Pengertian Penilaian Kerja, Tujuan, Manfaat & Prosesnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini SeputarPengetahuan.Co.Id akan mengulas tentang Penilaian Kerja. Hal ini berkaitan dengan aktivitas kerja pada perushaaan atau badan usaha, organisasi dan lainnya.
Membahas tentang penilain kerja tentu memiliki landasan sendiri yang berhubungan apa tujuan dilakukannya, manfaatnya serta proses penilain kerja. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Penilaian Kerja Karyawan
Dalam bahasa Inggris, istilah penilaian kerja disebut dengan Performance Appraisal) yaitu suatu kajian mengenai penilaian yang secara sistem terhadap keadaan kerja pegawai yang dilakukan dengan formal yang berkaitan dengan standar kerja yang sudah ditetapkan organisasi.
Pengertian Penilaian Kerja Karyawan Menurut Para Ahli
1. Soeprihanto (1988: 7)
Definisi penilaian kerja menurut Soeprihanto adalah sistem yang digunakan untuk menilai dan mengetahuai apakah seseorang karyawan telah melaksanakan pekerjaannya masing-masing secara keseluruhan.
2. Dessler
Definisi penilaian kerja menurut Dessler adalah evaluasi kinerja karyawan secara relatif pada waktu sekarang ataupun yang telah dilakukan yang disesuaikan dengan standar prestasi.
3. Handoko (1994:11)
Definisi penilaian kerja menurut Handoko adalah cara untuk mengukur segala kontribusi pada setiap karyawan di dalam organisasi. Nilai yang paling penting dalam penilaian kinerja adalah terkait dengan penetapan tingkat kontribusi karyawan dengan kinerja yang dilakukan pada penyelesaian tugas yang menjadi tanggung jawab karyawan.
4. Mondy dan Noe
Definisi penilaian kerja menurut Mondy dan Noe adalah tinjauan formal serta proses evaluasi kinerja karyawan maupun kinerja tim.
5. Hasibuan (2000:87)
Definisi penilaian kerja menurut Hasibuan adalah aktivitas bagi para manajer untuk melakukan evaluasi terhadap tingkah laku berprestasi para karyawan yang dilanjutkan dengan menentukan kebijaksanaan kedepanny. Hal yang berhubungan dengan penilain kinerja seperti penilaian loyalitas, kejujuran, leadership, teamwork, dedikasi dan partisipasi.
6. Mathis dan Jackson (2006: 382)
Definisi penilaian kerja menurut Mathis dan Jackson adalah proses evaluasi terhadap karyawan dalam melakukan pekerjaan yang dikomparasikan dengan standar yang dilanjutkan dengan memberi informasi tersebut kepada karyawan. Penilaina kinerja biasa juga disebut dengan pemberian peringkat pada karyawan melalui peninjauan, evaluasi, dan penilaian hasil kerja.
7. Sofyandi (2008)
Definisi penilaian kerja menurut Sofyandi adalah proses organisasi dalam mengevaluasi pelaksanaan kerja karyawan.
8. Rivai (2005:66)
Definisi penilaian kerja menurut Rivai adalah suatu proses untuk penetapan pemahaman bersama tentang apa yang akan dicapai, dan suatu pendekatan untuk mengelola dan mengembangkan orang dengan cara peningkatan dimana peningkatan itu akan dicapai dalam waktu singkat ataupun lama.
Tujuan Penilaian Kinerja Karyawan
Tujuan dari penilaian kinerja karyawan menurut Rivai (2005:52) antara lain:
Menjalankan peninjauan ulang atas kinerja karyawan di masa lalu.
Memperoleh data yang sinkron dengan fakta dan sistematis dalam menentukan nilai suatu pekerjaan.
Melakukan identifikasi kemampuan organisasi
Melakukan analisa kemampuan karyawan secara individual
Menyusun sasaran pada masa yang akan datang
Melihat prestasi kinerja karyawan secara nyata
Memperoleh keadilam dalam sistem pemberian upah dan gaji yang diterapkan pada organisasi.
