√ Pengertian Sekolah, Unsur-Unsur, Fungsi dan Jenjangnya

Pengertian Sekolah, Unsur-Unsur, Fungsi dan Jenjangnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Sekolah. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian sekolah, fungsi, unsur dan jenjang sekolah dengan secara singkat dan jelas. Unutk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Sekolah, Unsur-Unsur, Fungsi dan Jenjangnya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menyatakan bahwa definisi dari sekolah adalah suatu lembaga atau bangunan yang dipakai untuk aktivitas atau kegiatan belajar serta mengajar sesuai dengan jenjang pendidikannya (SD, SLTP, SLTA).

Dalam sekolah tersebut menyelenggarakan aktivitas atau kegiatan belajar mengajar dengan menerima murid (peserta didik). Serta memberikan pelajaran kepada para murid sesuai dengan tingkatan, jurusan, serta lainnya.

Dalam kegiatan atau aktivitas belajar mengajar di sekolah, harus didukung juga oleh sarana prasarana dan dengan berbagai aturan/ peraturan yang sudah dirancang serta ditetapkan oleh pemerintah.

Pengertian Sekolah

Pengertian sekolah adalah suatu lembaga pendidikan yang sifatnya ialah formal, non formal, serta informal, yang mana pendiriannya itu dilakukan oleh negara atau juga swasta. Dengan tujuan utama ialah untuk memberikan pengajaran, mengelola, serta mendidik para murid dengan melalui bimbingan yang diberikan oleh para pendidik atau guru.

Terdapat juga yang menyatakan bahwa definisi sekolah yaitu sebuah lembaga pendidikan yang dirancang dengan secara khusus untuk mendidik siswa/ murid didalam pengawasan para pengajar (guru).

Unsur-Unsur Sekolah

Lembaga pendidikan tersebut terdiri dari beberapa unsur-unsur yang penting di dalamnya. Adapun unsur-unsur sekolah ini diantaranya yaitu:

  • Bangunan Sekolah

Sebagian besar dalam kegiatan atau aktivitas belajar mengajar itu dilakukan di dalam bangunan sekolah. Di bawah ini adalah beberapa bagian dari sekolah, antara lain:

  • Kelas
  • Perpustakaan sekolah
  • Ruang laboratorium sekolah
  • Kantor guru
  • Toilet siswa dan guru
  • Kantin sekolah, Dan lain-lain
  • Murid atau Siswa

Murid atau siswa adalah unsur sekolah yang paling utama. Murid merupakan peserta didik yang akan mendapatkan pengajaran dari para tenaga pendidik.

  • Guru atau Pengajar

Guru atau tenaga pengajar adalah unsur sekolah yang sangat penting, sebab tanpa adanya guru maka proses belajar mengajar itu tidak akan dapat terjadi. Tenaga pengajar tentu harus memenuhi kualifikasi tertentu. Agar dapat memberikan pengajaran kepada para peserta didik.

  • Peraturan Sekolah

Peraturan sekolah adalah semua aturan yang ditetapkan oleh sekolah tertentu yang mana dibuat dengan tujuannya untuk memberikan batasan aturan kepada para peserta didik, tenaga pengajar, serta unsur sekolah lainnya.

Fungsi Sekolah Secara Umum

Secara umum, fungsi dari sekolah adalah untuk memberikan pengajaran kepada para murid (peserta didik). Sehingga menjadi individu yang dapat berguna bagi dirinya sendiri serta lingkungannya. Dibawah ini adalah beberapa fungsi sekolah diantaranya yaitu:

  • Memberikan Pengetahuan Umum

Manusia tanpa pengetahuan tentu akan sangat sulit beradaptasi dengan lingkungannya. Oleh sebab itu, pendidikan di sekolah  itu mengajarkan banyak hal tentang pengetahuan umum kepada para siswa (peserta didik).

  • Memberikan Keterampilan Dasar

Keterampilan dasar yang dipelajari di sekolah itu diantaranya ialah kemampuan belajar, menulis, serta berhitung. Ketiga keterampilan dasar tersebut sangat dibutuhkan manusia supaya bisa mendapatkan pekerjaan serta juga bermanfaat bagi masyarakat.

  • Membentuk Pribadi Sosial

Manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lainnya. Dengan Melalui sekolah, para peserta didik itu dibentuk menjadi individu yang dapat berinteraksi serta bergaul dengan sesamanya tanpa terhambat adanya perbedaan.

  • Menyediakan Sumber Daya Manusia

Pendidikan yang didapatkan di sekolah tentu akan memberikan segala macam ilmu pengetahuan yang penting bagi manusia. Dengan pengetahuan tersebut akan menciptakan sumber daya manusia berkualitas yang dibutuhkan oleh dunia kerja serta juga masyarakat.

  • Alat Transformasi Kebudayaan

Selain memberikan ilmu pengetahuan serta keterampilan, pendidikan di sekolah dapat memberikan perubahan didalam kehidupan masyarakat itu secara umum. Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh manusia dapat membantu mereka didalam melakukan inovasi atau penemuan baru didalam perkembangan peradaban manusia.

Pengertian Sekolah Unsur-Unsur Fungsi dan Jenjangnya

Jenjang Pendidikan di Sekolah

Tahapan pendidikan di sekolah adalah jenjang atau urutan pendidikan yang didapatkan oleh peserta didik dengan berdasarkan tingkat perkembangan, tujuan yang akan dicapai, serta kemampuan yang dikembangkan.

Dibawah ini adalah beberapa tahapan pendidikan di sekolah, yaitu sebagai berikut :

  • Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

PAUD adalah pendidikan serta pembinaan yang diberikan kepada anak sejak lahir hingga berusia enam tahun. Pendidikan tersebut diberikan kepada anak usia dini guna membantu tumbuh kembang jasmani serta rohani anak menuju jenjang pendidikan berikutnya.

  • Pendidikan Dasar

Pendidikan dasar adalah tahapan pendidikan awal selama sembilan tahun. Yakni Sekolah Dasar (SD) selama enam (6) tahun serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) selama 3 tahun.

Pendidikan dasar sembilan tahun adalah bentuk Program Wajib Belajar yang dirancangkan oleh pemerintah Indonesia.

  • Pendidikan Menengah

Pendidikan menengah adalah tahapan pendidikan berikutnya setelah pendidikan dasar sembilan tahun. Pendidikan menengah ini umumnya disebut dengan sebutan Sekolah Menengah Atas (SMA). Waktu belajarnya yaitu selama tiga (3) tahun.

  • Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi adalah tahapan pendidikan tingkat lanjutan setelah selesai pendidikan menengah yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Dibawah ini adalah beberapa program pendidikan yang termasuk dalam pendidikan tinggi diantaranya yaitu :

  • Diploma
  • Sarjana
  • Magister
  • Doktor

Demikian penjelasan tentang Pengertian Sekolah, Unsur-Unsur, Fungsi dan Jenjangnya. Semoga dapat bermanfaat dan manambah wawasan Anda. Terima kasih.

Daftar Isi