Home ยป Kualitas Kehidupan Kerja : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Indikatornya
Kualitas Kehidupan Kerja : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Indikatornya
Kualitas Kehidupan Kerja : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Indikatornyaย – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kualitas kehidupan kerja atau dalam bahasa Inggrisnya Quality of Worklife. Yang meliputi pengertian, tujuan, manfaat, indikator dan cara meningkatkan kualitas kehidupan kerja dengan pembahasan lengkap dan ringan dipahami.
Kualitas Kehidupan Kerja : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Indikatornya
Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Kualitas Kehidupan Kerja (Quality of Worklife)
Kualitas kehidupan kerja atau disebut dengan Quality of Worklife adalah pendekatan sistem manajemen atau cara pandang organisasi yang bertujuan untuk melakukan peningkatan kualitas kehidupan karyawan dalam lingkungan kerja dengan cara simultan dan berkesinambungan.
Kualitas kehidupan kerja bisa dijalankan dengan memberikan perasaan aman dalam bekejera, kepuasan kerja, menghargai dalam bekerjan dan tercipta suatu kondisi untuk tumbuh dan berkembang sehingga meningkatkan harkat dan martabat karyawan.
Pengertian Kualitas Kehidupan Kerja Menurut Para Ahli
Berikut ini adalah definisi dari Kualitas Kehidupan Kerja menurut ahlinya.
1. Arnold dan Feldman (1986) dalam Anggraeni (2009)
Arnold dan Feldman mengatakan kualitas kehidupan kerja bertujuan untuk menciptakan kondisi organisasi yang dapat membantu pengembangan karyawan untuk belajar.
2. Nadler dan Lawler dalam Soedarnoto (1997)
Nadler dan Lawler mengatakan komponen kualitas kehidupan kerja merupakan pemecahan masalah partisipasif, sistem penghargaan yang inovatif, restrukturisasi pekerjaan dan memperbaiki lingkungan kerja.
3. Wayne (1992) dalam Usman (2009)
Wayne mengatakan kualitas kehidupan kerja adalah program menyeluruh yang meliputi banyak kebutuhan dan keinginan.
Tujuan Kualitas Kehidupan Kerja (Quality of Worklife)
Kualitas kehidupan kerja ditentukan oleh perusahaan sangat memberi keuntungan untuk karyawan, perusahaan dan konsumen. Untuk karyawan, kualitas kehidupan kerja bisa memuaskan kebutuhan pribadi karyawan.
Untuk perusahaan maupun organisasi bisa mengurangi tingkat absensi dan perputaran tenaga kerja dan juga meningkatkan produktivitas. Sedangkan untuk konsumen peningkatan kualitas kehidupan kerja bisa menaikkan kualitas produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan maupun organisasi melalui karyawannya.
Gitosudarmo (2000) menyatakan, terdapat empat tujuan dan sasaran dari kualitas kehidupan kerja yakni berikut ini:
Program kualitas kehidupan kerja menjadikan tercipta organisasi yang lebih demokratis yang mana setiap orang mempunyai suara pada suatu yang menjadi pengaruh kehidupannya.
Memberikan andil imbalan finansial dari organisasi menjadikan masing-masing orang memperoleh manfaat dari kerja sama yang lebih besar, produktivitas lebih tinggi dan peningkatan profitabilitas
Mencari cara untuk membuat aman kerja yang lebih besar dengan melakukan peningkatan daya hidup organisasi dan lebih meningkatkan hak karyawan
Meningkatkan pengembangan individu dengan membuat kondisi yang mendukung pada pertumbuhan pribadi.
Manfaat Kualitas Kehidupan Kerja (Quality of Worklife)
Harsono (2005) menyatakan, kualitas kehidupan kerja mempunyai beberapa manfaat diantaranya sebagai berikut:
Terjadi peningkatan moral kerja, berkurangnya stress dan turn over
Terjadi peningkatan motivasi
Terjadi peningkatan kebanggaan kerja
Terjadi peningkatan kompetensi
Terjadi peningkatan kepuasan
Terjadi peningkatan komitmen
Terjadi peningkatan produktivitas
Cara Meningkatkan Kualitas Kehidupan Kerja (Quality of Worklife)
Untuk meningkatkan atau pengembangan kualitas kehidupan kerja Anatan dan Ellitan (2007) menyatakan, langkah-langkah yang dijalankan perusahaan atau organisasi untuk meningkatkan kualitas kehidupan kerja bisa dengan melakukan kegiatan berikut ini:
Memberikan ide-ide pemecahan masalah dengan partisipasif yang mengikutsertakan anggota organisasi terhadap seluruh jenjang. Membuat kerja sama manajemen tenaga kerja dan manajemen partisipasif dalam upaya mengidentifikasi masalah dan peluang pada lingkungan kerja atau organisasi, mengambil keputusan dan melaksanakan perubahan
Merestruksi sifat dasar pekerjaan yang dijalankan oleh pekerja dan sistem-sistem kerja yang menjadi ruang lingkupnya, sehingga pengaturan kerja dan rangkaian kerja lebih konsisten dengan kebutuhaa-kebutuhan masing-masing individu dan struktur-struktur sosial pada tempat kerja
Membuat sistem reward inovatif yang akan memberikan iklim yang tidak sama dalam organisasi. Hal ini karena sistem imbalan merupakan faktor yang diutamakan dalam memotivasi kerja dan usaha karyawan yang ketika gilirannya nanti akan meningkatkan kinerja organisasi.
