Teks Tanggapan Kritis : Pengertian, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Fungsi Dan Contohnya

Teks Tanggapan Kritis : Pengertian, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Fungsi Dan Contohnya – Apakah itu Teks Tanggapan Kritis dan fungsinya?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Teks Tanggapan Kritis : Pengertian, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Fungsi Dan Contohnya


Teks Tanggapan Kritis merupakan sebuah teks yang berisi adanya kritikan yang begitu tajam terhadap masalah atau persoalan yang berkaitan dengan sebuah kesalahan.Biasanya terjadi ketika adanya sebuah perdebatan, dengan orang A yang mengkritik orang A karena apa yang dia katakan tidak tepat atau tidak sesuai kenyataan.

Teks Tanggapan Kritis juga disebut sebagai analisis pendapat. Kita harus menerima semua jawaban orang lain yang memberikan sebuah pendapat mereka.


Ciri Teks Tanggapan Kritis

Ciri-ciri dari sebuah teks respons kritis ini adalah untuk membantu mengidentifikasi apakah teks yang sedang dibaca adalah teks jawaban kritis atau tidak. Jika suatu teks mempunyai semua karakteristik dalam teks respons kritis, dapat dikatakan bahwa teks tersebut merupakan teks respons kritis. Berikut ini merupakan beberapa teks dari jawaban kritis, diantaranya ialah:

  • Memiliki 3 struktur teks, yakni Deskripsi Teks, Evaluasi, dan Penegasan Ulang.
  • Teks ini berisi dalam jawaban atas adanya fenomena yang muncul, disertai dengan sebuah alasan dan fakta.
  • Berisi adanya sebuah aturan dalam bahasa atau fitur bahasa dalam teks jawaban kritis tersebut.

Struktur Teks Tanggapan Kritis

Terdapat beberapa struktur dalam teks ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Evaluasi

Evaluasi adalah sebuah bagian pertama dari teks untuk jawaban kritis. Bagian dalam adanya sebuah penilaian tersebut berisi pernyataan umum mengenai apa yang akan dikatakan pada penulis dalam teks tersebut.

  • Penegasan Ulang

Penegasan Ulang adalah sebuah bagian ketiga dari teks, atau lebih tepatnya bagian yang terakhir dari teks, yang berisi sebuah konfirmasi baru tentang apa yang telah dilakukan atau diputuskan.

  • Deskripsi teks

Deskripsi teks adalah sebuah bagian kedua atau lebih tepatnya bagian konten dalam teks untuk jawaban kritis. Bagian keterangan dalam teks ini berisi informasi tentang data dan pendapat yang melemahkan pernyataan atau mendukung pernyataan.


Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Terdapat beberapa kaidah yang digunakan dalam kebahasaan pada sebuah teks ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Kalimat Kompleks
    Kalimat kompleks merupakan sebuah kalimat dengan lebih dari 2 struktur dan dua dalam kata kerja.
  • Konjungsi
    Konjungsi yang dapat menghubungkan pada setiap kata dan dalam setiap struktur.
  • Pemilihan Kata
    Pemilihan Kata yakni pemilihan dalam sebuah kata yang sesuai dengan adanya suatu penggunaan dan produksi dalam teks jawaban kritis.
  • Kata Rujukan
    Kata Rujukan yang digunakan oleh informan (pembicara) yakni sebagai memperkuat atau mendukung adanya pernyataan, dapat disebut sebagai referensi.

Fungsi Sosial teks Tanggapan Kritis

Teks tanggapan kritis dalam konteks sosial berfungsi sebagai adanya sebuah kepedulian yakni terhadap lingkungan dan secara kritis merespons kebiasaan masalah di lingkungan tersebut.


Kelebihan Teks Tanggapan Kritis

Perbedaan teks tanggapan kritis satu dengan teks yang lainnya dari aspek struktur dan juga aspek fitur bahasa, diantaranya yaitu:

  • Teks tanggapan kritis tujuannya buat mempengaruhi, mendebat, membujuk, atau menyanggah.
  • Bahasa yang dipakai pada teks tanggapan kritis yaitu mengutamakan aspek persuasif atau ajakan.
  • Teks tanggapan kritis ini memakai bahasa yang efektif.
  • Bagian resume teks tanggapan kritis ini disusun secara kronologis.

Contoh Teks Tanggapan Kritis


  • Kebakaran Hutan dan Kebun Sawit

Evaluasi

Perkebunan kelapa sawit memang menjanjikan untuk sumber keuangan publik atau pendapatan devisa di sektor ekspor minyak sawit. Tetapi apakah efek yang muncul serupa dengan Indonesia dan dalam lingkungannya? Diperlukan dalam sebuah pengaturan khusus sebagai menciptakan adanya sebuah manfaat antara kedua pihak.

Deskripsi Teks

Kebakaran hutan merupakan sebuah fenomena yang tidak dapat dihindari selama musim kemarau, terutama di bagian pulau Sumatra dan pulau Kalimantan.

Tidak hanya itu, karena hal ini dapat menyebabkan bencana yang dapat mempengaruhi negara lain juga. Dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat kebakaran hutan tentu tidak bisa dihitung untuk kerugiannya.

Di sisi lain, ekspansi kelapa sawit dapat meningkatkan untuk lapangan kerja. Namun, keduanya tidak dapat berjalan tanpa gangguan dan menciptakan sebuah keuntungan antara kedua belah pihak.

Sebuah studi yang terkait dengan salah satu faktor kebakaran hutan mengacu pada pembakaran lahan langsung dari pemilik perusahaan kelapa sawit, yang ingin membuka area baru untuk perkebunan kelapa sawit.

