otomatis dan harus menamai kampanye Anda. Pastikan untuk menyertakan atribut seperti tanggal, penawaran, dan konten untuk mengidentifikasi kampanye dengan mudah nanti.

3. Pilih Audiens Anda

Jika Anda baru mulai mempelajari cara beriklan di Instagram, memilih audiens yang tepat bisa jadi rumit. Latihan adalah guru terbaik, jadi jangan terlalu khawatir untuk saat ini. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah jenis audiens mana yang paling cocok dengan sasaran yang Anda pilih di langkah sebelumnya.

Jika Anda memilih “Traffic”, gunakan persona pembeli standar untuk menentukan audiens Anda. Siapa yang ingin tahu lebih banyak tentang produk atau layanan Anda? Alternatifnya, Anda dapat membuat pemirsa khusus untuk menampilkan iklan Anda kepada sekelompok orang tertentu.

Alternatifnya, Anda dapat membuat pemirsa khusus untuk menampilkan iklan Anda kepada sekelompok orang tertentu.

  1. Anda dapat mengunggah file yang berisi data pelanggan Anda (nama depan, nama belakang, email, nomor telepon, kode pos, negara, tanggal lahir, jenis kelamin, usia, dll.) dan membuat tujuan khusus di Facebook yang sesuai dengan kriteria yang sama.
  2. Dengan menyematkan JavaScript di situs web Anda, Anda dapat membuat daftar orang yang telah mengunjungi situs Anda atau halaman tertentu dan telah melakukan beberapa tindakan di masa lalu, dan menargetkan mereka di Instagram.
  3. Jika Anda memiliki aplikasi, Anda dapat membuat audiens khusus untuk menjangkau orang yang melakukan tindakan tertentu di aplikasi Anda, seperti mencapai level game tertentu, menambahkan item ke keranjang, atau memberi rating aplikasi Anda.
  4. Anda dapat menggunakan data tentang pengikut Facebook Anda untuk membuat Pemirsa Khusus untuk Instagram. Buat daftar orang yang a) menonton video Anda, b) membuka atau melengkapi formulir prospek dari iklan prospek Anda di Facebook, dan c) membuka kanvas Anda di Facebook.

Penargetan mendetail juga merupakan pilihan bagus jika Anda mengetahui demografi, minat, atau perilaku pelanggan ideal Anda.

Setelah Anda menyelesaikan langkah ini, Anda harus menyimpan audiens Anda sehingga Anda tidak harus melalui proses yang sama di lain waktu dan dapat memantau bagaimana audiens yang berbeda bereaksi terhadap iklan Anda.

4. Memilih Penempatan

Langkah selanjutnya adalah memilih di mana iklan Anda akan ditampilkan. Hapus centang semua kotak kecuali “Instagram” dan gulir ke bawah.

5. Tetapkan Anggaran dan Jadwal

Ini sangat sederhana. Berapa banyak yang ingin Anda belanjakan? Dua opsi yang tersedia adalah Anggaran Harian dan Anggaran Seumur Hidup. Apa bedanya?

Anggaran harian Anda adalah rata-rata pengeluaran harian Anda selama periode iklan. Anggaran total Anda adalah jumlah maksimum yang akan Anda belanjakan selama periode waktu iklan Anda siap untuk berjalan.

Kemudian pilih salah satu dari dua opsi untuk menentukan jadwal Anda. Jika Anda tidak memiliki gagasan yang jelas tentang hari dan jam berapa iklan Anda berkinerja terbaik, gunakan opsi “Jalankan set iklan saya terus menerus mulai hari ini”.

Berikutnya dalam daftar adalah menyiapkan pengoptimalan iklan. Ada tiga opsi di menu drop-down “Optimalkan untuk penayangan iklan”. Artinya adalah sebagai berikut.

