√ Pengertian Kebijakan Menurut Para Ahli, Tingkatan dan Macamnya

Pengertian Kebijakan Menurut Para Ahli, Tingkatan dan Macamnya – Pada Kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Kebijakan. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian kebijakan, menurut para ahli, tingkatan dan macamnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Kebijakan Menurut Para Ahli, Tingkatan dan Macamnya

Secara umum kebijakan adalah aturan tertulis yang merupakan keputusan formal organisasi yang memiliki sifat mengikat anggota yang terkait dengan organisasi tersebut. Sehingga bisa mengatur perilaku dengan tujuan menciptakan tatanilai baru didalam masyarakat.

Pengertian Kebijakan

Carl Friedrich menggemukakan bahwa “Pengertian kebijakan adalah suatu arah tindakan yang diusulkan oleh kelompok, seseorang, atau juga pemerintah didalam suatu lingkungan tertentu yang memberikan hambatan-hambatan. Serta kesempatan-kesempatan terhadap suatu kebijakan yang di usulkan untuk bisa menggunakan serta juga mengatasi dalam rangka mencapai suatu tujuan, atau juga merealisasikan suatu sasaran atau juga maksud tertentu.

Di dalam kamus politik yang ditulis oleh Marbun (2007) dikatakan bahwa: “Kebijakan adalah rangkaian konsep serta asas yang menjadi garis besar dan juga dasar rencana dalam pelaksanaan satu pekerjaan. Kepemimpinan dalam pemerintahan atau juga organisasi pernyataan cita-cita, tujuan, prinsip atau juga maksud sebagai garis pedoman dalam mencapai sasaran.”

Pengertian Kebijakan Menurut Para Ahli

Agar lebih jelasnya dalam memahami kebijakan, dibawah ini akan dipaparkan beberapa pengertian kebijakan yang dikemukakan oleh beberapa para ahli, antara lain :

  • Menurut Lasswell (1970)

Menurut Lasswell, kebijakan adalah sebagai suatu program pencapaian tujuan, nilai-nilai serta juga praktik-praktik yang terarah (a projected program of goals values and practices).

  • Menurut Anderson (1979)

Menurut Anderson, kebijakan adalah serangkaian tindakan yang memiliki tujuan tertentu yang wajib untuk diikuti dan dilakukan oleh para pelakunya dalam memecahkan suatu masalah (a purposive corse of problem or matter of concern).

  • Menurut Heclo (1977)

Menurut Heclo, kebijakan adalah cara bertindak yang sengaja dilaksanakan untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah.

  • Menurut Eulau (1977)

Menurut Eulau, kebijakan adalah suatu keputusan tetap, dicirikan oleh tindakan yang bersinambung dan juga berulang-ulang pada mereka yang membuat serta juga melaksanakan kebijakan.

  • Menurut Amara Raksasa Taya (1976)

Menurut Amara Raksasa Taya, kebijakan adalah suatu taktik atau juga strategi yang diarahkan untuk dapat mencapai suatu tujuan.

  • Menurut Friedrik (1963)

Menurut Friedrik, kebijakan adalah serangkaian tindakan yang diajukan seseorang, group, serta juga pemerintah dalam lingkungan tertentu dengan mencantumkan kendala-kendala yang dihadapi dan juga kesempatan yang memungkingkan pelaksanaan usulan itu dalam upaya mencapai tujuan.

  • Menurut Budiardjo (1988)

Menurut Budiardjo, kebijakan adalah sekumpulan keputusan yang diambil oleh seorang pelaku atau juga kelompok politik didalam usaha memilih tujuan-tujuan serta juga cara-cara untuk mencapai tujuan tersebut.

  • Menurut Carter V. Good (1959)

Menurut Carter V. Good, kebijakan adalah sebuah pertimbangan yang didasarkan atas suatu nilai dan juga beberapa penilaian terhadap faktor-faktor yang sifatnya itu situasional, dalam mengoperasikan perencanaan yang sifatnya itu umum dan juga memberikan bimbingan dalam pengambilan keputusan demi tercapainya suatu tujuan.

  • Menurut Indrafachrudi (1984)

Menurut Indrafachrudi, kebijakan adalah suatu ketentuan pokok yang menjadi dasar serta juga arah dalam melaksanakan kegiatan atau aktivitas administrasi atau pengelolaan.

