√ 10 Pengertian Budaya Organisasi, Fungsi, Ciri, Tipe, Unsur, Teori dan Contohnya

10 Pengertian Budaya Organisasi, Fungsi, Ciri, Tipe, Unsur, Teori dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang budaya organisasi. Pembahasan yang meliputi pengertian budaya organisasi menurut para ahli, fungsi budaya organisasi, ciri budaya organisasi, tipe, unsur, contoh dan teori budaya organisasi secara lengkap dan mudah dipahami.

10 Pengertian Budaya Organisasi, Fungsi, Ciri, Tipe, Unsur, Teori dan Contohnya

Untuk lebih jelasnya simaklah ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Budaya Organisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari budaya organisasi menurut ahlinya.

1. Mondy Dan Noe (1996)

Pengertian budaya organisasi menurut Mondy dan Noe adalah system dari shared values, keyakinan dan kebiasaan-kebiasaan dalam suatu organisasi yang saling berinteraksi dengan struktur formalnya untuk menciptakan norma-norma perilaku.

2. Hodge, Anthony Dan Gales (1996)

Pengertian budaya organisasi menurut Hodge, Anthony dan Gales adalah konstruksi dari dua tingkat karakteristik, yaitu karakteristik organisasi yang kelihatan (observable) dan yang tidak kelihatan (unoservable)

3. Lathans (1998)

Pengertian budaya organisasi menurut Lathans adalah norma-norma dan nilai-nilai yang mengarahkan perilaku anggota organisasi. Setiap anggota organisasi akan berperilaku sesuai dengan budaya yang berlaku agar diterima oleh lingkungannya.

4. Schein

Pengertian budaya organisasi menurut Schein adalah suatu pola dari asumsi-asumsi dasatr yang ditemukan, diciptakan atau dikembangkan oleh suatu kelompok tertentu, dengan maksud agar organisasi belajar mengatasi dan menanggulangi masalah-masalah yang timbul akibat adaptasi eksternal dan integrasi internal yang sudah berjalan dengan cukup baik, sehingga perlu diajarkan kepada anggota-anggota baru sebagai cara yang benar untuk memahami, memikirkan dan merasakan berkenaan dengan masalah-masalah tersebut.

5. Larissa A. Grunig

Pengertian budaya organisasi menurut Larissa A.Grunig adalah totalitas nilai, simbol, makna, asumsi dan harapan yang mampu mengorganisasikan suatu kelompok yang bekerja secara bersama-sama.

6. Sarpin (1995)

Pengertian budaya organisasi menurut Sarpin adalah suatu sistem nilai, kepercayaan dan keiasaan dalam suatu organisasi yang saling berinteraksi dengan struktur system formalnya untuk menghasilkan norma-norma perilaku organisasi.

7. Robbins

Pengertian budaya organisasi menurut Robbins adalah suatu sistem makna bersama yang dianut oleh anggota-anggota yang membedakan organisasi tersebut dengan yang lain.

8. Gareth R. Jones

Pengertian budaya organisasi menurut Gareth R. Jones adalah suatu persepsi bersama yang dianut oleh anggota-anggota organisasi, suatu sistem dari makna bersama.

9. Walter R. Freytag

Pengertian budaya organisasi menurut Walter R.Freytag adalah asumsi-asumsi dan nilai-nilai yang disadari atau tidak disadari yang mampu mengikat kepaduan suatu organisasi. Asumsi dan nilai tersebut menentukan pole perilaku para anggota didalam organisasi.

10. Susanto

Pengertian budaya organisasi menurut Susanto adalah nilai-nilai yang menjadi pedomansumber daya manusia untuk menghadapi permasalah eksternal dan usaha penyesuaian integrasi ke dalam perusahaan sehingga masing-masing anggota organisasi harus memahami nilai-nilai yang ada dan sebagaimana mereka harus bertingkah laku atau berperilaku.

Fungsi Budaya Organisasi

Budaya organisasi memiliki beberapa fungsi yang dapat dilihat dibawah ini:

  • Penambah komitmen organisasi dan sebagai perasaan identitas
  • Untuk alat pengorganisasisan anggota
  • Untuk sebagai penguat nilai-nilai dalam organisasi
  • Sebagai mekanisme kontrol perilaku
  • Untuk meningkatkan dan mendorong kinerja ekonomi baik dalam jangka panjang dan jangka pendek
  • Sebagai penentu suatu arah organisasi dalam hal mana yang boleh dan tidak boleh

Ciri-Ciri Budaya Organisasi

Ciri-ciri suatu budaya organisasi adalah sebagai berikut:

  • Innovation and Risk Taking: Adalah tingkatan yang mana para pekerja didorong untuk menjadi inovatif dan mengambil resiko
  • Attention to Detail: Pada pekerja diharapkan menunjukkan ketetapan, analisis dan perhatian pada hal secara detail
  • Outcome Orientation: Yang mana manajemen memfokuskan pada hasil atau keuntungan/manfaat yang tidak hanya sekedar teknik dan proses untuk memperoleh manfaat tersebut.
  • People Orientation: Yang mana keputusan manajemen untuk mempertimbangkan pengaruh manfaat pada orang dalam organisasi
  • Team Orientation: Yang mana aktivitas kerja dalam organisasi berdasarkan tim daripada individual.
  • Aggresiveness: yang mana orang cenderung lebih agresift dan kompetitif daripada easygoing atau santai.
  • Stability: Yang mana aktivitas organisasi ini menekankan kepada menjaga quo sebagai lawan daripada perkembangan.

