√ Pengertian Adiwiyata, Fungsi, Kriteria, Tujuan dan Manfaatnya

Pengertian Adiwiyata, Fungsi, Kriteria, Tujuan dan Manfaatnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Adiwiyata. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian adiwiyata, fungsi, kriteria, tujuan dan manfaatnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel pengertian adiwiyata berikut ini.

Pengertian Adiwiyata, Fungsi, Kriteria, Tujuan dan Manfaatnya

Pengertian Adiwiyata atau biasa disebut Green School adalah satu diantara berbagai program kementrian negara lingkungan hidup yang bertujuan unutk mendorong terciptanya pengetahuan akan kesadaran warga sekolah dalam melestarikan lingkungan hidup.

Menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia No. 05 Tahun 2013 yaitu tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata menyatakan bahwa sekolah adiwiyata yaitu suatu program untuk dapat mewujudkan sekolah yang peduli serta berbudaya lingkungan.

Dalam adiwiyata sendiri memiliki makna sebagai satu tempat aygn baik dan ideal yang diperoleh sagala ilmu pengetahuan dan berbagai norma dan etika. Hal ini menjadi dasar manusia untuk menuju terciptanya kesejahteraan hidup dalam menuju pada cita pembangunan berkelanjutan.

Fungsi Adiwiyata

Terdapat beberapa fungsi dari adanya pelaksanaan program adiwiyata yang mana agar seluruh pelajar atau siswa dalap ikut andil dalam segala kegiatan atau kativitas persekolahan demi menuju lingkungan sehat dan menghundari dampak lingkungan yang negatif.

Menurut Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 2 pada Tahun 2009, tentang pedoman pelaksanaan program adiwiyata. Bahwa Adiwiyata pada pasal 1 ialah sekolah yang baik dan ideal sebagai tempat memperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Pada pasal 1 point 2, bahwa Program Adiwiyata ialah salah satu program kerja berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup didalam rangka mewujudkan pengembangan pendidikan lingkungan hidup.

Tujuan Adiwiyata

Terdapat beberapa tujuan dalam memberikan program adiwiyata bagi tim peninjau lapangan program Adiwiyata.

Hal ini diungkapkan menurut Arjuna dan Salmonsius yang dikutip oleh Saragih (2012), Pada saat sekolah sudah mengikuti program Adiwiyata maka sekolah tersebut akan mendapatkan bantuan dana pendampingan, yang sesuai dengan kebutuhan yang diajukan oleh sekolah serta disetujui oleh Kementrian Lingkungan Hidup.

Secara umum tujuan dari adanya program adiwiyata, antara lain yaitu:

  • Menciptakan kondisi yang lebih baik bagi pada sekolah untuk menjadi wadah pembelajaran dan penyadaran segenap warga sekolah antara Murid, Guru, Orang Tua/Wali Murid, dan lingkungan masyarakat demi terciptanya upaya pelestarian lingkungan hidup
  • Warga sekolah turut bertanggung jawab dalam mengupayakan penyelamatan lingkungan hidup serta juga pembangunan yang berkelanjutan
  • Mendorong dan membantu sekolah untuk dapat turut serta didalam melaksanakan upaya pemerintah demi melestarikan lingkungan hidup dalam pembangunan yang berkelanjutan, berwawasan lingkungan demi hadirnya kepentingan generasi yang akan datang.

Target Adiwiyata

Dapun target dari adanya program Adiwiyata ini terdapat pada pendidikan gormal setingkat SD, SMP, SMA atau SMK. Hal ini kenapa sekolah menjadi target pelaksanaan, sebab sekolah memilki fungsi dan peran yang andil dalam membentuk nilai kehidupan khususnya nilai akan kepedulian lingkungan hidup.

Pelaksaaan dari pada program adiwiyata sekolah mendapatkan penilaian seta akan diberikan penghargaan dengan secara berjenjang.

Jenis Penghargaan Adiwiyata

Ada berbagai jenis pengehargaan Adiwiyata yang dapat diterima oelhe sekolah, antara lain yaitu :

  • Penghargaan Adiwiyata Kabupaten/Kota, penghargaan yang diberikan oleh Bupati/Walikota
  • Penghargaan Adiwiyata Nasional yaitu suatu penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup juga Kehutanan
  • Penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi yaitu suatu penghargaan yang diberikan oleh Gubernur
  • Penghargaan Adiwiyata Mandiri yaitu suatu penghargaan khusus bagi tiap-tiap sekolah dengan penilaian berupa sekolah yang mempunyai minimal 10 sekolah binaan yang telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata Kabupaten/Kota, serta penghargaan yang diberikan oleh Presiden

Kriteria Penilaian Penghargaan Adiwiyata

Dalam hal ini penentuan dalam kriteria penilaian penghargaan adiwiyata memiliki 4 aspek, antara lain yaitu:

  • Aspek kebijakan sekolah yang mempunyai wawasan lingkungan hidup
  • Aspek kurikulum sekolah yang memiliki basis lingkungan hidup
  • Aspek pengelolaan sarana serta juga prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan
  • Aspek kegiatan lingkungan di sekolah yang berbasis partisipatif

Pengertian Adiwiyata Fungsi Kriteria Tujuan dan Manfaatnya

Manfaat Program Adiwiyata

Dibawah ini beberapa manfaat adanya pelaksaan program adiwiyata, antara lain yaitu:

  • Dapat mengubah perilaku warga sekolah untuk dapat melakukan budaya pelestarian lingkungan
  • Dapat meningkatkan penghematan sumber dana dengan melalui pengurangan sumber daya dan energi
  • Dapat menghindari sejumlah resiko dampak lingkungan yang terdapat di wilayah sekolah
  • Dapat meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan aktivitas atau kegiatan operasional sekolah
  • Dapat menciptakaan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah
  • Dapat memberikan pembelajaran bagi generasi muda mengenai pemeliharaan serta pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan juga benar
  • Dapat meningkatkan kualiatas dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman serta juga kondusif bagi seluruh warga sekolah

Prinsip Program Adiwiyata

Menurut Chaeruddin (2009:12), dalam pelaksanaan program Adiwiyata itu diletakkan pada dua prinsip antara lain yaitu:

  • Partisipatif

Artinya dimana seluruh komponen sekolah itu terlibat dalam semua proses yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi dengan berdasarkan tanggung jawab juga perannya masing-masing.

  • Berkelanjutan (sustainable)

Artinya kepada seluruh kegiatan atau aktivitas harus dilakukan secara terencana dan juga terus menerus dengansecara komperehensif.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Adiwiyata, Fungsi, Kriteria, Tujuan dan Manfaatnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Daftar Isi