Dengan cara ini, peran pemerintah dari berbagai pihak kepada masyarakat internasional dalam hal kebijakan pemerintah untuk perkebunan kelapa sawit dan eksplorasi hutan di Indonesia dipertanyakan.

Penegasan Ulang

Dalam adanya sebuah peran pemerintah dapat diperlukan sebagai mengembangkan dalam kebijakan yang menguntungkan kedua belah pihak dan tidak merugikan masyarakat maupun alam.

Sikap dan kebijakan yang sesuai untuk pelaku kejahatan dan perusakan hutan, dan untuk penetapan aturan dan area kerja yang sangat jelas bagi pekebun kelapa sawit, sehingga semuanya dapat bekerja secara seimbang dan berkelanjutan.

Dalam teks ini, berisi adanya suatu kritik tajam kepada persoalan atau masalah yang dapat berkaitan dengan adanya sebuah kesalahan. Memiliki 3 struktur teks, yakni Deskripsi Teks, Evaluasi, dan Penegasan Ulang.

Teks tanggapan kritis yaitu teks yang berisi kritik pedas terhadap suatu hal mengenai masalah atau persoalan yang berkaitan dengan sebuah kesalahan.

Contohnya: Biasanya terjadi saat debat berlangsung, si P memberi kritik kepada si Q karena apa yang disampaikan oleh si Q kurang pas.

Jadi, hal ini bisa kamu sebut juga dengan menganalisa suatu pendapat.

Nah, di setiap tanggapan yang diberikan harus mempunyai alasan tertentu dan manfaatnya membuat orang yang di tanggap akan semakin lebih baik.

Sedangkan, kalo tujuan dari teks tanggapan kritis yaitu buat memilih salah satu pernyataan, karena pada teks ini berisi alasan yang mendukung dan juga yang menolak.

Selain itu,

Teks tanggapan kritis dalam konteks sosial ini fungsinya sebagai kepedulian kita terhadap lingkungan dan menanggapi kebiasaan, secara kritis permasalahan di sekitar tempat tinggal kita


  • Pergaulan Bebas


Evaluasi

Saat ini, banyak sekali para remaja yang udah mengenal karena pergaulan bebas. Di Indonesia, kita sebagai orang yang beradab, sebaiknya gak melakukan Pergaulan bebas.

Pergaulan bebas sering ditemui di kalangan masyarakat saat ini, yang berarti salah satu bentuk perilaku menyimpang, yang mana “Bebas” maksudnya adalah melewati batas – batas norma ketimuran seperti orang luar yang ada.

Deskripsi Teks

Pergaulan bebas mempunyai dampak negatif yaitu seperti berteman dengan orang – orang yang kurang memahami norma.

Contohnya: Orang yang mabuk – mabukan, merokok, sex bebas, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, ada juga dampak positifnya yaitu mempunyai banyak teman, berbagi beberapa hal dari mulai cara berkomunikasi, cara menghormati, cara mengendalikan diri buat ada di tengah-tengah masyarakat, dan lainnya.

Biasanya, banyak orang – orang Indonesia yang meniru beberapa salam orang barat seperti berciuman, di barat seperti amerika, mereka menganggap berciuman yaitu hal yang wajar.

Tapi, beda halnya kalo di Indonesia apakah bangsa sekarang ini harus mengikuti cara salam orang lain?

Menurut factor – faktor penyebab terjadinya pergaulan bebas yaitu rasa gengsi, nafsu, pengen tahu, broken home, hidup sendiri, faktor keluarga.

Hal-hal tersebut gak punya sopan santun pada siapa aja, bahkan kepada orang tua mereka.

Biasanya, pergaulan bebas berasal dari anak – anak yang melihat saluran televisi yang gak baik, apalagi sekarang yaitu jaman modern remaja.

Banyak sekali dan juga dengan mudahnya membuka situs – situs yang berbau pornografi, yang akan memacu kenafsuan remaja saat ini buat melakukan yang tidak – tidak.

Penegasan Ulang

Sebaiknya, para orang tua harus mengawasi dan juga mendidik anaknya supaya gak masuk ke jalan yang salah dan pilihlah tontonan yang mendidik serta pakai internet sebaik mungkin, bukan buat menonton yang tidak – tidak kalo belum cukup umur.

Dan, buat orang tua harus selalu bercanda atau berdiskusi setiap malam atau saat hari libur, supaya anaknya mendapat bimbingan yang bermanfaat.

Teks Tanggapan Kritis : Pengertian, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Fungsi Dan Contohnya


  • Smartphone


Orientasi

Smartphone merupakan sebuah alat komunikasi yang canggih, alat ini gak cuma dipakai buat berkomunikasi, tapi juga dipakai buat mengakses aplikasi – aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan, aktivitas, dan lain sebagainya.

Evaluasi

Canggihnya smartphone, membuat para remaja juga turut adil buat memakainya, menurut mereka smartphone adalah kehidupan mereka.

Alat canggih ini udah seakan – akan gak akan bisa hilang dari kehidupan mereka.

Tafsiran

Tapi, banyak orang tua yang gak setuju anaknya memakai smartphone, dengan alasan smartphone belum terlalu penting buat anak remajanya.

Selain itu, smartphone dianggap membawa dampak negatif buat remaja, karena smartphone bisa dipakai buat melihat situs – situs dewasa.

Ada juga orang tua yang setuju anaknya memakai smartphone, dengan adanya smartphone bisa dipakai buat mengakses aplikasi atau web yang berbau pembelajaran.

Sedangkan, dampak positif lain dari smartphone bisa dipakai buat mencari teman – teman lama dan juga berkomunikasi jarak jauh.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Teks Tanggapan Kritis , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi