Teks Persuasif : Pengertian, Jenis, Ciri dan Contohnya

Teks Persuasif : Pengertian, Jenis, Ciri dan Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Teks Persuasif. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian Persuasif, ciri-ciri Persuasif, jenis Persuasif, teks persuasi bentuk tulisan, contoh teks persuasif, unsur kebahasaan teks persuasi dan dasar pembuatan paragraf persuasi. Untuk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Teks Persuasif : Pengertian, Jenis, Ciri dan Contohnya

Teks Persuasi yaitu salah satu bentuk tulisan yang mana isinya bersifat mengajak atau berusaha merebut perhatian atau yang isinya mempunyai unsur ajakan bagi si pembaca agar melakukan hal tertentu.

Sedangkan untuk jenis dari Teks Persuasif sendiri biasanya di sajikan semenarik mungkin, tak hanya itu biasanya isinya meyakinkan berupa pengalaman yang mengisaratkan suatu hal yang sangat penting. Pada umumya teks persuasi digunakan sebagai sarana beberapa lembaga kesehatan, pemerintahan serta badan usaha tertentu sebagai paragraf propaganda.

Pengertian teks Persuasif dan Contohnya

Teks persuasif juga bisa diartikan sebagai paragraf yang memiliki tujuan guna meyakinkan atau mengajak si pembaca dengan maksud tertentu. Yang mana hal ini di lakukan supaya dapat melaksanakan serta menerima gagasan penulis dalam suatu pendapat serta pandangan tertentu.

Ciri-ciri Teks Persuasif

  • Pada bagiam Isinya mengandung fakta dan bukti guna faktor yang kuat dalam mempengaruhi atau kalimat dengan bentuk ajakan atau bujukan.
  • Tujuan dari tulisan ini yaitu untuk mendorong atau mempengaruhi pada suatu hal.
  • Sedangkan dalam bahasa yang di gunakan dibuat dalam bentuk provokatif, menarik dan antusias. Hal ini di lakukan supaya si pembaca bisa lebih yakin
  • Membuat si pembaca agar bisa lebih percaya melalui penjelasan yang menarik.
  • Berupaya agar bisa menimbulkan suatu kesepakatan atau penyesuaian melalui kepercayaan penulis dengan pembaca.
  • Berupaya agar bisa menghindari konflik, di mana hal ini di lakukan supaya si pembaca yakin dan tercapainya kesepakatan.
  • Memperlihatkan berbagai fakta dan data untuk penguat argumentasi atau dalil.

Contoh Teks atau Paragraf Persuasif

“Dengan mengkonsumsi buah-buahan tubuh kita akan mendapatkan berbagai nutrisi dan vitamin yang mana di butuhkan seperti Vitamin C. Sebab kandungan pada Vitamin C ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kita tidak mudah untuk terserang berbagai penyakit”.

Jika di lihat biasanya teks persuasif berupaya guna mendapatkan perhatian pembaca serta memberikan pandangan baru melalui tujuan dari isi paragraf.

Bentuk Teks atau Paragraf Persuasif

Terdapat beberapa bentuk teks atau paragraf persuasif yang biasanya di gunakan, berikut adalah beberapa benruk dari teks atau paragraf perfuasif :

  • Bentuk pidato, yaitu seperti propaganda, kampanye lisan serta penjual jamu ditempat-tempat terbuka.
  • Bentuk tulisan, yaitu seperti iklan, brosur dan selebaran.
  • Bentuk elektronik, yaitu seperti iklan TV, bioskop dan internet

Jenis Teks atau Paragraf Persuasif

Apabila di lihat dari bentuk Teks atau paragraf persuasif seperrti yang sudah dijelaskan di atas. Maka Teks atau paragraf persuasif dapat di golongkan ke beberapa jenis diantaranya yaitu :

1. Persuasi politik

Sudah bisa terlihat dari namanya Persuasi politik di pergunakan dalam hal bidang politik baik kaitannya dengan bidang politik serta kenegaraan. Pada umunya para ahli politik dan kenegaraan menggunakan pesuasi jenis ini guuna dalam keperluan politik dan negara.

2. Persuasi pendidikan

Persuasi pendidikan biasanya di gunakan oleh beberaoa orang tertentu yang berkecimpung atau masih ada hubungannya dalam dunia pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan.

Contohnya yaiu seperti orang yang menggunakan persuasi pendidikan yaitu seorang guru yang mana di gunakan dalam mempengaruhi para siswa agar para siswa ini giat dalam belajar, gemar membaca dan lainnya.

