Teks Deskripsi : Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya

Teks Deskripsi : Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya – Apa yang dimaksud dengan teks deskripsi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Teks Deskripsi dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Teks Deskripsi : Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya


Teks deskripsi adalah suatu paragraf atau teks yang gagasan utamanya disusun dengan cara menggambarkan benda, objek, tempat, atau peristiwa secara jelas yang menjadi topik penulis terhadap pembaca. Sehingga pembaca seakan-akan merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan pada teks tersebut.

Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata deskripsi sendiri mempunyai arti pemaparan atau penggambaran terhadap kata-kata secara jelas dan terperinci. Kemudian menggambarkan pada suatu bentuk objek berdasarkan pengamatan, sifat, rasa, warna, atau corak.

Karakter bahasa yang dipakai dalam menyusun teks deskripsi berupa rincian suatu objek atau benda. Selain itu sering memakai majas dalam melukiskan secara konkret. Paragraf yang disusun pada teks deskripsi bisa membuat pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan pada suatu objek atau benda secara langsung.


Tujuan Teks Deskripsi

Tujuannya adalah memberikan penjelasan yang lengkap kepada pembacanya agar dapat memahami apa yang sedang dibaca, seperti halnya dalam bentuk fisik atau juga wujud yang abstrak seperti sikap, rasa dan lain sebagainya.

Teks deskripsi merupakan hasil pengamatan atau observasi, oleh karena itu informasi yang dipakai untuk menjabarkan benda, objek atau tempat harus jelas, sesuaikan dengan data dan fakta yang terdapat dalam objek tersebut.


Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Ciri-ciri dari teks deskripsi ini sangat jelas sehingga akan dapat sangat mudah untuk membedakan teks deskripsi ini dengan yang teks lainnya.

Berikut ini ciri-cirinya:

  • Paragraf deskripsi tersebut mengilustrasikan / menggambarkan sesuatu.
  • Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera.
  • Pada saat si pembaca membaca teks deskripsi, maka si pembaca itu seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.
  • Teks deskripsi tersebut menjelaskan ciri-ciri fisik dari sebuah objek, seperti ukuran, warna, bentuk, atau ciri-ciri psikis/keadaan pada suatu objek dengan rinci.
Baca Juga:  Surat Masuk : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Perbedaan dengan Surat Keluar

Jenis Teks Deskripsi

Dibawah ini merupakan jenis teks deskripsi yang dibedakan menjadi 3 macam yaitu:

  • Teks paragraf deskripsi subjektif
    Suatu paragraf deskripsi yang penggambaran objek nya menurut kesan yang dimiliki oleh si penulis teks.
  • Teks paragraf spatial
    Dalam teks ini objek yang digambarkan hanya berupa tempat, benda, ruang serta lainnya.
  • Teks paragraf objektif
    ialah objek digambarkan apa adanya dengan menurut keadaan objek yang sebenarnya tanpa rekayasa atau penambahan opini dari penulis itu sendiri.

Struktur Teks Deskripsi

Terdapat 4 struktur yang menyusun teks deskripsi sehingga menjadi satu keutuhan. Nah dibawah ini merupakan 4 struktur tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Identifikasi
    Penentu identitas seseorang, benda, dan sebagainya.
  • Klasifikasi
    Penyusunan secara ber-sistem dalam sebuah kelompok dengan menurut kaidah atau standar yang sudah ditetapkan.
  • Deskripsi bagian
    Bagian teks yang berisi mengenai gambaran-gambaran bagian didalam teks tersebut atau lebih mudahnya, Deskripsi bagian ini adalah Pengklasifikasian yang dijelaskan secara lebih rinci dengan memberikan suatu gambaran-gambaran yang jelas.
  • Penutup
    Kesimpulan atau penegasan hal-hal yang penting.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Berikut merupakan kaidah kebahasaan mengenai teks deskripsi antara lain sebagai berikut :

