√ 16 Pengertian Humas (Hubungan Masyarakat) Menurut Para Ahli

16 Pengertian Humas (Hubungan Masyarakat) Menurut Para Ahli – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian hubungan masyarakat yang di rangkum dari beberapa sumber terpercaya. Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

16 Pengertian Humas (Hubungan Masyarakat) Menurut Para Ahli

Mari kita bahas lengkap tentang Humas atau Hubungan Masyarakat disini.

Pengertian Humas (Hubungan Masyarakat) Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari Humas menurut ahlinya, silahkan disimak.

1. Jeffkins Dan Daniel Yadin

Pengertian humas menurut Jeffkins dan Daniel Yadin adalah sebuah sistem komunikasi untuk menciptakan niat baik.

2. Frank Jeffkins (1986)

Pengertian humas menurut Frank Jeffkins adalah sesuatu yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana baik ke dalam maupun ke luar antara organisasi dengan publiknya untuk mencapai tujuan khusus, yakni pengertian bersama

3. The British Institute of Public Relation

Pengertian humas menurut The British Institute of Public Relation adalh suatu usaha berencana dan berkesinambungan untuk membina serta membelihar itikad baik ataupun pengertian bersama antara organisasi dengan masyarakatnya.

4. Cutlip, Center dan Broom

Pengertian humas menurut Cutlip, Center dan Broom adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organiasai dengan publik yang memengaruhi kesuksesan dan kegagalan organisasi tersebut.

5. Public Relation World Conference

Pengertian humas menurut Public Relation World Conference adalah gabungan seni dan ilmu pengetahuan yang memprediksi kecenderungan, memperkirakan konsekuensi, memberi saran kepada pimpinan organisasi, dan melaksanakan rencana kegaiatan sebagaimana yang telah ditetapkan untuk melayani kepentingan publik dan organisasinya.

6. W. Emerson Reck

Pengertian humas menurut W. Emerson Reck adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijaksanaan, penentuan pelayanan dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang-orang atau golongan agar orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan itikad baik dari mereka. Kedua, pelaksanaan pebijaksanaan, pelayanan dan sikap adalah untuk menjamin adanya pengertian dan penghargaan yang sebaik-baiknya.

7. J.C Seidel

Pengertian humas menurut J.C Seidel adalah proses yang berkelanjutan dari usaha manajemen untuk memperoleh itikad baik dan pengeritan dari langganannya, pegawai, dan publik umumnya; ke dalam dengan mengadakan analisis dan perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan.

8. Scott M. Cutlik dan Allen H. Center

Pengertian humas menurut Scott M. Cutlik dan Allen H. Center adalah fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk memperoleh pengertian, pemahaman dan dukungan dari publiknya.

9. IPRA (International Public Relation Association)

Pengertian humas menurut IPRA adalah fungsi manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik untuk mendapatkan pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan penelitian opini publik diantara mereka.

10. Edward L. Bernays

Pengertian humas menurut Edward L. Bernays adalah memberi penerangan kepada masyarakat, pembujukan langsung terhadap masyarakat guna mengubah sikap dan tindakan, usaha-usaha mengintegrasikan sikap dan tindakan dari permasalahan dengan masyarakat dan dari masyarakat terhadap permasalahannya.

11. Webster’s New World Dictionary

Pengertian humas menurut Webster’s New World Dictionary adalah suatu hubungan yang dibentuk untuk masyarakat dengan organisasi yang terkait dengan penciptaaan opini masyarakat atau pembentukan suatu citra diri organisasi.

12. The Public Relations Society of America

Pengertian humas menurut The Public Relations Society of America adalah usaha yang dilakukan oleh organisasi untuk bisa mendapatkan kerjasama dengan sekelompok orang, membantu organisasi melaksanakan interaksi yang efektif, serta melakukan aktivitas komunikasi dengan publik utama.

13. Public Relations News

Pengertian humas menurut Public Relations News adalah salah satu fungsi manajeman yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan prosedural individual/organisasi yang memiliki kepentingan publik, serta membuat perencanaan dan melaksanakan program aksi dalam rangka mendapatkan pemahaman dan penerimaan publik.

14. Onong Uchjana (211)

Pengertian humas menurut Onong Uchjana adalah fungsi manajemen dari sikap budi yang berencana dan berkesinambungan yang dengan itu organisasi-organisasi dan lembaga-lembaga yang bersifat umum dan pribadinya berupaya membina pengertian, simpati, dan dukungan dari mereka yang ada kaitannya atau yang mungkin ada hubungan dengan jalan menilai pendapat umum diantara mereka untuk mengkorelasikan, sedapat mungkin kebijaksanaan dan tata cara mereka, yang dengan informasi yang berencana dan tersebar luas, mencapai kerjasama yang lebih produktif dan pemenuhan kepentingan bersma yang lebih efisien.

http://www.spengetahuan.com/2017/08/15-pengertian-keluarga-menurut-para-ahli.html

15. Howard Bohham

Pengertian humas atau public relations menurut Howard Bohham adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik yang dapat memperdalam kepercayaan publik yang lebih baik atau pemberdayaan lebih tinggi terhadap suatu lembaga atau organisasi.

16. Ruslan (1995:8-9)

Pengertian humas atau public relations menurut Ruslan adalah suatu proses yang kontinyu dari usaha manajemen untuk memperoleh kemauan baik dan pengertian dari para pelanggannya, konsumen, pegawainya, dan publik umumnya. Kedalam mengadakan perbaikan dan pembenahan melalu membangun budaya perusahaan berbentuk disiplin, memotivasi, meningkatkan pelayanan, dan produktivitas kerja. Sedangkan keluar, berupaya menciptakan kepercayaan dan citra perusahaan yang sekaligus memayungi serta mempertahankan citra produknya.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 16 Pengertian Humas (Hubungan Masyarakat) Menurut Para Ahli, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi