√ 40 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Lengkap)

40 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Lengkap) – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas materi tentang hubungan Internasional. Hubungan Internasional adalah sebuah hubungan antarbangsa atau sebuah interaksi manusia-manusia antarbangsa baik secara individu ataupun kelompok yang dilakukan langsung atau tidak langsung dan bisa berupa persahabatan, permusuhan, persengketaan, atau peperangan. Selain pengertian diatas, para ahli juga mendefinisikan hubungan Internasional secara berbeda-beda yang akan dijelaskan pada ulasan dibawah ini.

40 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian Hubungan Internasional menurut ahlinya.

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian hubungan Internasional menurut para ahli

1. Couloumbis

Pengertian hubungan internasional menurut Couloumbis adalah ilmu yang mempelajari pola-pola aksi dan reaksi diantara negara-negara berdaulat dimana perilaku elit pemerintah merupakan indikatornya.

2. Private

Pengertian hubungan internasional menurut Private adalah studi tentang interaksi antara jenis-jenis kesatuan-kesatuan politik sosial tertentu, termasuk studi atas keadaan-keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.

3. Ishaq Rahman

Pengertian hubungan internasional menurut Ishaq Rahman adalah ilmu yang diidentikan dengan hubungan antara negara.

4. Schawarzeneger

Pengertian hubungan internasional menurut Schawarzeneger adalah sebagai bagian dari ilmu sosial yang khusus untuk mempelajari masyarakat internasional.

5. Trygive Mathisen

Pengertian hubungan internasional menurut Trygibe Mathisen adalah suatu bidang spesialisasi yang meliputi aspek-aspek internasional dari berbagai cabang ilmu dan merupakan sejarah baru dari politik internasional.

6. Suwardi Wiraatmaja

Pengertian hubungan internasional menurut Suwardi Wiraatmaja adalah sebagai ilmu sintesa yang menyatukan, menggambungkan dan memadukan berbagai disiplin yang mempunyai perhatian terhadap suatu masalah internasional.

7. Raymond Aron

Pengertian hubungan internasional menurut Raymond Aron adalah suatu hubungan antar unit politik yang masing-masing mengklaim diri yang berhak untuk menentukan keadilan dan menjadi penengah bagi keputusan untuk berperang atau tidak.

8. John Lewis Gaddis

Pengertian hubungan internasional menurut John Lewis Gaddis adalah suatu bidang kajian yang bermanfaat bagi negarawan dalam bentuk usaha untuk membangun dunia yang lebih baik.

9. Jeremy Bentham

Pengertian hubungan internasional menurut Jeremy Bentham adalah suatu ilmu yang merupakan suatu kesatuan disiplin dan mempunyai ruang lingkup serta sebuah konsep-konsep dasar.

10. Teuku May Rudi

Pengertian hubungan internasional menurut Teuku May Rudi adalah mencakup berbagai macam sebuah hubungan atau interaksi yang melintasi sebuah batas-batas wilayah negara dan yang melibatkan pelaku-pelaku yang berbeda kewarganegaraan.

11. J.H. Wolfe

Pengertian hubungan internasional menurut J.H. Wolfe adalah suatu studi dari suatu pola-pola tindakan (aksi) dan reaksi, yang diantara negara-negara berdaulat yang diwakili oleh sebuah elit-elit yang memerintah mereka.

12. Kenneth W. Thompson

Pengertian hubungan internasional menurut Kenneth W. Thomsom adalah suatu studi tentang rivalitas antar bangsa beserta kondisi-kondisi dan sebuah institusi-institusi yang memperbaiki atau memperburuk suatu rivalitas tersebut.

13. Para Tradisionalis

Pengertian hubungan internasional menurut Para Tradisionalis adalah serupa dengan diplomasi dan strategi serta kerjasama dan konflik atau secara lebih sederhana hubungan internasional merupakan studi tentang perang dan damai.

14. Drs.R. Soeprapto

Pengertian hubungan internasional menurut Drs.R. Soeprapto adalah sebagai spesialisasi yang mengintegritaskan sebuah cabang-cabang pengetahuan lain yang mempelajari tentang segi-segi internasional kehidupan sosial umat manusia.

15. Stephen Krasner

Pengertian hubungan internasional menurut Stephen Krasner adalah suatu hubungan internasional yang membahas tentang sebuah lingkup dan sifat dasar dari bidang studi hubungan internasional dalam suatu masyarakat internasional.

16. John Herz

Pengertian hubungan internasional menurut John Herz adalah mengidentifikasikan hubungan internasional yang sebagai konsep yang membahas tentang suatu kebijakan luar negeri yang lebih mementinkan keamanan yang menjadi pusat perhatian kepada semua rakyatnya.

17. George Kennan

Pengertian hubungan internasional menurut George Kennan adalah lebih membahas kepada prinsip dan tingkah laku dalam sebuah masyarakat sosial.

18. Robert Gilpin

Pengertian hubungan internasional menurut Robert Gilpin adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang ilmu-ilmu ekonomi politik internasional yang mengarah pada politik keamanan militer yang seimbang.

19. Spengler

Pengertian hubungan internasional menurut Spengler adalah menjalankan suatu politik untuk menaklukan dunia dengan senjata yang dalam sebuah bentuk-bentuk kebudayaan baru dan vital.

20. Edward Hallet Card

Pengertian hubungan internasional menurut Edward Hallet Card adalah sebuah hubungan yang dinamis dan dialektis yang membahas tentang untuk menciptakan perdamaian dunia.