  • Menggunakan kata benda sesuai dengan topik yang dideskripsikan. Seperti: Rumah sakit, rumah, Mobilku, dll.
  • Menggunakan frasa yang mengandung kata benda. Contohnya yaitu beliau ialah seorang Kepala Lab yang baik hati, dll.
  • Mengandung kata sifat yang Sifatnya itu menggambarkan sesuatu. Seperti: Dua siswa rajin, Tiga kaos kaki putih, dll.
  • Mengandung kata kerja Transitif untuk dapat memberikan informasi subjek. Seperti: Siswi itu mengenakan seragam Coklat, dll.
  • Mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) dengan tujuan ialah mengungkapkan sebuah pandangan pribadi si penulis mengenai/tentang sebuah subjek. Seperti: saya pikir itu adalah Ayam cerdas, saya yakin Baju itu murah, dll.
  • Mengandung kata keterangan dalam memberikan sebuah informasi tambahan mengenai suatu objek. Seperti: dengan cepat atau lambat, di kopi shop, di rumah sakit, dll.
  • Mengandung bahasa kiasan berupakan sebuah perumpamaan atau metafora. Seperti: kulitnya putih bersih seperti kapas putih, dll.

Langkah-langkah Menyusun Teks Deskripsi

  • Menentukan tema (objek atau topik yang akan dibahas).
  • Menentukan tujuan.
  • Kumpulkan data-data dan pengamatan secara langsung terkait topik yang akan dibahas.
  • Setelah semua data-data terkumpul, kemudian menyusun data tersebut menjadi suatu kerangka karangan/paragraf.
  • Menyusun teks deskripsi dengan uraian kerangka karangan tersebut sesuai dengan topik.
Baca Juga:  Pengertian Persuasif : Syarat, Ciri, Faktor dan Tujuannya

Contoh Teks Deskripsi

  • Contoh 1

“Keluargaku memiliki seekor anjing peliharaan, namanya Bruno. Dia memiliki bulu yang agak lebat berwarna cokelat muda dengan ekor yang panjang untuk ukuran badannya yang kecil. Bruno adalah anjing yang sangat unik karena dia suka makan sayuran dan buah.”

Teks Deskripsi : Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya

  • Contoh 2

Kelas X.2 sudah menjadi tempat rumah bagi kami di sekolah. Di kelas kami saling bertemu dengan teman-teman yang sangat baik, ramah dan suka membantu. Di sana juga kami belajar menuntut ilmu demi meraih masa depan yang dituju.

Meskipun kelas yang kami tempati tidak begitu luas, hanya sekitar 7 X 6 m2. Tetapi kelas ini sangatlah bersih dan nyaman untuk proses pembelajaran.

Lantai kelas yang dilapisi oleh keramik putih sangat bersih dan mengkilap, karena setiap hari selalu di-sapu dan di-pel. Kemudian kelas kami juga sangat lengkap. Terdapat 40 buah kursi dan meja, lalu 2 buah papan tulis putih yang besar. Di samping papan tulis ada meja guru dan lemari untuk menyimpan peralatan kelas.

Pada bagian dinding kelas yang berwarna putih dan bersih telah dilengkapi oleh gambar para pahlawan, foto presiden, pancasila dan karya kami semua. Di dinding depan kelas juga terdapat sebuah mading yang dilengkapi dengan pantun, puisi, dan info lainnya.

Itulah gambaran mengenai kelasku, kelas yang sangat bersih dan nyaman sehingga kami semua semangat pada proses belajar dimulai.

  • Contoh 3

Aku punya kucing bernama Tara. Bulunya berwarna hitam dan putih, dengan putih sebagai warna dominan. Tara mempunyai ekor panjang dan sangat lucu. Tara suka sekali memakan ikan dengan nasi. Saat Tara lapar, dia akan mengeong meminta makan.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Teks Deskripsi , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.