Memperoleh data untuk penentuan struktur pemberian upah dan gaji yang sesuai dengan pemberlakukan secara umum
Membantu pihak manajemen dalam menjalankan pengukuran dan pengawasan yang lebih akurat atas biaya yang dipakai oleh perusahaan
Memungkinkan manajemen menjalan negosiasi secara rasional dan obyektif dengan serikat pekerja ataupun dengan langsung kepada karyawan
Merancang kerangka berpikir dan standar dalam menjalankan peninjauan yang dilakukan secara berkala pada sistem pemberian upah dan gaji
Mengarahkan pihak manajemen supaya bersikap obyektif dalam memperlakukan karyawan sesuai dengan prinsip organisasi
Menjadi panduan organisasi dalam melakukan promosi, mutasi, memindahkan dan peningkatan kualita karyawan
Memperjelas tugas utama, fungsi, wewenang, dan tanggung jawah dan juga satuan kerja pada organisasi. Hal ini apabila dijalankan sesuai dengan aturan dan berjalan baik akan memberikan manfaat untuk organisasi khususnya untuk menghindari overlapin pada pemberian tugas/program/kegiatan dalam organisasi.
Melakukan minimalisir karyawan mengeluh yang berakibat karyawan menjadi resign. Dengan adanya penilaian kerja karyawan maka karyawan akan merasa diperhatikan dan dihargai dalam setiap kinerjanya.
Melakukan penyelerasakan penilaian kinerja dengan keberjalanan bisnis menjadikan pergerakan dalam organisasi khususnya organisasi nirlaba selalu sesuai dengan tujuan usaha.
Melakukan identifikasi pelatihan apa yang dibutuhkan oleh karyawan.
Manfaat Penilaian Kinerja Karyawan
Manfaat dari dilakukannya penilaian kinerja karyawan adalah sebagai berikut:
Memberikan informasi tentang hasil yang diinginkan dari sebuah pekerjaan
Bisa mencegah terdapatnya miskomunikasi berkaitan dengan kualitas kerja yang diinginkan.
Menciptakan peningkatan produktivitas karyawan sebab ada feedback atau umpan balik untuk karyawan yang berprestasi
Menghargai setiap kontribusi
Membuat komunikasi dua arah antara pihak manajer dengan karyawan
Proses Penilaian Kinerja Karyawan
Dalam menerapkan penilaian kinerja karya mempunyai beberapa proses yang harus dilakukan. Hal itu disebabkan penilaian kinerja adalah suatu proses secara terus-menerus dan tidak bersifat temporer. Proses tersebut antara lain sebagai berikut:
Analisis Pekerjaan
Proses analisis ini dapat diawali dari analissi jabatan/posisi. Dengan mengetahui posisi seseorang karyawan maka akan lebih mudah menjelaskan jenis pekerjaannya, tanggung jawab yang dipikul, kondisi kerja, dan berbagai program dan aktivitas yang dilakukan.
Analisis pekerjaan ini sangat penting dalam penilaian kinerja karena merupakan dasar untuk penetepan standar dan evaluasi dan juga dalam menganalisis pekerjaan sangat diperlukan sistem informasi manajemen yang baik.
Standar Kinerja
Penetapan standar kinerja dipakai untuk melakukan komparasi antara hasil herja standar dengan standar yang telah ditentukan. Dengan adanya perbandingan ini maka bisa dilakukan identifikasi apakah kinerja karyawan telah sesuai dengan target yang diinginkan atau tidak. Dalam hal ini standar kinerja harus ditulis secara spesifik dan mudah dipahami, realistis dan terukur.
Sistem Penilaian Kinerja
Pada umumnya, terdapat empat sistem atau metode penilaian kinerja karyawan. Pertama yaitu Behavior Appraisal System atau penilaian kinerja yang berdasarkan terharap penilaian tingkah laku. Kedua, Personel/Performer Appraisal System atau penilaian kinerja yang berdasarkan terhadap dari ciri dan sifat invidu karyawan.