  • Mengklik tautan adalah opsi yang disarankan. Iklan dioptimalkan untuk klik tautan, mengarahkan orang yang tepat ke situs web Anda dengan biaya serendah mungkin.
  • Kesan. Iklan tidak dioptimalkan untuk klik, tetapi menjangkau orang sebanyak mungkin. Jika Anda pernah melihat iklan yang sama beberapa kali sepanjang hari di umpan Anda, itu saja.
  • Jangkauan unik harian. Iklan Anda ditampilkan kepada orang-orang sekali sehari.
  • Tampilan halaman arahan. Iklan Anda ditampilkan kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan mengeklik tautan iklan Anda dan memuat situs web Anda.

Bagaimana saya harus menawar?

Opsi penawaran menentukan seberapa efektif iklan Anda ditayangkan. Kebenarannya agak sederhana. Jika Anda menghargai nilai klik tautan, Anda dapat secara manual menetapkan harga yang bersedia Anda bayar untuk setiap klik tautan dan mencoba menawar lebih tinggi daripada iklan lain yang bersaing untuk mendapatkan perhatian pemirsa yang sama.

Jika Anda tidak tahu, gunakan opsi otomatis dan biarkan algoritme Facebook memberi Anda klik terbanyak dengan harga terendah.

6. Pilih Format yang Tepat

Kami akhirnya mencapai bagian paling menarik dari kampanye! Saatnya memilih format yang paling cocok untuk iklan Anda.

Sasaran yang Anda tetapkan untuk kampanye iklan ini harus menjadi faktor utama yang menentukan format iklan. Untuk informasi selengkapnya tentang format yang tersedia, lihat Panduan Iklan Facebook.

7. Halaman Facebook dan Pengaturan Tautan

Hubungkan halaman Facebook dan akun Instagram Anda. Jika bisnis Anda belum memiliki akun Instagram, Anda tetap dapat beriklan di Instagram, karena Halaman Facebook Anda akan digunakan untuk memamerkan merek Anda dalam iklan.

Kemudian, cukup ikuti langkah-langkah untuk memasukkan konten iklan Anda. Beberapa tips sederhana yang perlu diperhatikan.

  • Teks: Buat salinan Anda tajam dan ringkas. 125 karakter adalah batas yang disarankan. Untuk melihat konten setelah 125 karakter, pengguna harus meluaskan iklan dengan mengeklik “Tampilkan lebih banyak”.
  • URL situs web: Ini adalah URL halaman yang mengarahkan semua lalu lintas Anda. Pastikan URL Anda diberi tag dengan benar dengan parameter UTM unik sehingga Anda dapat melacak kinerja iklan Anda.
  • Ajakan bertindak (CTA): CTA Anda harus ditautkan langsung ke konten yang Anda berikan. Jika sasaran Anda adalah membuat orang mengunjungi situs web Anda, “Pelajari lebih lanjut” mungkin merupakan opsi yang paling tepat. Jika Anda mengiklankan produk tertentu, mungkin ada baiknya menguji sesuatu yang lebih agresif seperti “Belanja Sekarang”. Buat ajakan bertindak yang menarik untuk kampanye Anda dengan mengikuti aturan berikut:

Lihat kembali kampanye Anda dengan mengeklik “Tinjau Pesanan”, lalu “Pesan”.

8. Pelacakan Kinerja

Ah, tapi tunggu. Tidak apa-apa sampai selesai, dan saya berjanji akan menunjukkan kepada Anda cara beriklan di Instagram. Setelah iklan Anda berjalan, Anda perlu mengawasi semua metrik dan melacak kinerjanya. Anda juga dapat kembali dan menyesuaikan iklan Anda.

Jika tidak berfungsi dengan baik, ubah gambar, coba salinan baru, atau coba ajakan bertindak yang berbeda. Untuk melihat dasbor lengkap dengan data jangkauan, jumlah total yang dibelanjakan, dan biaya per klik, buka Pengelola Iklan. Di pojok kanan atas Anda akan melihat tombol bernama “Kolom: Performa”.

Mengkliknya membuka menu tarik-turun dengan daftar opsi yang luas. Sesuaikan laporan Anda untuk mendapatkan wawasan tentang segala sesuatu mulai dari klik hingga suka halaman.

Daftar Isi