27 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli Dan Komponennya

27 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli Dan Komponennya – Dalam dunia pendidikan tidak akan terlepas dari kurikulum. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang apa itu kurikulum dan apa saja komponen yang menunjang dalam kurikulum itu sendiri.

Kurikulum merupakan sebuah perangkat  dari mata pelajaran dan juga program pendidikan yang diberikan oleh lembaga penyelenggara pendidikan yang isinya mengenai rancangan pelajaran yang akan diberikan pendidik kepada peserta didik dalam satu periode jenjang pendidikan. Kurikulum ini tidak sembarangan dibuat, namun disesuaikan pada keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan serta kebutuhan lapangan kerja.

27 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli Dan Komponennya

Mari kita bahas pengertiankurikulum terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

Mengenai pengertian kurikulum, banyak sekali pendapat-pendapat yang diungkapkan oleh para ahli, diantaranya yaitu:

1. UU No. 20 Tahun 2003

Kurikulum adalah seperangkat rencana & pengaturan yang berkaitan dengan tujuan, isi, bahan ajar & metode yang digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

2. Dr. H. Nana Sudjana Tahun (2005)

Kurikulum adalah maksud dan harapan yang dituangkan ke dalam bentuk rencana dan program pendidikan yang dilaksanakan oleh pendidik di sekolah. Kurikulum adalah niat & rencana, sedangkan pelaksanaannya adalah proses belajar mengajar. Mereka yang terlibat dalam proses tersebut adalah pendidik dan siswa.

3. Drs. Cece Wijaya, dkk

Menafsirkan kurikulum dalam arti luas yang mencakup seluruh program dan kehidupan di sekolah.

4. Prof.Dr. Henry Guntur Tarigan

Kurikulum merupakan rumusan pedagogis yang paling penting dan terpenting dalam konteks proses belajar mengajar.

5. Harsono (2005)

Menyatakan bahwa kurikulum adalah gagasan pendidikan yang diekspresikan melalui praktik. Pemahaman tentang kurikulum saat ini semakin berkembang, sehingga yang dimaksud dengan kurikulum bukan hanya sekedar gagasan pendidikan, melainkan seluruh program pembelajaran yang direncanakan dari lembaga pendidikan nasional.

6. Prof. Dr. S. Nasution, M. A.

Menjelaskan kurikulum sebagai suatu rencana yang disusun untuk memperlancar proses kegiatan belajar mengajar di bawah naungan, binaan & tanggung jawab sekolah/lembaga pendidikan.

7. H. Hasan (1992)

Menurutnya, kurikulum bersifat fleksibel. Yaitu sebagai pemikiran pendidikan untuk pendidikan dan pelatihan, sehingga dalam posisi teoritis harus dikembangkan dalam kurikulum sebagai sesuatu yang direncanakan dan juga dianggap sebagai aturan pengembang kurikulum.

8. Prof. Drs. H. Darkir

Menyatakan bahwa kurikulum merupakan alat dalam mencapai tujuan pendidikan. Jadi, kurikulum merupakan program pendidikan dan bukan program pengajaran, sehingga program tersebut direncanakan dan dirancang sebagai bahan ajar sekaligus sebagai pengalaman belajar.

9. Hamid Hasan (1988)

Berpendapat bahwa konsep kurikulum dapat dilihat dari 4 sudut, yaitu:

  1. Kurikulum sebagai ide; dihasilkan melalui teori dan penelitian;
  2. Sebagai rencana tertulis, yaitu sebagai pengejawantahan kurikulum sebagai gagasan, memuat tujuan, bahan ajar, kegiatan pembelajaran, alat atau media, dan waktu pembelajaran;
  3. Sebagai suatu kegiatan, merupakan implementasi kurikulum sebagai rencana tertulis, yaitu dalam bentuk praktik pembelajaran;
  4. Akibatnya, yaitu konsekuensi kurikulum sebagai suatu kegiatan, melalui pencapaian tujuan kurikulum bagi peserta didik.

10 Kerr, J.F (1968)

Kurikulum adalah semua pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan secara individu atau kelompok, baik di dalam maupun di luar sekolah.

11. George A. Beaucham (1976)

Kurikulum diartikan sebagai dokumen tertulis yang memuat semua mata pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa melalui pilihan berbagai disiplin ilmu dan rumusan masalah dalam kehidupan sehari-hari..

12. Murray Print

Menjelaskan bahwa kurikulum adalah ruang belajar yang direncanakan, diberikan langsung kepada peserta didik oleh suatu lembaga pendidikan dan merupakan pengalaman yang dapat dinikmati oleh seluruh peserta didik ketika kurikulum diterapkan.

13. Good V.Carter (1973)

Dikatakan bahwa kurikulum adalah seperangkat mata pelajaran atau rangkaian pembelajaran yang sistematis.