Ketiga adalah Result Oriented Appraisal System atau penilaian kinerja dengan dasar hasil kerja. Keempat, Contingency Appraisal System atau penilaian kinerja terhadap dasar kombinasi beberapa unsur: ciri, sifat, tingkah laku, dan hasil kerja. Contoh penilaian kinerja karyawan sebenarnya mudah ditemukan pada perusahaan yang telah settle secara manajemen dan masing-masing perusahaan mempunyai metode penilaian kinerja tersendiri.
√ Pengertian Audit Sistem Informasi, Tujuan, Jenis, Tahapan,… Pengertian Audit Sistem Informasi, Tujuan, Jenis, Tahapan, Ruang Lingkup - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Audit Sistem Informasi. Yang meliputi pengertian audit sistem informasi, tujuan audit sistem informasi,…
ISO : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya ISO : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang ISO. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian ISO, tujuan, manfaat dan jenis ISO…
√ Pengertian Produktivitas Kerja, Pengukuran, Faktor Yang… Pengertian Produktivitas Kerja, Pengukuran, Faktor Yang Mempengaruhi - Pada pembahasan kali ini kalian akan mempelajari tentang produktivitas kerja. Yang mana pembahasan ini meliputi pengertian, pengukuran produktivitas kerja dan faktor yang mempengaruhinya.…
33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pembahasan kali ini akan membahas tentang sebuah wadah yang didalamnya terdapat beberapa orang untuk melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.…
41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli 41 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli - Pada kesempatan ini, Seputar Pengetahuan akan membahas tentang pengertian sistem. Sistem yang merupakan keseluruhan komponen yang bergabung menjadi satu kesatuan untuk mencapai suatu tujuan…
Pengertian Metode Pembelajaran : Ciri, Tujuan, Jenis dan… Pengertian Metode Pembelajaran : Ciri, Tujuan, Jenis dan Pembahasannya - Apakah yang di maksud dengan Metode Pembelajaran?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga…
35 Pengertian Negara Menurut Para Ahli dan Unsurnya… 35 Pengertian Negara Menurut Para Ahli dan Unsurnya (Lengkap) - Ada yang suka dengan olahraga? Salah satu jenis olahraga yang mendunia adalah sepakbola, dan salah satu ajang bergengsi olahraga tersebut adalah Piala…
√ Pengertian Manajemen Personalia, Fungsi, Tujuan, Aktivitas… Pengertian Manajemen Personalia, Fungsi, Tujuan, Aktivitas & Tugasnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen personalia. Pembahasan yang meliputi pengertian manajemen personalia, fungsi manajemen personalia, tujuan dan tugas…
√ Pengertian Orientasi, Tujuan, Manfaat, Macam, Tahapan,… Pengertian Orientasi, Tujuan, Manfaat, Macam, Tahapan, Keuntungan, Permasalahan dan Programnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang orientasi mulai dari pengertian orientasi, tujuan, manfaat, macam, tahapan, keuntungan, permasalahan, dihindari…
√ Pengertian Badan Usaha dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap) Pengertian Badan Usaha dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap) – Dalam menjalankan suatu usaha di perlukan usahan dan kerja keras dalam berkerja dan menghidupkan usaha yang kita jalani. Untuk mendapat apa yang kita…
Contoh Karya Ilmiah : Fungsi dan Kaidah Kebahasaan Contoh Karya Ilmiah : Fungsi dan Kaidah Kebahasaan - Bagaimana contoh bentuk penulisan karya ilmiah yang baik dan benar? Sebelumnya Seputarpengetahuan.co.id telah membahas Karya Ilmiah : Pengertian , Ciri, Manfaat,…
√ Pengertian Standar Operasional Prosedur (SOP), Tujuan,… Pengertian Standar Operasional Prosedur (SOP), Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Prinsipnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang standar operasional prosedur. Yang meliputi pengertian standar operasional prosedur, tujuan standar operasional…
18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap) 18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap) - Jika anda sudah lulus dari bangku SMA (Sekolah Menengah Atas) tentu kalian akan melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi yakni Perguruan Tinggi.…
Akuntansi : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan… Akuntansi : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Jenis Bidangnya - Apa yang di maksud dengan istilah Akuntansi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Akuntansi dan hal-hal yang melingkupinya.…