Kemudian para Seorang motivator atau inovator pendidikan yang menggunakan persuasi pendidikan yang menerapkan berbagai konsep baru pendidikan yang bertujuan agar dapat di laksanakan oleh para pelaksana pendidikan.

3. Persuasi Advertensi

Selanjutnya Persuasi iklan atau Persuasi Advertensi, yang mana pesuasif jenis ini di gunakan dalam bidang usaha atau dunia usaha dengan tujuan mengenalkan suatu barang atau jasa.

Persuasi iklan yaitu berguna untuk mempengaruhi konsumen agar mau membeli barang yang di tawarkan tersebut. Sedangkan dalam hal yang sebaliknya persuasi yang kurang baik yaitu jika tidak mampu mempengaruhi konsumen dalam membeli barang yang telah di iklankan tersebut.

4. Persuasi Propaganda

Informasi yaitu Objek yang di sampaikan dalam bentuk persuasi propaganda. Oleh sebab itu tujuan dari persuasi tak hanya berhenti pada penyebaran informasi saja. Selebihnya, dengan informasi di harapkan agar si pembaca atau pendengar ingin atau mau dan sadar dalam melakukan sesuatu.

Syarat Penyusun Paragraf Persuasi

Syarat-syarat penyusun paragraf persuasi diantaranya yaitu:

1. Pilihan Kata

Hal yang kuat dalam penulisa teks persuasi yaitu terdapat pada kata-katanya. Maka dari itu, dalam menulis teks persuasi kita perlu memilih kata-kata yang tepat dan sekaligus menarik.

2. Kemampuan mengolah emosi

Kita juga juga perlu dapat mengolah emosi para pembaca. Yang artinya, pembaca ini bisa mengobarkan atau meredam emosi pembaca dari tulisan yang di buat, khususnya dalam teks persuasi politik atau propaganda.

3. Bukti-bukti/ fakta

Memuat bukti-bukti atau fakta guna memperkuat gagasan yang di tulis dalam teks persuasi.

Kaidah Bahasa Teks Persuasi

Berikut adalah beberapa kaidah yang harus ada dalam bahasa penulisan teks persuasif diantaranya yaitu.

  • Kata yang digunakan mengandung unsur bujukan.
  • Penggunaan kata kerja contohnya yaitu seperti jadikanlah, hendaknya, waspadalah atau disebut imperatif.
  • Istilah dan kata yang digunakan sesuai topik yang dibahas.
  • Jika, dengan demikian, karena, akibatnya, sebab, oleh karena itu adalah kata penghubung yang sering digunakan dalam teks persuasif.

Struktur Teks Persuasif

Teks persuasi disusun atas beberapa bagian, diantaranya yaitu:

1. Pengenalan isu

Pengenalan isu ini berisi pengantar atau penyampaian atas isu serta permasalahan yang diangkat serta dijadikan dasar tulisan yang akan dikembangkan pada paragraf-paragraf selanjutnya.

2. Rangkaian Argumen

Bagian Rangkaian Argumen ini menyajikan sejumlah pendapat dan juga fakta dengan tujuan agar dapat memperkuat berbagai argumen atas isu yang diangkat serta yang dipaparkan pada bagian sebelumnya.

3. Pernyataan Ajakan

Pernyataan Ajakan yaitu inti dari teks persuasi yang didalamnya terdapat dorongan yang disampaikan secara tersirat maupun tersurat untuk pembaca atau pendengar guna melakukan sesuatu.

4. Penegasan Kembali

Penegasan Kembali ini menyatakan kembali hal-hal yang sebelumnya telah disampaikan dalam bentuk yang berbeda. Biasanya pada bagian pemegasan kembali ini ditandai dengan kata-kata penutup, seperti, dengan demikian, demikianlah, oleh karena itulah, dsb.

Teks Persuasif Pengertian Jenis Ciri dan Contohnya

Tujuan Teks Persuasif

Berikut adalah beberap tujuan dari teks persuasif, diantaranya yaitu.

  1. Meyakinkan pembaca supa mau dalam melakukan hal-hal tertentu yang mana dinginkan oleh penulis.
  2. Memengaruhi pandangan si pembaca tentag pendapat atas suatu isu yang mana hal tersebut diangkat oleh si penulis.
  3. Membangkitkan ketertarikan pada pembaca guna dapat meyakini serta menuruti imbauan yang telah disampaikan baik secara tersurat maupun tersirat yang mana disampaikan oleh penulis.
  4. Memengaruhi agar si pembaca dapat menerima serta menyetujui pandangan pembaca dengan penulisan yang benar dan tepat.

Demikian tentang Teks Persuasif : Pengertian, Jenis, Ciri dan Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.