14. Inlow (1966)

Kurikulum merupakan upaya menyeluruh yang dirancang khusus untuk membimbing peserta didik dalam memperoleh hasil belajar dari pembelajaran yang telah ditentukan.

15. Daniel Tanner & Laurel Tanner

Mereka mengemukakan pengertian kurikulum sebagai pengalaman belajar yang terarah, terencana dan terstruktur secara sistematis melalui proses rekonstruksi pengetahuan & pengalaman dan berada di bawah pengawasan lembaga pendidikan agar siswa memiliki motivasi & minat belajar yang tinggi.

16. Neagley dan Evans (1967)

Menjelaskan bahwa kurikulum sebagai pengalaman yang telah dirancang oleh sekolah untuk membantu siswa mencapai hasil belajar yang baik.

17. Hilda Taba (1962)

Kurikulum dianggap sebagai rencana pembelajaran yang artinya kurikulum adalah sesuatu yang direncanakan untuk dipelajari oleh siswa.

18. Grayson (1978)

Menjelaskan kurikulum sebagai suatu rencana dalam memperoleh pengeluaran yang diharapkan dari suatu pelajaran yang telah diajarkan.

19. Crow and Crow

Kurikulum adalah suatu rancangan dalam pengajaran yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan program dalam memperoleh ijazah.

20. William B. Ragam & Robert S. Flaming

Kurikulum adalah keseluruhan pengalaman peserta didik yang menjadi tanggung jawab sekolah atau lembaga.

21. David Praff

Kurikulum adalah seperangkat organisasi pendidikan formal/pusat pelatihan pembelajaran.

22. Saylor (1958)

Kurikulum adalah seluruh upaya sekolah untuk mempengaruhi PBM baik secara langsung di dalam kelas, tempat bermain, maupun di luar sekolah.

23. Valiga, T & Magel, C

Kurikulum merupakan rangkaian pengalaman yang telah ditentukan oleh sekolah untuk mendisiplinkan cara berpikir dan bertindak siswa.

24. Bara, Ch (2008)

Ia mengkonsepkan kurikulum menjadi 4 pengertian yaitu:

  1. Kurikulum sebagai suatu produk;
  2. Sebagai program;
  3. Sebagai hasil yang diinginkan atau dicapai;
  4. Sebagai pengalaman belajar.

25. Donald E. Orlasky, Othanel Smith (1978) & Peter F. Olivva (1982)

Mreka menyatakan bahwa pengertian dari kurikulum pada dasarnya yaitu suatu bentuk perencanaan atau program dari pengalaman peserta didik  yang mana diarahkan serta dikembangkan di sekolah.

26. Beauchamp (1968)

Berpendapat bahwa kurikulum yaitu suatu dokumen tertulis yang mengandung mata pelajaran yang mana nantinya akan diajarkan terhdap peserta didik dengan melalui berbagai mata pelajaran, pilihan serta disiplin ilmu, dan juga rumusan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

27.Wikipedia

Dikutip dari wikipedia yang menjelaskan bahwa kurikulum yaitu perangkat mata pelajaran serta program pendidikan yang diberikan dari suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang isinya menganai rancangan pelajaran yang nantinya akan diberikan untuk peserta didik dalam satu periode jenjang pendidikan.

25 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli Dan Komponennya

Komponen-Komponen Kurikulum

Kurikulum dibuat dan dirancang yang mana digunakan sebagai alat agar dapat mencapai tujuan pendidikan secara universal dalam setiap kegiatan pembelajaran yang ada di sekolah serta mempunyai komponen utama & penunjang yang saling terkait diantara keduanya. Terdapat pula komponen-komponen kurikulum di antaranya yaitu:

  • Tujuan: Isinya menganai tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
  • Materi atau isi: Yaitu suatu bahan ajar yang nantinya akan disampaikan oleh pendidik untuk peserta didik.
  • Media (sarana & prasarana): Alat peraga serta sarana prasarana yang mana untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.
  • Strategi: Metode yang yang akan diaplikasikan dalam proses belajar mengajar.
  • Proses belajar Mengajar: Mengarah untuk suatu proses dalam pembelajaran yang terdiri atas segala bentuk apresiasi peserta didik.

Banyak juga pendapat tentang komponen-komponen dari kurikulum, ada beberapa yang mana diantaranya mengemukakan empat komponen penting, salah satunya adalah dari Nana Sudjana dan Nasution. Terdapat pula komponen-komponen yang dikemukakan pada dasarnya tetap sama yaitu:

Tujuan pembelajaran

  • Isi & struktur kurikulum;
  • Strategi dalam pelaksanaan Proses Belajar Mengajar;
  • Evaluasi atau penilaian.

Jadi, kesimpulannya yaitu bahwa dalam kurikulum tersebut terdapat kegiatan belajar mengajar yang mana tidak hanya untuk mementingkan bahan ajarnya saja, namun proses belajarnya itu sendiri yang teramat penting.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai 27 Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli Dan Komponennya, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian terimakasih 🙂

Daftar Isi