Tipe-Tipe Budaya Organisasi

Menurut Noe dan Mondy (1996:237). Tipe budaya organisasi dikelompokkan menjadi 2, yaitu:

  1. Open and Participative Culture
    Open and participative culture terlihat adanya komunikasi terbuka, kepercayaan pada bawahan, kepimimpinan yang supportif dan penuh perhatian, penyelesaian masalah secara kelompok, otonomi pekerja, berbagi informasi dan pencapaian tujuan outputnya tinggi.
  2. Closed and Autocratif Culture
    Closed and autocratic culture terlihat dengan pencapaian output yang tinggi, tetapi pencapaian itu mungkin lebih dinyatakan dan dipaksanakan organisasi dengan pemimpin yang otoraksi dan kuat.

Teori Budaya Organisasi

Dalam budaya organisasi ada teori yang membahas simbol komunikasi seperti kebiasaan, perilaku dan perkataan dan makna yang ada pada simbol tersebut. Konteksnya seperti pada perusahaan, budaya organisasi dipercaya sebagai salah satu cara organisasi untuk dapat mencapai tujuan dan keberhasilan. Teori budaya organisasi memiliki asumsi dasar yang dijelasksan dibawah ini:

  1. Para anggota organisasi membuat dan mempertahankan perasaan yang dimiliki secara bersama pada kenyataan yang ada di organisasi tersebut, yang menjadi pemahaman yang lebih baik atas nilai suatu organisasi. Inti dari hal ini adalah apa yang ada pada organisasi tersebut. Nilai adalah standar dan prinsip yang ada didalam budaya organisasi.
  2. Penggunaan dan interpreatasi dari simbol yang penting didalam budaya organisasi. Ketika ada orang yang memahami ini maka orang ini akan dapat melaksanakan hal-hal yang ada pada budaya organisasi tersebut.
  3. Budaya yang bervariasi didalam organisasi yang berbeda, dan interpretasi tindakan didalam budaya juga sangat bervariasi. Dalam hal ini setiap organisasi memiliki budaya yang tiadk sama dan setiap individu dalam organisasi tersebut memiliki tafsiran budaya yang tidak sama. Seperti pada umumnya, perbedaan dalam berorganisasi akan menjadi sebuah kekuatan dari organisasi sejenis lain.

Unsur-Unsur Budaya Organisasi

Unsur dari budaya organisasi adalah sebagai berikut:

  • Pemimpin
  • Asumsi dasar
  • Seperangkat nilai dan kepercayaan dari yang dipercayai
  • Panduan menyelesaikan masalah
  • Berbagai nilai
  • Pewarisan
  • Acuan tingkah laku
  • Citra dan Brand yang khas/khusus
  • Kesesuaian

10 Pengertian Budaya Organisasi Menurut Para Ahli, Fungsi, Ciri, Tipe, Unsur, Teori Dan Contoh Budaya Organisasi

Contoh Budaya Organisasi

  1. Kerapian Administrasi
    Budaya organisasi dalam suatu kerapian administrasi yaitu yang butuh dihidupkan didalam organisasi, baik itu surat-menyurat, pendapatan pegawai, keluar masuk barang, dan lainyya yang membantu untuk kinerja organisasi.
  2. Pembagian Wewenang Yang Jelas
    Sesuatu sejenis ini adalah kunci yang dapat menjadi penentu kesuksesan akan kemampuan didalam sebuah perusahaan. Dengan tidak adanya pembagian wewenang kinerja bisa saja para anggota atau pegawai dalam perusahaan itu akan bingung mana yang harus dijalankan dan mana yang tidak.
  3. Kedisiplinan
    Kedisiplinan adalah contoh budaya organisasi yang melekat dimanapun kita berada. Yang mana disiplin adalah suatu karakter dari orang-orang berhasil yang menghargai waktu.
  4. Inovasi
    Budaya organisasi umumnya akan mendorong setiap anggota dari team agar melahirkan beberapa inspirasi kreatif dan inovasi baru agar tujuan organisasi yaitu kemajuan organisasi.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 10 Pengertian Budaya Organisasi, Fungsi, Ciri, Tipe, Unsur, Teori dan Contohnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung

Daftar Isi