Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik, Tujuan dan Contoh Pidato

Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik, Tujuan dan Contoh Pidato – Bagaimana susunan teks pidato perpisahan kelas 6 yang baik dan benar serta mengharukan ?,Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik, Tujuan dan Contoh Pidato


Pidato merupakan kegiatan yang akan di lakukan dalam rangka orasi dengan tujuan akan menyatakan pendapat dan memberikan gambaran tentang suatu hal karena pidato bisa dilakukan oleh siapa saja yang dibawakan oleh seseorang dalam acara tertentu.

Kegiatan perpisahan ialah salah satu kegiatan yang teratur diadakan tiap tahun yang diselenggarakan di bermacam tingkatan sekolah, salah satunya merupakan Sekolah Dasar SD.

Kegiatan ini jadi momen yang sangat mengharukan untuk para siswa/ siswi kelas 6, karena mereka wajib berpisah dengan sahabat serta guru- guru yang mereka cintai disekolah tersebut, yang sepanjang ini telah bersama dalam suka ataupun duka.

Didalam kegiatan tersebut, perwakilan dari siswa kelas 6 diwajibkan buat mengantarkan pidato perpisahan yang diperuntukan kepada guru serta adik kelas bagaikan perkataan rasa terimakasih.


Karakteristik Dari Pidato

Secara umum, Pidato memiliki beberapa ciri-ciri yang digunakan untuk membedakannya dengan proses komunikasi lainnya. Berikut ini adalah beberapa ciri dari pidato tersebut :

  • Setiap pidato yang disampaikan pasti memiliki tujuan yang jelas, yaitu untuk menyampaikan gagasan, ide, atau hal lainnya di depan orang banyak.
  • Isi dari pidato yang disampaikan dapat disesuaikan dengan tema tertentu yang sedang atau akan berlangsung.
    Penyampaian dari pidato ini menggunakan bahasa yang lebih mudah untuk dipahami oleh para pendengarnya.
  • Cara penyampaian dari pidato ini dapat disesuaikan dengan audiens atau para pendengarnya.
  • Pidato yang akan kita sampaikan harus jelas, objektif, mengandung kebenaran, dan juga tidak menimbulkan pertentangan.
  • Didalam penyampainnya, Pidato ini menggunakan artikulasi, intonasi, dan juga volume yang jelas.

Isi Pokok Pidato Perpisahan

Setelah memahami penjelasn di atas tentang pidato perpisahan maka Isi pokok dari pidato perpisahan kelas 6 yang pada umumnya akan memuat tentang.

  • Ucapan terima kasih
  • Tekad selanjutnya
  • Salam pembukaan
  • Ucapan rasa bahagia
  • Kata-kata perpisahan
  • Nasehat untuk adik kelas

Tujuan Dari Penyampaian Pidato

Dibawah ini terdapat beberapa tujuan dari pembacaan teks Pidato, berikut ini beberapa tujuannya :

Bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti apa kemauan kita dengan suka rela.
Digunakan untik memberikan suatu pemahaman atau informasi kepada orang lain.
Bertujuan untuk membuat orang lain senang dengan menyampaikan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan apa yang kita sampaikan.


Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Berikut adalah beberapa contoh naskah pidato adalah sebagai berikut :

Contoh Pidato 1


Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bpk/ibu kepala sekolah
Yang terhormat Para dewan guru tanpa menyebut satu persatu
Yang terhormat Para orang tua kami dan tamu undangan
Yang terhormat dan yang saya banggakan teman teman sekalian.

Puji syukur kita marilah kita panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNya, pada hari ini kita telah berkumpul dalam rangka untuk melaksanakan acara perpisahan.

Sebenarnya , saya dan seluruh teman-teman kelas 6 berat untuk menyampaikan pidato ini, kami sedih karena harus berpisah dengan bapak ibu guru, teman, dan adik-adik sekalian. Namun, waktu jualah yang membatasikebersamaan kita selama ini.

Terkhusus kepada bapak/ibu kepala sekolah serta jajaran bapak dan ibu guru kami mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya selama ini telah ihklas dan tulus mendidik dan mengajarkan kami dari berbagai ilmu untuk menjadi bekal pengetahuan kami.

Atas semua jasa bapak dan ibu guru lah kami dapat melaksanakan semua pelajaran dan akan kami ingat sepanjang hayat kami.

Kami menyampaikan permohonan maaf sedalam-dalamnya guru-guru kami yang telah sabar menuntun kami selama ini selama kami bersekolah di tempat ini, mungkin tanpa adanya bimbingan bapak dan ibu guru kami akan menjadi anak-anak yang bodoh dalam berfikir.

Kepada adik-adik kelas sekalian kalian terus lah belajar yang semangat dan teruslah bersekolah dengan baik dan teteap hormatilah bapak dan ibu guru kita semua. Amin

Demikianlah akhiri dari pidato ini

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Contoh Pidato 2


Assalamualaikum Warahmatuloh Wabarakatuh.

