√ Pengertian Keterampilan, Menurut Para Ahli dan Macamnya

Pengertian Keterampilan, Menurut Para Ahli dan Macamnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Keterampilan. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian keterampilan menurut para ahli dan macamnya dengan singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Keterampilan, Menurut Para Ahli dan Macamnya

Keterampilan haruslah terus dikembangkan serta dilatih dengan secara terus menerus supaya dapat atau bisa menambah kemampuan seseorang. Sehingga seseorang tersebut menjadi ahli atau juga profesional di dalam salah satu bidang tertentu.

Pengertian Keterampilan

Pengertian keterampilan adalah suatu kemampuan di dalam menggunakan akal, fikiran, ide serta kreatifitas dalam mengerjakan, mengubah atau juga membuat sesuatu itu menjadi lebih bermakna. Sehingga dari hal tersebut menghasilkan sebuah nilai dari hasil pekerjaan tersebut.

Contoh dari keterampilan yaitu seperti keterampilan menjahit, keterampilan memasak, keterampilan menyanyi, keterampilan menulis dan lain sebagainya.

Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa definisi keterampilan, antara lain:

Keterampilan menurut Gordon (1994)

Menurut Gordon keterampilan adalah sebuah kemampuan seseorang dalam mengoperasikan pekerjaan itu secara lebih mudah serta tepat. Pendapat tentang keterampilan menurut Gordon ini lebih kearah pada aktivitas atau kegiatan yang memiliki sifat psikomotorik.

Keterampilan menurut Dunette (1976)

Menurut Dunette bahwa keterampilan adalah pengetahuan yang didapatkan serta dikembangkan dengan melalui latihan atau training serta pengalaman dengan melakukan berbagai tugas.

Keterampilan menurut Hari Amirullah

Menurut Hari Amirullah, istilah dari kata terampil dapat diartikan sebagai suatu perbuatan atau juga tugas.

Keterampilan menurut Muzni Ramanto, Soemarjadi, dan Wikdati Zahri (1991:2)

Pada kata keterampilan dapat disamakan dengan kata kecekatan. Orang yang bisa dikatakan sebagai orang terampil adalah orang yang dalam mengerjakan atau juga dapat menyelesaikan pekerjaannya itu dengan secara cepat dan benar.

Namun,apabila orang itu mengerjakan atau melesaikan pekerjaanya dengan cepat namun hasilnya itu tidak sesuai dalam artian salah. Maka orang itu belum bisa dikatakan sebagai orang yang terampil. Apabila orang itu dapat melakukan pekerjaan dengan benar serta sesuai apa yang diperintahkan, walau lambat didalam menyelesaikannya. Maka orang itu bisa disimpulkan ialah sebagai orang yang terampil.

Keterampilan menurut Nadler (1986)

Menurut Nadler, keterampilan ini harus dilakukan dengan praktek yaitu sebagai pengembangan aktivitas.

Baca Juga:  √ Pengertian Logika Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Keterampilan menurut Robbins (2000)

Robbins menyatakan bahwa keterampilan dibedakan atas 4 katergori, yakni sebagai berikut:

Basic Literacy Skill

Merupakan suatu keahlian dasar yang dimiliki oleh tiap-tiap orang, misalnya seperti menulis, membaca, mendengarkan, atau juga kemampuan dalam berhitung.

Technical Skill

Technical Skill adalah suatu keahlian yang didapat itu dengan melalui pembelajaran didalam bidang teknik, misalnya seperti menggunakan komputer, memperbaiki handphone, serta lain sebagainya.

Interpersonal Skill

Interpersonal Skill adalah suatu keahlian tiap-tiap orang dalam melakukan komunikasi antar sesama, contohnya seperti mengemukakan pendapat serta bekerja bersama dalam tim.

Problem Solving

Problem Solving adalah suatu keahlian seseorang di dalam memecahkan sebuah masalah dengan menggunakan logikanya.

Keterampilan menurut Singer

Dikutip oleh Amung keterampilan adalah suatu derajat keberhasilan yang konsisten didalam mencapai suatu tujuan itu dengan efektif.

Macam Jenis Keterampilan

Sekarang ini, keterampilan menjadi hal yang sangat penting terutama bagi seseorang yang ingin bisa mencari pekerjaan. Beragam keterampilan juga pengalaman kerja juga turut menjadi sebuah penilaian tersendiri.

Beberapa keterampilan yang biasanya diinginkan oleh perusahaan serta harus dimiliki oleh para pencari kerja ialah sebagai berikut:

  1. Komunikasi

Ketika berbisnis, Anda tentu harus menjalin relasi dengan banyak pihak seperti konsumen atau supplier produk. Agar proses kerja sama berjalan dengan lancar, maka Anda perlu menguasai skill dalam berkomunikasi.

Dengan menjadi komunikator yang baik, Anda akan lebih mudah dalam membangun networking, mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan serta bernegosiasi dengan klien.