  • Menurut PBB

Menurut PBB, Kebijakan adalah suatu deklarasi tentang dasar pedoman (untuk) bertindak, suatu arah tindakan tertentu, suatu program mengenai kegiatan atau aktivitas-aktivitas tertentu atau suatu rencana.

  • Menurut Anderson

Menurut Anderson, Kebijakan adalah suatu tindakan yang memiliki tujuan yang dilakukan seseorang pelaku atau juga  sejumlah pelaku dalam memecahkan suatu masalah.

  • Menurut Mustopadidjaja

Menurut Mustopadidjaja, Kebijakan adalah suatu keputusan suatu organisasi yang dimaksudkan untuk dapat mengatasi permasalahan tertentu. Sebagai keputusan atau untuk mencapai tujuan tertentu, berisikan ketentuan-ketentuan yang bisa dijadikan pedoman perilaku dalam pengambilan sebuah keputusan lebih lanjut.

Sehingga harus dilakukan baik itu kelompok sasaran ataupun (unit) suatu organisasi pelaksana kebijakan, penerapan atau juga pelaksanaan dari suatu kebijakan yang sudah ditetapkan baik dalam hubungan dengan (unit) organisasi pelaksana ataupun dengan kelompok sasaran yang dimaksudkan.

Tingkatan Kebijakan

Berikut ini ada 3 tingkatan kebijakan, antara lain:

  • Kebijakan umum

Kebijakan umum adalah kebijakan yang menjadi pedoman atau juga petunjuk pelaksanaan baik yang memiliki sifat positif ataupun yang bersifat negatif yang melingkupi keseluruhan wilayah atau juga instansi yang bersangkutan.

  • Kebijakan pelaksanaan

Kebijakan pelaksanaan adalah suatu kebijakan yang menjabarkan kebijakan umum. Untuk tingkat pusat, peraturan pemerintah mengenai pelaksanaan suatu undang-undang.

  • Kebijakan teknis

Kebijakan teknis adalah suatu kebijakan operasional yang berada dibawah kebijakan pelaksanaan.

Pengertian Kebijakan Menurut Para Ahli Tingkatan dan Macamnya

Macam Jenis Kebijakan

Pada suatu pemerintah terdapat beberapa macam kebijakan, berikut ini beberapa macam jenis tersebut, diantaranya sebagai berikut:

  • Kebijakan Keuangan

Uang adalah suatu hal penting didalam suatu kehidupan manusia. Uang merupakan salah satu penggerak ekonomi masyarakat suatu negara. Uang juga suatu benda yang sudah disepakati bersama sebagai alat perantara tukar menukar didalam suatu hal perdagangan.

Terdapat banyak sekali fungsi uang yang sudah  kita ketahui. Selain uang ternyata ada juga yang sering kita dengar yakni inflasi. Inflasi yaitu kecenderungan naik turunnya suatu barang serta jasa secara terus-menerus yang diakibatkan dari tidak adanya keseimbangan arus barang serta juga arus uang.

  • Kebijakan Moneter

Kebijakan moneter adalah suatu kebijakan yang diambil oleh pemerintah untuk menambah maupun mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat. Kebijakan moneter biasanya digunakan sebagai kebijakan ekonomi didalam jangka pendek. Kebijakan moneter juga penting didalam pemerintah, sebab dapat mempengaruhi perekonomian.

  • Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiskal adalah suatu kebijakan yang mengatur tentang penerimaan serta juga pengeluaran negara. Sumber-sumber penerimaan negara diantaranya yakni  pajak, penerimaan bukan pajak, dan bantuan ataupun pinjaman dalam serta luar negeri.

Sedangkan pengeluaran ini dibagi menjadi dua kelompok, yakni pengeluaran bersifat rutin, contohnya yaitu membayar gaji pegawai, belanja atau pengeluaran yang sifatnya itu pembangunan. Oleh sebab itu kebijakan fiskal ini memang sangat penting bagi suatu pemerintahan. Untuk itu kebijakan fiskal ini memang harus diperhatikan dengan benar.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Kebijakan Menurut Para Ahli, Tingkatan dan Macamnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Daftar Isi