Memperbaiki lingkungan kerja yang ditekankan pada keadaan sebenarnya yang mencakup pekerja-pekerja, didalamnya ada lingkungan fisik, jam kerja, dan peraturan yang diberlakukan.
10 Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) 10 Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) โ Perlu diketahui bahwa fungsi manajemen ialah berbagai elemen dasar yang selalu ada & terikat di dalam sebuah proses manajemen yang bakal…
โ Pengertian Manajemen Stress, Penyebab, Tingkatan dan… Pengertian Manajemen Stress, Penyebab, Tingkatan dan Strategi Mengatasinyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen stress. Yang meliputi pengertian stres, penyebab stress, tingkatan stress dan strategi mengatasi stress…
Sudut Pandang : Pengertian dan Jenisnya (Lengkap) Sudut Pandang : Pengertian dan Jenisnya (Lengkap)ย โ Kita lanjutkan lagi pembahasan kali ini yang mengenai sudut pandang dan juga jenisnya. Dan apa sebenarnya sudut pandang didalam sebuah cerita? Disini akan…
โ 23 Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli… 23 Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli (Lengkap)- Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan menjelaskan tentang pengertian manajemen pendidikan menurut para ahli. Manajemen pendidikan adalah salah satu cabang ilmu…
โ 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli… 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli (Lengkap)ย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang knowledge management atau manajemen pengetahuan. Penjelasan yang didasarkan oleh pendapat para ahli dengan lengkap…
Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Manfaat, Fungsi,… Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan dan Jenis Penerapannya - Apa itu yang di maksud dengan Sistem Informasi Manajemen?,Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu pula…
โ Pengertian Sistem Pengendalian Intern, Tujuan & Unsurnya… Pengertian Sistem Pengendalian Intern, Tujuan & Unsurnya Lengkapย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang sistem pengendalian intern. Yang meliputi pengertian sistem pengendalian intern, tujuan sistem pengendalian intern dan…
โ Pengertian Audit Manajemen, Tujuan, Manfaat, Tahapan,… Pengertian Audit Manajemen, Tujuan, Manfaat, Tahapan, Ruang Lingkupย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang audit manajemen. Yang meliputi pengertian audit manajemen, tujuan audit manajemen, tahapan audit manajemen, ruang…
โ 11 Pengertian Kebangkrutan, Faktor Penyebab dan… 11 Pengertian Kebangkrutan, Faktor Penyebab dan Indikatornyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kebangkrutan. Pembahasan yang meliputi pengertian kebangkrutan yang dikemukakan oleh beberapa ahli, faktor penyebab kebangkrutan dan…
โ 18 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli… 18 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli (Lengkap)ย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen keuangan. Yang meliputi pengertian manajemen keuangan menurut para ahli yang dijelaskan dengan lengkap…
โ Indikator Asam Basa : Pengertian, Jenis Beserta Contohnya Indikator Asam Basa : Pengertian, Jenis Beserta Contohnya โ Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Indikator Asam Basa. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian indikator asam…
โ Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi, Tujuan, Tugas… Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi, Tujuan, Tugas Pokok, Prinsip, Ruang Lingkupย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen keuangan. Yang meliputi pengertian manajemen keuangan, fungsi manajemen keuangan, tujuan, tugas…
โ Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis,… Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ruang Lingkup, Prinsip, Dampakย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Koordinasi. Yang meliputi pengertian, syarat, tujuan, manfaat, jenis-jenis, ruang lingkup, prinsip, dampak…
โ Pengertian Orientasi, Tujuan, Manfaat, Macam, Tahapan,… Pengertian Orientasi, Tujuan, Manfaat, Macam, Tahapan, Keuntungan, Permasalahan dan Programnyaย โ Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang orientasi mulai dari pengertian orientasi, tujuan, manfaat, macam, tahapan, keuntungan, permasalahan, dihindari…
โ Pengertian Literasi Keuangan, Tingkat, Aspek dan… Pengertian Literasi Keuangan, Tingkat, Aspek dan Indikatornyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Literasi Keuangan. Yang meliputi pengertian, tingkat, aspek dan indikator literasi keuangan dengan pembahasan lengkap dan…