  1. Personal Branding

Setelah memiliki keterampilan komunikasi yang baik, Anda juga harus mampu melakukan personal branding yang kuat agar jadi pengusaha sukses. Melakukan personal branding berarti Anda mampu membuat citra yang baik sebagai pengusaha untuk mendapat simpati dari orang lain.

Untuk melakukannya, Anda dapat memanfaatkan media sosial melalui berbagai postingan yang diunggah. Dengan memiliki personal branding yang baik, banyak orang juga akan bisnis Anda memiliki reputasi yang baik.

  1. Keterampilan menyusun strategi

Saat membangun bisnis, Anda tentu menentukan berbagai goals yang ingin dicapai baik jangka panjang atau pendek. Agar semuanya dapat tercapai, diperlukan strategi dan taktik yang tepat. Karena itu sebagai seorang pengusaha, Anda harus mampu menyusun strategi bisnis yang realistis dan dapat diterapkan sehingga usaha yang dibangun akan terus berkembang.

Melansir Thebalancesmb (2018), bedahlah goals besar menjadi lebih sederhana untuk memudahkan Anda dalam menyusun strategi. Sebagai contoh dalam tiga bulan Anda ingin pendapatan perusahaan naik 15 persen.

Untuk mewujudkannya, Anda membuat beberapa strategi seperti membuat promosi diskon, merekrut brand ambassador, dan sebagainya. Dengan membedahnya menjadi lebih rinci, Anda akan lebih mudah untuk menentukan strategi mana yang dapat dilakukan lebih dulu dan mampu melihat untung rugi setiap rencana yang dibuat.

  1. Manajemen finansial

Agar bisnis Anda terus berjalan, dibutuhkan finansial yang stabil. Oleh karena itu, Anda harus mampu mengelola keuangan dan mengatur pengeluaran yang dilakukan oleh usaha Anda.

Baca Juga:  √ Pengertian Kekuasaan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Meskipun memiliki bagian keuangan sendiri, setidaknya Anda harus mengetahui bagaimana alur keuangan perusahaan dan memiliki sikap tegas serta hati-hati dalam melakukan setiap transaksi.

  1. Kepemimpinan

Sebagai seorang pemilik usaha, Anda harus memiliki skill kepemimpinan. Tanpa kemampuan tersebut, Anda akan kesulitan untuk membangun hubungan dengan karyawan serta mengatur perusahaan.

Untuk melakukannya, Anda dapat memberikan motivasi dan apresiasi pada karyawan serta berpikiran terbuka. Seorang pemimpin yang mau menerima kritik menunjukkan dirinya sebagai seseorang yang mau terus berkembang dan rendah hati.

Rekan Kerja, menjadi pengusaha sukses memang tidak dapat dilakukan dalam satu malam. Teruslah berusaha, jangan menyerah dan kembangkan berbagai keterampilan Anda agar menjadi pemimpin perusahaan yang baik.

  1. Kemampuan pemasaran

Kemampuan marketing menjadi kemampuan penting yang wajib Anda miliki untuk menjadi pengusaha sukses. Tanpa pemasaran yang baik, produk/jasa yang Anda jual akan sulit dikenal oleh konsumen.

Untuk melakukan pemasaran yang baik, Anda dapat menggabungkan antara skill komunikasi, copywriting, dan digital marketing sehingga bisnis Anda dapat terlihat menonjol dan berbeda dari kompetitor.

  1. Manajemen stres

Keterampilan terakhir yang harus Anda miliki untuk menjadi pengusaha sukses adalah manajemen stres. Tidak menuntup kemungkinan bahwa ke depannya Anda akan menghadapi berbagai masalah yang membuat Anda stres.

Meskipun terdengar sepele, kemampuan mengontrol stres ternyata sangat penting agar Anda mampu menjalankan usaha dengan kepala dingin dan bijak. Ingat, stres yang dibiarkan dapat membuat Anda bekerja dengan tidak efektif yang pada akhirnya akan mempengaruhi hubungan Anda dengan klien, konsumen, karyawan, dan orang di sekitar.

Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli dan Macamnya

  1. Kepercayaan diri

Jadi kesimpulannya bahwa keterampilan ini kita sudah miliki dasarnya sejak kecil. Tinggal kita dapat mengasah secara terus menerus dengan tekun dan disiplin supaya dapat mencapai hasil yang maksimal.

Ketika membuka usaha, Anda tentu berharap menjadi pengusaha sukses yang mampu mengembangkan bisnis. Tidak semudah membalikkan telapak tangan, selain membutuhkan modal usaha dari sisi eksternal dan diri sendiri, untuk membangung bisnis Anda juga membutuhkan beberapa keterampilan yang dapat menunjang untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Keterampilan, Menurut Para Ahli dan Macamnya. Semoga apa yang diuraikan diatas dapat bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

5.0
10