21. Umar Suryadi Bakri

Pengertian hubungan internasional menurut Umar Suryadi Bakri adalah suatu kumpulan dari cabang-cabang ilmu pengetahuan yang memiliki perhatian terhadap suatu masalah-masalah internasional.

22. Freddy L. Tobing

Pengertian hubungan internasional menurut Freddy L. Tobing adalah sebuah studi tentang hubungan yang ada diantara sebuah etintas politik yang berdaulat yang anarkis sifatnya.

23. Dr. Hilman Adil Cleland

Pengertian hubungan internasional menurut Dr. Hilman Adil Cleland adalah sebagai subjek akademi yang terutama memperhatikan sebuah hubungan politik antar bangsa.

24. Anonymous

Pengertian hubungan internasional menurut Anonymous adalah studi hubungan tentang unit-unit sebagai bentuk interrelasi bagian-bagian pada umumnya mengacu pada sistem innere negara-negar. Dalam hal sekarang diakui adanya peranan-peranan aktor-aktor non states seperti PBB, MNS, kelompok teroris tetapi tidaklah sepenting state atau negara.

25. Tulus Warsito

Pengertian hubungan internasional menurut Tulus Warsito adalah studi terhadap interaksi dari politik luar negeri dari beberapa pelosok.

26. Couloumbis Dan Wolfe

Pengertian hubungan internasional menurut Couloumbis Dan Wolfe adalah studi yang sistematis mengenai fenomena-fenomena yang dapat diamati dan mencoba mendapatkan variabel-variabel dasar untuk menerangkan perilaku serta mengungkapkan karakteristik-karakteristik atau tipe-tipe hubungan antara unit-unit sosial.

27. Mochtar Mas’oed

Pengertian hubungan internasional menurut Mochtar Mas’oed adalah hubungan yang sangat kompleksitas karena didalamnya terdapat atau terlibat bangsa-bangsa yang tiap-tiap berdaulat sehingga memerlukan mekanisme yang lebih rumit untuk pada hubungan antar kelompok.

28. J. C. Johari

Pengertian hubungan internasional menurut J.C. Johari adalah sebuah studi tentang interaksi yang langsu diantara negara-negara yang berdaulat disamping itu juga studi tentang pelaku-pelaku non pelosok (non states actors) yang perilakunya memiliki dampak bersama tugas-tugas negara.

29. Nudya Lissofa

Pengertian hubungan internasional menurut Nudya Lissofa adalah hubungan yang melintasi batas negara yang dengan adanya hubungan internasional dapat menghilangkan sekat-sekat yang ada yang menjadi penghalang para aktor hubungan internasional dalam menjalin hubungan.

30. Tini Rustini, S.Pd

Pengertian hubungan internasional menurut Tini Rustini, S.Pd adalah hubungan antarnegara dalam berbagai aspek kehidupan untuk memenuhi kepentingan masing-masing.

31. The Dictionary of World Politics

Pengertian hubungan internasional menurut The Dictionary of World Politics adalah istilah yang digunakan untuk melihat seluruh interaksi antara aktor-aktor negara dengan melewati batas-batans negara.

32. Mohamad Sabir

Pengertian hubungan internasional menurut Mohamad Sabir adalah satu istilah yang mencakup totalitas hubungan-hubungan di kalangan bangsa-bangsa dan kelompok dalam masyarakat dunia.

33. Mc.Clelland

Pengertian hubungan internasional menurut Mc. Clelland adalah studi tentang interaksi antara jenis-jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.

34. Karen A. Mingsti

Pengertian hubungan internasional menurut Karen A. Mingsti adalah kajian tentang interaksi antara berbagai aktor (pelaku) yang berpartisipasi dalam percaturan politik internasional, yang meliputi negara-negara dan organisasi-organisasi.

35. Amelia Novrida

Pengertian hubungan internasional menurut Amelia Novrida adalah suatu bentuk interaksi antar faktor atau anggota masyarakat yang satu dengan aktor maupun dengan anggota masyarakat yang lain.

36. Eko Cahyono

Pengertian hubungan internasional menurut Eko Cahyono adalah segala bentuk interaksi dari masyarakat sipil maupun pemerintah dalam suatu negara dengan negara lain yang melewati batas yuridiksi wilayah masing-masing.

40 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli Terlengkap

37. Perwita dan Yani

Pengertian hubungan internasional menurut Perwita dan Yani adalah interaksi aktor-aktor yang tindakan dan kondisinya memiliki konsekuensi penting terhadap aktor lain di luar yuridiksi efektif unit politiknya.

38. Citra Aditya Bakti

Pengertian hubungan internasional menurut Citra Aditya Bakti adalah sekumpulan aktivitas guna mencapai tujuan-tujuan bersama (keamanan bersama dan perdamaian) yang dapat dilakukan dicapai tanpa perlu menggunakan instrumen militer.

39. K. J. Holsti

Pengertian hubungan internasional menurut K.J. Holsti adalah semua interaksi diantara masyarakat yang berlainan, baik yang disponsori pemerintah maupun tidak.

40. Daniel S. Papp

Pengertian hubungan internasional menurut Daniel S. Papp adalah ilmu yang mempelajari masalah-masalah interanasional dan sistem yang membentu hubungan internasional serta para aktor yang terlibat didalamnya.

Demikianlah diatas telah dijelaskan tentang 40 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Lengkap), semoga dengan adanya pembahasan tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Daftar Isi