โ Pengertian Perilaku Konsumen, Ruang Lingkup, Teori &… Pengertian Perilaku Konsumen, Ruang Lingkup, Teori & Pendekatannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Perilaku Konsumen. Yang meliputi pengertian, ruang lingkup, teori dan pendekatan perilaku konsumen dengan…
โ 17 Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli (Bahas… 17 Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)ย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen risiko. Yang mana penjelasan ini adalah berdasarkan pendapat para ahli. 17 Pengertian…
โ 16 Pengertian Manajemen Administrasi Perkantoran Menurut… 16 Pengertian Manajemen Administrasi Perkantoran Menurut Ahliย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen administrasi perkantoran. Penjelasan yang didasarkan oleh para ahli yang telah disusun dengan lengkap dan…
โ Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen, Karakteristik &… Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen, Karakteristik & Faktornyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang sistem pengendalian manajemen. Yang meliputi pengertian sistem pengendalian manajemen, karakteristik sistem pengendalian manajemen dan faktor…
ERP Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, Manfaat,… ERP Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, Manfaat, Cara Kerja, Contoh Dan Kelebihannya - Apakah itu ERP ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain…
โ Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsinya… Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsinya (Lengkap)ย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen organisasi. Yang meliputi pengertian manajemen organisasi, Tujuan, Fungsi yang dibahas dengan lengkap dan ringan.…
โ Pengertian Kompensasi, Tujuan, Manfaat, Jenis, Sistem,… Pengertian Kompensasi, Tujuan, Manfaat, Jenis, Sistem, Faktor dan Metodenyaย - Dalam kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang kompensasi. Yang meliputi pengertian kompensai, tujuan pemberian kompensasi, manfaat dari kompensasi, jenis atau macam…
โ Pengertian Manajemen Kas, Tujuan, Sumber, Aspek, Motif dan… Pengertian Manajemen Kas, Tujuan, Sumber, Aspek, Motif dan Faktornyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen kas. Yang meliputi pengertian manajemen kas, tujuan manajemen kas, sumber kas, aspek…
9 Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli (Bahas… 9 Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)ย โ Lingkungan hidup merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Segala sesuatu yang yang terjadi dengan lingkungan akan berimbas…
โ 9 Pengertian Organisasi Internasional, Macam, Tujuan &… 9 Pengertian Organisasi Internasional, Macam, Tujuan & Contohnyaย - Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan tentang Organisasi Internasional. Pembahasan meliputi pengertian, macam-macam organisasi internasional, tujuan dan contoh dari Ogranisasi Internasional.…
6 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli… 6 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli (Terlengkap)ย - Dalam segala aktivitas yang dilakukan oleh sebuah perusahaan pasti akan selalu menghadapi beragam masalah, baik ekstern maupun intern. Dalam mengatasi bermacam-macam masalah…
Muatan Lokal : Pengertian Menurut Para Ahli,… Muatan Lokal : Pengertian Menurut Para Ahli, Landasan,Tujuan, Ruang Lingkup dan Syarat Pengembangannya - Apakah Artinya muatan lokal ?Pada kesempatan iniย Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu muatan lokaldan hal hal lain…
โ Pengertian Manajemen File, Manfaat, Fungsi, Sasaran,… Pengertian Manajemen File, Manfaat, Fungsi, Sasaran, Arsitektur, Konsep dan Tipenyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen File. Pembahasan ini meliputi pengertian, manfaat, fungsi, sasaran, arsitektur, konsep dan…
โ Pengertian Organizational Citizenship Behavior (OCB),… Pengertian Organizational Citizenship Behavior (OCB), Dimensi, Motif, Manfaat dan Faktornyaย - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Organizational Citizenship Behavior (OCB). Yang meliputi tentang pengertian OCB, Dimensi OCB, Motif…
โ Pengertian Lingkungan, Jenis, Unsur Serta Konsepnya Pengertian Lingkungan, Jenis, Unsur Serta Konsepnya โ Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Lingkungan. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian lingkungan, lingkungan menurut pada ahli,…