Termokimia : Pengertian, Persamaan, Reaksi, Manfaat dan… Termokimia : Pengertian, Persamaan, Reaksi, Manfaat dan Perubahan Entalpi - Apakah yang di maksud dengan Termokimia?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari…
Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan… Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Fungsinya - Di era Komputerisasi saat ini pasti kita sudah tak asing dengan Komputer dan Perangkatnya.Namun, mungkin ada yang belum tahu…
Pendidikan Formal : Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli,… Pendidikan Formal : Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli, Ciri, Tujuan dan Fungsi - Apa itu Pendidikan Formal? Pendidikan sendiri adalah kegiatan belajar mengajar yang sistematis.Ada tiga jenis pendidikan yaitu Formal…
Sejarah PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa ), Asas dan… Sejarah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Asas dan Tujuannya – Untuk pertemuan kali ini kita akan membahas artikel mengenai sejarah dari perserikatan bangsa-bangsa (PBB) serta asas dan juga tujuannya. Sering tentunya kita dengar…
Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Persahabatan itu seperti apa?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak bersama…
35 Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) 35 Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Siapa yang tidak menggunakan bahasa dalam berkomunikasi? tentunya kita mengenal apa itu bahasa. Namun tidak banyak orang mengetahui pengertian secara lebih jelasnya…
√ 25 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para… 25 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Pembahasan ini adalah definisi berdasarkan para ahli yang…
√ Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli, Peran dan… Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli, Peran dan Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Sekretaris. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian sekretaris menurut para…
Muatan Lokal : Pengertian Menurut Para Ahli,… Muatan Lokal : Pengertian Menurut Para Ahli, Landasan,Tujuan, Ruang Lingkup dan Syarat Pengembangannya - Apakah Artinya muatan lokal ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu muatan lokaldan hal hal lain…
Makalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Struktur, Cara… Makalah : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Struktur, Cara Membuat dan Contoh - Apa yang di maksud dengan Makalah dan bagaimana Penulisannya yang baik dan benar ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan…
√ Pengertian Manajemen Strategi, Manfaat dan Tahapannya Pengertian Manajemen Strategi, Manfaat dan Tahapannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas Manajemen Strategi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian manajemen strategi, tujuan, manfaat, cara dan…
Koordinat Kartesius : Pengertian, Sistem, Diagram dan Contoh… Koordinat Kartesius : Pengertian, Sistem, Diagram dan Contoh Soal - Apa yag di maksud dengan koordinat Kartesius ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Koordinat Kartesius dan hal-hal yang melingkupinya.…
√ Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsinya… Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsinya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen organisasi. Yang meliputi pengertian manajemen organisasi, Tujuan, Fungsi yang dibahas dengan lengkap dan ringan.…
Zaman Renaissance Zaman Renaissance : Pengertian, Sejarah, Latar Belakang dan Para Tokohnya - Apa yang di maksud dengan zaman renaissance? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga…
Integral Tak Tentu : Pengertian, Rumus, Sifat dan Contoh… Integral Tak Tentu : Pengertian, Rumus, Sifat dan Contoh Soal - Apa yang di maksud dengan Integral Tak Tentu dan bagaimana Cara perhitungan Operasi matematikanya ?Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan…
Materi Sepak Bola: Pengertian, Manfaat,Tujuan, Tehnik,… Materi Sepak Bola: Pengertian, Manfaat,Tujuan, Tehnik, Peraturan Sepakbola - Tentu kita semua telah mengetahui apa itu olahraga Sepak bola bukan?. Sepak Bola merupakan cabang berolahraga yang sangat terkenal serta sangat…