Baca Juga:  Storyboard adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Langkah Membuat & Manfaatnya

Bpk/ibu kepala sekolah dan Para dewan guru tanpa menyebut satu persatu serta Para orang tua kami dan tamu undangan dan yang saya banggakan teman teman sekalian serta adik-adik yang hadir dalam rangka perpisahan ini.

Terima kasih dan puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi keberkahan kepada kita semua sehingga kita bisa melaksanakan acara ini.

Apa kabar bapak/ibu guru dan para hadirin sekalian, Saya ingin berpidato sedikit tentang acara perpisahan, yang dimana kami akan berpisah dengan bapak ibu guru kami dan para teman-teman kami di sekolahan ini.

Terkhusus kepada bapak dan ibu guru kami terima kasih selama ini bapak dan ibu guru selalu mendidik kami dengan baik dan tidak pernah bosan mendidik dan mengajarkan kami tentang ilmu yang bermanfaat.

Berkat didikan dan ajaran kelian lah kami bisa memahami pelajaran dengan baik terumama saya yang berdiri di sini mampu berbicara dengan baik karna bimbingan bapak dan ibu gurulah.

Demikian pidato yang singkat ini tentang apa yang menjadi kan infirasi kami dalam rangka perpisahan siswa dan siswi kelas 6.

Semoga pidato ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi kan referensi untuk kita semua sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Contoh Pidato 3


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat bpk/ibu kepala sekolah
yang terhormat para dewan guru tanpa menyebut satu persatu
yang terhormat para orang tua kami serta tamu undangan
Yang saya banggakan juga teman teman sekalian.

Pertama-tama saya panjatkan syukur atas kehadirat Allah SWT karena atas rahmatNya dan yang telah memberikan nikmat iman, islam serta nikmat sehat, dan kita dapat berkumpul di sekolahan ini dalam rangka perpisahan sekolah.

Terhusus kepada semua guru-guru kami mungkin selama kami bersekolah di sini kami telah banyak melakukan kesalahan dan membuat bapak dan ibu guru marah terhadap tingkah laku kami saya mewakili teman ai siswa kelas 6 mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Kami juga sangat berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar dan medidik kami di sekolah ini engan sangat baik sehingga sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami kami pun dapat menyelesaikan dan dapat lulus dari sekolah ini

Mudah-mudahan semua jerih payah dari semua guru yang bertugas mengajar dapat diberikan kesehatan kekuatan dan kesabaran dengan baik dan diberi kebahagiaan selalu. Amin

Tehusus juga untuk teman-teman semua lanjutkan perjuangan kita semua untuk dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Akhir kata sukses selalu buat teman-teman semua semoga guru-guru kita dan Alloh selalu menyertai kita semua. Amin

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Contoh Pidato 4


Bapak Kepala Sekolah, guru, dan orang tua siswa yang terhormat, juga teman-teman dan adik-adik kelas saya.

Pertama-tama, kami berterima kasih kepada Tuhan Yang Mahakuasa atas berkahnya dan atas perlindungan pagi ini yang bisa kami temui di tempat ini untuk mengucapkan selamat tinggal.

Saya di sini untuk mewakili teman-teman kelas 6 dan berterima kasih kepada Kepala Sekolah, guru dan orang tua untuk menghadiri acara perpisahan ini.

Secara khusus, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada bapak kepala sekolah dan para guru yang telah mengajar kami selama sekitar enam tahun.

Tentu saja, para guru yang telah mendidik dan mengembangkan potensi kita selama enam tahun sering kecewa dengan sikap kami.

Namun, para guru tetap sabar dan tanpa lelah melatih kami, jadi saya ucapkan terima kasih lagi.

Pada kesempatan ini, kami juga meminta maaf jika, dalam waktu enam tahun, banyak dari tindakan kami atau ucapan kami tidak diterima di hati para guru. Maka hari ini kami meminta bapak dan ibu guru untuk membuka pintu hati untuk kami sebanyak mungkin.

Kami juga berpesan kepada adik kelas, kami berharap Anda akan tetap rajin belajar dengan tekun. Ambil contoh yang baik tentang kami dan buang contoh yang kurang baik dari kami.

Juga pada kesempatan ini kami meminta doa restu dari para guru, sehingga kami dapat pergi ke sekolah menengah yang telah kami pilih. Kami berjanji bahwa kami akan rajin belajar di sekolah menengah untuk membawa nama baik sekolah kami tercinta ini.

Bagaimanapun, hanya itu yang bisa saya katakan dan mohon maaf yang sebesar-besarnya, jika ada kata-kata yang tidak diterima di hati Kepala Sekolah, para Guru dan semua yang hadir di aula ini. Terimakasih


Contoh Pidato 5


Assalamualaikum Warrahmattuloh Wabarakatuh

Yang saya hormati,
Bapak/Ibu Kepala Sekolah (Sebut namanya)
Para guru (nama sekolah)
Orangtua / wali murid yang terhormat
Teman dan adik kelas yang saya cintai

Baca Juga:  Literasi adalah : Pengertian, Tujuan, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Puji dan syukur atas kehadiran Allah SWT, yang memberi kita semua rahmat-Nya. Hari ini kita berkumpul untuk merayakan perpisahan.

Pertama-tama, saya berterima kasih kepada para guru yang telah mengajar, membimbing, dan mengajarkan ilmunya dalam 6 tahun terakhir. Semoga Allah selalu menghargai semua jasa bapak dan ibu gurus sekalian.

Pada kesempatan ini, saya mewakili teman – teman dari kelas 6, juga meminta maaf atas semua kesalahan yang kami lakukan di masa lalu atas perilaku kami, yang dapat mengganggu atau menyinggung perasaan bapak dan ibu guru. Saya harap bapak dan ibu guru, selalu memaafkan semua kesalahan kami.

Bagi adik kelas, teruslah belajar dengan tekun, kami ingin kalian menjadi pelajar yang rajin yang terus mencari ilmu dan selalu menghormati orang tua / guru kita di sekolah ini.

Dan akhirnya, kepada orang tua kita yang tercinta, terima kasih telah mencintai kami, terima kasih atas kesediaannya untuk mengirim kami ke sekolah (sebutkan nama sekolah) dan terima kasih atas pendidikan yang telah diberikan kepada kami.

Sekian dari saya, Wassalamualaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh

Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik, Tujuan dan Contoh Pidato

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Panjang dan Mengharukan


Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Yang terhormat (sebut nama kepala sekolah)
Yang terhormat dewan guru.
Yang terhormat para tamu undangan
Serta semua teman dan adik kelas (nama sekolah)

Puji syukur saya panjatkan atas kehadiran Allah SWT, untuk semua berkah-Nya yang telah membuat kita berkumpul di acara ini. Doa dan salam juga, saya curahkan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW.

Ibu yang terhormat dari Dewan Guru dan Teman-teman, Kali ini saya mewakili semua anak-anak kelas 6 untuk perpisahan dan mohon pamit serta meminta doa restunya.

Bapak dan ibu guru yang saya hormati,

Pertama-tama, saya ingin menyampaikan terima kasih yang tulus kepada para guru yang telah mendidik dan membimbing kami sehingga kami dapat menyelesaikan proses pembelajaran di sekolah yang tercinta ini dengan hasil yang bagus.

Tidak ada yang bisa kami berikan sebagai imbalan atas kerja keras Guru selama 6 tahun. Hanya doa yang bisa kami tawarkan, semoga Allah SWT membalas jasa bapak dan ibu guru sekalian.

Bapak dan ibu guru yang saya cintai,

Kedua, saya dan teman-teman kelas 6 juga meminta maaf yang sedalam-dalamnya, karena perbuatan dan tingkah laku kami yang tidak menyenangkan dihadapan bapak ibu guru sekalian. Untuk itu, kami mengharapkan bapak dan ibu guru bersedia untuk memaafkan atas semua kesalahan kami.

Yang terakhir, kami memohon doa restu dari bapak ibu guru dan semua yang hadir di acara ini, untuk bisa melanjutkan ke sekolah menengah terbaik yang ada di kota ini.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan, mohon maaf jikalau ada perkataan yang tidak pas di hati bapak ibu guru serta para hadirin yang hadir di tempat yang bahagia ini.

Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Sedih, Bagus, dan Singkat


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepala Sekolah yang terhormat. Para bapak dan ibu guru yang terkasih, teman dan adik kelas, yang saya cintai.

Pertama-tama, saya berterima kasih kepada Allah SWT atas kehadiran-Nya serta semua rahmat yang telah diberikan pada hari ini sehingga kami dapat berkumpul di sekolah tercinta ini.

Hadirin sekalian, izinkan saya untuk mewakili teman-teman kelas 6 untuk mengucapkan satu atau dua kata selama berdiri disini.

Sebagai siswa kelas enam, kami sangat bangga dan berterima kasih kepada semua guru yang telah mengajar di sekolah ini.

Mereka sangat baik, mereka tidak pernah memilih untuk mendidik siapa, mereka sangat sabar dan mengajar kami tanpa pilih kasih. Berkat dedikasi semua guru, kami dapat menyelesaikan jenjang kelas 6 di sekolah ini.

Kami berharap semua guru yang mengajar di sekolah ini sehat dan selalu bahagia. Juga untuk semua teman serta adik kelas.

Sangat sulit untuk mengucapkan selamat tinggal kepada kalian semua, karena kita sudah bersama selama 6 tahun. Tetapi saya juga berdoa agar semua teman saya akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Akhir kata, saya selalu berharap agar kita semua sukses dan bisa berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara dikemudian hari kelak.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya